fbpx
Home Guides Kenalan Dengan Aneka Freepass Di Hakone (Part 2 END): Hakone Freepass +...

Kenalan Dengan Aneka Freepass Di Hakone (Part 2 END): Hakone Freepass + Fuji Hakone Pass

Sebetulnya sudah ada request untuk menulis topik baru yaitu tentang onsen, dan jujur saja saya excited banget karena memang saya termasuk pengagum onsen dan segala tradisi unik yang melekat padanya.

Namun si onsen terpaksa harus ditunda dulu sebentar karena bahasan tentang aneka tiket terusan di Hakone ini belum selesai. Jadi sekarang saya lanjutkan dulu tulisan tentang aneka freepass di Hakone, baru setelah itu mari kita mencebur ria di onsen. Yay!

Seperti biasa, supaya lebih nyambung, tolong baca dulu tulisan bagian pertama yang bisa dibaca disini: Kenalan dengan Aneka Freepass di Hakone (1): Hakone Freepass. Pada tulisan ini saya ingin melanjutkan sedikit tentang Hakone Freepass. Sebelumnya saya menjanjikan akan memberi contoh rute terbaik untuk mengelilingi Hakone dengan memanfaatkan Hakone Freepass.

Nah, di Hakone ini ada yang namanya rute klasik yang berbentuk melingkar. Kalau di Tokyo, mirip-mirip dengan Yamanote Line deh. Bedanya, jika Yamanote Line hanya untuk kereta saja, maka rute klasik ini melibatkan hampir seluruh moda transportasi di Hakone, sehingga menjadi salah satu rute terbaik untuk memaksimalkan Hakone Pass. Detail rutenya sebagai berikut:

Stasiun Hakone-Yumoto ke Stasiun Gora

Naik: Hakone Tozan Train
Biaya: 400 yen* (dewasa), 200 yen* (anak-anak)
Durasi waktu: 35 menit
Info tambahan: Ada beberapa onsen di sepanjang jalur ini, serta ada Hakone Open Air Museum.

Hakone Open Air Museum [foto: Leon&mae/wikimedia]
Hakone Open Air Museum [foto: Leon&mae/wikimedia]

Stasiun Gora ke Sounzan

Naik: Hakone Tozan Cable Car
Biaya: 420 yen* (dewasa), 210 yen* (anak-anak)
Durasi waktu: 10 menit
Info tambahan: Rute ini sangat menarik karena berbentuk track lurus yang menanjak. Di dekat Gora, tepatnya di sekitar rute ini, ada Hakone Art Museum dan Gora Park.

Stasiun Sounzan [foto: Loz688/wikimedia]
Stasiun Sounzan [foto: Loz688/wikimedia]

Sounzan ke Togendai

Naik: Hakone Ropeway
Biaya: 1370 yen* (dewasa), 690 yen* (anak-anak)
Durasi waktu: 30 menit
Info tambahan: Dari kereta gantung ini dapat melihat pemandangan ke Gunung Fuji. Lalu jika melakukan transfer, bisa mampir ke Owakudani, sebuah kawah vulkanis di Hakone.

Owakudani [foto: Bgabel/wikimedia]
Owakudani [foto: Bgabel/wikimedia]

Togendai ke Hakone-machi

Naik: Hakone Sightseeing Cruise
Biaya: 1000 yen* (dewasa), 500 yen* (anak-anak)
Durasi waktu: 30 menit
Info tambahan: Danau Ashi merupakan salah satu obyek wisata ternama di Hakone, sedangkan sightseeing cruise ini melintasi Danau Ashi. Sambil menikmati keindahan Danau Ashi, wisatawan bisa menikmati keindahan Gunung Fuji.

Danau Ashi dan Gunung Fuji [foto: Aimaimyi/wikimedia]
Danau Ashi dan Gunung Fuji [foto: Aimaimyi/wikimedia]

Hakone-machi ke Moto-Hakone

Naik: jalan kaki
Biaya: 0 yen
Durasi waktu: 20-30 menit
Info tambahan: sebetulnya bisa saja jika dari Hakone-machi langsung menuju ke Hakone-Yumoto dengan naik bus. Tapi di sekitar Moto-Hakone ini ada beberapa tempat wisata menarik seperti Detached Palace Garden, Checkpoint Museum, dan lain-lain. Jika sedang nggak mood jalan kaki, bisa kok sewaktu-waktu naik bus atau kembali naik kapal lagi.

