Oke, lanjut lagi membahas aneka Souvenis Khas Korea Selatan. Untuk bagian 1-nya, tinggal klik hyperlink-nya saja yah.

Souvenir Khas Korea Selatan (Part 1)

Tradisional

Korea Selatan merupakan sebuah negara yang memiliki budaya tradisional yang khas. Jadi mengapa nggak memberikan benda-benda bernuansa tradisional sebagai oleh-oleh? Tentu saja harganya bisa jauh lebih mahal dibanding sekedar membeli aksesoris maupun CD musik K-Pop, tapi untuk orang yang istimewa, nggak ada salahnya mempertimbangkan membeli benda-benda berikut ini:

  • Baju tradisional/hanbok

Baju tradisional khas Korea dikenal dengan nama hanbok. Memang sih saya beberapa kali menemukan toko online yang menjual hanbok di Indonesia (biasanya made in lokal yang meniru model hanbok). Tapi hanbok yang asli jelas beda dengan hanbok KW, mulai dari kualitas bahan, ornamen, detail, dan banyak lagi.

Hanbok asli jelas harganya mahal, bisa di kisaran KRW130000*-150000* untuk harga awalnya (kira-kira setara dengan Rp.1430000-1650000 untuk 1 won = 11 rupiah), bahkan ada yang mencapai KRW300000* lebih lho. Mahal? Memang. Tapi jika punya anggaran untuk itu, silahkan coba membeli hanbok. Dongdaemun dan Gwangjan Market bisa menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berburu hanbok.

Hanbok untuk pria dan wanita [foto: Korea.net/wikimedia]
Hanbok untuk pria dan wanita [foto: Korea.net/wikimedia]

Tips: 

jika ada anggaran dan waktu yang lebih, bisa mempertimbangkan untuk memesan custom made hanbok di penjahit khusus hanbok. Biasanya perlu waktu 1-3 minggu untuk menyelesaikan pembuatan hanbok.

Tips lainnya, jika hanbok tradisional dirasa terlalu mahal, pertimbangkan untuk membeli gaeryang hanbok, yaitu hanbok dengan desain modern yang nyaman digunakan sehari-hari dan tidak sulit dalam perawatannya. Harganya bisa mulai dari KRW70000*. Masih kemahalan? Beli saja oleh-oleh yang berkaitan dengan hanbok, seperti gantungan kunci, boneka miniatur, lukisan, dan lain-lain.

  • Kipas tradisional

Kipas memang mudah ditemukan di Indonesia, tapi kipas ala Korea (disebut buchae) tetap saja menarik untuk dijadikan oleh-oleh karena bentuk dan motifnya yang beragam. Ada 2 jenis buchae yang jadi favorit wisatawan asing, yaitu kipas bulat dan kipas lipat. Buchae ini mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh, seperti yang terdapat di Insadong.

Buchae tipe kipas bulat [foto: Google]
Buchae tipe kipas bulat [foto: Google]
  • Alat makan

Yang pernah membaca tulisan saya tentang aneka kuliner di Korea Selatan (bisa baca disini: Spring in Korea dan Catatan Kuliner yang Tercecer, Summer in Korea: Kulineran Yuk!, Autumn in Korea: Makan Apa?, Winter in Korea: Kulineran yuk!, Wajib Coba: Aneka Street Food di Korea Selatan, dan Kulineran di Seoul) pasti bisa melihat, dari foto-fotonya saja peralatan masak dan peralatan di Korea Selatan bentuknya sangat bervariasi dan tak melulu tentang sumpit.

Ada kuali kecil untuk memasak, mangkok batu, dan banyak lagi. Pasti seru tuh jika dijadikan oleh-oleh untuk bunda tercinta, karena biasanya para ibu doyan banget mengumpulkan aneka peralatan masak maupun alat makan yang bentuknya unik-unik.

Contoh aneka piring dalam kuliner Korea [foto: Jinho Jung/wikimedia]
Contoh aneka piring dalam kuliner Korea [foto: Jinho Jung/wikimedia]
Tips: kalau takut overload jika membeli kuali batu (karena pastinya cukup berat sih hehe), set peralatan makan dari metal cukup menarik untuk dijadikan oleh-oleh ala Korea Selatan.

  • Stempel

Sama seperti Jepang, penduduk Korea Selatan kerap menggunakan stempel nama (disebut dojang) sebagai pengganti tanda tangan. Dojang ini mudah ditemukan di berbagai toko stempel dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh karena desainnya yang beragam. Agar lebih personal, jangan lupa minta tuliskan nama kita/nama orang yang akan dioleh-olehi dalam huruf hangul untuk dijadikan dojang.

Dojang [foto: Dalcrose/flickr]
Dojang [foto: Dalcrose/flickr]
Bantal khas Korea

Korea Selatan memiliki bantal tradisional yang berisi biji gandum. Ini menarik juga untuk dijadikan oleh-oleh selain karena keunikannya, juga karena tidak memakan banyak tempat. Point menarik lainnya, kabarnya bantal gandum bagus untuk kesehatan karena menopang bentuk kepala dengan sempurna.

Bantal dan selimut tradisional Korea via Fres.heraldm.com
Bantal dan selimut tradisional Korea via Fres.heraldm.com
  • Kerajinan tradisional dan pernak-pernik lainnya

Sebetulnya, menyebut nama kerajinan tradisional itu range-nya bisa luas sekali, mulai dari lukisan tradisional, kaligrafi, patung, dan banyak lagi. Aksesoris khas Korea Selatan, seperti tas tangan, aneka produk sulaman, maupun hiasan rambut bernuansa tradisional, bisa juga masuk dalam kategori ini. Jadi silahkan dipilih-pilih mana yang paling sesuai dengan budget Anda.

Makanan

  • Snack khas Korea

Korea Selatan memiliki banyak sekali snack khas yang memiliki desain kemasan unik dan menarik. Bahkan snack yang bisa ditemukan di Indonesia, seperti Oreo dan Pokki, versi Korea-nya cukup menarik dijadikan oleh-oleh lho. Hanya saja perlu ekstra waspada, karena tidak semua cemilan mengandung bahan yang betul-betul halal.

Sedangkan bagi yang mencari snack yang Korea banget, cobalah melirik Tteokbokki Snacks, sebuah kudapan ringan yang memiliki rasa sama dengan kuliner Tteobokki (pernah saya singgung sebagai salah satu kuliner pinggir jalan yang wajib dicoba di Seoul). Snack ini mudah ditemukan di berbagai supermaket di Korea Selatan.

Oreo ala Korea [foto: Eliazar/flickr]
Oreo ala Korea [foto: Eliazar/flickr]
  • Kimchi

Sudah tahu kan kalau kimchi merupakan makanan nasional bagi warga Korea? Bagi yang ingin memberikan kimchi sebagai oleh-oleh, saat ini sudah banyak kok kimchi yang dijual dalam bentuk kemasan sehingga mudah dibawa. Hanya saja jangan lupa pastikan kemasannya tidak bocor yah, supaya airnya tidak mengotori barang bawaan lainnya.

Kimchi dalam kemasan via lovethatkimchi.com
Kimchi dalam kemasan via lovethatkimchi.com
  • Yang bertema Ginseng

Korea Selatan dikenal sebagai negara Ginseng, jadi kenapa nggak memberikan oleh-oleh bertema ginseng? Daripada membeli ginseng asli, saya lebih menyarankan untuk membeli produk lain yang memiliki tema ginseng, seperti kosmetik, minuman, maupun makanan. Kenapa? Pertama, ginseng asli harganya bisa sangat mahal.

Dan yang kedua, nggak semua orang tahu cara terbaik untuk mengolah ginseng mentah. Daripada mubazir, mending beli produk jadinya saja. Betul nggak? Aneka produk ginseng ini bisa ditemukan di berbagai department store di Korea Selatan, dan harganya sangat bervariasi (bisa disesuaikan dengan budget).

Ginseng [foto: La_minai/flickr]
Ginseng [foto: La_minai/flickr]
  • Soju dan Makgeolli

Nah, oleh-oleh berikut cocok diberikan bagi yang bisa mengkonsumsi minuman beralkohol. Soju dan Makgeolli merupakan minuman khas Korea yang terbuat dari fermentasi beras, dan sering juga disebut sebagai sake Korea. Saat ini kemasan Soju dan Makgeolli sangat beragam dan unik, dan mudah ditemukan di berbagai toko swalayan sekalipun.

Soju [foto: Grahamhills/flickr]
Soju [foto: Grahamhills/flickr]

Lainnya

Berikut ini beberapa usulan oleh-oleh bagi yang masih mentok mencari barang yang tepat: kartu pos bergambar Korea Selatan (logo, pemandangan, dan sebagainya), aneka stationery lucu, teh ala Korea, dan bahkan buku bertuliskan huruf Hangul juga bisa jadi oleh-oleh yang menarik khususnya bagi yang sedang belajar bahasa Korea.

Saya sendiri sih nggak akan menolak kalau ada yang mau memberi versi asli manhwa Daddy Long Legs (karya Do Chan) maupun 100% Perfect Girl, walau saya sama sekali nggak bisa baca huruf Hangul.

***

Sekian aneka info souvenis khas Korea Selatan. Untuk souvenir khas dari Tokyo, bisa baca disini yah: Apa Sih Oleh-oleh khas Tokyo? Semoga informasinya bermanfaat.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
** Foto-foto diambil dari creative commons, kecuali yang ada keterangan sumbernya. Klik SUMBER untuk melihat source foto.

Comments

comments