fbpx
Home Guides Mulai dari Pantai hingga Panggung Kabaret, Aneka Destinasi Wisata Inilah yang Membuat...

Mulai dari Pantai hingga Panggung Kabaret, Aneka Destinasi Wisata Inilah yang Membuat Pattaya Begitu Bercahaya

 

Pattaya city, via weareholidays

Thailand punya banyak destinasi wisata yang sanggup menggoda kalian untuk mengambil pasport dan terbang kesana. Dan, dari sekian banyak permata wisata di Thailand, Pattaya yang terletak di provinsi Chonburi menjadi salah satu yang paling seksi bagi wisatawan asing; membuat kota ini termasuk salah satu kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing di Thailand.

Ada beberapa hal yang membuat kota yang berjarak kira-kira 147 kilometer dari Bangkok ini begitu memikat hati. Kota yang terkenal sebagai resort pantai populer ini memang punya segudang opsi wisata bagi semua tipe wisatawan.

Mulai dari gemulainya lambaian pohon kelapa di tepi pantai hingga meriahnya lambaian gadis (baca: ladyboy) kabaret, semua bisa kalian dapatkan di Pattaya. Dengan kata lain, sensasi pengalaman di tengah alam bebas namun tanpa meninggalkan kenyamanan sebagai wisatawan bisa kalian temukan di Pattaya. Karenanya, Pattaya dijamin nggak akan bikin kalian mati gaya deh.

Namun, selalu ada yang pertama untuk semua hal. Jika kalian belum pernah menapakkan kaki di Pattaya dan masih belum memperoleh gambaran tentang Pattaya dan pesonanya, intip dulu aneka destinasi wisata yang dapat mewakili secuil gambaran kemolekan Pattaya.

Pattaya bay, via pattayaproperty
Pattaya bay, via pattayaproperty

 

1. Untuk mengawali acara jalan-jalan di Pattaya, mulailah dengan menapakkan kaki di pantainya.

Pattaya memang populer sebagai salah satu resort pantai terbesar di Asia, dan itulah salah satu faktor yang membuat Pattaya begitu legit menggoda. Uniknya, pantai di Pattaya bukan terkenal karena pasirnya yang super lembut maupun karena jernihnya air laut di sekitar pantai; melainkan karena banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di pantai dan sekitarnya.

Selain bisa menikmati jet ski maupun melakukan diving dan snorkeling, berbagai fasilitas hiburan di sekitar pantai akan lanjut menenggelamkan kalian dalam gemerlap dunia malam. Itulah secuil daya tarik pantai di Pattaya yang bisa kalian jajal.

Walau pantai-pantai di Pattaya nggak bisa disebut sebagai yang terbaik maupun yang terindah di seluruh Thailand, ada beberapa pantai yang layak kalian sambangi saat menjejakkan kaki di kota ini. Berikut beberapa diantaranya.

  • Pantai Pattaya, penuh pesona di siang hari dan menggoda iman di malam hari.

Pantai Pattaya, via pattayapreview
Pantai Pattaya, via pattayapreview

Dari semua pantai yang ada di Pattaya, pantai Pattaya paling ramai dikelilingi dengan berbagai fasilitas, mulai dari resort, pusat perbelanjaan, hingga bar. Nggak heran jika pantai ini populer di kalangan turis yang mencari kesenangan di laut pada siang hari dan mencintai gemerlap kemeriahan malam.

  • Pantai Jomtien, cocok bagi pecinta keramaian yang lebih sunyi.

Pantai Jomtien, via panoramio
Pantai Jomtien, via panoramio

Pantai Jomtien hanya berjarak kira-kira 3 kilometer dari pantai Pattaya, dan merupakan salah satu dari dua pantai besar di Pattaya (pantai besar lainnya adalah pantai Pattaya).

Suasana di pantai ini nggak seramai di pantai Pattaya, namun berbagai fasilitas pelengkap telah tersedia untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Pecinta selancar angin wajib mencoba memacu adrenalin dengan berselancar angin di pantai Jomtien, karena disinilah tempat terbaik untuk melakukan selancar angin di seluruh Thailand.

  • Pantai Na Jomtien, pantai populer yang tetap menawarkan privasi.

Pantai Na Jomtien, via go-to-thailand
Pantai Na Jomtien, via go-to-thailand

Nggak jauh dari pantai Jomtien, ada sebuah pantai sepanjang 6 kilometer yang menawarkan suasana yang lebih tenang dibanding pantai Pattaya dan pantai Jomtien, yaitu pantai Na Jomtien. Jika kalian ingin menikmati rasanya bersantai di pantai populer tanpa harus takut akan sepenuhnya kehilangan privasi, pantai Na Jomtien inilah yang kalian cari.

