fbpx
Home Guides Summer In Korea: Kalender Festival Juni

Summer In Korea: Kalender Festival Juni

Sudah tahu kan apa saja aneka informasi dasar tentang musim panas di Korea Selatan? Kalau belum, baca dulu disini. Saya ingin melanjutkan berbagi aneka festival yang biasa diselenggarakan saat musim panas di Korea Selatan.

Mengingat musim panas ini dimulai dari bulan Juni hingga Agustus (walau dalam realisasinya musim panas seringkali dianggap hingga pertengahan September), maka saya membatasi aneka festivalnya sebatas yang berlangsung antara Juni-Agustus.

Apa bedanya festival musim semi dengan festival musim panas? Festival musim semi identik dengan aktifitas menikmati keindahan alam yang baru menggeliat bangun pasca tertidur selama musim dingin. Jadi jangan heran jika di daftar festival musim semi, rata-rata tema festivalnya berkaitan dengan alam. Festival musim panas memiliki karakter yang lebih bersemangat, ceria, dan cenderung liar (dalam artian positif ya). Mau tahu apa saja aneka festival di bulan Juni? Monggo, di cekidot dulu.

Note:

Mengingat waktu pelaksanaan masing-masing festival sangat tentatif alias sangat mudah berubah, sangat disarankan untuk mengecek ulang jadwal festival pada tahun wisata yang diinginkan. Beberapa festival di bulan Juni merupakan festival musim semi yang -karena satu dan lain hal- pelaksanaannya digeser ke bulan ini. Yang saya cantumkan hanyalah festival khas musim panas populer di berbagai penjuru Korea.

1 – 3 Juni 2014

  • Ulsan Whale Festival

Lokasi: Area di Ulsan (Taehwagang River, Jangsaengpo Ocean Park)
Alamat: Sinjeong1-dong, Nam-gu, Ulsan-si
Akses: dari Stasiun Seoul, naik KTX ke Ulsan. Dari stasiun Ulsan, naik bus 317, 327, 337, atau 807 dan turun di Taehwa Rotary Bus Stop.

Ulsan Whale Festival merupakan salah satu festival penting di Ulsan. Itu karena Ulsan sudah menjadi salah satu tempat migrasi ikan paus sejak jaman pra-sejarah. Nah, festival ini bertujuan untuk memperkenalkan metode pemancingan paus secara tradisional yang telah dilakukan secara turun temurun di Ulsan melalui berbagai demonstrasi. Selain itu ada beberapa event tambahan lainnya seperti konter menyanyi dan lain-lain.

6 – 9 Juni 2014
  • Haeundae Sand Festival

Lokasi: Pantai Haeundae
Alamat: U1-dong, Haeundae-gu, Busan-si
Akses: Dari Stasiun Busan, naik bus no 1003 dan turun di pantai Haeundae. Bisa juga dengan naik Busan Subway Line 2 dan turun di Stasiun Haeundae (Exit 3 atau 5), dilanjutkan dengan jalan kaki 5-10 menit menuju pantai.

Salah satu pantai yang populer dikunjungi saat musim panas di Korea Selatan adalah pantai Haeundae yang terdapat di Busan. Pantai tersebut semakin ramai saat berlangsungnya Haeundae Sand Festival, yang mengajak pengunjungnya untuk mengeksplorasi pasir putih di pantai ini.

Terdapat serangkaian event menarik mulai dari pertandingan voli pantai, pameran pasir pantai dari berbagai penjuru dunia, mengubur diri dalam pasir, dan banyak lagi. Di malam hari akan banyak diadakan berbagai pertunjukan hiburan dan pesta kembang api.

Haeundae Sand Festival [foto: Tylerj_davis/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Tylerj_davis/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Tylerj_davis/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Tylerj_davis/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Push design/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Push design/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Push design/flickr]
Haeundae Sand Festival [foto: Push design/flickr]
7 – 15 Juni 2014
  • Muju Firefly Festival

Lokasi: Muju-gun area, meliputi Traditional Arts Theme Park, Jinam Park, Namdaecheon Water Park, Firefly Gymnasium, Wisteria Playground, dan Bandi Land
Alamat: Jeollabuk-do Muju-gun Seolcheon-myeon Cheongnyang-ri 1011
Akses: Dari Seoul Nambu Bus Terminal, naik intercity bus ke Muju Intercity Bus Terminal
Harga tiket:
-untuk melihat kunang-kunang: KRW5000* (dewasa), KRW3000* (remaja)
-untuk menangkap trout dengan tangan kosong: KRW10000* (dewasa), KRW5000* (remaja)

Ingin melihat kunang-kunang di alam bebas? Datang saja ke Muju Firefly Festival. Acara eksplorasi kunang-kunang dimulai sejak pukul 20.30. Namun jika ingin datang mulai dari siang hari, event ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti memancing ikan trout (dengan tangan kosong) dan rafting.

9 – 16 Juni
  • Gangneung Danoje Festival

Lokasi: Namdaecheon Stream, Danojang Area
Alamat: Gangneung-si, Gangwon-do
Akses: Daei Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Gangneung Bus Terminal. Dari sana, naik taksi ke area festival.

Festival ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” (tahun 2005) dan “Important Intangible Cultural Property no 13” di Korea tahun 1967. Lho, kok bisa dapat pengakuan seperti itu? Itu karena festival ini memang bertujuan untuk melestarikan aneka budaya yang sudah berlangsung sejak periode Dinasti Joseon.

Jadi nggak heran jika di festival ini kental dengan tradisi khas Korea seperti ritual Daegwallyeong Guksa Seonghwangje (persembahan untuk Monk Beomil yang dipercaya melindungi Gangneung) dan Yeongsinje (ritual persembahan untuk dewa), berbagai workshop permainan tradisional, kontes dialek, dan banyak lagi.

20 – 22 Juni 2014
  • Gwangju Toechon Tomato Festival

Lokasi: Toechon-myeon Jeongji-ri Event Hall
Alamat: 11, Jeongjadong-gil, Toechon-myeon, Gwangju-si, Gyeonggi-do
Akses: Dari Exit 1 di Stasiun Gangbyeon (via Seoul Subway Line 2), naik bus 13-2 dan turun di Toechon Nonghyeop. Transfer ke Bus 38-4, turun di Jeongji 2-ri. Susuri jalan untuk sampai ke event hall.

Daerah Toechon sudah sangat dikenal sebagai salah satu penghasil tomat. Karena itulah dibuat sebuah festival yang bertujuan untuk mempopulerkan tomat dan juga mempromosikan tomat sebagai salah satu kuliner sehat.

Di festival ini terdapat beberapa program menarik yang melibatkan partisipasi aktif dari para pengunjungnya seperti program menanam tomat, membuat pasta tomat, berenang di kolam tomat, dan lain-lain. Tentu saja di festival ini juga ada berbagai penjualan tomat dan produk-produk yang terbuat dari tomat dengan diskon khusus.

21 – 24 Juni 2014
  • Hansan Ramie Fabric Cultural Festival

Lokasi: Hansan Ramie Fabric Hall
Alamat: 1089, Chungjeol-ro, Hansan-myeon, Seocheon-gun, Chungcheongnam-do
Akses: dari Stasiun Yongsan, naik kereta ke Seocheon. Dari Stasiun Seocheon, naik bus ke lokasi festival.

Hansan Ramie Fabric Cultural Festival ini bertujuan untuk merayakan berbagai pencapaian dan produk dari kain rami. Di festival ini akan ada banyak display beragam koleksi cantik yang terbuat dari kain rami, fashion show, hingga aneka workshop. Tak hanya itu, di festival ini pengunjung diajak untuk mengenali bahan dasar pembuatan kain rami yang ternyata bisa juga diolah menjadi makanan (seperti es krim, teh, dan lain-lain) yang akan disajikan di festival ini.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Summer In Korea, Kulineran Yuk!

Summer In Korea: Kalender Festival Juli

Summer In Korea: Kalender Festival Agustus

Comments

comments