fbpx
Home Guides Jalan-Jalan Ke Yokohama: Cup Noodles Museum

Jalan-Jalan Ke Yokohama: Cup Noodles Museum

Mie termasuk salah satu makanan populer bagi penduduk Asia, termasuk Jepang. Bahkan, produk mie instan yang kini populer di seluruh dunia merupakan hasil otak-atik seorang warga Jepang-Taiwan bernama Momofuku Ando (1910-2007) yang merupakan pendiri Nissin Food. Tertarik mengenal lebih lanjut tentang perjalanan mie instan? Main yuk ke Cup Noodles Museum di Yokohama.

Mengenal sejarah mie instan di Cup Noodles Museum Yokohama

Cup Noodles Museum, via japanryan.blogspot
Cup Noodles Museum, via japanryan.blogspot

Di kalangan pecinta kuliner mie, khususnya ramen, kota Yokohama mendapat tempat spesial karena di kota ini terdapat sebuah food theme park bertema ramen pertama di dunia . Namun museum ramen ini bukan satu-satunya museum yang didedikasikan untuk kuliner mie. Ada satu lagi museum yang wajib kalian kunjungi jika kalian menyukai panganan serba mie, yaitu Cup Noodles Museum.

Cup Noodles Museum, via fmsintokyo.blogspot
Cup Noodles Museum, via fmsintokyo.blogspot

Sekilas, Cup Noodles Museum seolah-olah seperti sebuah museum yang khusus didedikasikan untuk mie dalam cup. Namun sebetulnya Cup Noodles Museum ini merupakan sebuah museum yang bertujuan untuk membuka wawasan pengunjung tentang sejarah dan juga fakta-fakta seputar produksi mie instan.

Museum ini dirancang secara interaktif dengan berbagai display menarik dan kegiatan yang melibatkan pengunjung, sehingga siapapun nggak akan bosan menghabiskan waktu di museum ini. Ngomong-ngomong, Cup Noodles Museum di Yokohama ini merupakan museum mie instan kedua yang dibuka di Jepang, karena museum Momofuku Ando yang pertama, yaitu Momofuku Ando Instant Ramen Museum, telah dibuka di Osaka sebelum di Yokohama.

 

Yang menarik dari Cup Noodles Museum

Tema “museum mie instan” mungkin sudah membuat kalian penasaran dan ingin mengunjungi museum ini, karena, siapa sih yang mengira ada museum yang khusus mengangkat tema mie instan? Apalagi karena di Indonesia mie instan dipandang sebagai kuliner biasa (bahkan kadang-kadang sebagai lauk untuk nasi) dan nggak dianggap sebagai sebuah produk hasil pemikiran kreatif. Namun sebelum berkunjung ke museum ini, mari kenali dulu apa saja yang membuat museum ini menarik.

Cup Noodles Museum merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari 5 lantai. Di masing-masing lantai terdapat pameran dan display dengan tema yang beragam. Pengunjung masuk dari lantai pertama, dan di lantai tersebut terdapat Museum Shop yang menjual bermacam pernak-pernik bertema Cup Noodles Museum.

Museum Shop, via cuso4
Museum Shop, via cuso4

Di lantai 2, barulah kalian dapat melihat-lihat aneka display dan pameran yang berkaitan dengan perkembangan mie instan dan juga mengenal lebih lanjut mengenai sosok Momofuku Ando. Salah satu display yang paling mencolok di lantai ini adalah Instant Noodles History Cube.

Spot ini memamerkan lebih dari 3000 kemasan produk yang disusun agar dapat memberikan gambaran mengenai sejarah perkembangan mie instant yang dimulai dari kemasan mie instant pertama di dunia, yaitu Chicken Ramen; evolusi mie instant selanjutnya yang dibuat dalam wadah berbentuk cup (yang juga diciptakan oleh Momofuku Ando), hingga produk mie instant terkini yang dirancang dapat disantap di luar angkasa. Wawasan kalian seputar mie instant jelas akan bertambah dengan mengunjungi spot ini!

