Tutieha

Bikin Es Dawet Mak Nyussss

5 posts in this topic

Tiba-tiba saya teringat tukang dawet depan sekolah langganan saya dulu waktu SD. Sepulang sekolah, saat cuaca terik, saya pasti akan langsung mendatanginya ketika bel pulang berbunyi. Saat meminumnya, hm….. tenggorokan yang kering langsung terasa segar. Rasanya yang manis  sangat disukai anak-anak (seperti juga saya ketika itu, he..he,..).

Belakangan, ada teman pindahan dari Jakarta masuk ke SD saya. Anehnya dia suka menyebut es dawet kesukaan saya itu dengan sebutan es cendol. Saya pun bertanya-tanya, apakah benar es dawet sama dengan es cendol. Setelah saya dewasa, baru saya tahu, kalau kedua jenis minuman ini memang mirip, tapi tentu saja berbeda. Es cendol lebih kenyal dari pada dawet. Nah, untuk mengenang masa kecil yang indah, yuk… kita belajar membuat es dawet yang mantaap….

Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahannya antara lain:

 

- 450 ml air matang

 

- 150 gram tepung beras kualitas baik

 

- 50 ml air daun pandan

 

- Santan (sesuai selera, agar lebih sedap tambahkan sedikit garam dan daun pandan ke dalam santan)

 

- Gula merah (dicairkan dan dibuat sirup gula yang kental)

 

post-12294-0-58465700-1383225266_thumb.j

 

 

Jika seluruh bahan telah siap, saatnya meracik es dawet yang segar. Kita akan mulai membuat dawet terlebih dahulu.

 

- Siapkan adonan dawet : air, tepung beras, dan air daun pandan. Tempatkan dalam satu wadah, lalu aduk-aduk. Setelah itu, didihkan  adonan sambil tetap diaduk-aduk. Setelah mengental, angkat adonan.

 

- Siapkan baskom berisi air dingin dengan sedikit es. Ambil adonan dawet dan cetak sedikit demi sedikit dengan cetakan dawet (seperti parut dengan lubang yang lebih besar). Buat dawet ini di atas baskom berisi es dingin. Saat adonan hasil cetakan meluncur ke air dingin, dawet takkan menempel satu sama lain. Lakukan pencetakan dawet hingga adonan habis.

 

- Setelah dawet jadi, siapkan kuah santan. Didihkan santan dengan campuran garam dan pandan. Tunggu beberapa saat agar mendidih sempurna, kemudian angkat.

 

- Setelah itu, kita tinggal menyiapkan racikan minuman segar ini. Pilihlah gelas tinggi yang bening agar dawet mudah terlihat di dasar gelas. Untuk meracik dawet, siapkan dahulu seluruh bahan. Sebagai tambahan isi dawet,kamudapat membeli cincau siap pakai dan ditambah irisan nangka agar aromanya lebih sedap menggoda. Dapat juga ditambahkan sagu mutiara agar sajian semakin lengkap.

 

- Inilah cara meraciknya: siapkan gelas, masukkan sirup gula merah. Setelah itu, masukkan dawet dan bahan-bahan pelengkapnya. Masukkan es batu secukupnya, dan siram dengan santan.

 

- Es dawet yang segar pun siap dinikmati, jangan lupa diaduk dahulu agar sirup gula merah dan snatan menyatu smpurna.

Jika ingin rasa es dawet yang lebih sedap,kamudapat mengganti sirup gula merah dengan sirup gula aren. Rasanya lebih sedap dan aromanya bertambah nikmat dan tidak menyebabkan batuk. Jadi aman dikonsumsi anak-anak yang sangat menyukai minuman manis ini.

 

Es dawet berbeda dengan es cendol. Bahan utama pembuat cendol adalah tepung hankwe, sedangkan bahan utama dawet adalah tepung beras. Saat digigit, dawet terasa lembut dan langsung hancur di mulut, sedangkan cendol yang lebih kenyal, perlu dikunyah terlebih dahulu agar bisa ditelan.

 

Menikmati dawet di siang hari yang terik pasti terasa sangat menyenangkan. Selamat mencoba resep dawet, minuman dari Banjarnegara yang lezat ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Tutieha

Hai mbak Tuti.

Aku suka minuman ini. Biasa beli yang dipikul,lengkap dengan gambar semarnya. Hehehe. Aku ga suka makan yang pake pewarna buatan. Buatku ga aman dan rasanya juga aneh. Kalau yang pake daun pandan itu enak.

O ya, boleh tahu, itu resep dari mbak sendiri atau darimana ya? Terima kasih.

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya senang banget minum dawet, sayangnya kalau bikin sendiri, meski cuma 50 gram tepung beras jadinya buanyak banget, bingung ngabisinnya, karena anak2 saya tidak suka dawet...... :(

Nah kalau lagi kepengen mau beli, sayang si abang tukang dawet jual mahal, gak pernah mau lewat depan rumah saya..
ditunguin sampai jenggotanpun gak bakalan nongol :v

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now