Sign in to follow this  
Banyusmom

Alternatif Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

3 posts in this topic

Tentunya selain nasi, sagu dan makanan pokok Indonesia lainnya, ada bermacam-macam makanan lain yang juga mengandung karbohidrat. Diantaranya sebagai berikut :

 

Kentang rebus

Anda pasti sudah sering mencoba makan kentang rebus ini. Ternyata kentang juga sama halnya dengan nasi. Mengandung zat karbohidrat. Itu sebabnya kentang membuat kita kenyang. Kandungan patinya yang tinggilah yang membuat kita mudah kenyang ketika memakannya. Dan menghasilkan kalori yang cukup besar. Sehingga orang yang makan siang dengan kentang rebus bisa menahan rasa lapar di jam-jam berikutnya.

 

Beras merah

Bukan hanya beras putih saja, tapi beras merah yang kini sudah mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia juga mengandung karbohidrat. Mengapa dianggap sebagai makanan yang mengandung karbohidrat? Karena kandungan serat yang tinggi yang ada di dalamnya. Beras merah juga mengandung kolesterol jahat tapi tidak mengurangi kolesterol baiknya. Dan dengan makan nasi merah sebanyak dua porsi atau lebih maka dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit diabetes.

 

Roti gandum utuh

Siapa yang tidak suka roti? Banyak dari kita yang menggunakan roti sebagai makanan pengganti nasi di pagi hari atau menu sarapan pagi kita. Roti gandum utuh yang dimaksud di sini adalah roti yang benar-benar mengandung gandum secara utuh. Tapi masih banyak produk yang menjual roti gandum tapi belum mengandung gandum secara utuh. Sebelum membeli sebaiknya anda cek label komposisinya terlebih dahulu. Jika masih ada tepung terigu, gula fruktosa, sirup jagung, dan pengembang atau perasa buatan sebaiknya jangan dibeli.

 

Jagung

Jagung juga merupakan makanan pokok orang Indonesia khususnya yang berada di daerah Nusa Tenggara Timur dan Madura. Jagung memiliki kandungan asam folat dan juga serat yang tinggi bagi tubuh. namun pada daerah tertentu di Indonesia, ada juga yang membuat nasi jagung untuk makanan sehari-harinya.

 

            Semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat tentu penting bagi tubuh. tapi ingat takarannya dalam mengkonsumsinya.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this