• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
rhiennee

Batu Hiu Beach Ciamis

2 posts in this topic

Jawa Barat juga memiliki banyak pilihan tempat wisata yang indah dan sangat recomended. Karena keindahannya tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya di luar Pulau Jawa. Salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang patut anda datangi adalah Pantai Batu Hiu Jawa Barat. Jika anda ingat, bahkan ada lagunya Pantai Batu Hiu Jawa Barat dalam bahasa sunda. Hal tersebut menandakan bahwa pantai ini sangat indah dan banyak dikunjungi karena memiliki panorama yang tak berkesudahan sehingga membuat banyak orang yang sudah pernah datang ke pantai ini ingin datang lagi. Lokasinya terletak di Ciamis Jawa Barat. Bukan hanya wisatawan lokal yang datang ke sini, tapi banyak juga wisatawan asing penasaran dengan pantai yang berada di Jawa Barat itu.

 

post-11-0-63970800-1382715704_thumb.jpg

 

            Uniknya lagi, bisa dilihat dari namanya. Batu Hiu berasal dari batu berwarna hitam yang sangat besar yang ada di pantai ini dan mirip sekali bentuknya dengan ikan hiu yang sedang berenang di pantai jika air laut sedang pasang. Untuk itu, dinamakanlah pantai ini Pantai Batu Hiu. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, pantai ini juga bisa dijadikan tempat keramat. Misalnya bagi mereka yang ingin menjadi sinden atau penyanyi dan penabuh gamelan (alat musik kesenian sunda) yang terkenal. Hal itu diketahui dari sebuah cerita legenda rakyat dari sunda yaitu Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder, dan juga Sembah Galunggung kuning. Letak Pantai Batu Hiu ini juga dekat dengan Pantai Pangandaran. Salah satu pantai yang juga berada di Ciamis yaitu Pantai Batu Karas adalah perpaduan antara Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Sehingga letak mereka memang sangat berdekatan karena satu sama lain masih saling terhubung.

 

            Jika Pulau Bali memiliki Tanah Lot yang sudah terkenal sampai ke mancanegara itu, maka Jawa Barat punya Pantai Batu Hiu. Karena ada yang menganggap bahwa Pantai Batu Hiu ini adalah Tanah Lotnya Jawa Barat. Percaya atau tidak, tapi suasana dan panoramanya memang mirip dan tak kalah indah dengan keindahan Tanah Lot Bali. Pantai Batu Hiu ini berada di Desa Ciliang. Dan jaraknya sekitar 14 KM dari Pantai Pangandaran yang sudah sangat terkenal di Jawa Barat itu. Sebelum kita masuk ke Pantai Batu Hiu ini, kita akan bertemu dengan Patung Monumen Ikan Hiu yang sedang berenang. Dan gugusan batu karangnyalah yang membuat pantai ini mirip dengan Tanah Lot Bali. Rute untuk menuju Pantai Batu Hiu ini hampir sama dengan rute penuju Pantai Pangandaran. Walaupun belum seterkenal pangandaran, namun Pantai Batu Hiu juga bisa menjadi alternatif tempat menghilangkan stress atau berlibur bersama keluarga anda.

 

post-11-0-80211800-1382715693_thumb.jpg

 

            Pantai ini juga berbatasan dengan pohon-pohon hijau yang berjajar di sekitar pantai. Keindahannya sungguh elok dan tak terkatakan. Sehingga Pantai Batu Hiu ini dianggap mampu menghipnotis para wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berlibur. Jika anda datang ke Pantai Batu Hiu ini dan ingin menikmati pemandangan serta keindahan karangnya yang besar, sebaiknya anda naik ke atas bukit sehingga bisa melihat keindahannya dengan leluasa di sana. Dan ketika anda sudah sampai di sana, semilir angin yang lembut akan menyambut anda. lalu nikmatilah pemandangan yang terlihat dari atas bukit tersebut. selain itu, anda juga dapat melihat tempat penangkaran Penyu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this