Wisatawan yang tengah merencanakan perjalanan wisata ke Jepang mungkin sudah pernah mendengar tentang JR Pass, atau Japan Rail Pass. JR Pass merupakan sebuah tiket terusan untuk mengakses hampir seluruh kereta yang berada di bawah bendera Japan Railway, termasuk sebagian shinkansen (bullet train). Dengan membeli JR Pass, wisatawan dapat naik kereta JR ke berbagai penjuru Jepang tanpa harus direpotkan dengan urusan membeli tiket di setiap stasiun. Praktis bukan?

Namun selain JR Pass, sebetulnya masih ada alternatif lain bagi wisatawan yang ingin bepergian ke berbagai kota selama berada di Jepang. Cobalah untuk mempertimbangkan Japan Bus Pass. Sama seperti JR Pass, Japan Bus Pass juga merupakan sebuah tiket terusan.

Bedanya, tiket ini adalah untuk mengakses bus antar kota yang dioperasikan oleh Willer Express. Jika jeli menggunakannya, Japan Bus Pass ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk budget traveller karena harganya yang relatif bersahabat. Jadi bagi yang sedang merencanakan wisata ke Jepang dan mengaku sebagai budget traveller, tak ada salahnya mengenali terlebih dulu apa itu Japan Bus Pass dan apa saja kelebihan serta kelemahannya jika dibandingkan dengan JR Pass.

Bus Willer Express [foto: google]
Bus Willer Express [foto: google]

Definisi

Japan Bus Pass merupakan sebuah tiket terusan untuk menaiki bus antar kota, namun terbatas hanya pada bus yang dikelola oleh Willer Express dan bergerak di rute yang dilalui oleh operator tersebut. Pusat dari seluruh jalur Willer Express terdapat di 2 kota besar yaitu Tokyo dan Osaka/Kyoto, dan dari kedua kota tersebut barulah bisa mengakses kota-kota lain melalui jalan tol.

Syarat dan Ketentuan

  • Pembelian tiket Japan Bus Pass ini hanya dapat dilakukan oleh warga non-Jepang yang datang ke Jepang hanya untuk keperluan wisata. Pembelian tiketnya pun harus bisa dilakukan di luar Jepang, dan hanya melalui website Willer Express.
  • Harga Japan Bus Pass tergantung dari paket yang dipilih. Per Desember 2013, harga tiketnya adalah ¥10000 untuk 3 hari, dan ¥15000 untuk 5 hari.
  • Satu tiket berlaku untuk satu orang dan tidak dapat dipindahtangankan. Anda harus menunjukkan kartu identitas yang berlaku internasional setiap akan menggunakan Japan Bus Pass, seperti passport maupun SIM internasional.
  • Japan Bus Pass memiliki masa berlaku selama 2 bulan sejak tanggal pembelian yang dapat digunakan kapan saja (tidak harus berurutan harinya) selama tidak dalam black out period. Maksud dari black out period adalah waktu puncak liburan, seperti saat long weekend, liburan Golden Week, Obon, dan periode liburan tahun baru. Cek website Willer Express untuk tanggal pastinya.
  • Waktu keberangkatan dibagi ke dalam 2 jenis: daytime bus dan overnight bus. Japan Bus Pass dapat digunakan untuk mengakses maksimal 1 overnight bus dan/atau maksimal 2 daytime busuntuk hari yang sama. Jadi contoh kombinasi yang disarankan adalah: 1 overnight bus, atau 1 daytime bus, atau 1 daytime bus + 1 overnight bus, atau 2 daytime bus. Perhatian: bus yang berangkat setelah tengah malam akan dihitung masuk ke hari berikutnya.
  • Perlu diperhatikan, Japan Bus Pass tidak dapat digunakan untuk menaiki rute yang sama dalam waktu 1 hari. Misal, tidak bisa bepergian dari Tokyo ke Kyoto 2x dalam 1 hari. Namun untuk rute bolak balik (misalnya Tokyo ke Kyoto dan Kyoto ke Tokyo) masih diperbolehkan selama salah satunya menggunakan daytime bus.
  • Pengguna Japan Bus Pass dapat melakukan reservasi tempat duduk maksimal 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Untuk informasi jadwal keberangkatan, dapat mengakses langsung website Willer Express.
  • Jika ingin melakukan perjalanan menerus dalam satu hari, waktu tunggu minimum sebelum berpindah ke bus selanjutnya adalah 1 jam.
  • Tambahan informasi, Anda hanya bisa berangkat menggunakan bus setelah melakukan reservasi tempat duduk. Jadi jangan lupa untuk selalu mengecek jadwal keberangkatan dan posisi tempat duduk yang tersedia sebelum melakukan reservasi.

