Disini saya akan membahas lebih lanjut tentang Odakyu Romancecar, alias Romancecar.

Berhubung kereta yang satu tersebut populer sebagai salah satu atraksi wisata di Jepang yang menghubungkan Tokyo dengan berbagai tempat wisata populer lainnya, jadi voilaaa! inilah tulisan khusus seputar Odakyu Romancecar.

Apa itu Odakyu Romancecar?

Pada tulisan Aneka Moda Transportasi Unik di Hakone (1) saya sudah menjelaskan, dan sebetulnya sudah menyinggung cukup jauh tentang Odakyu Romancecar. Namun seandainya teman-teman terlalu sibuk untuk mengunjungi link tersebut, berikut gambaran singkat mengenai Odakyu Romancecar.

Romancecar seri 50000 [foto: L,t,d,express/wikimedia]
Romancecar seri 50000 [foto: L,t,d,express/wikimedia]

Odakyu Romancecar (selanjutnya saya sebut dengan Romancecar saja) merupakan sebuah kereta limited express khusus wisata yang dikelola oleh Odakyu. Kereta ini memiliki rute yang menghubungkan Tokyo (berangkat dari Stasiun Shinjuku) dengan berbagai tempat wisata populer, khususnya yang berada di sebelah barat Jepang seperti Hakone (baca disini: Another Trip from Tokyo (1): Hakone), Odawara, dan Enoshima (baca disini: Side Trip from Tokyo (4): Enoshima Island).

Nama romancecar ini asalnya dari romance seats, yang mengacu pada tempat duduk kereta yang tidak dibatasi oleh pegangan tangan di bagian tengahnya (untuk bangku 2 orang). Sebetulnya romancecar ini tidak hanya dikelola oleh Odakyu saja, karena ada beberapa perusahaan lain yang juga menggunakan nama “romancecar” atau “romance seat” atau “Love seat” dan sejenisnya, yang mengacu pada jenis kereta ekspress wisata. Namun Romancecar Odakyu yang paling populer, sehingga jika menyebut nama “romancecar” biasanya yang terbayang adalah Odakyu Romancecar.

Apa bedanya Romancecar dengan kereta biasa?

Jika dilihat dari segi harga, Romancecar memiliki harga tiket yang lebih mahal dibanding kereta biasa. Namun apa kelebihannya dibanding kereta biasa?

Romancecar seri 7000 sedang melintas di tepi laut [foto: Shellparakeet/wikimedia]
Romancecar seri 7000 sedang melintas di tepi laut [foto: Shellparakeet/wikimedia]
Pada tulisan Aneka Moda Transportasi Unik di Hakone (1), ada beberapa perbedaan antara romancecar dengan kereta biasa yang sudah saya sebutkan. Pertama dari segi jalurnya, romancecar ini melewati tempat-tempat dengan pemandangan yang indah dan bervariasi. Kedua, di romancecar ini terdapat observation deck di bagian depan dan belakang kereta, khusus untuk tipe 50000 dan 7000.

Memang sih perlu reservasi ekstra untuk dapat menggunakan observation deck ini, tapi worth to try kok. Nah yang belum saya sebutkan adalah gerbong di Romancecar ini jauh lebih nyaman dibanding kereta komuter biasa, dengan pramugari/pramugara yang siap melayani penumpang.

Oya, di Romancecar ini juga ada gerbong makan maupun layanan makan/minum (kecuali untuk tipe tertentu). Wisatawan dapat memesan aneka makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan indah yang dilalui oleh kereta ini, maupun sekedar bersantai di kafe Romancecar yang ada di Stasiun Shinjuku sebelum naik kereta.

Tambahan lainnya, karena Romancecar ini termasuk dalam kategori limited express, seluruh kursinya hanya terdiri dari reserved seat saja. Berbeda dengan kereta komuter biasa dimana orang bisa bebas duduk dimanapun yang dia mau.

Interior Romancecar seri 60000 [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
Interior Romancecar seri 60000 [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
Dengan segala ulasan di atas, rasanya wajar bukan jika Romancecar ini memiliki harga tiket yang lebih tinggi dibanding kereta komuter biasa?