  • Pantai Naklua, ideal bagi pecinta suasana pantai dan kehidupan di sekitarnya.

Salah satu restoran di pantai Naklua yang populer sebagai tempat untuk menikmati sunset, via thebeachfrontclub
Salah satu restoran di pantai Naklua yang populer sebagai tempat untuk menikmati sunset, via thebeachfrontclub

Terletak di sisi utara pantai Pattaya, pantai Naklua ini nggak hanya menawarkan laut dan pasir pantai saja lho. Atmosfir di Naklua memang berbeda dari pantai lainnya karena dulu, di tempat tersebut, para penduduknya hidup dari memancing dan memanen garam. Karenanya, suasana ala perkampungan nelayan masih tersisa di beberapa sudut Naklua.

Untuk inspirasi aktifitas di Naklua, coba deh kalian menjelajah area kota. Kalian bisa mengunjungi pasar ikan di pagi hari, pasar malam di malam hari, maupun mencicipi berbagai kuliner berbahan seafood segar di restoran setempat sambil berkenalan dengan turis lainnya yang juga tertarik dengan kehidupan lokal di Naklua yang unik.

  • Pantai Wong Amat, bagi kalian yang ingin santai menikmati matahari.

Pantai Wong Amat, via thebeachfrontclub
Pantai Wong Amat, via thebeachfrontclub

Dari seluruh pantai yang ada di Pattaya, pantai Wong Amat ini disebut-sebut sebagai pantai yang paling bersih dan juga cukup terpencil. Ingin menikmati sinar matahari dengan santai? Dari pantai Pattaya, bergeserlah ke arah utara dan kalian akan menemukan sedikit surga di pantai Wong Amat.

  • Koh Larn, pulau Coral dengan pantai indah yang jadi surga dunia di Pattaya.

Koh Larn dan salah satu pantainya, via telegraaf
Koh Larn dan salah satu pantainya, via telegraaf

Oke, Koh Larn ini memang bukanlah sebuah pantai, melainkan nama pulau yang jaraknya kira-kira 7 kilometer dari pantai Pattaya. Walau nggak berada di daratan utama, pulau ini layak banget untuk disinggahi karena keindahan suasananya.

Dari segi pantai, pulau yang kerap disebut sebagai pulau Coral ini memiliki 6 pantai besar, yaitu Samae, Tien, Tawaen, Tonglang, Naul, Tayaiy, dan juga beberapa pantai kecil; dan seluruhnya menawarkan sensasi yang serupa: pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru jernih.

Tips:

Untuk pengalaman maksimal di pantai Koh Larn, kalian bisa menyewa kursi pantai dengan harga rata-rata 100 baht, namun bawalah makanan dan minuman dari tempat lain untuk sedikit penghematan. Kalian juga bisa menyewa sepeda motor agar lebih bebas mengelilingi pulau, dan harganya kira-kira 200 baht saja untuk seharian.

 

2. Puas bermain di pantai, saatnya mengenal kehidupan di laut Pattaya dengan main ke Underwater World Pattaya.

Underwater World Pattaya, via Oscar von Bonsdorff/flickr
Underwater World Pattaya, via Oscar von Bonsdorff/flickr

Jangan berpikir jika kalian telah mengenal kehidupan di laut Pattaya hanya dengan bermain pasir dan menjajal ombak di lautan. Untuk lebih mengenal kehidupan di lautan Pattaya dan juga Thailand yang sebenarnya, maka kalian wajib mampir ke Underwater World.

Akuarium modern pertama yang dimiliki oleh Thailand ini bukanlah akuarium biasa yang sekedar menampilkan biota laut dalam tangki-tangki besar. Ada banyak atraksi dan aktifitas istimewa yang melibatkan para pengunjung, mulai dari memberi makan ikan hingga kursus menyelam, yang pastinya akan membuat kalian semakin mengenal kehidupan di laut Pattaya.

 

3. Bosan dengan laut dan suasana pantai? Pattaya Park hadir untuk menyelamatkan hari kalian.

Pattaya Park, via pattaya-book
Pattaya Park, via pattaya-book

Jika dibandingkan dengan pantai lain di Thailand, pantai di Pattaya mungkin nggak masuk dalam kategori istimewa. Namun jika kalian sudah terlanjur melangkahkan kaki ke pantai, dan juga jika pantai Jomtien jadi pilihan kalian untuk menghabiskan waktu di Pattaya, jangan sungkan untuk sekalian mampir ke Pattaya Park.

