Sign in to follow this  
Followers 0
mistershim

Pasar Apung Banjarmasin

16 posts in this topic

Pasar Apung tau kan?? Dulu pertama kali saya tahu karena selalu muncul sebelum acara2 si RCTI. Pasar Apung ada di Banjarmasin. Fungsinya ya pasar. Di sini, org2 berjualan di atas perahu. Rata2 yang dijualin sih sayuran dan juga buah-buahan. Seru lihat pemandangan di sini. menarik dan juga indah pastinya.

Pasar Apung ini sekarang jadi daya tarik sendiri lho di Banjarmasin. Saat ini jadi tujuan wisata favorit karena unik dan juga masih tradisonal banget. Dulu saya belajar malah di pasar apung ini masih kepake sistem barter. Ada yang baru-baru ini pernah berkunjung? Apa masih berlaku tukar-menukar barang seperti itu?

Kalau ke Banajarmasin, jangan lupa mampir ya ke Pasar Apung ini. :)6cS0B.jpg

Husnul Amaly likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayak pasar yang di Thailand itu ya. saya sering liat pasar seperti ini di TV tapi ga pernah kunjungi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah. Waktu itu pernah nih

tapi ga kuat sayanya kapal nya goyang mulu mabok laut iya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayak pasar yang di Thailand itu ya. saya sering liat pasar seperti ini di TV tapi ga pernah kunjungi.

nggak tau ya kalo thailand,. kalo vietnam ada gan... di daerah halong bay tapi masih nyebrang lagi kalo ga salah :)

Wah. Waktu itu pernah nih

tapi ga kuat sayanya kapal nya goyang mulu mabok laut iya :D

hahah mabok laut, sama gan ane juga mabok laut.. tapi kalo dipinggir gini emang puyeng juga ya? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

bener banget,,,,,,

udah tau dari kecil sejak jaman rcti dulu :D

ibu2 yang lagi jualan terus angkat jempol...

RCTI okeeee.... hahahahahahaa

mantap, nice share bro :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

CMIIW ... di Banjarmasin ada 2 lokasi pasar terapung .

Yg lebih dekat dengan kota adalah pasar terapung Kuin , tempat bertemu sungai Kuin dengan sungai Barito .

Aktifitas pasarnya pagi-2 sekali, bisa dilanjut ke wisata pulau Kembang yang penghuni nya mayoritas kera ekor panjang.

Yg lebih jauh terkenal dengan nama Lok Baintan , menyusuri sungai Martapura arah ke hulu .

Subuh berangkat sewa perahu kelotok dari Banjarmasin , puas foto-2 aktifitas pasar di Lok Baintan jam 9'an pulang mampir sarapan Soto Banjar di pinggir sungai ... sedaaap.

Share this post


Link to post
Share on other sites

nggak tau ya kalo thailand,. kalo vietnam ada gan... di daerah halong bay tapi masih nyebrang lagi kalo ga salah :)

hahah mabok laut, sama gan ane juga mabok laut.. tapi kalo dipinggir gini emang puyeng juga ya? :)

yang bikin mabok karena kapal nya kecil :D

jadi goyang mulu

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayak pasar yang di Thailand itu ya. saya sering liat pasar seperti ini di TV tapi ga pernah kunjungi.

Bener banget mas, thailand emang terkenal dengan beberapa pasar terapungnya, mulai dari Damnoen Saduak di distrik Damnoen Saduak sampe ke Amphawa di distrik Thonburi (saya bahas di thread ini, monggo dikunjungi).

Tapi emang masih kebayang itu gambar Pasar Apung di Banjarmasin berkat RCTI. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

sekrang rcti dah gak pake pasar apung lagi yah?

nenek2x yang ngangat jempolnya juga sudah gak jadi icon rcti lagi.

ngomong2x, kita sebagai pembeli memakai perahu juga? atau berpindah2x perahu sesuai dengan tujuan kita membelinya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah belum pernah liat secara langsung nih pasar RCTI kyk gini.. seru kali yaa...

deg2an juga mungkin karena gak kebiasa naik perahuuu...

perahunya kecil2 lagi, memanjang gituuu.. kayaknya gampang banget miring n terbalik :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah. Waktu itu pernah nih

tapi ga kuat sayanya kapal nya goyang mulu mabok laut iya :D

@kevinalegion : hah mabok ? emang brkt jam berapa ? kan sungainya tenang hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

CMIIW ... di Banjarmasin ada 2 lokasi pasar terapung .

