FAQ

F.A.Q ~ Frequently Asked Question

 

Halo, Jalan2ers!

Halaman ini dibuat untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang Jalan2.com. Beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan pada kami telah dirangkum disini beserta jawabannya. Jika masih ada pertanyaan yang belum dimuat disini, silahkan hubungi kami langsung. Kami akan dengan senang hati menerima email Jalan2ers, dan akan kami respon secepatnya.

Hal-hal basic tentang Jalan2.com

 

1. Apa sih Jalan2.com itu?

Jalan2.com adalah sebuah komunitas traveling yang banyak memberikan informasi seputar aneka tempat wisata, hotel, tiket pesawat, dan informasi traveling lainnya yang dibutuhkan oleh traveler Indonesia. Fitur terbaru kami bahkan memungkinkan traveler untuk menemukan teman seperjalanan untuk berbagi biaya perjalanan wisata.

Sebagai tambahan informasi, Jalan2.com tak hanya sebatas jadi penyedia informasi bagi traveler Indonesia. Jalan2.com juga memiliki forum traveling aktif dimana para traveler Indonesia yang ada di berbagai penjuru dunia dapat saling bertanya dan berbagi informasi. Jalan2.com juga membentuk Komunitas Jalan2 Indonesia (KJJI) yang telah melakukan berbagai gathering offline (informasi lebih lengkap lihat di bagian “Komunitas Jalan-jalan Indonesia”).

 

2. Kapan Jalan2.com dibentuk? Siapa foundernya?

Jalan2.com dibentuk pada tahun 2012 September. Ide mendirikan Jalan2.com pun berasal dari kecintaan dan ketertarikan pada dunia traveling.

 

3. Dimana kantor offline-nya?

Ciputra World I, DBS Bank Tower Lantai 9, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Karet, Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

 

Member Area

 

1. Saya ingin berkontribusi aktif di Jalan2.com. Caranya bagaimana?

Untuk dapat mengakses seluruh fitur di Jalan2.com, serta untuk mendapatkan pengalaman yang lebih personal dan lebih maksimal saat menggunakan website kami, sangat disarankan untuk bergabung bersama kami sebagai member Jalan2.com.

Caranya mudah dan tersedia beberapa alternatif cara. Pertama, adalah dengan mendaftarkan diri menjadi anggota. Selanjutnya tinggal ikuti alur saja. Jika tak ada masalah, kalian dapat langsung bergabung bersama kami.

Cara kedua, adalah dengan melakukan login via Facebook. Kalian harus login dulu ke akun Facebook, dan kemudian pilih opsi “login dengan Facebook” di website Jalan2.com

 

2. Apa saja Keuntungannya jadi member Jalan2.com?

Setelah menjadi member, kalian dapat aktif di forum Jalan2.com untuk bertanya, berbagi informasi, maupun kenalan dengan member lainnya. Kalian juga dapat menerbitkan tulisan dalam bentuk blog, serta membaca dan berkomentar di blog traveler lainnya. Kalian juga dapat membuat album berisi aneka dokumentasi traveling untuk dilihat dan didiskusikan bersama traveler lain. Dan bagi kalian yang hobi share cost traveling, kalian juga dapat mencari partner perjalanan yang sesuai dengan menjadi member Jalan2.com.

 

Keuntungan lainnya, kalian dapat bergabung bersama Komunitas Jalan-jalan Indonesia (KJJI) dan ikut aktif dalam berbagai gathering regional maupun nasional. Detail lebih lanjut lihat di bagian Komunitas Jalan-jalan Indonesia.

 

3. Bagaimana caranya membuat blog di Jalan2.com?

Setelah jadi member Jalan2.com, pilih opsi “atur blog” di profil area. Selanjutnya tinggal pilih opsi untuk membuat tulisan baru.

 

4. Apa keuntungannya punya blog di Jalan2.com?

Tulisan kalian akan dibaca oleh member Jalan2.com dan puluhan ribu pembaca aktif setiap harinya. Walau tak ada kompensasi dalam bentuk materi, namun kesempatan untuk berbagi pengalaman, ide, maupun opini kalian pada ratusan ribu pembaca aktif dapat mengasah kemampuan menulis sekaligus menjalin pertemanan dengan banyak orang. Dan juga banyak membantu para pembaca. Setuju?