Tempat ini merupakan landmark dari Jomtien, berupa sebuah taman dengan bermacam fasilitas keren yang dapat mengubah mood kalian. Misalnya saja, sebuah menara pengamat setinggi 240 meter dengan pemandangan 360 derajat ke sekeliling Pattaya.

Atau area permainan keluarga dengan berbagai wahana untuk bermacam range usia. Dan jangan lupakan juga waterpark dengan waterslide raksasa yang akan menyejukkan hari setelah berpanas ria di terik mentari.

 

4. Nggak hanya punya pantai dan waterpark, Pattaya juga punya Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village yang terlalu keren untuk dilewatkan.

Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village, via onedio
Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village, via onedio

Bagi kalian yang nggak suka wisata pantai dan nggak tertarik melihat ikan di akuarium, Pattaya punya banyak opsi wisata lain yang bisa kalian kunjungi. Dari wisata bertema laut dan kehidupannya, mari bergeser untuk mengenal keindahan Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village.

Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village merupakan sebuah taman seluas 2,4 kilometer persegi yang dirancang dengan lanskap yang indah dan bervariasi, membuat taman ini terlalu keren untuk kalian lewatkan saat berada di Pattaya.

Saking kerennya, Nong Nooch ini nggak kelihatan seperti taman, melainkan menyerupai sebuah theme park bertema botani karena di tempat ini banyak sekali yang bisa kalian lihat.

Ada beragam jenis taman tematik yang akan mengajak kalian ‘jalan-jalan’ ke taman di Prancis dan Eropa, restoran, hingga aneka pertunjukan kebudayaan. Seandainya kalian tertarik mengunjungi taman ini, siapkan diri untuk berjalan kaki dalam waktu lama karena taman ini terlalu luas untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Atau, kalian bisa juga menyewa sepeda dan berolahraga sambil menikmati suasana taman.

 

5. Wisata ke Thailand nggak lengkap kalau nggak mengunjungi kuilnya. Dan Pattaya pun punya beberapa kuil yang mubazir untuk diacuhkan begitu saja.

Thailand termasuk salah satu negara yang populer dengan wisata kuilnya. Dan, walaupun Pattaya dikenal sebagai resort pantai dengan kehidupan malam yang glamor, kalian tetap bisa menemukan kuil megah untuk dikunjungi disini. Intip contekannya berikut ini:

  • Wat Phra Yai dan patung Buddha berukuran super besarnya.

Wat Phra Yai, via bangkok
Wat Phra Yai, via bangkok

Wat Phra Yai (“wat” dalam bahasa Thailand berarti “kuil”) merupakan salah satu kuil yang paling populer di Pattaya. Kuil yang terletak di atas puncak bukit Pratumnak (di antara pantai Pattaya dan pantai Jomtien) ini memiliki patung Buddha terbesar yang ada di wilayah tersebut.

Salah satu bagian yang membuat kuil ini begitu memukau wisatawan adalah, karena sebelum mencapai area kuil kalian harus menaiki serangkaian anak tangga yang diapit oleh patung naga emas yang memanjang di sepanjang sisi tangga.

Daya tarik lainnya dari kuil ini, selain dari patung Big Buddha setinggi 18 meter, adalah karena di sekitar patung Big Buddha terdapat banyak patung Buddha berukuran kecil dengan berbagai pose, yang lantas memikat wisatawan untuk berpose dan mengambil foto di setiap patung.

  • Wat Yansangwararam, kuil yang dipersembahkan untuk Raja Bhumibol Adulyadej.

Wat Yansangwararam, via asiatravelgo.blogspot
Wat Yansangwararam, via asiatravelgo.blogspot

Dari semua kuil yang ada di Pattaya, Wat Yansangwararam ini termasuk salah satu yang istimewa karena kuil ini dipersembahkan untuk Raja Bhumibol Adulyadej dalam rangka memperingati 42 tahun berkuasanya sang raja (pada tahun 1988).

Mengingat kuil ini dipersembahkan untuk raja, kuil ini dibuat dengan desain yang megah dengan mengangkat gaya arsitektur khas Thailand, dan kalian harus melalui 299 anak tangga terlebih dulu sebelum bisa mencapai kuil yang terletak di atas bukit ini.

  • Wat Chaimongkol, kuil megah dengan gaya arsitektur yang eksotis.

Wat Chaimongkol, via kanewalls
Wat Chaimongkol, via kanewalls

Terletak di South Pattaya Road, kuil yang satu ini memiliki gaya arsitektur yang berbeda karena dirancang menyerupai arsitektur kuil istana, dengan suasana kompleks kuil yang tenang.