Kelebihan Japan Bus Pass dibandingkan dengan JR Pass

Kelebihan utama dari Japan Bus Pass ini adalah harganya yang relatif ekonomis jika dibandingkan dengan JR Pass. Bandingkan saja, untuk bepergian selama 5 hari menggunakan Japan Bus Pass hanya membutuhkan ¥15000, sementara JR Pass membutuhkan ¥28300 untuk 7 hari.

Menariknya, tak perlu menghabiskan 5 hari berturut-turut karena Japan Bus Pass dapat digunakan kapan saja selama tiket masih dalam masa berlaku. Berbeda dengan JR Pass yang terpaku pada durasi 7 hari, 14 hari, dan 28 hari berturut-turut.

Jika pandai mengatur kombinasi waktu perjalanan, Anda dapat bepergian menggunakan bus malam dan sekaligus menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk penginapan. Tentunya selama Anda tidak keberatan tidur di dalam bus ya.

Tak perlu khawatir akan jenis tempat duduk di bus, karena Willer Express memiliki berbagai jenis kursi yang dapat dipesan sebelum bepergian, antara lain tipe Teater (dilengkapi dengan monitor dan permainan), tipe Relax (dilengkapi dengan penutup kepala), dan tipe Standar. Anda dapat memilih jenis kursi yang paling nyaman untuk perjalanan jauh. Contoh itinerary untuk menghemat biaya menginap adalah sebagai berikut:

Nagoya – Osaka (daytime bus) + Osaka – Tokyo (overnight bus).

Tokyo – Kyoto (daytime bus) + Kyoto – Nagoya (daytime bus) + Nagoya – Tokyo (overnight bus)

Tipe tempat duduk di Willer Express Bus [foto: google]
Tipe tempat duduk di Willer Express Bus [foto: google]

Kelebihan lainnya, Japan Bus Pass mengenal sistem refund. Jika Anda sudah membeli Japan Bus Pass namun batal menggunakannya, Anda dapat mengajukan refund dan uang akan dikembalikan penuh. Jika pembatalan dilakukan pada waktu trip akan dimulai dan tak ingin menggunakan Japan Bus Pass lagi, uang akan di refund 50%.Namun perlu diperhatikan, refund hanya untuk tiket yang belum kadaluarsa. Anda juga tidak dapat melakukan refund jika Japan Bus Pass sudah terlanjur digunakan. Refund juga berlaku hanya jika Anda mengajukan permohonan refund (tidak otomatis).

 

Kelemahan Japan Bus Pass dibandingkan dengan JR Pass

Dibandingkan dengan jalan tol, jalur kereta api di Jepang jauh lebih banyak dan menjangkau berbagai kota di Jepang. Penggunaan Japan Bus Pass juga dibatasi oleh ketentuan yang berlaku, membuat tiket ini kurang cocok untuk Anda yang berencana berpindah lokasi beberapa kali dalam 1 hari.

Kelemahan lainnya, bus ini bergerak di jalan tol sehingga akan terkena traffic jam layaknya kendaraan lain seperti mobil dan motor. Jadi jadwal keberangkatannya pun tergantung pada kondisi lalu lintas. Kurang cocok bagi Anda yang memiliki jadwal wisata yang ketat dan membutuhkan ketepatan waktu.

Kelemahan terakhir dari Japan Bus Pass, adalah tidak dapat digunakan pada black out period. Jadi jika waktu wisata Anda bertepatan dengan periode tersebut, sebaiknya pilih JR Pass ataupun 1 day ticket yang berlaku di kota tujuan wisata Anda.

+ + + +

Jadi, setelah membandingkan antara Japan Bus Pass dan JR Pass, sudahkah menentukan mana yang akan Anda pilih saat berwisata ke Jepang? Share dong ceritanya..

 

Note : harga dapat berubah sewaktu-waktu

Comments

comments