fbpx
Home Guides Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (Part 2...

Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (Part 2 END)

Nikko mungkin saja tak sebesar dan tak seramai Tokyo. Namun karena keindahan dan banyaknya obyek wisata menarik yang terdapat disana, kota ini memiliki beberapa free pass yang bisa memudahkan wisatawan untuk menjelajah Nikko dan sekitarnya dengan lebih ekonomis. Dua free pass khusus untuk wisatawan asing telah saya bagikan dalam tulisan Jangan Dulu Menjelajah Nikko Sebelum Mengenal Aneka Nikko Free Pass! (1), dan satu free pass yang tersisa untuk wisatawan asing akan saya bagikan disini.

  • Kinugawa Theme Park Pass

Harga:
[Edo Wonderland Nikko] 6180 yen* untuk dewasa, 3090 yen* untuk anak-anak. [Tobu World Square] 4080 yen* untuk dewasa, 2040 yen* untuk anak-anak. [Edo Wonderland/Nikko Edo Village & Tobu World Square] 7380 yen* untuk dewasa, 3690 yen* untuk anak-anak.
Masa berlaku: 2 hari berturut-turut

Free pass ini cocok sekali bagi teman-teman yang berencana untuk menjelajah Nikko sekaligus menjelajah daerah Kinugawa Onsen. Tempat tersebut merupakan hot spring resort yang memiliki beberapa obyek wisata menarik.

Dua diantaranya adalah Edo Wonderland (atau Nikko Edomura) dan Tobu World Square, dan keduanya adalah theme park yang cukup populer. Menariknya, free pass ini dibagi dalam 3 tipe yang bisa dipilih sendiri: Edo Wonderland Nikko (termasuk tiket masuk ke Edo Wonderland), Tobu World Square (termasuk tiket masuk ke theme park tersebut), dan Edo Wonderland/Nikko Edo Village & Tobu World Square (termasuk tiket masuk ke kedua theme park).

Jika teman-teman memang berniat mengunjungi kedua theme park (baik satu theme park maupun keduanya), ketiga tipe free pass tersebut jika dihitung-hitung jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan tidak menggunakan free pass (selisihnya bisa mencapai 1500 yen*). Jadi jangan ragu untuk membeli free pass ini yah.

Selain bebas tiket masuk ke theme park di Kinugawa Onsen, wisatawan yang membeli free pass ini juga dapat melakukan round trip dari Stasiun Tobu Asakusa ke Stasiun Shimoimachi, dan bebas naik bus secara unlimited untuk rute tertentu di daerah Nikko dan Kinugawa. Oya, free pass ini juga berlaku sebagai tiket diskon untuk masuk ke beberapa fasilitas turis dan diskon tertentu di daerah Kinugawa (tidak termasuk diskon kuil).

Free pass untuk umum

Ketiga free pass yang telah diulas, yaitu All Nikko Pass, 2 Day Nikko Pass, dan Kinugawa Theme Park Pass, merupakan free pass khusus untuk wisatawan asing saja. Bagi orang Jepang yang ingin membeli free pass di daerah Nikko, maupun jika wisatawan asing tengah mencari alternatif free pass lain selain ketiga free pass yang telah disinggung sebelumnya, berikut ini aneka free passyang bisa dibeli oleh siapa saja.

  • Marugoto Nikko Free Pass

Harga: 4520 yen* (untuk dewasa), diskon 50% untuk anak usia 6-11 tahun
Masa berlaku: 4 hari berturut-turut

Free pass ini sebetulnya mirip-mirip dengan All Nikko Pass, yaitu wisatawan dapat melakukan round trip dari Tokyo ke Nikko dan bebas naik bus yang ada di Nikko (kota) dan Okunikko. Masa berlakunya pun sama, yaitu 4 hari berturut-turut.

Wisatawan pun sama-sama bisa naik kereta non-express (Tobu) yang berjalan di antara Nikko dan Shimoimaichi, serta bebas naik Tobu bus dari Stasiun Nikko ke Danau Chuzenji, Yumoto Onsen, dan Kirifuri Heights.

Lho, trus apa dong bedanya free pass ini dengan All Nikko Pass? Free pass ini boleh dibeli oleh siapa saja, termasuk orang Jepang; sementara All Nikko Pass hanya khusus untuk wisatawan asing. Pemilik All Nikko Pass juga bisa mendapat diskon 20% jika memilih menggunakan kereta limited express (hanya jika membeli free pass dari Tobu Sightseeing Service Center yang berlokasi di sebelah gerbang tengah Stasiun Tobu Asakusa).

  • Marugata Nikko Kinugawa Free Pass

Harga: 6150 yen* (dewasa), diskon 50% untuk anak usia 6-11 tahun
Masa berlaku: 4 hari berturut-turut

Marugoto Nikko Kinugawa Free Pass ini mirip-mirip dengan Marugoto Nikko Free Pass. Masa berlakunya sama-sama 4 hari berturut-turut dan bisa dibeli oleh siapa saja termasuk warga Jepang sekalipun. Bedanya, cakupan free pass ini tidak hanya sebatas Nikko dan Okunikko saja, melainkan hingga ke Kinugawa dan Yunishinagawa.

Wisatawan dapat naik kereta Tobu non-express di antara Nikko, Shimoimaichi, dan Yunishinagawa; serta bebas menggunakan bus Tobu dari Stasiun Nikko untuk pergi ke Danau Chuzenji, Yumoto Onsen, Kirifuri Heights, maupun naik bus ke berbagai obyek wisata di Kinugawa Onsen.

Keuntungan membeli Tobu Nikko Free Pass

Ada beberapa keuntungan membeli Tobu Nikko Free Pass yang harus diketahui oleh wisatawan. Pertama dan yang paling utama, dengan membeli Tobu Nikko Free Pass wisatawan tak perlu lagi repot memikirkan berapa tiket yang harus dikeluarkan untuk naik kereta maupun bus di daerah cakupan free pass.

Keuntungan kedua, jika wisatawan tertarik untuk naik kereta limited express Tobu, yaitu SPACIA, maka pemegang free pass bisa mendapat diskon 20% dari harga tiket normal. Lho, kok bayar? Itu karena free pass hanya meng-cover kereta non-express saja, dan tetap harus bayar jika ingin naik limited express.

SPACIA, kereta limited express Tobu [foto: M.Ohtsuka/wikimedia]
SPACIA, kereta limited express Tobu [foto: M.Ohtsuka/wikimedia]

Keuntungan ketiga, wisatawan bisa mendapat diskon 5-10% di tempat-tempat yang bekerja sama dengan Tobu. Misalnya saja, di beberapa toko di Nakamise Street menerima diskon 5% jika menunjukkan Tobu Railway Discount Pass.

Beberapa hotel di sekitar Asakusa memberikan bermacam keistimewaan bagi pemegang free pass, mulai dari diskon 5%, mendapatkan sarapan, hingga mendapat souvenir khusus. Begitu juga dengan beberapa tempat di daerah Nikko dan Kinugawa, wisatawan bisa mendapat diskon hingga 10% untuk berbagai toko, obyek wisata, hotel, dan restoran. Untuk informasi lebih lengkap tentang daftar diskon, bisa kunjungi web ini.

Sekian informasi tentang Tobu Nikko Free Pass. Ulasan tentang Kinugawa Onsen, ditunggu ya!

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username wikimedia.

Comments

comments