Jika kalian ingin melarikan diri dari riuh ramainya suasana di Pattaya tanpa harus terlalu jauh dari kota, Wat Chaimongkol ini cocok untuk kalian. Psst, saat berada di kuil ini, jangan lupa untuk melihat patung Buddha berusia 350 tahun yang ditemukan di reruntuhan Ayudhya.

 

6. Walau bukan kuil, Sanctuary of Truth ini juga layak kalian sambangi karena tempat ini mewakili semua unsur filosofi dalam budaya Thailand kuno.

Sanctuary of Truth, via bestprice
Sanctuary of Truth, via bestprice

Saat melihat bangunan Sanctuary of Truth, kalian mungkin akan bingung. Apakah tempat ini sebuah kuil, istana, atau apa? Sebetulnya agak sulit menentukan apa fungsi dari tempat ini, namun yang pasti, tempat ini dibangun dengan tujuan untuk menjaga dan mengabadikan semua nilai kepercayaan dan juga filosofi asli Thailand.

Di seluruh bangunan ini kalian dapat melihat bermacam ukiran yang menggambarkan kepercayaan dan juga filosofi kuno di Thailand, yang tetap menarik untuk dinikmati sekalipun filosofi bukan bidang kalian.

Dan, di tempat ini kalian juga dapat menikmati berbagai pertunjukan budaya Thailand, serta melakukan aktifitas outdoor seperti naik kuda maupun naik gajah.

 

7. Bagi para penantang adrenalin, uji nyali kalian dengan mencoba berbagai petualangan di Flight of the Gibbon.

Flight to the Gibbon, via bangkok
Flight to the Gibbon, via bangkok

Oke, Flight of the Gibbon memang nggak tepat berada di Pattaya, karena tempat ini terletak di antara Pattaya dan Bangkok. Tapi jika kalian mengaku sebagai adrenalin junkie, Flight of the Gibbon ini wajib kalian jajal karena sangat mudah ditempuh dari Pattaya maupun Bangkok.

Lantas, apakah Flight to the Gibbon itu? Singkatnya, tempat ini merupakan sebuah track seperti flying fox dengan total track sepanjang 3 kilometer yang dibangun di antara hutan di Chompoo National Park.

Kalian dapat merasakan sensasi meluncur dari ketinggian, melewati rimbunnya pepohonan sambil melihat aneka fauna yang mungkin bersembunyi di antara pepohonan, dan pastinya, aktifitas tersebut akan memacu adrenalin kalian!

Flight to the Gibbon ini di klaim memiliki record keselamatan 100%, jadi nggak perlu khawatir dengan masalah keselamatan dan keamanan track ini ya!

 

8. Namun jika kalian lebih suka wisata indoor, inilah beberapa tempat di Pattaya yang bisa kalian jajal.

Selalu ada wisata yang cocok untuk semua orang di Pattaya, termasuk jika kalian lebih menyukai wisata indoor.

  • Ripley’s Believe It Or Not, museum yang akan membuat kalian tercengang hingga akhir.

Ripley’s Believe It or Not Pattaya, via raiyai
Ripley’s Believe It or Not Pattaya, via raiyai

Museum yang terletak di lantai 3 Royal Garden Plaza, pantai Pattaya ini menjadi tempat yang akan menguji keyakinan dan persepsi kalian terhadap dunia. Terdapat lebih dari 300 benda pamer yang ditampilkan dalam 10 galeri tematik yang akan membawa kalian untuk menyusuri dunia yang aneh, mengejutkan, namun juga indah dalam satu waktu.

Yang pasti, mengunjungi museum ini jelas akan memberikan banyak oleh-oleh cerita untuk dibagikan pada teman maupun saudara setelah kalian tiba kembali di rumah.

  • Art in Paradise, galeri yang akan menipu mata kalian.

Art in Paradise Pattaya, via eyecandybycho
Art in Paradise Pattaya, via eyecandybycho

Bosan dengan museum dan galeri yang itu-itu saja? Maka kalian wajib mampir ke Art in Paradise. Galeri yang satu ini memiliki 10 area tematik yang dipenuhi dengan bermacam benda seni, tepatnya lukisan 3 dimensi, yang akan memberikan efek ilusi optik saat dijepret oleh lensa kamera.

Yaps, kalian diijinkan untuk berpose dan mengambil foto di berbagai karya seni yang ada di galeri ini. Jadi, bebaskan imajinasi kalian dan bersenang-senanglah di galeri unik ini.