Harga tiket

Sebelum mengetahui harga tiket Odakyu Romancecar, pahami dulu bahwa harga tiket Romancecar terdiri dari 2 komponen: Limited express surcharge + normal fare. Limited Express Surcharge ini nominalnya bervariasi antara 620 yen* hingga 1530 yen*, sementara normal fare nilainya berbeda untuk setiap jurusan.

Ya, Odakyu mengelola beberapa rute Romancecar dan harga normal fare yang berlaku untuk masing-masing jurusan tersebut berbeda-beda. Berikut ini beberapa harga tiket Romancecar untuk rute-rute besar.

  • Shinjuku – Hakone-Yumoto = 890 yen* (limited express surcharge) + 1190 yen* (normal fare) = 2080 yen*
  • Shinjuku – Odawara = 890 yen*(limited express surcharge) + 880 yen* (normal fare) = 1770 yen*
  • Shinjuku – Katase-Enoshima = 620 yen* (limited express surcharge) + 630 yen* (normal fare) = 1250 yen*
  • Shinjuku – Fujisawa = 620 yen* (limited express surcharge) + 590 yen* (normal fare) = 1210 yen*
  • Shinjuku – Gotemba = 1530 yen* (limited express surcharge) + 1280 yen* (normal fare) = 2810 yen*

Ada beberapa pengecualian untuk harga tiket tersebut:

  • Bagi pemegang Hakone Freepass (baca disini: Kenalan dengan Aneka Freepas di Hakone (1): Hakone Freepass), cukup membayar limited express surcharge saja (tidak perlu membayar normal fare).
  • Begitu juga dengan pemegang tiket Enoshima-Kamakura Freepass, cukup membayar limited express surcharge.
  • Sedangkan untuk rute Shinjuku – Gotemba, saat peak season harga tiket akan lebih mahal 200 yen* dan saat low season akan dikurangi 200 yen*.

Tata cara pembelian tiket

Ingat, seluruh kursi di Romancecar ini merupakan reserved seat, alias harus di booking terlebih dulu. Ada beberapa alternatif cara:

1. Melalui online. Tahapannya sebagai berikut:

  • Masuk dulu ke situs ini. Perlu diketahui, sistemnya hanya dibuka mulai pukul 04.00-02.00 keesokan harinya.
  • Kemudian carilah kereta Romancecar yang diinginkan, browsing ketersediaan kursi, dan lakukan pembayaran dengan kartu kredit. Pemesanan bisa dilakukan mulai dari jam 10.00 1 bulan sebelum hari keberangkatan hingga 45 menit sebelum waktu berangkat. Pembayaran bisa dilakukan mulai 1 bulan sebelumnya hingga sesaat sebelum berangkat.
  • Print bukti pembayaran.
  • Tiket yang telah dibayar tersebut baru limited express surcharge saja. Lengkapi dengan membeli tiket standar (normal fare) di tiket counter atau di vending machine yang terdapat di stasiun, dan bawalah printout tiket+tiket standar. Setelah itu kalian siap berangkat menggunakan romancecar.

2. Memesan langsung di Odakyu Sightseeing Service Center Shinjuku (hanya Limited Express Ticket). Mereka bisa di kontak melalui email welcome@odakyu-dentetsu.co.jp atau kunjungi website ini.

Contoh tiket Romancecar [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia] Tambahan informasi:
Contoh tiket Romancecar [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]Tambahan informasi:
Tambahan informasi:

  • Jika setelah melakukan reservasi (belum bayar) ternyata berubah pikiran dan ingin meng-cancel, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan. Sehingga disarankan untuk meng-cancel agar orang lain bisa mem-booking tempat tersebut.
  • Sedangkan jika membatalkan setelah melakukan pembayaran, maka akan dikenakan biaya handling 100 yen*/tempat duduk.

Saya akan melanjutkan sedikit tentang Romancecar ini dalam tulisan selanjutnya. Ditunggu yah!

***

Serunya Naik Odakyu Romancecar, Kereta Ekspress ‘romantis’ Di Jepang (Part 2 END)

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

***

Comments

comments