Yg lebih dekat dengan kota adalah pasar terapung Kuin , tempat bertemu sungai Kuin dengan sungai Barito .

Aktifitas pasarnya pagi-2 sekali, bisa dilanjut ke wisata pulau Kembang yang penghuni nya mayoritas kera ekor panjang.

Yg lebih jauh terkenal dengan nama Lok Baintan , menyusuri sungai Martapura arah ke hulu .

Subuh berangkat sewa perahu kelotok dari Banjarmasin , puas foto-2 aktifitas pasar di Lok Baintan jam 9'an pulang mampir sarapan Soto Banjar di pinggir sungai ... sedaaap.

@wilapri : sip bener banget harus pagi2 bener karna dr dermaga ke kuin atau ke lok baintan makan waktu sekitar sejam setengah an, tapi paling ramai di lok baintan, kalo kuin biasanya ramai hari minggu aja.

oh iya tips ya, kalo mau ke pasar apung lebih baik rame rame karna kita sistemnya sewa kelotok alias kapal air biayanya 250rb.

abis muter2 sungai enak makan soto bang amat, satenya mantebbb beda ama sate banjar lainnya.

udah gitu ada penyanyi lagu daerah lengkap pake baju adatnya

Share this post


Link to post
Share on other sites

sekrang rcti dah gak pake pasar apung lagi yah?

nenek2x yang ngangat jempolnya juga sudah gak jadi icon rcti lagi.

ngomong2x, kita sebagai pembeli memakai perahu juga? atau berpindah2x perahu sesuai dengan tujuan kita membelinya?

@ryaryuu : tergantung mau beli apa dulu, jajan, makanan, sayur atau buah ? biasanya kalau kita naik kelotok para pedagang yang nyamperin ke sekitar kelotok. kalo yg pake perahu2 kecil kaya di RCTI itu umumnya para pedagang atau warga sekitar yang lagi belanja.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Salam kenal.. Saya mo ke banjarmasin.. Tepatnya ke jl arjuna kebun bunga banjarmasin timur..

Kalo dari bandara ke sana paling murah naik apa?? Klo bisa krm di ahmadkharis@smartfren.blackberry.com ato BB pin 313494e7 Backpacker jawa.trimakasih banyak..

Share this post


Link to post
Share on other sites

emang nih salah satu andalan wisata bahari nyaKalimantan Selatan,

tradisi jual beli masyarakat bahkan aktifitas barter masih terjadi disana

ni share gan :rate

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • OPEN TRIP FEBRUARI - MARET 2016
      By Ltt Travelers
      Haaaii kawan semua !! 
      Yuukk Update Terus Open Trip kami, dan kamu cocokin tanggal keberangkatannya yaaa..
       Please Check it out ! 
      JADWAL OPEN TRIP JALAN SETIAP MINGGU !!
       BULAN FEBRUARI - MARET 2016 
      1. Open Trip Pulau Harapan Kepulauan Seribu
      Keberangkatan :  6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.370.000 / Person
      Status : No Cancel/ No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      2. Open Trip Pulau Pari Kepulauan Seribu
      Keberangkatan : 6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.380.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      3. Open Trip Pulau Pramuka Kepulauan Seribu 
      Keberangkatan :   6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.350.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      4. Open Trip Pulau Tidung Kepulauan Seribu 
      Keberangkatan :   6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.350.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      5. Open Trip Pulau Pahawang Lampung
      Keberangkatan :  5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.480.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      6. Open Trip Green Canyon Pangandaran
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.650.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Semanggi, Jakarta 19:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      7. Open Trip Dieng Wonosobo
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016   
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.575.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Semanggi, Jakarta 18:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      8. Open Trip Gunung Krakatau
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.470.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      9. Open Trip Teluk Kiluan Lampung
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.599.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      11. Open Trip Jelajah 3 Pulau ( Onrust - Cipir - Kelor ) >> One Day Trip << 
      Keberangkatan : 7 Ferbruari 2016 || 14 Ferbruari 2016  || 21  Ferbruari 2016  || 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan : 6 Maret 2016 || 9 Maret 2016  || 13 Maret 2016  || 20  Maret 2016 || 25  Maret 2016 || 27  Maret 2016
      Price : Rp.99.000 / Person
      Meeting Point : Muara Kamal, Kapuk Pukul 07:30 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      12. Open Trip Jakarta Walking Tours >> One Day Trip << 
      Keberangkatan : 7 Ferbruari 2016 || 14 Ferbruari 2016  || 21  Ferbruari 2016  || 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan : 6 Maret 2016 || 9 Maret 2016  || 13 Maret 2016  || 20  Maret 2016 || 25  Maret 2016 || 27  Maret 2016
      Price : Rp.99.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Sarinah, Jakarta Pukul 08:30 wib
      Program Detail : Klik Here   
       How to BOOK ? 
       