  • Teddy Bear Museum Pattaya, museum untuk pecinta beruang Teddy.

Teddy Bear Museum Pattaya, via Teddy Bear Museum Pattaya/google plus
Teddy Bear Museum Pattaya, via Teddy Bear Museum Pattaya/google plus

Siapa sih yang nggak suka Teddy Bear? Minimal, siapa sih yang nggak kenal dengan Teddy Bear? Beruang yang satu itu bisa jadi merupakan beruang paling populer di seluruh dunia, khususnya untuk anak-anak dan wanita.

Jika kalian termasuk pengagum Teddy Bear, di Pattaya ada lho museum khusus untuk beruang imut tersebut, yaitu Teddy Bear Museum Pattaya. Di museum yang juga kerap disebut Teddy Island ini kalian dapat melihat beruang Teddy tengah berpetualang dalam berbagai zona tematik, mulai dari bertualang di dunia dinosaurus hingga ke dunia para peri.

 

9. Untuk pengalaman wisata bernuansa lokal, mampirlah ke Pattaya Floating Market dan rasakan serunya belanja di pasar terapung.

Pattaya Floating Market, via zoomtoasia
Pattaya Floating Market, via zoomtoasia

Kalian hobi belanja? Ingin menjajal sebuah pengalaman belanja yang beda dari biasanya? Mampirlah ke Pattaya Floating Market. Sesuai dengan namanya, pasar ini merupakan sebuah pasar terapung. Para pedagang akan menjajakan berbagai dagangan, mulai dari makanan, minuman, buah-buahan, hingga aneka souvenir otentik khas Thailand di atas perahu.

Untuk semakin memaksimalkan petualangan kalian, direkomendasikan untuk menyewa perahu dayung dan rasakan serunya menelusup disela-sela perahu para pedagang sambil melakukan aktifitas tawar menawar.

 

10. Untuk menutup hari, saatnya tenggelam dalam kehidupan malam di Pattaya.

Pattaya boleh saja dikenal sebagai resort pantai paling terkenal di Thailand. Namun, jika harus jujur, salah satu daya tarik utama dari Pattaya bukanlah keberadaan pantainya; melainkan karena meriahnya gemerlap kehidupan malam di Pattaya.

Di siang hari, banyak destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di Pattaya. Namun begitu cahaya mentari mulai temaram, Pattaya justru semakin bercahaya karena banyaknya lampu yang menerangi geliat kehidupan malam disana. Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa kalian lakukan di Pattaya saat malam hari.

  • Sebagai pengenalan terhadap dunia malam di Pattaya, mulailah dengan menyusuri Pattaya Walking Street.

Pattaya Walking Street, via ohthailand
Pattaya Walking Street, via ohthailand

Nggak ada cara lain yang paling oke untuk melihat langsung kemeriahan malam di Pattaya selain berjalan menyusuri Pattaya Walking Street.

Jalan ini sejatinya merupakan jalan biasa yang membentang di antara Soi 13 hingga Soi 16. Namun, setelah pukul 18.00 waktu setempat, jalan ini akan ditutup untuk kendaraan dan hanya pejalan kaki saja yang dapat melenggang santai di jalan ini.

Pada saat itu, berbagai nightclub, bar, restoran, dan banyak fasilitas lainnya akan mulai menyalakan lampu dan menghidupkan malam di Walking Street. Suasana akan semakin meriah karena banyaknya para street performer yang unjuk gigi, pedagang makanan, dan para pecinta kehidupan malam yang akan memeriahkan suasana di Walking Street.

  • Kalian belum sah menjelajah dunia malam di Pattaya jika belum melihat

    Pertunjukan kabaret di Pattaya, via travel-enjoy
    Pertunjukan kabaret di Pattaya, via travel-enjoy

Pertunjukan kabaret bukanlah pertunjukan langka di Thailand. Namun di Pattaya, kalian dapat melihat pertunjukan kabaret yang sangat khas karena, walau para penampilnya terlihat begitu gemulai menggoda, namun mereka adalah para ladyboy!

Di Pattaya ada ratusan penampil berbakat, seluruhnya adalah para ladyboy, dan mereka tersebar di beberapa theater. Untuk melengkapi wisata kalian di Pattaya, nggak ada salahnya menyisihkan beberapa ratus baht untuk tenggelam dalam pertunjukan kabaret para ladyboy Pattaya.

 

baca juga :

Mengenal Khao San Road, Surganya Backpackers di Bangkok

Hal-hal Gratis yang Akan Membuat Kalian Makin Jatuh Cinta dengan Phuket

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Comments

comments