fbpx
Home Guides Tourist Pass, Tiket Khusus Untuk Wisatawan Yang Layak Untuk Dilirik Asalkan …

Tourist Pass, Tiket Khusus Untuk Wisatawan Yang Layak Untuk Dilirik Asalkan …

Wisatawan yang akan pergi ke Jepang mungkin sudah familiar dengan Japan Rail Pass alias JR Pass. Sebagian lainnya mungkin sudah pernah menggunakan Japan Bus Pass. Begitu juga dengan rail pass lainnya seperti JR East Pass, JR Kanto Pass, dan banyak lagi. Namun berapa banyak diantara wisatawan yang mengenal tentang Tourist Pass?

Tourist Pass, Penawaran Istimewa Untuk Wisatawan Asing dalam Waktu Terbatas!

Shinkansen melaju dengan latar belakang Gunung Fuji, via govtech.com
Shinkansen melaju dengan latar belakang Gunung Fuji, via govtech.com

Tourist Pass merupakan sebuah tiket terusan kereta api yang dikeluarkan untuk memperingati 50 tahun beroperasinya Tokaido Shinkansen. Tiket ini ditawarkan khusus untuk wisatawan asing dan hanya dijual dalam jangka waktu yang sangat sangat terbatas, yaitu mulai dari bulan Oktober 2014 hingga 26 Juni 2015.

Perbedaan Tourist Pass dan JR Pass

Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass, via iace-usa.com
Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass, via iace-usa.com

JR Pass merupakan railpass reguler yang selalu ada sepanjang tahun, sementara Tourist Pass hanya tersedia untuk waktu tertentu dan belum tentu ada lagi. Perbedaan lainnya terletak dari segi harga. JR Pass memiliki harga yang berbeda untuk tipe tiket terusan 7 hari, 14 hari, dan 21 hari (diskon 50% untuk anak-anak); sementara Tourist Pass hanya terdiri dari 1 jenis tiket yang berlaku untuk 5 hari kalender, dan harganya berbeda tergantung jenisnya.

Jenis Tourist Pass dan Harganya; Layak Untuk Dibeli atau Tidak?

Ada 2 jenis Tourist Pass. Pertama, Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass. Kedua, Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass. Kedua Tourist Pass tersebut memiliki harga yang berbeda, namun masing-masing memiliki masa berlaku yang sama yaitu 5 hari kalender.

Foto: via tiewyeepoon.com
Foto: via tiewyeepoon.com
Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass, via tiewyeepoon.com
Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass, via tiewyeepoon.com
  • Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass: 35,000 yen* (dewasa), 17,500 yen* (usia 6-11 tahun)
  • Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass: 10,500 yen* (dewasa), 5,250 yen* (usia 6-11 tahun)

Sekilas, kedua Tourist Pass tersebut (khususnya Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass) terasa mahal, apalagi jika dibandingkan dengan JR Pass yang harganya hanya 29,110 yen* untuk 7 hari kalender. Namun ada beberapa kelebihan dari Tourist Pass yang membuatnya istimewa jika dibandingkan dengan tiket terusan biasa, yang bisa dibaca dalam point selanjutnya.

Kelebihan Tourist Pass Dibanding JR Pass

JR Pass dan Tourist Pass sama-sama ditujukan untuk wisatawan asing. Keduanya pun hanya bisa dibeli diluar Jepang. Bedanya, JR Pass merupakan tiket terusan untuk naik kereta JR di seluruh Jepang secara unlimited, termasuk naik shinkansen (kecuali untuk shinkansen Nozomi dan Mizuho yang merupakan shinkansen tercepat).

JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta JR yang melaju di jalur non JR, sebagian besar kereta malam, maupun highway bus. Dengan kata lain, JR Pass hanya merupakan tiket terusan kereta api saja.

Sedangkan Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk naik kereta yang bergerak di jalur Tokaido-Sanyo Shinkansen (yang merupakan jalur emas di Jepang), termasuk naik shinkansen Nozomi dan Mizuho. Kelebihan lainnya:

– Pengguna tiket ini dapat menggunakan kereta lokal dan rapid JR di kota Osaka secara tak terbatas (termasuk menggunakan Osaka Loop Line). Ingat, hanya untuk kota Osaka saja dan tidak termasuk kota lainnya.

