fbpx
Home Guides Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (Part 1)

Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (Part 1)

Nikko. Kota cantik dan indah yang berada di prefektur Tochigi ini sudah saya ulas dalam tulisan Another Trip from Tokyo (2): Nikko. Aneka situs warisan dunia yang ada di kota tersebut pun sudah saya singgung dalam tulisan Mengenal Lebih Dekat Aneka Situs Warisan Dunia di Nikko (1) dan Mengenal Lebih Dekat Aneka Situs Warisan Dunia di Nikko (2-end). Bahkan berbagai keindahan alam di wilayah inner Nikko alias Okunikko pun sudah saya ulas dalam tulisan Okunikko, Area Pegunungan di Nikko yang Sangat Eksotis (1) dan Okunikko, Area Pegunungan di Nikko yang Sangat Eksotis (2-end). Jika setelah membaca tulisan-tulisan tersebut teman-teman tertarik untuk mampir ke Nikko, maka sebelum menuju kesana, kenali dulu aneka free pass yang berlaku di daerah Nikko dan sekitarnya.

Sebetulnya, sebagian free pass yang berlaku di Nikko dan sekitarnya pernah saya singgung pada tulisan Aneka Rail Pass di Seluruh Jepang (2): Kanto, Hakone / Izu / Gunung Fuji, Chubu, Kansai. Namun disana saya hanya menyinggung sepintas lalu saja. Agar lebih afdol dan lebih sesuai dengan tema per-Nikko-an, kali ini saya akan mengulas lebih detail lagi tentang aneka free pass di daerah Nikko dan sekitarnya.

Tentang Tobu Nikko Free Pass

Jika teman-teman memperhatikan tulisan-tulisan saya sebelumnya tentang Nikko, mungkin ada yang memperhatikan jika nama “Tobu†kerap muncul dalam berbagai topik (biasanya dalam poin “akses”). Ya, perusahaan Tobu memang “menguasai” wilayah Nikko. Tak heran jika Tobu Railways pun juga menawarkan aneka free pass di Nikko dan sekitarnya, sehingga free pass keluaran Tobu di daerah Nikko dan sekitarnya ini bisa kita sebut dengan nama Tobu Nikko Free Pass.

Secara prinsip, Tobu Nikko Free Pass ini merupakan rail passes yang dikombinasikan dengan diskon tiket masuk (maupun free tiket masuk) untuk masuk ke beberapa obyek wisata tertentu (round trip Tokyo-Nikko). Untuk beberapa tipe passfree pass tersebut dikombinasikan juga dengan tiket naik bus di daerah Nikko secara unlimited. Lebih tepatnya, aneka free pass ini rata-rata menawarkan kesempatan untuk naik transportasi tanpa batas dari Tokyo ke daerah â€œfree area†(tidak bisa turun di stasiun diluar free area), dan ketentuan â€œfree area†ini berbeda untuk setiap tipe free pass.

Untuk jenis free pass-nya, secara garis besar bisa dibagi dalam 2 tipe: free pass khusus untuk wisatawan asing saja, dan free pass untuk umum. Yuk, mari mengulik dari free pass untuk wisatawan asing.

Free pass khusus untuk wisatawan asing

Aneka free pass berikut ini khusus untuk orang asing, termasuk orang asing yang berada di Jepang, dan bisa dibeli di tempat-tempat berikut ini:

  • Tobu Sightseeing Service Center, lokasi di Stasiun Tobu Railway Asakusa. Jam operasional: 07.45-17.00, dan tutup setiap tanggal 30 Desember hingga 3 Januari. Layanan tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea, dan Cina.
  • Tobu Group Tourist Plaza, lokasi di East Yard, Tokyo Solamachi 5th floor. Jam operasional: 10.00-20.00. Catatan, staff berbahasa asing tidak selalu ada di tempat ini.
  • TIC Tokyo, lokasi di Marunouchi Trust Tower N wing, 1st floor (akses dari Stasiun JR Tokyo, Nihombashi Exit). Jam operasional: 10.00-19.00, dan tutup saat liburan tahun baru dan waktu-waktu tentatif lainnya. Layanan tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang. Untuk bahasa Cina dan Korea layanan tidak selalu ada.
  • Narita Airport Ticket Counter di terminal 1 dan terminal 2.
  • Di berbagai Tobu Travel Corporation yang terdapat di Stasiun Kitasenju, Stasiun Ikebukuro, dan Stasiun Shinjuku.
Stasiun Tobu Asakusa [foto: Nyao148/wikimedia]
Stasiun Tobu Asakusa [foto: Nyao148/wikimedia]

Dan inilah jenis Tobu Nikko Free Pass khusus untuk orang asing:

  • All Nikko Pass

Harga: 4520 yen* (dewasa), 2280 yen* (anak-anak)
Masa berlaku: 4 hari kalender berturut-turut

All Nikko Pass merupakan sebuah free pass bagi wisatawan yang ingin menjelajah seluruh wilayah Nikko (termasuk Okunikko) dan Kinugawa. Daerah Kinugawa merupakan sebuah resort onsen yang berada di sepanjang Sungai Kinugawa dan punya beberapa obyek wisata populer. Hmm, saya akan ulas sedikit tentang Kinugawa Onsen ini dalam topik selanjutnya sehingga teman-teman bisa mendapat gambaran seperti apa sih resor onsen ini.

Kembali ke All Nikko Pass. Dengan membeli free pass ini, wisatawan bisa melakukan round trip dari Stasiun Tobu Asakusa dan Stasiun Shimoimachi (boleh turun di Stasiun Tokyo Skytree dan Stasiun Tochigi). Wisatawan juga bisa naik kereta tobu Non-Express di antara Nikko, Shimo-Imaichi, dan Shin-Fujiwara; serta naik bus Tobu dari Stasiun Nikko, Danau Chuzenji, Yumoto Onsen, dan Kirifuri Heights secara unlimited.

All Nikko Pass ini direkomendasikan bagi wisatawan yang memang betul-betul berniat mengeksplorasi Nikko karena selisih biaya transportasi untuk mengelilingi seluruh area Nikko hingga Kinugawa Onsen dengan dan tanpa menggunakan free pass ini cukup lumayan juga.

  • 2 Day Nikko Pass

Harga: 2670 yen* (dewasa), 1340 yen* (anak-anak)
Masa berlaku: 2 hari kalender

Jika teman-teman punya rencana untuk berwisata ke Nikko hanya dalam waktu 2 hari saja, pertimbangkan untuk membeli free pass ini dibanding All Nikko Pass. 2 Day Nikko Pass ini menawarkan kesempatan untuk round trip antara Stasiun Asakusa dan Stasiun Shimoimaichi (boleh turun di Stasiun Tokyo Skytree dan Stasiun Tochigi), unlimited naik kereta non-express di antara Nikko, Shimoimaichi dan Shin-Fujiwara, dan unlimited naik bus di daerah Nikko (kota).

Free pass ini juga menawarkan diskon untuk berbagai transportasi, atraksi, dan juga berbagai toko yang ada di daerah Nikko dan Kinugawa.

Masih ada beberapa free pass lainnya yang saya sambung saja di tulisan selanjutnya.

***

Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (Part 2 END)

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username wikimedia.

Comments

comments