• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
rhiennee

Menikmati Situs Megalitikum Di Gunung Padang Cianjur

6 posts in this topic

Kota Cianjur merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Jawa Barat. Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai Gunung Padang Cianjur yang menurut masyarakat sekitar dan menurut para arkeolog merupakan hal yang misterius. Betapa tidak, di sana terdapat banyak situs megalitikum. Situs ini bahkan menjadi situs terbesar di Asia Tenggara. Dan menjadi saksi sejarah yang amat penting. Karena dengan adanya situs megalitikum tersebut, menjadi bukti bahwa ada peradaban manusia di zaman dahulu. Walaupun masih menjadi sebuah misteri, namun para ahli sejarah tetap berusaha menguak cerita dibalik misterius tersebut. dan seiring dengan berjalannya waktu, situs ini bisa habis atau rusak karena termakan waktu atau pun dimakan oleh usia. sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya menjaga dan melestarikan situs tersebut.

 

post-11-0-48570600-1382627441_thumb.jpg

 

            Gunung Padang ini terdapat di ranah sunda. Dan dengan ditemukannya situs megalitikum tersebut, maka banyak yang memperkirakan bahwa Tanah Sunda menjadi tanah tertua di Indonesia. Jika melihat situs megalitikum tersebut. Gunung Padang ini terletak di Desa Karyamukti Kecamatan Cimpaka, Cianjur Jawa Barat. Seorang pengelola situs purbakala yang dianggap bersejarah tapi juga misterius ini pernah berkata bahwa Nenek Moyang mereka pernah bercerita bahwa pada malam-malam tertentu sering terdengar suara-suara musikal dan terlihat cahaya yang terang benderang dari atas bukit Gunung Padang. Di mana situs purbakala tersebut berada. Dan pada awalnya, masyarakat sekitar menganggap bahwa letaknya situs megalitikum tersebut sebagai tempat keramat. Namun baru di tahun 1979, 3 orang masyarakat di sana melaporkan situs megalitikum tersebut sebagai situs purbakala ke Otoritas Purbakala di Cianjur. Tak lama dari itu, tempat itu kemudian dijadikan cagar alam sebagai salah satu bukti dari leluhur kebudayaan lokal serta suatu peradaban asli Indonesia. Terutama bagi para masyarakat di rana sunda tersebut.

 

            Namun sayangnya tempat yang penuh dengan cerita misterius tapi bersejarah ini terancam rencana ekskavasi. Padahal rencana tersebut bisa membuat data-data arkeologi terancam punah atau rusak. Tujuan dari eskavasi ini adalah untuk menggali tanah di Gunung Padang tersebut. karena banyak orang yang berfikir, di dalam tanah tersebut bisa saja terdapat hasil atau bukti sejarah lainnya. Pihak arkeolog sendiri menyatakan sudah dari dulu mereka ingin melakukannya, tapi karena terbatas di masalah biaya dan dengan lokasinya yang sangat luas maka rencana tersebut tidak terealisasi. Sehingga kini mereka membentuk tim sendiri yang dinamakan Ekskavasi Kemuliaan Merah Putih dan merekrut orang-orang awam untuk menggali tanah tersebut. karena jika menggunakan tenaga profesional maka data arkeolog juga masih bisa terlindungi. Tapi dengan alasan dana yang terbatas, maka tim tersebut membuat keputusan sendiri.

 

post-11-0-64384900-1382627448_thumb.jpg

 

            Diperkirakan, situs megalitikum tersebut sudah berumur lebih dari 2000 tahun yang lalu sebelum masehi. Atau sekitar 2400 tahun sebelum Kerajaan nusantara yang pertama ada di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai di Kalimantan muncul. Dilihat dari panorama keindahan dari lingkungan sekitar Gunung Padang beserta susunan batunya yang sangat artistik maka setiap orang yang melihatnya akan sangat takjub dengan tingginya kebudayaan sejarah purba tersebut. kualitasnya yang sangat baik, material bangunannya serta orientasi keilahian di era purbakala tersebut membuat peradaban sejarah Indonesia di masa lalu itu dijadikan harta berharga orang-orang Indonesia khususnya masyarakat sunda di Gunung Padang. Betapa agungnya situs megalitikum tersebut.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this