– Bebas naik bus Fujikyu ke Shin-Fuji dan Kawaguchiko, naik Shizutetsu Bus dari Shizuoka dan Nihondaira, naik Nihondaira Ropeway di Nihondaira dan Kunozan Toshogu Shrine, dan naik tram di Okayama.

– Pengguna tiket ini juga dapat membuat reservasi tempat duduk secara gratis di jalur Tokaido-Sanyo Shinkansen (maksimal 4x), dimana satu kali melakukan reservasi saja biayanya bisa ribuan yen.

– Tourist Pass ini sudah mencakup tiket masuk untuk atraksi populer yang terdapat di jalur Tokaido-Sanyo Shinkansen, contohnya Osaka Castle, Hiroshima Castle, Osaka Aqua Bus, dan banyak lagi. Detail bisa dilihat disini.

 

Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass juga memiliki prinsip yang sama dengan Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass, yaitu sebuah rail pass dengan kombinasi beberapa kemudahan untuk wisatawan. Pengguna Tourist Pass tipe ini dapat naik kereta lokal dan ekspress yang berjalan di antara Nagoya, Gero, dan Takayama; dan juga terhubung dengan Kanazawa, Kagaonsen, Awaraonsen, Kyoto, dan Osaka. Kelebihan lainnya:

– Pengguna tiket ini juga dapat melakukan reservasi tempat duduk secara gratis hingga 4x (dan menghemat ribuan yen).

– Naik bus sesuka hati yang bergerak diantara Takayama, Shirakawa-go, dan Kanazawa. Detail lebih lengkap bisa dilihat disini.

Detail Takayama Hokuriku Area Tourist Pass, via touristpass.jp
Detail Takayama Hokuriku Area Tourist Pass, via touristpass.jp

Kelemahan Tourist Pass

Kelemahan pertama, adalah pada terbatasnya waktu penjualan yang ditawarkan. Dengan periode yang sesingkat tersebut, belum tentu wisatawan mengetahui eksistensi Tourist Pass.

Kelemahan kedua, terletak pada harganya yang mahal. Walau dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti tiket masuk ke berbagai obyek wisata ternama, tiket ini nggak akan benar-benar efektif jika kalian tidak mengikuti rute yang disarankan.

Kelemahan ketiga, diluar kesempatan untuk naik shinkansen Nozomi dan Mizuho, Tourist Pass ini kurang efektif dan nggak efisien jika digunakan sebagai rail pass karena sifatnya yang tidak berlaku secara nasional, dan bahkan sebetulnya kesempatan untuk melakukan unlimited ride hanya bisa dilakukan di kota Osaka saja.

Kesimpulan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Tourist Pass

Tourist Pass ini hanya disarankan bagi kalian yang berwisata sebelum bulan Juni 2015 dan masih bingung menentukan rute wisata yang harus diambil. Kenapa? Karena jika kalian ingin maksimal dalam menggunakan Tourist Pass, maka setidaknya kalian harus mengikuti jalur dan fasilitas dari tiket tersebut, yang otomatis akan menentukan itinerary kalian. Atau, pertimbangkan untuk membeli tiket terusan ini jika itinerary kalian cocok dengan jalur dan fasilitas yang dicover olehnya.

Semoga bermanfaat!

***

Tips Menghemat Biaya Transportasi Wisata Di Jepang

Aneka Rail Pass Di Seluruh Jepang (1) : Hokkaido, Kanto+Tohoku

Aneka Rail Pass Di Seluruh Jepang (2): Kanto, Hakone / Izu / Gunung Fuji, Chubu, Kansai

Aneka Rail Pass Di Seluruh Jepang (3): Western Japan, Chugoku, Shikoku, Kyushu, And Finally Tokyo Pass

Japan Bus Pass

Beberapa Freepass Yang Wajib Dilirik Oleh Wisatawan Ke Jepang

***

Comments

comments