• 0
Sign in to follow this  
ulie

Species "Awan" baru

Question

WMO (World Meteorological Organization) telah mengklasifikasikan jenis-jenis awan berdasarkan ketinggian dan bentuknya antara lain: Cirrus, Cirrocumulus, Cirrostratus, Altocumulus, Altostratus, Nimbostratus, Stratocumulus, Stratus, Cumulus, dan Cumulonimbus.

Bentuk awan ada yang tipis putih seperti sapuan kuas cat air pada sebuah lukisan, ada yang bergumpal-gumpal hitam dan ada pula yang seperti bulu domba. Jenis-jenis awan tersebut mengindikasikan cuaca yang sedang terjadi apakah itu musim hujan, kemarau, panas, dingin, dan sebagainya.

CAS sebuah organisasi pengamat awan yang berbasis di Inggris, mengklaim telah menemukan jenis awan baru yang diberi nama Undulatus asperatus . Menurut pendirinya Gravin Pretor-Pinne, “Awan ini lebih hangat, lembab, dan lebih dingin di bagian atas udara yang lebih kering di bagian bawah dengan batasan yang jelas di antara keduanyaâ€. Ia juga menambahkan bahwa mengamati awan adalah hal penting untuk mendokumentasikan efek pemanasan global di langit. Awan dapat memberikan jawaban tentang suhu dan perubahan iklim di tahun-tahun mendatang.

Silahkan amati gambar awan baru tersebut berikut ini, bandingkan dengan awan yang selama ini telah kita lihat.

1559201620X310.jpg

Pertama kali terlihat di Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat, pada 2006. Awan tersebut juga terlihat di Perancis, Norwegia, dan beberapa wilayah lain. Kalo di Indonesia??

Share this post


Link to post
Share on other sites

7 answers to this question

  • 0

wah bagus ya warna nya, di norwegia banyak tuh fenomena langit gitu, ada daerahnya yang matahari nya gak ada, ada yang aurora, kapan ya di indonesia ada

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Waduh saya baru tau tuh awan ada spesies2 nya, bukannya awan itu selalu berubah2 ya? kok bisa di beda2kan awan mana dan awan mana haha, kalo warna sih saya pikir itu karena pantulan sinar matahari, nah kalo awan mendung hm.. ah jujur saya ga py pengetahuan apa2 tentang awan, jd mending duduk dan menyimak aja deh :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By fel_tan
      Penasaran gak sih gimana rasanya berada lebih dekat dengan awan? Awan terlihat berwarna putih dan empuk, padahal sebenarnya awan terbuat dari tetesan atau uap air dan kristal beku yang digantungkan di atmosfer.
       
      Tetapi, seorang seniman Belanda, Berndnaut Smildeas membuat karya seni yaitu awan buatan. Caranya dengan menggunakan mesin asap, dikombinasikan dengan kelembaban suhu ruangan dan pencahayaan yang dramatis. Nama awan ini adalah Nimbus II 2012.
       
       
       
      Sayangnya awan buatan ini tidak bisa bertahan lama dan telah menghilang seperti karakteristik awan-awan pada umumnya.
       

       

       

    • By Luwaks
      Hallo Semua, buat refreshing setelah abis kerja, atau cape beres2 banjir. ini ada tebak2an neh seru2an.
      1 huruf diwakili sama 1 superhero. ayo tebak2 siapa aja superheronya...
      ada beberapa yang susah sih, saya juga ga tau he2
    • By bangchangkyu
      Hai semua... musim ujan begini dingin banget nih.... kalo lagi dingin2 gini, enaknya selimutan aja...

      Kalo pas lagi jalan2 keluar, temen2 lebih milih mana buat menghangatkan badan??

      Bawa selimut? jarang sih yang kayak gini, tapi ada aja lhooo... temen aku contohnya. ga bisa lepas dari selimut. Biar jalan2 dy rela bawaan banyak demi selimutnya .. :)
      Sleeping bag, wah buat para pendaki pasti apal ama yang ini. Camping juga enak banget kalo bawa sleeping bag. :)
      Jaket, simple. Walau ga melidungi seluruh badan dari dingin, tapi jaket lebih simple dari yang lain...
      Saya pribadi, selalu bawa jaket doang kalo ke mana2.. biar namabah anget, tambahin kaos kaki n sarung tangan. Tidur sambil tangan masukin ke ketiak.. setidaknya lebih hangat... :)