      1. Hubungi Contact Person Reservasi kami, atau
      2. Klik BOOKING NOW
      3. Isi Form Registrasi
      4. Tunggu Email Confirmation Letter untuk melakukan pembayaran DP ( Uang Muka )
      5. Konfirmasi pembayaran anda, melalui Whatsapp/ BBM/ Email di " info.laditatour@gmail.com "
       
       
       Reservation 
      Office
      021-31717218 (9.00 am - 5.00 pm)
      Fax
      021-42877200
      Hotline
      0812 182222 92 ( Call & Whatsapp )
      BBM
      7C2E08A2
      E-mail
      info[dot]laditatour[at]gmail[dot]com
       
      Like our Fans Page : laditatours
      Follow our Twitter @LaditaTour #takeurholiday
      Like our IG : Ladita_Tour
       
       
      Visit us on
      www.laditatour.com
       
       
        
      Head Office
      Jl. Rawa Selatan III Johar Baru No. 32
      Jakarta Pusat 10550 - Indonesia
      Branch Office
      Jl. Raya Cimanggu Pahlawan No. 24
      Bogor, Jawa Barat 16114 - Indonesia
    • Bali, Kawasan Wisata yang Terbalut Magisnya Budaya
      By citrariana
      Siapa yang tidak tau Pulau Bali? Bahkan Pulau ini sudah terkenal di Dunia. Tak terhitung banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi Bali setiap harinya.
      Bali memiliki banyak wisata yang wajib di kunjungi.

      Saya berkunjung ke Pulau Dewata beberapa tahun yang lalu. Yang Saya kunjungi pertama kali adalah Tanah Lot. Ini merupakan wisa pantai. Yang unuk dari tempat ini adalah terdapat pura di tengah Pantai. Suasanya nyaman. Perpaduan antara hangatnya sinar matahari dan segarnya angin laut. Disana terdapat ular yang dianggap suci oleh masyarakat Bali. Bagi Anda yang tidak memiliki phobia terhadap ular, sebaiknya Anda mengujungi tempat itu.

      Wisata yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah Bedugul. Di sana terdapat Danau Beratan yang indah. Anda dapat menyewa perahu untuk mengitari danau. Di sisi lain danau terdapat villa. Villa ini letaknya cukup jauh. Villa ini terbuka untuk umum. Anda dapat berfoto disana. Untuk menuju Villa, Anda harus menggunakan perahu. Objek wisata yang terkenal lainnya adalah Pura Ulun Danu. Merupakan salah satu icon Pulau indah ini.

      Yang menarik selanjutnya adalah Tanjung Benoa. Di sana Anda dapat menikmati Pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Terdapat berbagai wahana air yang bisa Anda coba. Yang paling terkenal adalah Banana Boat. Di dekat Tanjung Benoa terdapat Teluk Penyu. Merupakan tempat penangkaran penyu.
      Uniknya tempat ini adalah dibalik segala medernisasi dan keindahan wisatanya, masyarakat Bali tetap berpegang teguh pada adat budaya nenek moyang. Tidah jarang saat Saya berkunjung ke area wisata Saya menemukan berbagai macam sesaji. Salut untuk Pulau ini.
       