Instant Noodles History Cube, via weirdjapan
Instant Noodles History Cube, via weirdjapan

Fasilitas lain yang bisa kalian temukan di lantai 2 ini adalah Momofuku Theater yang letaknya bersebelahan dengan Instant Noodles History Cube. Di teater bernuansa serba merah ini pengunjung dapat melihat berbagai pertunjukan animasi CG yang menampilkan sejarah mie instant, serta memberikan gambaran bagaimana Momofuku Ando bisa menemukan ide untuk menciptakan produk mie instant dan mie dalam cup pertama di dunia. Film ini ditampilkan dalam bahasa Jepang, jadi sebaiknya kalian mengenakan headset yang memberikan penjelasan dalam bahasa Inggris.

Momofuku Theater, via tokyoexcess.blogspot
Momofuku Theater, via tokyoexcess.blogspot

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, di lantai dua ini kalian diajak untuk mengenal lebih lanjut mengenai sosok Momofuku Ando, sang penemu mie instant. Untuk memahami siapa itu Momofuku Ando, bergeraklah ke spot The Momofuku Ando Story.

Di spot ini, kalian dapat mempelajari sejarah perjalanan hidup Momofuku Ando yang ditampilkan dalam dinding sepanjang 58 meter. Display ini dilengkapi dengan berbagai ilustrasi pendukung yang menarik. Sayangnya display ini ditampilkan dalam bahasa Jepang. Hanya judul-judul besarnya saja yang diberi keterangan dalam bahasa Inggris.

The Momofuku Ando Story, via japanryan.blogspot
The Momofuku Ando Story, via japanryan.blogspot

Dan, untuk melengkapi pengenalan terhadap sosok Momofuku Ando, kalian bisa mengunjungi replika gubuk tempat kerja Momofuku Ando saat berada dalam proses menciptakan Chicken Ramen, mie instan pertama di dunia. Konon Ando bekerja siang-malam dan hanya tidur beberapa jam dalam sehari saat untuk menyempurnakan penemuannya itu.

Gubuk ini sangatlah sederhana dan dilengkapi dengan perlengkapan seadanya tanpa perlengkapan membuat mie yang canggih seperti saat ini. Setelah melihat replika gubuk ini, pengunjung diharapkan dapat memetik pelajaran dari kegigihan perjuangan seorang Momofuku Ando; bahwa sebuah produk hebat lahir dari ide yang hebat, bukan dari peralatan yang canggih dan modern.

Replika Momofuku's Work Shed, via foodsaurus
Replika Momofuku’s Work Shed, via foodsaurus

The Momofuku Ando Story dan replika gubuk kerja dari Momofuku Ando letaknya berdekatan dengan spot Creative Thinking Boxes. Jika kalian penasaran apa sih kuncinya menghasilkan aneka produk kreatif seperti yang dilakukan oleh Momofuku Ando, kunjungilah spot ini.

Di tempat ini terdapat 6 kunci ide kreatif ala Momofuku Ando yang ditampilkan dalam beberapa display atraktif yang dilengkapi dengan quote-quote penting. 6 ide kunci tersebut antara lain: menemukan sesuatu yang betul-betul baru, cari petunjuk dalam semua tempat, memunculkan sebuah ide, melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, jangan puas dengan hal yang biasa-biasa saja, dan jangan menyerah.

Salah satu display paling atraktif di zona Creative Thinking Boxes, berbentuk patung mie cup yang menggantung di langit-langit, via japanryan.blogspot
Salah satu display paling atraktif di zona Creative Thinking Boxes, berbentuk patung mie cup yang menggantung di langit-langit, via japanryan.blogspot

Jika lantai 2 lebih banyak menampilkan sosok Momofuku Ando dan juga sejarah perkembangan mie instant, maka kemeriahan wisata di Cup Noodles Museum akan kalian rasakan dengan mengunjungi lantai 3 dan seterusnya. Di lantai 3, terdapat 2 fasilitas besar yang akan mengajak pengunjung untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatannya, yaitu Chicken Ramen Factory dan My CUPNOODLES Factory.

