fbpx
Home Guides Hanami di Tokyo: Sejarah dan 10 Spot Hanami Terbaik (Part 2 END)

Hanami di Tokyo: Sejarah dan 10 Spot Hanami Terbaik (Part 2 END)

Hanami di Tokyo: Sejarah dan 10 Spot Hanami Terbaik (Part 1) 

 

Lanjutan 10 spot hanami terbaik di Tokyo:

2. Shinjuku Gyoen

Jam operasional : 09.00-16.30; tutup setiap hari Senin (atau Selasa, jika Senin adalah hari libur), dan 29 Desember-3 Januari.
Tiket masuk : ¥200*
Akses :
– 10 menit jalan kaki dari pintu keluar Selatan Baru di Stasiun JR Shinjuku
– 5 menit jalan kaki dari Stasiun Shinjukugyoenmae (melalui Marunouchi Subway Line)
– 5 menit jalan kaki dari Stasiun JR Sendagaya (melalui Chuo/Sobu Line).

Deskripsi : Disini terdapat 1300 pohon Cheri yang terdiri dari beragam jenis dan warna (putih, kuning, merah muda), sehingga waktu mekarnya pun berbeda-beda. Sayangnya disini tidak bisa melakukan yozakura. Perhatian: tidak boleh membawa minuman beralkohol ke dalam taman ini, dan tidak ada penjual makanan maupun minuman di dalam taman sehingga harus membawa bekal sendiri.

Hanami di Shinjuku Gyoen [foto: Marufish / flickr]
Hanami di Shinjuku Gyoen [foto: Marufish / flickr]

3. Inokashira Park

Jam operasional : 24 jam
Tiket masuk : free
Akses : Stasiun Kichijoji (melalui Chuo Line)

Deskripsi : Taman ini terkenal karena urban legend-nya yang berkaitan dengan perahu di danau Inokashira. Kabarnya, pasangan yang menyewa perahu hubungannya tidak akan bertahan lama. Namun spot paling indah untuk menikmati Sakura justru adalah dari atas perahu, karena batang-batang pohon Sakura menjorok hingga ke area danau dan terpantul indah di permukaan air. Jika tak ingin naik perahu karena satu dan lain hal, melakukan hanami di tepi danau juga tak kalah indahnya kok..^^

Sakura di Danau Inokashira [foto: Kimon Berlin / flickr]
Sakura di Danau Inokashira [foto: Kimon Berlin / flickr]

4. Yasukuni Shrine

Jam operasional : 06.00-18.00
Tiket masuk : free
Akses : Stasiun Kudanshita (melalui Hanzomon, Tozai, atau Shinjuku Subway Line)
Deskripsi : Tempat ini menarik untuk dikunjungi bukan hanya karena terdapat 600 pohon Sakura, melainkan karena faktor kuil Yasukuni yang kontroversial. Disini juga sering diadakan pertunjukan sumo saat musim semi tiba.

5. Meguro River (Meguro Gawa)

Jam operasional : 24 jam
Tiket masuk : free
Akses : Stasiun Naka Meguro
Deskripsi : Terdapat 800 pohon Sakura di sepanjang pinggir sungai. Tempat ini kurang cocok untuk piknik karena tidak banyak tempat kosong (lebih cocok untuk berjalan-jalan). Pemandangan sakura di malam harinya luar biasa indah..^^
Perhatian : spotlight untuk hanami malam hari mulai pukul 18.00-22.00.

6. Sumida River

Jam operasional : 24 jam
Tiket masuk : free
Akses : 2 menit jalan kaki dari Stasiun Asakusa (Ginza Line, Asakusa Line)
Deskripsi : Pohon Sakura-nya membentuk jalur memanjang sepanjang ratusan meter di tepi sungai Sumida. Menarik untuk dinikmati sambil piknik maupun sambil naik perahu, pada siang maupun malam hari. Pencahayaan Sakura pada malam hari mulai dari sore hingga pukul 21.30.

