Sign in to follow this  
travellinglover

namanya KAPURUNG, asli Makasar

15 posts in this topic

Sagu, iya, bahan utamanya adalah sagu, makanan yang dikenal sebagai makanan pokok di kawasan timur Indonesia. Sagu itu dimasak dengan bumbu bumbu jadilah menjadi sebuah menu utama yang disebut Kapurung.

cerita sedikit:

jadi ceritanya saya dapet kerjaan dinas luar lagi di Makasar akhir tahun 2011 kemarin. Nyobain coto, konro, sop sodara, palu basa, pisang epe, mie tie tie, bahkan seafood di lae lae, dinar, Apong, udah semua. Nah, ternyata, kata temen saya yang di Makasar, ada satu lagi yang belum saya coba dan juga menjadi primadona di Makasar, namanya Kapurung.

Saat saya tanya itu apa, ternyata itu sagu. Dipikiran saya, sagu, berarti saya akan makan seperti makan roti putih atau kaya kue salju yang ada pas lebaran. tapi ternyata setelah sampai di tempatnya, saya baru tau, kalo Kapurung ini enak.

Kenapa enak?karena ya saya bukan makan sagu gitu doang, bukan sagu yang kaya tepung kanji, tapi sagu yang dimasak. bentuknya hampir sama kaya kanji dimasak di jadiin lem, tapi yang satu ini, rasanya MAKNYUS.

Bentuknya kurang lebih tu kaya gini:

1.jpg

nah, yang kaya gitu, dicampur sama rempah rempah pilihan, sayuran, dan macem macem termasuk daging ayam sehingga jadilah semangkok Kapurung lezat yang bentuknya kaya gini:

img_1298-300x224.jpg

jujur, awal makan, agak gimana gitu, soalnya lengket2, berlendir dan susah disebutkan dengan kata kata, tetapi sekali nyoba, bikin nagih. apalagi dimakan sama sop ikan, yummi..

pengen nyoba? di Makasar, ada satu tempat saya lupa pasti nama jalannya karena saya gak asli makasar. yang orang makasar, boleh tolong bantu nama jalannya apa?yang pasti kalo mau ke arah pantai losari dari depan rumah Jusuf Kalla, arahnya belok kiri. Kalo gak salah di jalan Rajawali.

Eits, tunggu dulu, sebelum kesana, saya kasitau, jangan pas laper banget. karena kalo pas laper banget, bakalan kesiksa, kesiksa karena nunggu antrian yang panjang banget. ntar malah kena maag lagi :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehehhee..... memang bener2 kaya lem niiiiiiii...... :D

kalo di papua yang beginian namanya papeda :)

salah satu makanan pokok orang papua.........

maknyuussssss uiiiiiiii ^_^ ^_^

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehehhee..... memang bener2 kaya lem niiiiiiii...... :D

kalo di papua yang beginian namanya papeda :)

salah satu makanan pokok orang papua.........

maknyuussssss uiiiiiiii ^_^ ^_^

di ambon juga namanya papeda. bentuknya sama.. tapi menurut saya, olahannya paling mantep itu makasar, karena bumbunya udah pas banget saya pikir. rempah rempahnya jago milihnya.. (y)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo ngeliat gambarnya,sori nih geli banget.ngak pengen nyoba d,tapi kalo ngak ada makanan yah terpaksa d,daripada lapar.Kalo menurut saya mungkin makanan pendampingnya yang enak,karena tuh sagu mungkin ngak ada rasanya kali alias netral,kayak nasi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayaknya bulan depan saya k makasar pulang ke bandung langsung over weight neh badan udh byk bgt review wisata kuliner nya jadi ngiler :D

Waha..iya banyak banget makanan enaknya..ntar kalo sempet saya tulis tentang snack snack di makasar deh, masih ada pisang epe, pisang ijo, palu butung,hihi

Seafoodnya juga mantep mantep

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo ngeliat gambarnya,sori nih geli banget.ngak pengen nyoba d,tapi kalo ngak ada makanan yah terpaksa d,daripada lapar.Kalo menurut saya mungkin makanan pendampingnya yang enak,karena tuh sagu mungkin ngak ada rasanya kali alias netral,kayak nasi.