      Tidak sulit untuk menuju Bali. Anda dapat menaiki pesawat dan turun di bandara Ngurah Rai. Setelah itu anda dapat menyewa mobil atau agen tour untuk memudahkan wisata anda di Bali.
    • Wisata Persawahan
      By citrariana
      Apakah anda dilahirkan di Kota dan besar di Kota? Pernahkah anda bermimpi untuk merasakan suasana pedesaan?

      Suasana pedesaan memang memiliki atmosfer yang nyaman. Salah satunya adalah desa di kawasan godean, Sleman, D.I. Yogyakarta. Mungkin nama tempat ini cukup asing. Desa godean terletak di pinggiran kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta dengan segala macam pembangunan yang mulai berkembang pesat ternyata masih menyimpan satu titik yang nyaman untuk di kunjungi.

      Terletak 10Km dari Pantai Glagah. Hanya ada hamparan sawah dengan warna hijau yang menyejukkan. Namun, bukankah itu suatu hal yang cukup sulit dicari sekarang? Selain itu terdapat beberapa Resto di sana yang mengusung tema sawah. Letaknya ada di tengah area persawahan. Jadi sembari anda makan, anda akan merasakan semilir angin dan suasana yang menentramkan. Menu yang disajikan biasanya adalah menu ala masakan rumahan. 

      Anda sudah sering mlihat matahari tenggelam di cakrawala? Melihat matahari tenggelam diantara sela-sela pohon akan memberikan kesan magis. Perpaduan sempurna antara siluet orange dan hijau daun. Sangat cantik.
       
       
       
    • Kenalan dengan Batik Nusantara Yuk!
      By onesecond
      Kenalan dengan Batik Nusantara Yuk!

      Batik, seni melukis yang menggunakan canting ini semakin hari semakain di kenal dunia. Setelah sempat diributkan siapa pemilik aslinya, Indonesia atau Malaysia, UNESCO pun menetapkan batik sebagai warisan budaya negeri kita. Seni membatik banyak diaplikasikan di berbagai kerajinan tangan, termasuk di item fashion, pakaian yang paling popular.

      Warisan nenek moyang kita ini memang tak pernah usang di makan waktu seiring kreativitas anak bangsa yang semakin berkembang. Tapi, tahukah kamu jika Presiden Soeharto adalah orang yang pertama kali memperkenalkan batik kepada dunia? Yap, presiden kedua Indonesia itu memakai batik saat konferensi PBB berlangsung.

      Nilai batik semakin hari semakin tinggi karena nilai budaya yang juga terkandung di dalamnya. Di Indonesia, di berbagai wilayah punya motif batik masing-masing yang melambangkan ciri khas dan budaya daerah itu sendiri. Sebagian besar batik yang banyak diminati adalah batik yang berasal dari Pulau Jawa, karena itulah sebagian besar daerah di Pulau Jawa memproduksi batik. Seperti Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Cirebon, dan Banten. Walaupun demikian, daerah yang berada di luar Pulau Jawa juga banyak yang memproduksi batik.

      Yuk kita kenalan sama jenis-jenis batik di berbagai daerah. Nggak Cuma bisa dipakai sendiri, batik bisa jadi oleh-oleh kalau kita berkunjung ke daerah-daerah pengrajin batik, lho.

      Berikut ini adalah batik yang berdasarkan daerah dari Pulau Jawa :

      ·         Batik Pekalongan
      Daerah ini terkenal dengan produksi kerajinan batiknya. Jenis motif batik pekalongan ini diantaranya adalah jlamprang, terang bulan, sekar jagad, lung-lungan, dan pisan bali. Yang paling menonjol atau menjadi cirri khas dari batik pekalongan ini adalah motif bunga dan dedaunannya.

      ·         Batik Yogyakarta
      Bicara tentang Jogja memang nggak pernah ada habisnya. Selain sebagai kota pelajar, Jogja adalah kota budaya dan salah satu kekayaan budayanya adalah batik Jogja. Pada zaman dahulu batik hanya dipakai oleh orang-orang terkemuka seperti keluarga keraton. Namun berbeda dengan sekarang, saat ini siapa pun bisa menggunakan batik walaupun sebagian dari mereka masih ada yang mengkhususkan batik yang hanya bisa dipakai oleh keluarga bangsawan.

