fbpx
Home Guides Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 1)

Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 1)

Jepang boleh jadi dikenal akan budaya tradisionalnya, seperti geisha dan samurai. Jepang mungkin juga dikenal karena memiliki kuil-kuil yang usianya sudah ratusan, bahkan ribuan tahun, namun masih berdiri apik hingga kini. Namun di mata pecinta theme park, secara spesifik mereka akan menyebut jika Jepang dikenal karena disini terdapat Tokyo Disneyland.

Ya, Tokyo Disneyland memang merupakan salah satu theme park paling populer di Jepang. Namun sebetulnya, Jepang merupakan surganya theme park karena disini terdapat beragam jenistheme park.

Ada yang menawarkan roller coaster yang memiliki peringkat dunia, ada juga yang menjual nuansa yang kental dengan nilai tradisi, dan banyak lagi ragam jenis theme park yang terdapat di Jepang. Jika kalian mengaku sebagai pecinta theme park yang tertarik pergi berwisata ke Jepang, saya mengumpulkan beberapa theme park terpopuler di negerinya Ksatria Baja Hitam ini. Dan, ini dia aneka theme park terpopuler di Jepang yang wajib dikunjungi oleh pecinta theme park!

1. Tokyo DisneySea

Lho, kok yang disebut duluan bukan Tokyo DisneyLand yang memang jelas-jelas populer? Well, saya sengaja menyebut Tokyo DisneySea duluan karena taman ini sangat unik. Jika DisneyLand bisa ditemukan di berbagai tempat di dunia (termasuk Hongkong dan Paris), maka DisneySea ini hanya ada di Jepang, dan dikenal sebagai salah satu theme park termahal yang pernah dibangun. Tak heran jika banyak pecinta theme park yang menganggap Tokyo DisneySea sebagai theme park terbaik di dunia.

Tokyo DisneySea ini ini menyasar segmen pengunjung yang lebih dewasa dibanding Tokyo DisneyLand. Di theme park ini terdapat berbagai atraksi yang dibuat berdasarkan aneka mitologi dan legenda laut. Terdapat 7 theme ports of call, antara lain: Mediterranean Harbor, Mermaid Lagoon, Lost River Delta, American Waterfront, Mystery Island, Arabian Coast, dan Port Discovery.

Suasana di Tokyo DisneySea pada satu area yang mengangkat tema Eropa. Foto: disneytouristblog.com
Suasana di Tokyo DisneySea pada satu area yang mengangkat tema Eropa. Foto: disneytouristblog.com

2. Tokyo DisneyLand

Nggak ada yang menyangsikan jika Tokyo DisneyLand merupakan theme park terpopuler di Jepang. Theme park yang dibangun pada tahun 1983 dan menjadi bagian dari Tokyo Disney Resort (bersama dengan Tokyo DisneySea) ini memiliki berbagai atraksi dan pertunjukan yang dibuat berdasarkan aneka film yang di produksi oleh Walt Disney.

Bagian yang paling menarik, ternyata Tokyo DisneyLand dan Tokyo DisneySea ini, keduanya menjadi satu-satunya theme park bertema Disney yang tidak dimiliki oleh The Walt Disney Company.

Tokyo Disneyland. Foto: parkeology.com
Tokyo Disneyland. Foto: parkeology.com

3. Universal Studio Japan

Universal Studio Japan, yang merupakan theme park dengan bendera “Universal Studio” yang pertama dibangun di Asia ini dikenal sebagai theme park dengan jumlah pengunjung terbanyak setelah Tokyo Disney Resort (mencakup Tokyo DisneyLand dan Tokyo DisneySea).

Theme park yang berdiri di atas lahan seluas 39 hektar ini tak hanya memiliki beragam atraksi yang menarik, mulai dari carousel untuk anak-anak hingga aneka simulator berbasis film-film populer, namun juga karena rutin berekspansi dan meluncurkan aneka inovasi. Salah satu atraksi terbarunya yang baru dibuka pada tahun 2014 lalu adalah The Wizarding World of Harry Potter, yang menampilkan beragam atraksi bertema Harry Potter.

Hogwarts - Universal Studio Japan Foto : Calvin YC/flickr
Hogwarts – Universal Studio Japan Foto : Calvin YC/flickr

Bagi wisatawan asing, Fuji-Q Highland yang terletak di area Fuji Five Lakes ini mungkin tidak sepopuler Tokyo DisneyLand, Tokyo DisneySea, maupun Universal Studio Japan. Namun jangan salah, atraksi yang ada di theme park ini populer secara internasional. Itu karena di theme park ini terdapat 4 roller coaster besar, dan keempatnya memegang rekor dunia untuk berbagai kelas yang berbeda. Tak heran jika taman ini populer di kalangan maniak roller coaster.

Berani naik roller coaster tercuram di dunia ini? Foto: 2.bp.blogspot.com
Berani naik roller coaster tercuram di dunia ini? Foto: 2.bp.blogspot.com

Selain memiliki aneka roller coaster keren, theme park ini juga dikenal karena memiliki berbagai atraksi tematik yang di angkat dari serial anime maupun kartun populer, seperti Thomas Land(zona tematik kereta api yang dibuat berdasarkan kisah Thomas the Tank Engine/Thomas and Friends) dan juga zona permainan bertema Gundam Crisis dan Evangelion World (diangkat dari serial Neon Genesis Evangelion).

Dan, jika kalian mengaku bernyali besar, jangan lupa untuk mencoba atraksi Haunted Hospital yang merupakan sebuah atraksi bertema rumah hantu. Namun, rumah hantu ini bukanlah rumah hantu biasa, karena panjang rutenya mencapai 900 meter dan perlu waktu 60 menit untuk menyelesaikan seluruh rutenya!

Haunted Hospital. Foto: Autopilot
Haunted Hospital. Foto: Autopilot

5. Nagashima Resort

Theme park ini lokasinya tak begitu jauh dari Nagoya. Fasilitas yang terdapat di tempat ini sangat bervariasi, mulai dari amusement park bernama Nagashima Spaland, onsen, shopping mall, hingga taman bunga bernama Nabana no Sato yang populer sebagai salah satu tempat untuk menikmati iluminasi musim dingin.

Namun, secara jujur, theme park ini paling dikenal karena atraksi roller coaster yang terdapat di Nagashima Spaland. Roller coaster bernama Steel Dragon 2000 ini memiliki panjang rute yang tak tanggung-tanggung, karena jalur track-nya mengelilingi seluruh taman dengan total panjangnya mencapai 2.479 meter!

Wow! Steel Dragon 2000 ini pun memegang rekor jalur roller coaster terpanjang di dunia, sehingga tak heran jika banyak pecintaroller coaster sengaja datang ke taman ini hanya untuk menjajal Steel Dragon 2000-nya saja. Adapun roller coaster populer lainnya di theme park ini adalah White Cyclone yang memiliki panjang track 1.700 meter.

White Cyclone foto : Janma/wikimedia
White Cyclone foto : Janma/wikimedia

Masih ada beberapa theme park dan amusement park populer lainnya di Jepang. Ditunggu saja dalam tulisan selanjutnya ya!

 

Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 2 END)

Comments

comments