Hakone-machi ke Hakone-Yumoto

Naik: Hakone Tozan Bus
Biaya: 960 yen* (dewasa), 480 yen* (anak-anak)
Info tambahan: Asumsinya wisatawan kurang berminat untuk jalan kaki, jadi dari Hakone-machi bisa langsung naik bus ke Hakone-Yumoto. Di sepanjang rute ini pemandangannya sangat bervariasi. Ada beberapa obyek wisata populer juga untuk dikunjungi seperti bagian dari jalan Tokaido lama (jalan pertama yang menghubungkan Tokyo-Kyoto), Hakone Shrine, dan banyak lagi.

Coba teman-teman hitung sendiri berapa biaya yang dibutuhkan jika tidak menggunakan freepass. Itu belum termasuk dengan biaya pulang pergi dari Tokyo ke Hakone dan sebaliknya ya.

Jika ditotal-total, biaya yang dibutuhkan bisa mencapai 6500 yen*-an, sementara harga Hakone freepass untuk 2 hari saja hanya kira-kira 5100 yen*an. Jika mengikuti rute di atas, bisa dipastikan wisatawan akan untung jika membeli Hakone Freepass, bukan?

Oya, sebagai informasi tambahan lainnya, Hakone Freepass ini juga berlaku sebagai diskon untuk masuk ke beberapa tempat wisata populer di Hakone lho, mulai dari spa, onsen, taman, taman bermain, museum, hingga restoran! Totalnya terdapat 50 tempat yang berafiliasi dengan tiket terusan ini. Sehingga rasanya tak salah jika wisatawan yang berminat untuk mengunjungi Hakone mempertimbangkan untuk membeli tiket terusan ini.

 

Fuji Hakone Pass

Dari beberapa freepass yang berlaku di wilayah Hakone, rasanya salah satu yang layak direkomendasikan adalah Fuji Hakone Pass. Freepass ini memungkinkan wisatawan untuk bepergian dengan leluasa (dalam artian bebas naik kendaraan publik) yang ada di wilayah Gunung Fuji dan Hakone.

Wisatawan juga bebas bepergian dari Tokyo ke Gunung Fuji maupun Hakone dengan menggunakan freepass ini, dan melakukan perjalanan pulang pergi. Dengan kata lain, Fuji Hakone Pass ini sejenis Hakone Pass hanya dalam cakupan wilayah hingga ke Gunung Fuji.

Selain ada perbedaan cakupan area, adalagi perbedaan antara Fuji Hakone Pass dengan Hakone Pass. Jika Hakone Pass dijual dalam tipe 2 day passes dan 3 day passes, maka Fuji Hakone Pass ini hanya terdiri dari 1 tipe saja, yaitu tiket terusan untuk 3 hari.

Perbedaan lainnya, tiket ini hanya dijual di Stasiun Shinjuku saja, sehingga wisatawan hanya bisa pergi dari Stasiun Shinjuku dan kembali lagi melalui stasiun tersebut. Lantas berapa harga tiketnya? Untuk tipe ini, harga tiketnya adalah 7400 yen* untuk dewasa dan 3700 yen* untuk anak-anak.

Ada tambahan informasi lainnya. Fuji Hakone Pass ini dapat digunakan secara unlimited dengan konsep Hop-on-hop-off sesukanya hanya pada moda transportasi berikut ini saja:

1. Hakone Tozan Line
2. Hakone Tozan Cable Car
3. Hakone Ropeway
4. Hakone Sightseeing Cruise
5. Hakone Tozan Bus
6. Odakyu Hakone Highway Bus (hanya untuk area tertentu saja)
7. Numazu Tozan Tokai Bus (area tertentu saja)
8. Hakone Tozan Bus/”Kanko Shisetsu-meguri” bus (bus khusus untuk turis)
9. Fujikyu Bus
10. Fujikyu Line

Tiket Fuji Hakone Pass ini juga hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing (pemegang passport non-Jepang) dan pembeliannya bisa langsung dilakukan di Stasiun Shinjuku.

***

Yosh, akhirnya beres juga tentang freepass di Hakone. Untuk selanjutnya, saya akan membahas tentang serba-serbi onsen dari A-Z. Ditunggu yah!

***

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Mengenal Aneka Jenis Onsen Di Hakone, Mulai Onsen Kecantikan Hingga Diet

Comments

comments