      Motif yang dimiliki batik Jogja ini antara lain, motif Parangkususmo, motif Truntum, motif Liris, motif Parang, motif Kawung, motif Udan Nitik, dan motif Tambal. Pola besar dan simetris menjadi ciri khas dari motif batik Jogja ini. Mendapatkan batik di Jogja sebagai oleh-oleh sangatlah muda. Kamu hanya tinggal mengunjungi kawasan malioboro karena di sana, kamu bisa menemukan berbagai lokasi khusus batik, dari mulai jalan malioboronya sendiri, pasarnya, hingga di dalam mallnya.

      ·         Batik Madura
      Kota yang satu ini punya banyak sekali motif menarik untuk batiknya. Biasaya, jenis motif yang berasal dari Madura ini antara lain adalah motif bunga, burung, serat kayu, dan juga tanjung bumi.


      Nah, untuk lebih mudah lagi mengenal ciri batik Madura, kita bisa mengenalinya dengan warna-warna yang berani atau warna-warna yang mencolok. Misalnya, ada yang berwarna merah, biru, kuning, dan hijau. Warna yang dihasilkan pada batik ini menggunakan bahan pewarna alami, sepeti ting, mengkudu dan kulit mundu. Motif pada batik Madura ini antara lain motif binatang dan tumbuhan. Uniknya, desain yang terdapat pada batik ini memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari warga Madura.

      ·         Batik Solo
      Solo, kota yang masih menjunjung tinggi adat jawa yang kental. Batik Solo merupakan batik yang banyak dikenal, karena di kota ini terdapat lokasi yang menjadi pusat pengrajin batik. Jika kamu mengunjungi Solo, kamu bisa mengungjungi kampung Laweyan dan kampung Kauman yang banyak memproduksi batik. Motif batik yang terkenal di Solo adalah motif Raturatih, Sidoluruh dan Sidomukti. Warna yang menjadi ciri khas pada batik ini adalah coklat. Dan kayanya lagi, setiap motif punya makna masing-masing.

      ·         Batik Cirebon
      Cirebon, kota ini juga merupakan penghasil batik lho. Kamu pasti bisa membedakannya karena batik Cirebon banyak juga beredar di pasar dan cukup diminati. Motif yang terkenal adalah mega mendung di mana motif ini memiliki dua warna yaitu warna biru muda dan tua. Masing-masing dari warna tersebut memiliki makna. Warna biru muda melambangkan kehidupan yang semakin cerah. Sedangkan warna biru tua menggambarkan awan yang gelap dan memiliki curah hujan yang tinggi.

      Selain warna biru, batik ini juga berwarna merah, kuning, dan hitam. Bentuk pola pada motif ini ialah lancip, lonjong, dan segitiga. Motif Mega Mendung sebagian besar dipengaruhi oleh perpaduan budaya Islam dan Cina.


      Selain motif Mega Mendung, batik Cirebon juga memiliki motif Naga Silam. Pola yang dimiliki pada motif ini sama dengan pola Mega Mendung. Motif ini dipengaruhi oleh budaya India dan makna yang dimiliki dari motif ini adalah perang kebaikan melawan kejahatan untuk mencapai kemakmuran. Daerah penghasil batik Cirebon berpusat di desa Trusmi. Jangan lupa untuk mampir ke desa yang juga disebut sebagai kampung batik Cirebon ini.

      Nah, itu tadi batik yang berasal dari Pulau Jawa. Kini, kita beranjak ke pulau lain, karena sebenarnya tidak hanya Pulau Jawa yang terkenal dalam produksi batiknya. Di luar pulau tersebut juga demikian. Berikut sejumlah wilayah di luar pulau Jawa yang juga dikenal sebagai pengrajin batik:

      ·         Batik Bali
      Batik bali berdiri pada tahun 1970, maka batik ini terbilang masih muda. Tapi meski begitu, batik Bali dengan cepat bisa dikenal luas dan banyak diminati turis. Alat yang digunakan untuk menenun kain batik ini adalah ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin. Jadi kain ini ditenun secara manual.

