fbpx
Home Guides Kenalan Dengan Aneka Freepass Di Hakone (Part 1): Hakone Freepass

Kenalan Dengan Aneka Freepass Di Hakone (Part 1): Hakone Freepass

Hakone Freepass foto : Ali_Haikugirl via flickr
Hakone Freepass foto : Ali_Haikugirl via flickr

Freepass bisa jadi merupakan sebuah item wisata yang paling dicari oleh wisatawan, khususnya bagi yang hobi mengeksplorasi sebuah tempat dengan maksimal dan tentunya dengan harga yang miring ke bawah. Hanya saja, sudah jadi rahasia umum juga jika tidak semua freepass betul-betul menawarkan solusi yang ekonomis. Pada akhirnya semua tergantung dari itinerary kita, apakah sebanding dengan harga freepass tersebut atau tidak.

Nah, untuk membantu Jalan2ers yang berencana pergi ke Hakone, berikut beberapa freepass yang berlaku di daerah tersebut. Ya, beberapa, karena freepass di daerah Hakone tidak hanya satu saja. T

entu saja yang akan saya ulas hanya aneka freepass paling populer untuk wisatawan asing. Untuk memudahkan dalam membayangkan apakah freepass tersebut layak untuk dibeli atau tidak, akan saya sertakan juga contoh rute yang cocok untuk menggunakan freepass tersebut. Nggak pakai iklan panjang lebar, berikut inilah aneka freepass di Hakone.

Hakone Freepass

Nama Hakone Freepass sudah beberapa kali saya ulas saat menulis tentang Aneka Transportasi Unik di Hakone (1) dan Aneka Transportasi Unik di Hakone (2-end). Wajar saja karena Hakone Freepass memang sebuah tiket terusan yang memungkinkan penggunanya untuk naik berbagai moda transportasi di Hakone secara cuma-cuma, alias gratis. Yaa, sebetulnya nggak gratis juga sih karena untuk membeli freepass ini tentunya diperlukan biaya, betul nggak?

Lalu apakah Hakone Freepass ini merupakan freepass paling ekonomis di Hakone? Belum tentu. Walau dibilang freepass ini berfungsi untuk naik aneka moda transportasi di Hakone, namun tetap saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Hakone freepass ini hanya bisa digunakan untuk naik 8 jenis moda transportasi ini saja:

1. Hakone Tozan Train
2. Hakone Tozan Cable Car
3. Hakone Ropeway
4. Hakone Sightseeing Cruise
5. Hakone Tozan Bus
6. Odakyu Hakone Highway Bus (hanya untuk area tertentu saja)
7. Numazu Tozan Tokai Bus (area tertentu saja)
8. Hakone Tozan Bus/”Kanko Shisetsu-meguri” bus (bus khusus untuk turis)

Jadi Hakone Freepass ini tidak dapat digunakan untuk naik kereta JR, begitu juga dengan naik Odakyu Romancecar. Khusus untuk Odakyu Romancecar, pengguna Hakone Freepass hanya perlu biaya limited express surcharge saja dan tidak perlu membayar normal fare yang berarti harganya lebih murah dibanding membeli tiket Romancecar tanpa freepass. Apa itu limited express surcharge dan apa itu normal fare, nanti saya jelaskan di bagian Romancecar yah.

Hakone Freepass ini terdiri dari 2 tipe, yaitu tiket terusan untuk 2 hari berturut-turut dan 3 hari berturut-turut. Harganya bisa berbeda-beda, tergantung darimana tempat membeli tiket tersebut dan juga jenis tiket yang dipilih (2 hari atau 3 hari). Detailnya sebagai berikut:

Untuk 2-day passes

Berangkat dari Shinjuku: 5140 yen* (dewasa), 1500 yen* (anak-anak)
Berangkat dari Machida: 4820 yen* (dewasa), 1420 yen* (anak-anak)
Berangkat dari Odawara: 4000 yen* (dewasa), 1000 yen* (anak-anak)

Untuk 3-day pases

Dari Shinjuku: 5640 yen* (dewasa), 1750 yen* (anak-anak)
Dari Machida: 5320 yen* (dewasa), 1670 yen* (anak-anak)
Dari Odawara: 4500 yen* (dewasa), 1250 yen* (anak-anak)

Tiket bisa dibeli di berbagai Stasiun Odakyu melalui vending machine.

