Sign in to follow this  
ameryudha

Melipir ke Iguazu Falls, Sekali Melintas 3 Negara Terlewati

6 posts in this topic

 Baca –baca soal Machu Pichu , terus udah menghantarkan kita ke gerbang Amerika Selatan kayanya bisa dilanjut nih ke Iguazu Falls. Berhubung Tante saya @denorra udah sebut-sebut tempat ini juga, maka ga ada salahnya saling berbagi demi vikynisasi dan statusasi kemakmuran jalan2. TS memutuskan untuk membahas Iguazo Falls.

 

Iguazu Falls adalah salah satu keajaiban alam yang paling asik di dunia. Namanya tiap negara beda- beda, ah kamu googling aja kalo mau tau penyebutan Iguazu di tiap-tiap negara. Kalo TS disini mau bahas yang penting-penting aja. Hih . TS mau so pinter kaya Viky Prasetyo. Balik lagi soal Iguazo Falls, air terjun ini berada di perbatasan 3 negara yaitu Brazil , Paraguay, dan Argentina. Air terjun ini juga termasuk ke dalam salah satu situs warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO.

 

Iguazo Falls sendiri merupakan ujung dari Sungai Iguazu yang berada di dataran Parana. Sungai ini agak unik karena ada beberapa Pulau yang panjangnya 2, 7 Km membagi-bagi ujung air terjun, jadi tinggi air terjun ini beda-beda di setiap sisinya. Kalo ditanya berapa tingginya jawabannya adalah 60 sampe 82 meter. 

 

Nama Iguazo sendiri berasal dari kata Spanyol yaitu Guarani dimana artinya adalah ‘ Great Water’. Iguazo Falls ditemukan oleh penjelajah berkebangsaan Spanyol yang bernama Ãlvar Núñez Cabeza de Vaca  pada tahun 1541. Iguazo Falls sendiri sekarang ini dimanfaatkan untuk memasok listrik di negara Paraguay , Brazil, dan Argentina, selanjutnya  pada tahun 1991 baru deh bendungan dari Iguazo Falls ini boleh dikunjungi oleh turis.

 

Tahu ga sih kalo Iguazo Falls ini memasok hampir 40 persen listrik ke negara Brazil dan Argentina dan merupakan salah satu bendugnan terbesar dunia, kabarnya dam ini adalah dam tercanggih yang pernah dibangun selama peradaban manusia karena bisa emmasok lebih dari 12. 600.000 Kw listrik ( ga tahu per apa nih, entar per tahun, perbulan, per hari, kurang referensi, ada yang tahu ?!)

  

Yang unik disini adalah bagian yang disebut Devil’ Throat, dimana tempat ini mirip kerongkongan gitu, kebayang aja kalo jatoh di dalem Devil’s Throat Iguazu. Mana Iguazu Waterfall ini merupakan air terjun yang debit airnya paling tinggi didunia, jadi dorongannya kenceng banget pastinya.  Devil’s Throat sendiri memiliki bentuk U dimana tinggi dari dasar sampe ujungnya adalah 82 meter dengan lebar 150m dan panjang 700 meter.

 

Mau ke Sana ?

 

Berhubung Iguazo Falls ini ada di perbatasan 3 negara seperti yang disebutkan diatas ( Brazil, Paraguay, dan Argentina) tentunya kamu bisa kesini melalui 3 negara ini dong. Tapi TS baca-baca sih, masing-masing kota yang berbatasan langsung dengan Iguazu Falls punya karakteristik uniknya sendiri. Jadi tiap tempat itu punya kelebihannya sendiri-sendiri gitu. 

 

Kalo kamu mau googling soal kota yang bisa dijadikan tempat tinggal selama jalan ke Iguazu Falls, kamu pasti menemukan kota dengan mana Foz do Iguacu di Brazil dimana tempat ini disebut-sebut sebagai tempat yang aman untuk para turis. Selanjutnya di Argentina kamu akan menemukan Puerto da Iguazu dimana kota ini disebut kota kecil namun sangat cantik diantara ketiga kota yang berbatasan langsung dengan Iguazu Falls, sedangkan di Paraguay ada kota Ciudad del Este yang modern dan pusat-pusat pabrik elektronik, kabarnya semua perangkat elektronik Amerika dibuat disini, tapi kata orang yang pernah kesini sih lumayan ga aman di Paraguay, tapi mending kamu searching2 lagi deh soal referensinya.

 

 Kabarnya kalo kamu datang dari Brazil , kamu bisa lewatin Devils Throat dengan helicopter, jadi kamu bisa mengelilingi Iguazu Falls ini selama bagian tersebut masih bagian dari negara Brazil. Tetapi kalo kamu datang dari arah Argentina, kamu ga bisa kaya kamu di Brazil karena kabarnya negara Argentina ga mau lingkungannya rusak karena mudahnya akses pengunjung dengan helicopter tersebut.   

 

tar foto2nya yee. SABAR!!!

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this