      Orang-orang bali menggunakan batik pada saat menghadiri proses upacara. Hal inilah yang menyebabkan batik Bali berkembang pesat. Motif pada batik ini adalah perpaduan antara motif asli pulau dewata dengan motif batik yang berada di luar Bali seperti motif batik pekalongan, solo, dan papua. Motif asli pulau dewata ini  antara lain burung bangau, rusa, naga, dan kura-kura.

      ·         Batik Minangkabau
      Yap, Sumatra Barat ini ternyata juga terkenal dalam kerajinan batiknya. Batik ini memiliki keunikan dalam cara pembuatannya, yaitu dengan menggunakan tanah liat. Proses pembuatannya pertama-tama kain dan tanah liat bersamaan direndam dalam jangka waktu seminggu, lalu dicuci dan diberi pewarna sesuai dengan motif yang dibuat. Motif yang terkenal pada batik ini adalah kaluak paru, batuang kayu, dan tari piring.

      ·         Batik Papua
      Pernah mendengar Batik Papua? Mungkin belum sepopuler batik lainnya, tapi Papua juga punya batik yang nggak kalah cantiknya. Karena keindahan alam yang masih asli dan juga burung cendrawasihnya, motif Batik Papua ini kebanyakan adalah motif burung cendrawasih, kanoro, sentani, tifa, honai, dan lain sebagainya. Oya, motif asmat juga menjadi motif yang terkenal dari Batik Papua ini.

      Uniknya lagi, proses pembuatan batik di Papua ini dibagi ke dalam dua bagian. Ada proses pembuatan yang dialkukan oleh kaum wanita, yaitu batik tulis dan ada juga yang dikerjakan oleh para pria, yakni batik cap.

      Sebenarnya selain batik yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi lho batik-batik yang ada di Indonesia. Setiap daerah punya ciri khas masing-masing yang tentunya selalu menarik dan gak kalah cantiknya juga. Ayo lestarikan batik dan budaya kita lainnya biar nggak rebutan klaim mulu sama tetangga. J

    • Kulon Progo, Keindahan Alam yang Perawan
      By citrariana
      Siapa sangaka di tanah Kulon Progo yang sunyi justru menyimpan keindahan alam yang masih perawan. Tempat indah ini tersembunyi di balik jalan menanjak danberbatu pegunungan. Beberapa akses jalan yang belum memadai untuk kendaraan roda empat membuat tempat ini sedikit terisolasi dari peradaban luar. Kebanyakan tempat wisata di sana belum memiliki nama. Jangan heran bila satu tempat memiliki beberapa nama.

       
      Kendaraan terbaik untuk menelusuri Kulon Progo adalah Motor. Karena jalan yang belum mulus sempurna, pilihlah motor yang cukup tangguh untuk digunakan di jalan menanjak dan berbatu. Akses yang lain adalah menaiki sepeda. Udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang masih hijau akan membuat perjalanan Anda menyenangkan.

       
      Beranilah untuk menjelajahi kampung. Benda yang paling Anda butuhkan adalah GPS. Rumitnya jalan pedesaan bisa membuat Anda tersesat. Berhati-hatilah dalam memilih jalan. Beberapa akses jalan menuju tempat wisata belum dibuka untuk umum. Penduduk hanya menebas pohon yang mengganggu untuk membuka jalan. Jangan heran bila Anda harus berkorban dengan jalan kaki.

       
      Dilaporkan banyak terdapat air terjun dan sungai yang jernih di Kulon Progo. Sebaiknya bawalah baju ganti. Air yang jernih dan dingin akan menggoda Anda untuk sekedar membasuh muka atau berendam menikmati indahnya alam.

       
      Setelah anda lelah menelusuri Kulon Progo, ada baiknya untuk singgah sebentar di kawasan wisata Waduk Sermo. Ada satu warung makan yang patut di coba. Menu Khasnya adalah teh panas gula batu. Rasanya sangat segar dan unik. Warung ini terletak di deretan warung di samping Waduk Sermo. Warung ini juga menjual mi ayam yang sangat lezat. Soal harga pastinya sangat terjangkau.

       
      Selamat menikmati penjelajahan perdana Anda untuk menemuhan surga tersembunyi di Kulon Progo.