Lalu seberapa ekonomisnya kah Hakone Freepass ini? Lagi-lagi semua tergantung pada itinerary wisata. Jika teman-teman berencana untuk pulang-pergi saja dari Tokyo ke Hakone dan sebaliknya (tidak menginap), maka membeli freepass ini bisa sangat mubazir karena minimal paket tiket terusannya untuk 2 hari.

Sedangkan jika memang berencana untuk menghabiskan waktu di Hakone minimal selama 2 hari, tiket terusan ini juga bisa tidak efektif jika teman-teman tidak aktif menggunakan aneka moda transportasi di Hakone. Berikut contoh perbandingan biaya tiket untuk bepergian dari Tokyo ke Hakone dan saat berwisata di Hakone dengan dan tanpa freepass.

Tanpa freepass

Tokyo (Stasiun Shinjuku) –┬áHakone (Stasiun Hakone-Yumoto): via romancecar (2080 yen*, turun di Stasiun Hakone-Yumoto), via Odakyu Line (1190 yen*)

Naik Hakone Tozan Train: mulai dari 270 yen* hingga 670 yen*
Naik Hakone Tozan Cable Car: mulai dari 80 yen* hingga 420 yen*
Naik Hakone Tozan Ropeway: mulai dari 730 yen* hingga 1370 yen*
Naik Hakone Sightseeing Cruise: 1000 yen*
Naik Hakone Tozan Bus: mulai dari 370 yen* hingga 1230 yen*

Dengan Hakone Freepass (2-day passes)

Biaya yang dikeluarkan hanya 890 yen*, itu pun hanya untuk membayar limited express surcharge saja jika menggunakan romancecar.

Kesimpulan

Jika mengambil rute yang paling singkat, total biayanya memang hanya 4530 yen*. Sekilas terlihat bahwa Hakone Freepass tidak ekonomis dan mahal. Namun ingat, 4530 yen* itu hanya untuk naik masing-masing 1x untuk setiap moda transportasi, dan contohnya hanya untuk rute paling pendek saja (untuk jarak tempuh 1 stasiun atau 1 halte bus saja).

Sedangkan jika mengambil contoh harga tiket terjauh (termahal), total biayanya bisa mencapai 6770 yen*. Ada selisih 1630 yen* dengan Hakone Freepass (dengan contoh berangkat dari Stasiun Shinjuku). Sehingga jika betul-betul diaplikasikan dalam wisata aslinya, yang mana pastinya akan beberapa kali naik moda transportasi yang berbeda, maka menggunakan Hakone Freepass akan jauh lebih hemat.

Jadi Hakone Freepass ini baru menguntungkan jika memang punya rencana untuk wisata menggunakan aneka moda transportasi di Hakone dalam intensitas yang tinggi. Jika kalian hanya berencana untuk naik 1-2 jenis moda transportasi saja, atau hanya untuk berendam onsen saja di Hakone , maka membeli freepass tipe ini akan sangat mubazir.

Masih ada beberapa keuntungan membeli Hakone Freepass karena tiket terusan ini juga dapat digunakan sebagai tiket diskon untuk masuk ke beberapa obyek wisata di Hakone. Saya juga akan menyertakan contoh rute yang paling efektif untuk memanfaatkan freepass ini. Tapi tunggu dalam ulasan selanjutnya yah.

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

 

Kenalan Dengan Aneka Freepass Di Hakone (Part 2 END): Hakone Freepass + Fuji Hakone Pass

Comments

comments