 

5. Apa setiap tulisan akan otomatis di publish setiap kali dibuat?

Semua Tulisan review maupun blog juga akan mengalami proses moderasi terlebih dulu. Namun koreksi yang kami lakukan hanya sebatas memperbaiki ejaan maupun menyesuaikan format penulisan paragraf agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Jalan2.com. Kami tidak akan mengubah substansi dari blog kalian. Hanya saja jika dalam jangka waktu 24 jam, Tulisan review/blog kalian belum dapat di publish, silahkan hubungi kami via email untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Komunitas Jalan2 Indonesia (KJJI)

 

Apa itu KJJI?
 

KJJI merupakan komunitas yang dibentuk oleh Jalan2.com. Komunitas ini terbuka bagi seluruh member Jalan2.com yang suka bertemu dengan orang baru dalam skala regional maupun nasional, dan suka mengunjungi tempat-tempat baru bersama teman-teman baru, karena KJJI sangat aktif melakukan gathering regional dan nasional

 

2. Boleh nggak saya bergabung jadi anggota KJJI?
 

Boleh banget!

 

3. Apa keuntungannya kalau aktif jadi anggota KJJI?
 

Keuntungan pertama, kalian dapat berkenalan dan bertemu dengan traveler dari berbagai penjuru Indonesia. Tentu itu jadi awal yang baik untuk berbagai kemungkinan positif lainnya, karena kalian dapat menambah teman baru untuk saling berbagi informasi dan pengalaman seputar traveling, maupun untuk menemukan partner traveling baru.
 

Keuntungan kedua, kalian bisa mengikuti berbagai gathering offline yang dilakukan oleh KJJI. Ada banyak aktifitas seru dalam setiap gathering yang diadakan oleh KJJI yang akan sayang banget untuk dilewatkan.

Keuntungan ketiga, dengan aktif sebagai member Jalan2.com dan juga aktif di KJJI, kalian berkesempatan untuk mendapat berbagai merchandise Jalan2.com dan KJJI yang biasanya hanya diproduksi secara terbatas seperti kaos Jalan2.com. Kalian juga dapat menjadi kolektor kaos Jalan2.com yang telah memiliki beberapa desain limited edition lho!

 

4. Pernah nggak KJJI mengadakan gathering?

 

Sering banget. Gathering di KJJI terdiri dari 2 jenis: gathering nasional dan gathering regional. Gathering nasional dilakukan dalam skala besar, dan dalam setahun bisa 3-4x gathering. Lokasi selalu berubah, sehingga gathering nasional sekaligus membuka kesempatan bagi kalian untuk mengunjungi berbagai tempat di Indonesia bersama traveler lainnya. Sedangkan gathering regional dilakukan oleh KJJI regional, seperti regional Jakarta, regional Bandung, dan sebagainya. Gathering regional ini biasanya memiliki agenda kegiatan yang unik. Contohnya saja gathering regional Jakarta beberapa waktu silam yang dirancang menyerupai game Amazing Race.

 

5. Wah, mau dong ikutan gathering! Caranya gimana?


Pantau terus saja Jalan2.com dan juga forum kita. Pengumuman dan informasi seputar gathering selalu di update disana. Jangan lupa like facebook fan page kita untuk mendapatkan update terkini.

Kamu juga bisa membuat acara gathering sendiri dengan regional member kota kamu, atau bikin saja acara di bagian "Teman Perjalanan", disana kamu bisa kenalan sambil jalan2 dengan anggota lainnya.

 

Lainnya

 

1. Apa Jalan2.com khusus untuk pecinta traveling saja?


Target utama Jalan2.com memanglah traveler. Namun di bagian forum Jalan2.com sendiri memiliki banyak topik diluar topik traveling. Kalian dapat mengikuti sub-forum yang sesuai dengan hobi (seperti membaca dan musik), maupun aktif di forum non-traveling lainnya (seperti forum kesehatan).
 

2. Bolehkah buka lapak jualan di Jalan2.com?

Boleh, di section forum saja. selama mengikuti aturan yang berlaku. Kami menyediakan 2 jenis lapak: lapak untuk aktifitas yang berkaitan dengan traveling (seperti tour & travel, jual tiket pesawat, dan sebagainya), dan lapak jualan non-traveling.