Nah,jujur aja, awal ngeliat juga gitu..tapi setelah nyobain,bener deh gak bakal mau berenti,bikin nagih,enak dan seger..ikannya milih untuk additional,kalo gak mesen gapapa,tetep enak.. Malah ikannya gak enak kalo gak ada sagunya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Di jakarta ada gak tuh makanannya ??

kalo ada kasih tau dong pengen nyobain rasanya kayak apa...

sekilas sih mengugah selera...

mirip-mirip bubur gitu yah...

iya,mirip mirip bubur gitu..

di jakarta gak tau dimana nih.kalo ada juga pasti mahal. sagu kan gak banyak ditemui di jakarta, berarti harus import dari makasar dulu dan itu pastinya gak murah..

tapi ntar saya coba cari informasinya. mana tau aja ada dan harganya masuk ke kantong Anda, mas :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

ada yang bilang, patokan rumah makan itu enak apa enggak kalo pengunjungnya rame. apalagi kalo antriannya sampe panjang, berarti enak banget ya mas makanannya?

jadi penasaran, pengen coba juga. kenyal2 gimana gitu ya kayaknya rasanya? *ngebayangin dari foto yang pertama*

Share this post


Link to post
Share on other sites

ada yang bilang, patokan rumah makan itu enak apa enggak kalo pengunjungnya rame. apalagi kalo antriannya sampe panjang, berarti enak banget ya mas makanannya?

jadi penasaran, pengen coba juga. kenyal2 gimana gitu ya kayaknya rasanya? *ngebayangin dari foto yang pertama*

dibilang kenyal juga gak sih. kaya bubur aja bentuknya..

haha, iya bener, dimana mana kan cuma itu kriterianya. padahal gak selamanya kaya gitu. contohnya bebek yang ada di madura (tanpa sebut nama) saya bilang bebeknya biasa aja. padahal udah jauh jauh ke madura, yang kata orang orang itu enak, karena rame, hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahaha berlendir gitu ya? Yang saya tau di restoran chinese food gitu banyak sich makanan-makanan yang pakai tepung kanji, mungkin mirip-mirip ini kali. Tapi biasanya kalau yang begini, meskipun wujudnya agak kurang, tapi biasanya rasanya sich enak nich.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahaha berlendir gitu ya? Yang saya tau di restoran chinese food gitu banyak sich makanan-makanan yang pakai tepung kanji, mungkin mirip-mirip ini kali. Tapi biasanya kalau yang begini, meskipun wujudnya agak kurang, tapi biasanya rasanya sich enak nich.

haha, bahasanya ajib "walaupun bentuknya agak kurang tapi biasanya rasanya sih enak nih". haha, emang iya bener, rasanya enak. beneran, bukan saya doang kok yang bilang rasanya enak mas. hampir semua yang makan disana. tapi ya itu, awal awal mau masukin ke mulut gimana gitu rasanya, tapi abis itu nagih :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

coba ada satu tempat yang khusus jual makanan2 dari luar pulau jawa. susah banget kalo pengen coba makanan yang dari seberang yang jarang ada. kayak seperti food festival gitu.

banyak mas, tapi rasanya, wah, jauh banget. saya pernah nyobain nih konro makasar di bandung, walaupun kata orang enak, tapi tetep aja, rasa konronya beda. kalo saya analisis, mungkin karena rempah rempahnya yang gak dijual di jawa, atau di tanam di jawa, tapi gak sebagus yang kaya di makasar. sama lah contohnya kaya teh. kalo ditanam di luar jawa oke, tapi ya rasanya begitulah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this