fbpx
Home Guides Serunya Naik Odakyu Romancecar, Kereta Ekspress ‘romantis’ Di Jepang (Part 2 END)

Serunya Naik Odakyu Romancecar, Kereta Ekspress ‘romantis’ Di Jepang (Part 2 END)

Masih tentang Odakyu Romancecar. Dari tulisan bagian pertama yang bisa dibaca disini: Serunya Naik Odakyu Romancecar, Kereta Express ‘Romantis’ di Jepang (1), saya sudah menjelaskan beberapa hal dasar tentang kereta wisata tersebut, yang sebetulnya merupakan lanjutan dari apa yang sudah saya tulis disini: Aneka Moda Transportasi Unik di Hakone (1).

Nah, pada bagian ini saya ingin menjelaskan tentang rute yang dilalui oleh Odakyu Romancecar ini dan pemandangan apa saja yang bisa dilihat di sepanjang perjalanan. Sebagai penutup, saya juga akan menjelaskan sedikit tentang pernak-pernik lain dalam kereta romantis tersebut.

Rute Odakyu Romancecar dan kelebihannya

Untuk lebih memahami tentang rute Odakyu Romancecar, silahkan lihat dulu peta di bawah ini:

Rute Odakyu Romancecar [foto: via odakyu.jp]
Rute Odakyu Romancecar [foto: via odakyu.jp]
Di Jepang, kereta api bergerak di jalur (rute) tertentu, begitu juga dengan Romancecar. Terdapat 3 rute utama Romance car, yaitu Odawara Line, Enoshima Line, dan Tama Line.

Odawara Line merupakan jalur yang menghubungkan Tokyo (Shinjuku) dengan Gotemba (lihat peta) dan Hakone (berhenti di Stasiun Hakone-Yumoto). Jalur ini juga merupakan jalur terbaik untuk mencapai Gunung Fuji karena ada kereta yang berhenti di Stasiun Gotemba (yang dekat dengan jalur hiking ke Gunung Fuji).

Saya nggak akan menjelaskan tentang apa yang menarik dari Hakone (karena bisa dibaca disini: Another Trip from Tokyo (1): Hakone) dan juga tentang Gunung Fuji (baca disini: Gunung Fuji dan Aneka Fakta Seru Tentangnya), yang pasti, dari jalur ini wisatawan bisa sekaligus menikmati keindahan Gunung Fuji dari kereta.

Untuk mengetahui kereta mana yang akan menuju ke Gotemba maupun Hakone, kenali dulu 10 jenis kereta yang bergerak di rute ini, yaitu:

  • Super Hakone, berangkat dari Stasiun Shinjuku langsung menuju ke Stasiun Odawara dan Stasiun Hakone Yumoto (stasiun utama di Hakone). Dari Stasiun Odawara juga mudah untuk menuju ke area Izu lho.
  • Hakone, berangkat dari Stasiun Shinjuku ke Odawara dan Hakone Yumoto dengan berhenti dulu beberapa kali di stasiun-stasiun yang dilewatinya.
  • Sagami, berangkat dari Stasiun Shinjuku menuju Stasiun Odawara dan berhenti di Stasiun Hon Atsugi.
  • Homeway, dari Stasiun Shinjuku ke Hakone-Yumoto, namun transit dulu di Stasiun Machida, Hon-Atsugi, Hadano, dan Odawara.
  • Asagiri, merupakan kereta yang berangkat dari Stasiun Shinjuku menuju Gotemba. Beberapa kali berhenti di stasiun Shin-Yurigaoka, Sagami-Ono, Hon-Atsugi, Hadano, Shit-Matsuda, dan pemberhentian terakhirnya adalah Stasiun Gotemba.
  • Metro Hakone, berangkat dari Stasiun Kitasenju (tidak melewati Stasiun Shinjuku) dan berhenti di Stasiun Hakone-Yumoto. Berhenti di Stasiun Otemachi, Kasumigaseki, dan Omotesando, lalu Seijogakuen-mae, Odawara, dan Stasiun Hakone-Yumoto.
  • Metro Sagami (weekdays), berangkat dari Stasiun Kitasenju, berhenti di Otemachi, Kasumigaseki, Omotesando, Machida, dan Hon-Atsugi. Hanya beroperasi saat hari kerja.
  • Metro Sagami (weekend dan hari libur nasional), rutenya sama dengan Metro Sagami dengan tambahan stasiun pemberhentian di Seijogakuen-mae dan Shin-Yurigaoka.
  • Meto Homeway (weekdays), berangkat dari Stasiun Otemachi, berhenti di Kasumigaseki, Omotesando, Shin-Yurigaoka, Machida, dan Hon-Atsugi; sementara
  • Metro Homeway (weekend dan hari libur nasional) memiliki rute yang sama dengan Metro Homeway, dengan tambahan stasiun pemberhentian di Seijugakuen-mae.

