fbpx
Home Guides Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik (Part 1)

Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik (Part 1)

Saya sudah selesai berbagi info seputar yurikamome dalam tulisan Yurikamome, Transportasi Serba Otomatis di Tokyo Waterfront (1) dan Yurikamome, Transportasi Serba Otomatis di Tokyo Waterfront (2-end).

Lho, memangnya di Tokyo ada monorail? Ada dong. Namun monorail ini fungsinya tidak seperti kereta, subway, bus, maupun moda transportasi lainnya yang…. Silahkan baca saja ulasan berikut yah.

Tentang Tokyo Monorail

Tokyo Monorail, atau nama resminya adalah Tokyo Monorail Haneda Airport Line, merupakan salah satu moda transportasi unik di Tokyo. Unik disini bukan karena bentuknya yang unik, karena monorail ini bukan satu-satunya monorail di Jepang, melainkan karena monorail ini dirancang dengan konsep yang ekslusif, yaitu menghubungkan Bandara Haneda di Distrik Ota dengan Stasiun Monorail Hamamatsucho di Distrik Minato, Tokyo.

Jadi jangan harap teman-teman bisa melihat monorail di area Tokyo tengah (dan mungkin itu juga sebabnya tak semua wisatawan tahu jika di Tokyo ada monorail).

Tokyo Monorail [foto: jon/wikimedia]
Tokyo Monorail [foto: jon/wikimedia]
Monorail ini pertama dioperasikan pada tanggal 17 September 1964, yaitu saat pelaksanaan Summer Olympics. Awalnya, monorail ini memang hanya direncanakan untuk menghubungkan Stasiun Hamamatsucho dengan Haneda saja. Namun kemudian di sepanjang jalur tersebut ditambahkan lagi beberapa stasiun, dan kini jalur Tokyo Monorail melewati 11 stasiun dengan titik awal dan akhirnya tidak berubah (Haneda-Hamamatsucho).

Tokyo Monorail [foto: TC411-507/wikimedia]
Tokyo Monorail [foto: TC411-507/wikimedia]

Jenis layanan monorail

Tokyo Monorail ini terdiri dari 3 jenis kereta: Haneda Express, Rapid, dan Local. Haneda Express merupakan kereta yang langsung menghubungkan Stasiun Hamamatsucho dengan Bandara Haneda (berhenti di Terminal Internasiona, Terminal 1 dan Terminal 2). Kereta rapid berhenti sedikit lebih banyak dibanding Haneda Express, dan kereta lokal berhenti di setiap stasiun yang dilalui oleh Tokyo Monorail.

Dengan kata lain, jika ingin cepat sampai ke tujuan naiklah kereta ekspres; dan jika ingin berlama-lama di monorail, naiklah kereta lokal. Daftar stasiun yang dilalui oleh masing-masing kereta dan detailnya akan saya jelaskan terpisah, namun kurang lebih diagramnya seperti berikut ini:

Diagram jenis kereta dan stasiunnya [foto: Araisyohei/wikimedia]
Diagram jenis kereta dan stasiunnya [foto: Araisyohei/wikimedia]

Harga tiket

Harga tiket monorail ini berbeda-beda, tergantung jarak tempuhnya. Namun jika dikira-kira, harga tiket untuk dewasa itu mulai dari 160 yen* hingga 490 yen*. Untuk anak-anak, harga tiketnya bervariasi antara 80 yen* hingga 250 yen*.

Itu baru harga tiketnya saja. Untuk tipe tiketnya ada banyak, mulai dari ordinary tickets, multiple-trip tickets, commuter passes, dan banyak lagi. Namun untuk wisatawan, yang lazim dikenal adalah one-way ticket dan return tickets.

One-way ticket merupakan tiket sekali jalan yang langsung dibeli di stasiun keberangkatan dan berlaku pada hari pembelian. Sedangkan return ticket merupakan tiket pulang pergi dari Bandara Haneda (terminal 1, terminal 2, maupun terminal internasional) menuju stasiun lain dan sebaliknya. Masa berlaku tiket tersebut antara 10-14 hari.

Untuk pembelian tiket, bisa dilakukan langsung di vending machine yang ada di setiap stasiun monorail. Tak perlu takut akan kesulitan saat membeli, karena rata-rata mesinnya kini sudah dilengkapi juga dengan bahasa Inggris.

Stasiun yang dilalui oleh Tokyo Monorail dan daya tarik disekitarnya

Terdapat 11 stasiun yang dilalui oleh Tokyo Monorail. Menariknya, di dekat masing-masing stasiun rata-rata ada obyek wisata minor maupun major yang menarik untuk dikunjungi di sela-sela waktu naik monorail. Adapun urutan stasiunnya jika diurutkan dari Bandara Haneda adalah sebagai berikut:

Bandara Haneda Terminal 2 – Bandara Haneda Terminal 1 – Stasiun Shin Seibijo – Bandara Haneda Terminal International – Stasiun Tenkubashi – Stasiun Seibijo – Stasiun Showajima – Stasiun Ryutsu Center – Stasiun Oi Keibajo Mae – Stasiun Tennozu Isle – Stasiun Monorail Hamamatsucho.

Berhubung mayoritas wisatawan Indonesia rata-rata mendarat di Bandara Haneda (dan siapa tahu ingin mencoba monorail setelah mendarat di Tokyo), jadi saya akan jelaskan dulu stasiun di Bandara Haneda dan jenis kereta monorail apa saja yang berhenti di masing-masing stasiun tersebut.

  • Bandara Haneda Terminal 2 (express, rapid, local)

Alamat: 3-4-2 Haneda Kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket (dewasa):
160 yen* (Terminal 1), 200 yen* (Shin-seibijo), 200 yen* (terminal international), 270 yen* (Tenkubashi), 270 yen* (Seibijo), 340 yen* (Showajima), 340 yen* (Ryutsu Center), 420 yen* (Oi Keibajo Mae), 490 yen* (Tennozu Isle), 490 yen* (monorail hamamatsucho)
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.11 (rapid) hingga 00.05 (express); weekend juga sama.

Di dekat stasiun monorail yang ada di terminal 2 (domestik) ini terdapat banyak toko-toko populer. Terdapat juga aneka restoran yang menawarkan beragam jenis kuliner mulai dari restoran Cina, Amerika, dan banyak lagi.

Stasiun monorail di Terminal 2 [foto: Tennen-Gas/wikimedia]
Stasiun monorail di Terminal 2 [foto: Tennen-Gas/wikimedia]
  • Bandara Haneda Terminal 1 (express, rapid, local)

Alamat: 3-3-2 Haneda Kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket:
160 yen* (Terminal 2), 160 yen* (shin-seibijo), 200 yen* (Terminal International), 200 yen* (tenkubashi), 270 yen* (Seibijo), 270 yen* (Showajima), 340 yen* (Ryutsu Center), 340 yen* (Oi Keibajo Mae), 420 yen* (Tennozu Isle), 490 yen* (Monorail Hamamatsucho)
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.13 (rapid) hingga pukul 00.07 (express).

Sama seperti Terminal 2, di dekat stasiun monorail di terminal 1 ini terdapat banyak toko populer dan juga tempat makan.

Stasiun monorail di Terminal 1 [foto: ã£/wikimedia]
Stasiun monorail di Terminal 1 [foto: ã£/wikimedia]

***

Daftar stasiun lainnya lanjut dalam tulisan berikutnya yah. Rencananya saya juga ingin berbagi info seputar do & don’t di monorail. Ditunggu yah.

***

Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik (Part 2 END)

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments