fbpx
Home Guides Summer In Korea: Kalender Festival Agustus

Summer In Korea: Kalender Festival Agustus

Akhirnya, sampai juga di bulan terakhir untuk musim panas, walau pada kenyataannya suasana musim panas akan terasa hingga pertengahan September. Seperti biasa, untuk melihat-lihat kalender festival di bulan-bulan sebelumnya, yaitu bulan Juni dan bulan Juli, bisa langsung klik link yah. Monggo dilihat-lihat aneka festival yang ada di bulan Agustus ini.

Note:

Disclaimer untuk edisi ini masih tetap sama, yaitu jadwal acara sangat tentatif. Jadi please double check jika ingin memasukkan festival ini ke dalam itinerary wisata Korea Selatan.

1 – 3 Agustus 2014
  • Incheon Pentaport Rock Festival

Lokasi: Geunrin Park, Songdo no 23, Incheon
Alamat: 26-1, Songdo-dong, Yeonsu-gu, Incheon
Akses: dari Exit 3 di Stasiun Campus Town (via Incheon Subway Line 1), pergilah ke halte bus di dekat elevator subway dan naik bus 92 hingga ke Canal Walk bus stop. Dari sana, jalan lurus melewati perempatan dan menyeberangi jalan, lanjutkan dengan berjalan kaki 600 meter ke lokasi festival.
Harga tiket: KRW132000* (3-day ticket)

Dari namanya sudah bisa ditebak jika festival ini nggak ada hubungannya dengan musik jazz (ya iyalah, namanya saja festival rock!). Pentaport Rock Festival termasuk salah satu gelaran festival yang selalu ditunggu oleh para pecinta musik rock di Korea Selatan. Namun jangan membawa anak-anak nonton acara ini ya, karena usia pengunjung dibatasi mulai dari umur 8 tahun saja.

Incheon Pentaport Rock Festival via Luis Canau/ flickr
Incheon Pentaport Rock Festival via Luis Canau/ flickr
1 – 9 Agustus
  • Busan Sea Festival

Lokasi: Haeundae Beach dan 5 pantai lainnya yang ada di Busan (termasuk pantai Gwangalli, Songdo, dan Songjeong)
Alamat: Haeundae-gu, Busan-si
Akses: dari Exit 3 atau 5 di Stasiun Haeundae (via Busan Subway Line 2), jalan kaki 500 meter ke pantai Haeundae.

Korea Selatan cukup banyak memiliki festival bertema laut, tapi Busan Sea Festival inilah festival laut terbesar dan terpopuler di seantero negeri. Festival ini terdiri dari puluhan festival kecil dan besar yang diselenggarakan selama periode Busan Sea Festival, diantaranya adalah Busan International Rock Festival, Busan Beach Game Festival, Busan International Beach Festival, dan sebagainya. Itu belum termasuk dengan event menarik lainnya seperti aneka pertandingan olah raga air, dan kesempatan untuk mencoba berbagai aktifitas menantang seperti scuba diving dan kayaking secara cuma-cuma.

7 – 10 Agustus 2014
  • Busan International Magic Festival

Lokasi: pantai Haeundae, Busan Cinema Center
Alamat: 74, Motgolbeonyeong-ro 71beon-gi, Nam-gu, Busan
Akses:
-menuju pantai Haeundae: dari Exit 3 atau 5 di Stasiun Haeundae (via Busan Subway Line 2), jalan kaki 10 menit menuju pantai.
-menuju Busan Cinema Center: dari Exit 6 di Stasiun Centum City (via Busan Subway Line), jalan kaki lurus sejauh 270 meter dan belok kiri di Centum 5-ro Road. Lanjutkan berjalan 250 hingga sampai di Busan Cinema Center (di sebelah kanan).

Siapa yang nggak suka dengan pertunjukan sulap? Apalagi jika pertunjukan sulap tersebut disajikan dalam sebuah festival kelas dunia. Busan International Magic Festival ini disebut-sebut sebagai salah satu festival sulap terbesar di Asia yang melibatkan lebih dari 100 pesulap dari 14 negara. Jika tertarik datang ke acara ini sambil membawa anak-anak, pastikan si kecil berusia minimal 36 bulan ya.

13 – 17 Agustus 2014
  • Bucheon International Comics Festival

Lokasi: Korea Manhwa Museum in Korea Manhwa Contents Agency (KOMACON)
Alamat: 1, Gilju-ro, Wonmi-gu, Bucheon-si, Gyeonggi-do
Akses: dari Exit 1 di Stasiun Songnae (via Seoul Subway Line 1), naik bus 5-2 atau 37 dan turun di Bucheon Movie Cultural Complex Bus Stop.

Festival ini mengajak pengunjung untuk mengenal lebih dekat manhwa, istilah untuk komik Korea (bedakan dengan manga yang sebutan untuk komik Jepang). Terdapat berbagai program menarik yang diadakan dengan misi untuk memperkenalkan berbagai trend dalam manhwa, seperti pameran manhwa, seminar, hingga presentasi mengenai industri komik spin-off.

Selain itu ada juga berbagai event menarik lainnya seperti International Kids Cartoonist Competition, Contents Fair, Digital Fair; serta kesempatan untuk bertemu langsung dan berjabat tangan dengan manhwaka (pengarang manhwa) maupun kartunis dari negara lain, sehingga tak heran jika acara ini selalu diserbu oleh pecinta buku.

14 – 18 Agustus
  • The Great Battle of Hansan Festival

Lokasi: Tongyeong-si (Byeongseon Madang Square, Sebyeonggwan, the Great Battle of Hansan Memorial Park)
Alamat: 21, Seomun-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do
Akses: Naik express bus ke Tongyeong Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik City Bus 41 atau 42 ke lokasi festival.

Festival ini sejatinya bertujuan untuk mengenang pertempuran Hansan (tahun 1592) yang merupakan salah satu pertempuran laut paling terkenal di sejarah Korea Selatan. Di acara festival ini pengunjung diajak untuk mengenal detail sejarah pertempuran tersebut, dan tentu saja sekaligus melihat-lihat keindahan alam di Tongyeong.

14 – 19 Agustus
  • Jecheon International Music & Film Festival

Lokasi: Megabox Jecheon, Jecheon Media Center, Cheongpunghoban Lakeside Stage, Cultural Street, JIMFF Stage and Uirimji, Jecheon-si Il Won, dan lain-lain
Alamat: 85, Sungui-ro, Jecheon-si, Chungcheongbuk-do
Akses: dari Jecheon Intercity/Express Bus Terminal, jalan kaki 150 meter menyusuri jalan (dengan ancar-ancar Family Mart di sisi sebelah kiri), lalu belok kiri dan lanjutkan jalan 30 meter menuju halte bus di depan gedung Tongyang Securities Building. Dari sana, naik bus 31 atau taksi ke lokasi festival.

Festival ini termasuk salah satu festival pertama di Korea Selatan yang mengangkat tema film dan musik. Hanya saja saya belum tahu apakah festival ini terbuka untuk umum atau tidak.

***

Demikian aneka festival yang ada di Korea Selatan selama musim panas. Memang tidak semua saya tulis, karena yang saya utamakan adalah aneka festival yang kira-kira menarik minat wisatawan asing. Untuk tulisan selanjutnya, rencananya saya ingin berbagi tempat mana saja yang menarik untuk dikunjungi selama musim panas di Korea Selatan. Stay tune terus yah!

***

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

 

baca juga :

Summer In Korea, Main Ke Pantai Yuk!

Summer In Korea, Kulineran Yuk!

Autumn In Korea, Main Kemana Ya?

Comments

comments