Beberapa hari lalu, saya mendapat inbox dari mas Hakim yang menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan Suica dan Passmo. Inbox tersebut menginspirasi saya untuk mengulas berbagai kartu IC yang berlaku di Jepang, karena di Jepang memang ada banyak sekali jenis kartu IC yang mungkin akan membingungkan wisatawan, khususnya first time traveller. Mudah-mudahan panduan singkat ini dapat memudahkan teman-teman yang berencana untuk membeli dan menggunakan kartu IC selama berada di Jepang.

Apa itu kartu IC?

Dalam tulisan ini, kartu IC merupakan sebutan untuk kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk berbagai moda transportasi di Jepang. Kartu-kartu tersebut dapat diisi ulang dengan nominal tertentu, dan berlaku juga sebagai alat pembayaran di berbagai tempat yang berafiliasi dengan kartu tersebut; sehingga, dengan kata lain, kartu IC juga dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai. Kartu tersebut dapat langsung dibeli di berbagai stasiun di Jepang begitu wisatawan tiba di negara tersebut.

Kartu IC di Jepang. Foto: via banzaraido.it
Kartu IC di Jepang. Foto: via banzaraido.it

Keuntungan dan kekurangan menggunakan kartu IC dibanding uang tunai

Alasan utama yang membuat wisatawan perlu mempertimbangkan untuk membeli kartu IC adalah untuk alasan kepraktisan. Lebih mudah membayar menggunakan kartu IC karena kalian cukup men-scan kartu tersebut di card reader dan deposit kartu akan berkurang sesuai nominal yang dibelanjakan.

Jauh lebih praktis dibanding membawa uang tunai, terutama karena mayoritas moda transportasi di Jepang lebih familiar dengan uang receh dibanding uang kertas (yang mungkin akan membingungkan wisatawan, khususnya bagi yang belum terbiasa dengan yen).

Dalam beberapa kasus, menggunakan kartu IC untuk moda transportasi bisa sedikit lebih murah karena kartu tersebut tidak mengenal sistem pembulatan (selisihnya bisa 5-9 yen), karena harga tiket akan dibulatkan ke 10 yen terdekat untuk tiket yang dibeli dengan uang tunai.

Kekurangannya mungkin terletak selisih nominal yang kita beli untuk kartu itu dengan nominal yang bisa kita gunakan. Itu karena rata-rata kartu meminta deposit minimal 500 yen. Jadi jika kalian pertama membeli kartu IC seharga 2000 yen (contoh), maka kalian hanya bisa menggunakan 1500 yen saja (karena sudah dipotong biaya deposit 500 yen).

Deposit tersebut memang bisa dikembalikan saat kalian mengembalikan kartu, namun tetap dengan potongan tertentu (biasanya sekitar 200 yen). Dengan kata lain, begitu kalian memutuskan untuk membeli kartu IC, berarti kalian harus bersiap kehilangan 200-500 yen.

Ragam jenis kartu IC yang terdapat di Jepang

Mereka yang pernah berwisata ke Tokyo mungkin sudah familiar dengan kartu IC seperti Suica dan Pasmo. Namun pada kenyataannya, seperti yang bisa dilihat dari foto sebelumnya, ragam jenis kartu IC di Jepang cukup banyak. Secara garis besar, kartu-kartu tersebut bisa dibagi dalam 2 jenis: yang dikeluarkan oleh Japan Rail (JR) dan yang dikeluarkan oleh non-JR.

Kartu-kartu tersebut awalnya hanya berlaku secara regional, atau di wilayah tertentu saja. Biasanya, kartu yang dikeluarkan oleh JR tidak bisa digunakan di jalur non-JR dan sebaiknya. Namun sejak tahun 2013, kartu-kartu ini sudah banyak yang saling terintegrasi sehingga diterima secara luas di Jepang, tepatnya di tempat-tempat yang memasang logo berikut ini.

Foto: via response.jp
Foto: via response.jp

Berikut informasi kartu-kartu IC populer di Jepang yang sudah saling terintegrasi, dan daerah regional asal kartu tersebut.

Nama-nama kartu dan daerah asalnya. Foto: via insidejapantours.vom
Nama-nama kartu dan daerah asalnya. Foto: via insidejapantours.vom
  • Suica, singkatan dari Super Urban Intelligent Card, merupakan kartu IC yang dikeluarkan oleh JR East. Semula berlaku di wilayah Greater Tokyo saja (seluruh region Kanto), namun kabar terakhir kartu Suica ini sudah bisa digunakan di region lain seperti Kansai. Suica ini punya banyak variasi, mulai dari kartu IC biasa, terintegrasi dengan Monorail dan NEX (Narita Express), serta mobile Suica (terintegrasi dengan mobile phone). Namun mobile Suica ini hanya bisa digunakan oleh penduduk lokal dan tidak bisa digunakan oleh wisatawan asing.
Suica. Foto: via blogocio.net
Suica. Foto: via blogocio.net
  • Pasmo, dikeluarkan oleh perusahaan non JR di Tokyo. Semula kartu ini ditujukan khusus untuk transportasi non-JR yang ada di seluruh Tokyo (termasuk kereta, subway, dan bus). Namun sejak adanya kolaborasi dengan JR East, kartu ini bisa digunakan di seluruh tempat yang menerima Suica. Pada tahun 2014, kartu Pasmo pun sudah dapat digunakan untuk membeli video game secara digital di Wii U Nintendo eShop.
Pasmo. Foto: via pasmo.co.jp
Pasmo. Foto: via pasmo.co.jp
  • Kitaca, dikeluarkan oleh JR Hokkaido, semula hanya berlaku di wilayah Hokkaido saja. Namun sejak adanya kolaborasi antar berbagai kartu IC, Kitaca ini sudah dapat digunakan di seluruh Jepang, tepatnya di tempat-tempat yang memasang logo IC. Kartu ini terdiri dari 3 tipe: unregistered (bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk wisatawan), registered (untuk penduduk lokal, dan bisa di re-issue jika hilang), dan commuter pass.
Kitaca. Foto: via mishirotarotto.cocolog-nifty.com
Kitaca. Foto: via mishirotarotto.cocolog-nifty.com
  • Toica, singkatan dari Tokai IC Card, dikeluarkan oleh JR Central. Semula hanya berlaku di wilayah Chukyo Area saka (Greater Nagoya). Namun sejak terintegrasi dengan Suica dan Icoca pada bulan Maret 2008, dan dengan Sugoca di tahun 2011, saat ini Toica bisa digunakan secara luas; walau pada kenyataanya Toica masih belum berintegrasi dengan beberapa kartu IC lainnya seperti Pasmo, Sugoca, dan Kitaca.
Toica. Foto: en.bloguru.com
Toica. Foto: en.bloguru.com
  • Manaca, berasal dari daerah yang sama dengan Toica, bedanya kartu ini dikeluarkan oleh perusahaan non-JR. Salah satu keunggulan dari Manaca ini adalah karena dia menawarkan diskon sebesar 80 yen* (untuk dewasa) dan 40 yen* (untuk anak-anak) yang melakukan transfer dari satu transportasi publik ke transportasi publik lainnya dalam jangka waktu 90 menit.
Manaca. Foto: via blog.goo.ne.jp
Manaca. Foto: via blog.goo.ne.jp

 

Saya akan melanjutkan sedikit tentang kartu-kartu tersebut dalam bagian selanjutnya, lengkap dengan cara penggunaan, cara pembelian, dan beberapa FAQ.

***

Ragam Kartu Ic Di Jepang (2-End): Apa, Kenapa, Dan Bagaimana

***

Comments

comments