Banyusmom

Berapa Lama Sih Makanan Bisa Disimpan di Kulkas?

1 post in this topic

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang sering digunakan untuk menyimpan makanan. Khususnya makanan yang basah dan mudah basi. Tapi sebenarnya, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan makanan di dalam kulkas? Karena walaupun awet dan tahan lama tapi pasti makanan tersebut juga bisa busuk jika kelamaan ditaruh di dalam kulkas. Apalagi jika makanan tersebut disimpan untuk bayi anda atau untuk makanan bayi. Kan bahaya jika sudah menaruhnya terlalu lama dan diberikan ke bayi. Khususnya untuk makanan daging-dagingan. Disimpan dalam waktu 1 hari saja bisa menjadi bau dan busuk. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa info mengenai jenis-jenis makanan yang bisa disimpan di dalam kulkas. Dan dirasa aman.

 

post-34-0-59596700-1381154582_thumb.jpg

 

            Berikut jenis makanannya :

 

Daging unggas yang masih mentah

Biasanya daging ini hanya kuat dan tahan disimpan di dalam kulkas selama 1 atau 2 hari. Dan dengan ukuran 40 derajat celcius atau bahkan lebih. Sedangkan untuk daging unggas seperti ayam atau burung bisa disimpan di kulkas selama 1 tahun penuh. Bagi daging unggas yang sudah dimasak sebaiknya dibekukan terlebih dahulu. Namun tidak lebih dari 2-6 bulan lamanya.

 

Untuk makanan olahan

Bagi beberapa sisa makanan yang sudah matang, sebaiknya kamu menyimpannya tidak lebih dari 4 atau 5 hari. Itupun harus disimpan di wadah yang kedap udara. Sementara untuk salad yang berisi ikan tuna atau ayam sebaiknya disimpan selama 3 atau 4 hari di dalam kulkas.

 

Daging merah

Untuk daging merah yang mentah, biasanya bisa disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih selama 5 hari. Dan masih dapat dibekukan selama 4-12 bulan lamanya. Sedangkan sisa daging merah yang sudah matang hanya 3-4 hari bisa disimpan di kulkas. Jika ditaruh di freezer kuat hingga 2-6 bulan lamanya. Dan untuk daging merah yang sudah digiling tapi masih mentah kuat hanya 1-2 hari. Sedangkan jika dibekukan kuat hingga 3-4 bulan.

 

Jenis makanan segar

Lalu, bagaimana dengan jenis makanan segar yang ditaruh di dalam kulkas? Kira-kira tahan hingga berapa lama. Untuk jenis rempah-rempah yang beraroma wangi sebaiknya cuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Lalu bungkus di dalam plastik. Lama penyimpanannya tergantung pada jenis rempah-rempah itu sendiri. Ada yang tahan hingga 4 hari. Ada pula yang tahan hingga 7 hari. Untuk selada, biasanya tahan hingga 3-4 hari. Sedangkan untuk jamur segar tahan hingga 5 hari. Jenis bumbu-bumbuan tersebut sebaiknya dibungkus dengan handuk kertas lalu dimasukkan ke dalam plastik.

 

Bacon

Bacon biasanya tahan disimpan hingga 1 minggu di lemari es. Sedangkan untuk sosis yang masih mentah harus langsung dimakan dalam waktu 2 hari. Dan kedua jenis makanan tersebut bisa dibekukan dalam waktu 1 bulan. Kecuali untuk beberapa sosis yang tahan disimpan hingga 2 bulan.

 

            Dalam artikel ini saya menjelaskan tentang ketahanan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Dan jika makanan yang anda simpan masih cepat busuk, mungkin proses penyimpanannya yang belum tepat. Sehingga walaupun ditaruh di kulkas masih cepat busuk atau tidak tahan lama. Khususnya bagi makanan yang masih mentah. Tapi jika ingin aman, lebih baik dibekukan agar waktu penyimpanannya bisa lebih lama.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now