Untuk Enoshima Line, jalur ini menghubungkan Tokyo (Stasiun Shinjuku) ke Enoshima (Stasiun Katase Enoshima). Di sepanjang perjalanan wisatawan dapat menikmati pemandangan pegunungan dan laut, terutama saat mendekati Enoshima. Hanya ada 2 jenis kereta yang melaju di jalur ini, yaitu Enoshima dan Homeway.

Keduanya sama-sama berjalan dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Katase-Enoshima dan berhenti di Stasiun Shin-Yurigaoka, Sagamiono, Yamato, Fujisawa, dan baru berhenti di Katase-Enoshima.

Untuk jalur Tama Line juga hanya ada 2 jenis kereta, yaitu Homeway dan Metro Homeway. Kereta Homeway bergerak dari Shinjuku ke Karakida, sedangkan Metro Homeway bergerak dari Kitasenju ke Karakida (tidak berhenti di Stasiun Shinjuku) hanya pada hari kerja saja.

Trus, penting gitu mengetahui jenis-jenis kereta yang beroperasi di masing-masing jalur? Tentu saja penting, karena jenis kereta tersebut dicantumkan dalam timetable. Coba lihat contoh timetable berikut ini:

Contoh timetable romancecar [foto: via ptcdn.info]
Contoh timetable romancecar [foto: via ptcdn.info]

Timetable di atas merupakan contoh timetable untuk Odawara Line. Bisa dilihat di bagian train name, berderet nama-nama seperti Hakone, Sagami, dan S.Hakone (Super Hakone). Dengan mengetahui jenis kereta, teman-teman bisa mengetahui kereta mana yang lebih banyak berhenti dan mana yang paling sedikit berhenti sehingga lebih cepat sampai ke tujuan.

Tambahan lainnya, ada beberapa layanan yang hanya tersedia di jenis kereta tertentu dan tidak tersedia di jenis kereta lainnya. Misalnya saja, layanan makanan dan minuman tidak tersedia di kereta-kereta berikut ini: Asagiri, Sagami, Homeway, Enoshima (kecuali no 9 dan 10 di hari kerja dan no 15 dan 16 di akhir pekan dan libur nasional), dan beberapa kereta Hakone.

Trus, kalau logo di bagian bawah timetable itu apa?

Logo di bagian bawah menandakan jasa layanan yang ada di kereta tersebut. Ada kereta yang memiliki layanan wagon, vending machine, ada yang memiliki observation section maupun gerbong saloon; semua keterangan tersebut ditampilkan dalam bentuk legenda. Detailnya sebagai berikut:

Legenda pada timetable romancecar [foto: via odakyu.jp]
Legenda pada timetable romancecar [foto: via odakyu.jp]

Seat Service, menunjukkan di kereta tersebut ada layanan pramugara/I yang akan melayani penumpang di kursinya.

Wagon, merupakan layanan makanan melalui kereta yang didorong. Bentuknya seperti ini:

Wagon [foto: Richard, enjoy my life!/wikimedia]
Wagon [foto: Richard, enjoy my life!/wikimedia]

Jika tidak ada layanan wagon, penumpang dapat memesan makanan di gerbong makanan/counter di dalam kereta.

Counter makanan di tipe 50000 [foto: Tam0031/wikimedia]
Counter makanan di tipe 50000 [foto: Tam0031/wikimedia]
800px-VSE-BentoVending Machine, menunjukkan di kereta tersebut ada mesin penjual otomatis.

Sedangkan keterangan V, M, L, dan L menunjukkan model kereta. Kereta dengan layanan seat service hanya ada di tipe 50000, sedangkan kereta dengan observation section hanya ada di tie 50000 dan 7000.

***

Sepertinya tulisan tentang Odakyu Romancecar saya cukupkan dulu sampai sini. Semoga bermanfaat!

***

*Foto-foto (kecuali yang memiliki keterangan sumber) diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments