3 hari kemarin saya sudah mengupas tentang shopping guide di Seoul : Seoul Shopping Guide: Belanja Dimana?Seoul Shopping Guide: Tips & Trick, dan Korea Pass, Kartu Wajib bagi Shopaholic di Korea Selatan. Sebagai penutup dari seri belanja-belenji ini, saya ingin berbagi info aneka souvenir khas dari Seoul dan Korea Selatan pada umumnya. Yang punya teman yang akan wisata ke Korea Selatan, ayo siap-siap bikin daftar request oleh-oleh!

Kosmetik

Ehm, oke. Jujur ini sih daftar oleh-oleh versi saya, yang akan saya request kalau ada teman yang akan pergi ke Korea Selatan. Ya, bagi kaum hawa, khususnya yang doyan mempercantik diri (bukan berarti saya suka dandan yah!), pasti sudah pada tahu kalau kosmetik ala Korea Selatan memang terkenal wahid popularitas dan kualitasnya.

Seiring dengan semakin diterimanya budaya pop Korea di Indonesia, trend make up dan kosmetik khas negeri Ginseng itu pun semakin digemari. Buktinya, sekarang nggak sulit menemukan gerai kosmetik ala Korea di berbagai pusat perbelanjaan di kota besar. Belum lagi makin banyak online shop yang juga turut menangguk untung dengan menjual kosmetik ala Korea, yang sayangnya perlu dipertanyakan juga keasliannya.

Nah, jika memang ada rencana untuk wisata ke Korea Selatan, kenapa nggak sekalian menghadiahkan kosmetik made in Korea untuk orang-orang yang Anda sayangi? Bagi kaum adam yang masih bingung, berikut beberapa jenis kosmetik Korea yang termasuk populer di kalangan kaum hawa: BB Cream, masker, dan kutek dengan warna yang lucu-lucu.

Sedangkan salah satu tempat terbaik untuk berburu kosmetik khas Korea Selatan adalah di Myeongdong (kadang-kadang suka ada pemberian sample kosmetik secara cuma-cuma), maupun di berbagai pusat perbelanjaan bawah tanah.

BB Cream [fotoL SodanieChea/flickr]
BB Cream [fotoL SodanieChea/flickr]

Pernak-pernik Hallyu

Sudah tahu kan kalau badai Korean Wave memang sedang mengguncang dunia? Jadi kenapa nggak membelikan aneka pernak-pernik khas Hallyu bagi teman atau kerabat yang menggemari produk budaya pop Korea, seperti boysband, girlsband, drama Korea, dan lain-lain.

Contohnya: memberikan CD musik asli Korea (yang harganya bisa berkali-kali lipat jika membeli via online), aneka CD drama asli, poster, majalah, foto, kartu koleksi, lightstick, dan banyak lagi. Memang sih harganya agak mahal jika dibanding oleh-oleh lain seperti cemilan, tapi buat orang yang special, sesekali menyisihkan budget lebih boleh banget lah ya.

 

Contoh merchandise dari girlsband 2NE1 [foto: Bludgeoner86/flickr]
Contoh merchandise dari girlsband 2NE1 [foto: Bludgeoner86/flickr]
Tips: Berburu aneka barang K-Pop bisa dilakukan di berbagai tempat belanja populer seperti Myeongdong, Namdaemun, maupun Dongdaemun. Bisa juga dengan pergi langsung ke gerai resminya. Namun jika nggak sempat jalan-jalan, di Gangnam Tourist Information Center juga ada spot khusus yang menjual pernak-pernik khas Hallyu.

 

Fashion

  • Baju

Hampir mirip seperti Jepang, Korea Selatan juga dikenal memiliki ciri fashion yang unik, serta lucu dan imut. Saking banyaknya varian fashion, kadang-kadang sampai bingung memilih mana yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Standarnya sih, kaos bertuliskan ~I Love Korea~ sudah cukup merepresentasikan asal usul kaos tersebut yah. Namun jika ingin yang lebih spesial, alternatif oleh-oleh favorit adalah kaos/sweater couple (kaos/sweater kembar untuk pasangan) dan jaket/mantel lucu ala Korea.

Ilustrasi kaos couple ala Korea via afiesahaja-mohamadalsyafie.blogspot.com
Ilustrasi kaos couple ala Korea via afiesahaja-mohamadalsyafie.blogspot.com

Tips: Saya sudah menuliskan tips seputar belanja pakaian dan sepatu pada tulisan Seoul Shopping Guide: Tips & Trick, monggo diintip untuk tips lebih lengkapnya. Perhatikan juga seputar tips tempat terbaik untuk belanja. Jangan lupa jika satu barang yang sama harganya bisa berbeda jauh jika membeli di tempat yang berbeda.

  • Sepatu

Selain baju, sepatu termasuk item fashion favorit untuk dijadikan oleh-oleh. Alasannya sih karena sepatu ala Korea memang terkenal memiliki desain yang unik dan juga lucu. Jangan lupa pastikan ukuran sepatu Anda sebelum minta dioleh-olehi sepatu dari negeri Ginseng yah.

Pernak-pernik lucu

  • Kaos kaki

Ya, Anda nggak salah baca kok. Betul, kaos kaki termasuk salah satu oleh-oleh favorit dari Korea Selatan. Tentunya bukan kaos kaki 10 ribu dapat 3 pcs seperti yang bisa ditemukan di pinggir jalan, tapi aneka kaos kaki lucu dengan motif yang unik-unik. Contohnya saja, ada kaos kaki dengan motif Gangnam Style.

Atau kaos kaki pendek yang memiliki motif berlawanan arah, sehingga saat sepasang kaki didekatkan, akan membentuk sebuah gambar tersendiri. Dan banyak deh contoh kaos kaki lucu lainnya.

Bagi yang betul-betul bingung akan membeli oleh-oleh tertentu, kaos kaki ini jadi opsi menarik karena 2 faktor ini: (1) Ukurannya rata-rata all size, jadi cocok untuk ukuran kaki rata-rata. Dan yang ke (2), harganya relatif terjangkau lho. Umumnya sepasang kaos kaki harganya mulai KRW1000* saja, atau kira-kira Rp.11000 (untuk rate 1 won = 11 rupiah).

Kaos kaki lucu ala Korea [foto: Seafaringwoman/flickr]
Kaos kaki lucu ala Korea [foto: Seafaringwoman/flickr]
  • Casing handphone lucu

Casing handphone termasuk salah satu oleh-oleh favorit dari Korea Selatan, lho. Di negeri ini banyak sekali dijual aksesoris untuk handphone, khususnya casing handphone, yang desainnya lucu, imut, dan pastinya unik.

Contoh casing handphone lucu ala Korea via aliexpress.com
Contoh casing handphone lucu ala Korea via aliexpress.com
  • Aksesoris

Coba lihat penampilan para bintang Korea, khususnya para aktrisnya. Tak jarang mereka mengenakan aksesoris yang lucu dan unik, mulai dari aksesoris rambut, hingga aksesoris lain seperti kalung dan gelang. Memang sih saat ini aksesoris ala Korea sudah banyak ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan.

Tapi pasti rasanya beda jika Anda menghadiahkan aksesoris asli dari negeri Ginseng tersebut untuk orang-orang terkasih. Bagi yang masih belum punya ide, tips dari saya, coba lihat drama Korea apa yang sedang naik daun. Biasanya ada aksesoris dari drama tersebut yang akhirnya jadi trend di kalangan pecinta Hallyu.

***

Saya masih akan lanjut sedikit lagi tentang oleh-oleh khas Korea di tulisan selanjutnya yah.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
** Seluruh foto diambil melalui creative commons, kecuali foto yang memiliki sumber tersendiri. Klik SUMBER untuk melihat asal foto. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

Souvenir Khas Korea Selatan (Part 2 END)

Comments

comments