Pernahkah kalian penasaran seperti apa sih proses pembuatan sebuah mie instant? Kalian akan menemukan jawabannya dengan mengunjungi spot Chicken Ramen Factory. Bahkan, jika kalian melakukan reservasi, kalian bisa mencoba membuat mie instant di zona ini.

Setiap sesi berdurasi 90 menit (satu hari ada 8 sesi yang dimulai dari pukul 10.15 hingga 16.15), dan selama periode tersebut kalian akan diajari cara membuat mie dari proses mengolah tepung gandum, hingga mengeringkannya dengan metode pengeringan minyak panas. Bagian kerennya, kalian boleh membawa pulang mie instant yang telah kalian kerjakan di sesi ini.

Jika ingin mencoba membuat mie instant, kalian dapat melakukan reservasi mulai dari 3 bulan sebelum tanggal yang diinginkan maupun reservasi langsung pada hari H (kesempatan terbatas tergantung spot yang tersedia). Oya, untuk dapat mengikuti program ini, kalian harus mendaftar bersama teman (karena program ini dilakukan dengan berpasangan) dan dikenakan biaya tambahan diluar tiket masuk ke museum.

Chicken Ramen Factory, via youtube
Chicken Ramen Factory, via youtube

Sedangkan My CUPNOODLES Factory merupakan sebuah fasilitas dimana pengunjung dapat menciptakan varian rasa mie instant kesukaan mereka sendiri. Untuk dapat mengikuti program ini, pengunjung harus mendaftar terlebih dulu. Jika masih ada slot tersisa dalam setiap sesi, kalian bisa mengikuti program unik ini. Namun sebelumnya, kalian harus membeli dulu bungkus mie cup di vending machine (300 yen*/cup, termasuk pajak) dan mensterilkan tangan terlebih dahulu.

Petualangan menciptakan varian rasa original ini dimulai dengan merancang desain cup sesuai keinginan kita, dilanjutkan dengan menempatkan mie instant ke dalam cup. Setelah itu, kalian dapat memilih 1 jenis sup dari 4 jenis sup yang tersedia, ditambah 4 toping dari 12 pilihan toping yang tersedia, dan ciptakan kombinasi rasa sesuka hati! Setelah proses memilih rasa selesai, kalian dapat mengemas mie cup tersebut dalam kemasan berbentuk bantal udara yang unik dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Seru kan?

Serunya mendesain cup mie dan meracik rasa kesukaan kalian di My CUPNOODLES Factory, via japantimes
Serunya mendesain cup mie dan meracik rasa kesukaan kalian di My CUPNOODLES Factory, via japantimes
Pengunjung bebas memilih sup dan toping (maksimal 4 toping) untuk dicampurkan dalam mie cup yang telah di desain sendiri, via yokohamajapan
Pengunjung bebas memilih sup dan toping (maksimal 4 toping) untuk dicampurkan dalam mie cup yang telah di desain sendiri, via yokohamajapan
Mie racikan sendiri tersebut lantas akan dikemas dalam wadah berbentuk bantal udara dan dapat dibawa pulang untuk dinikmati di rumah, via kenning
Mie racikan sendiri tersebut lantas akan dikemas dalam wadah berbentuk bantal udara dan dapat dibawa pulang untuk dinikmati di rumah, via kenning

Lantai 4 punya keseruan yang lain lagi khususnya bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak (usia 3 tahun hingga SD). Di lantai ini terdapat sebuah CUPNOODLES Park, sebuah taman bermain yang dirancang dengan konsep atraksi interaktif karena wahana permainannya dirancang menyerupai proses produksi sebuah mie instant, mulai dari proses pembuatan hingga pengemasan. Dengan membayar biaya 300 yen*, anak-anak usia 3 tahun ke atas hingga pelajar SD bebas berimajinasi menjadi mie instant selama 30 menit di wahana ini.