Sakura di tepi sungai Sumida [foto: Yoshikazu Takada / flickr]
Sakura di tepi sungai Sumida [foto: Yoshikazu Takada / flickr]

7. Chidorigafuchi

Tiket masuk : free
Akses : Stasiun Kudanshita (melalui Shinjuku Line, Tozai Line, Hanzomon Line)
Deskripsi : Terdapat 260 batang pohon Cheri di tepi sungai sehingga pemandangannya cantik saat terpantul di danau. Disini tidak boleh membawa minuman ber-alkohol, dan tidak ada tempat untuk duduk dan melakukan piknik. Cara terbaik untuk menikmati hanami disini adalah dengan berjalan-jalan maupun menyewa perahu, sehingga dapat menikmati hanami dari danau. Ada pencahayaan malam hari, jadi bisa melakukan yozakura (kira-kira mulai pukul 18.30-22.00).

8. Yoyogi Park

Jam operasional : 05.00-20.00 (kecuali Oktober-April, s/d pukul 17.00)
Tiket masuk : free
Akses : Stasiun JR Harajuku
Deskripsi : Sebetulnya, Sakura bukanlah poin utama dari hanami di Yoyogi Park karena jumlah pohonnya tidak begitu banyak. Tapi Yoyogi Park merupakan tempat terbaik untuk melakukan hanami sambil hangout, mengingat lokasinya yang berada di Harajuku dan dekat ke Omotesando..^^

9. Asukayama Koen

Tiket masuk : free
Akses : Stasiun Oiji (melalui Keihin-Tohoku Line)
Deskripsi : Tamannya indah, termasuk salah satu taman tertua di Tokyo (dibangun tahun 1873), dan masih sangat terasa nuansa lokalnya. Terdapat 650 pohon Cheri dan sudah sangat populer sebagai tempat tujuan untuk hanami. Disini dapat melakukan hanami malam hari, dengan pencahayaan mulai pukul 17.00-21.00.

10. Koishikawa-Korakuen

Jam operasional : 09.00-17.00 (penjualan tiket terakhir s/d pukul 16.30); tutup tanggal 29 Desember-1 Januari
Tiket masuk : ¥300*
Akses :
– 3-5 menit jalan kaki dari Stasiun Iidabashi (Oedo Line, Marunouchi Line, Yurakucho Line, Nanboku Line)
– 8 menit dari Stasiun JR Iidabashi (melalui Sobu Line)
– 5-10 menit jalan kaki dari Stasiun Suidobashi (melalui JR Chuo Line)
– 10 menit jalan kaki dari Stasiun Korakuen (melalui Marunouchi dan Namboku Subway Lines)
Deskripsi : Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1629, dan terinspirasi oleh taman bergaya Cina. Beberapa pohon Sakura disini mekar lebih dulu dari tempat lainnya, jadi cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin buru-buru melihat bunga Sakura.

Yozakura di Rikugien [foto: Marufish / flickr]
Yozakura di Rikugien [foto: Marufish / flickr]

Selain tempat-tempat tersebut, masih banyak tempat lain yang juga populer untuk melakukan hanami, seperti Hamarikyu Garden (pohon Sakura-nya terletak di tepi danau); Aoyama Cemetery dan Yanaka Cemetery (keduanya populer sebagai area pemakaman yang paling sering dikunjungi untuk melakukan hanami); Roppongi Hills Tower Garden (jumlah pohon Sakura-nya hanya sedikit, namun pencahayaan malamnya luar biasa.

Populer sebagai tempat kencan sambil melakukan hanami); serta Rikugien (yozakura-nya cantik sekali). Sebuah tips jika Anda ingin melakukan hanami di Tokyo, yaitu jangan hanya terpaku pada satu tempat saja.

Ada kalanya sebuah taman tiba-tiba tutup karena satu dan lain hal, atau ada perubahan jadwal iluminasi. Jadi sebaiknya Anda membuat semacam daftar alternatif tempat untuk melakukan hanami, sehingga tak bingung jika tiba-tiba ada perubahan rencana. Selamat melakukan hanami maupun yozakura!^^

 

Note: *Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Comments

comments