Cupnoodles Park, via travelinboots
Cupnoodles Park, via travelinboots

Dan, apalah arti sebuah museum bertema mie instant jika tidak memiliki foodcourt yang menjual kuliner serba mie. Itulah yang akan kalian temukan di area foodcourt Cup Noodles Museum, yaitu Noodles Bazaar. Foodcourt ini dirancang dengan konsep yang tematik, menyerupai suasana jalanan di Asia saat malam hari lengkap dengan pepohonan dan lampu-lampunya.

Foodcourt ini menjual 8 variasi mie yang pernah dijajal oleh Momofuku Ando saat mencari rasa ramen yang original. Ada 8 jenis mie yang dijual di foodcourt ini yang berasal dari berbagai negara, seperti pasta (Italia), lagman (Kazakhstan), hingga mie goreng dari Indonesia lho!

Noodles Bazaar, via ignition
Noodles Bazaar, via ignition
Mie goreng dari Indonesia dan beberapa minuman ringan ala Indonesia pun hadir di museum ini, via blog.ulifestyle
Mie goreng dari Indonesia dan beberapa minuman ringan ala Indonesia pun hadir di museum ini, via blog.ulifestyle

Lantai 4 ini menjadi lantai penutup untuk dijelajahi oleh pengunjung museum karena di lantai 5 hanya terdapat kantor The Ando Foundation, yayasan non-profit yang didirikan oleh Momofuku Ando; serta sebuah event hall.

Namun, walaupun hanya 4 lantai yang betul-betul bisa diulik oleh pengunjung, mungkin kalian akan memerlukan waktu seharian jika benar-benar ingin menikmati suasana dan fasilitas di museum ini, khususnya bagi yang ingin mencoba membuat mie di Chicken Ramen Factory dan membuat varian rasa mie yang disukai di My CUPNOODLES Factory.

 

Lokasi Cup Noodles Museum dan akses menuju kesana

Berminat mampir ke Cup Noodles Museum? Untuk dapat mencapai museum ini, kalian dapat berjalan kaki selama 8-12 menit dari Stasiun Minatomirai <google maps > maupun dari Stasiun Bashamichi (keduanya via Minatomirai line) < google maps >, maupun 12 menit jalan kaki dari Stasiun JR Sakuragicho <google maps >.

Museum ini terletak di kawasan Minato Mirai, salah satu Central Bussiness District populer di Yokohama. Saat berwisata ke museum ini, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana di Minato Mirai dan mengunjungi berbagai fasilitas lain di kawasan tersebut ya!

Minato Mirai 21, via allwallpaper
Minato Mirai 21, via allwallpaper

 

Detail lainnya

Nama: Cup Noodles Museum (atau Momofuku Ando Instant Ramen Museum) < google maps >
Alamat: 2-3-4 Shinko, Naka-ku, Yokohama 231-0001
Telepon: [informasi umum] 045-345-0918, [reservasi untuk Chicken Ramen Factory] 045-345-0825
Jam operasional: 10.00-18.00 (penjualan tiket terakhir pukul 17.00), libur setiap hari Selasa (atau hari berikutnya jika Selasa adalah hari libur nasional), serta pada periode liburan akhir tahun.

Tiket:
[Museum] 500 yen* (dewasa), gratis untuk anak-anak hingga pelajar SMA.
[Chicken Ramen Factory] 500 yen* (pelajar SMP dan usia diatasnya), 300 yen* (pelajar SD)
[My CUPNOODLES Factory] 300 yen* (untuk 1 cup mie).

 

Semoga bermanfaat!

 

baca juga :

Jalan-Jalan Ke Yokohama: Shin-Yokohama Ramen Museum

Jalan-Jalan Ke Yokohama: Hakkejima Sea Paradise

Comments

comments