fbpx
Home Guides Ups! Ini Dia Aneka Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Traveller Pemula

Ups! Ini Dia Aneka Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Traveller Pemula

Setiap traveller pasti pernah mengalami masa-masa menjadi traveller pemula, yang biasa disebut rookie maupun first time traveller. Dan sebagai pemula, akui saja kalau kita pernah melakukan beberapa kesalahan yang sebetulnya sepele, namun cukup mengganggu dan cukup berpengaruh.

Terkadang kesalahan-kesalahan tersebut kembali terulang dalam perjalanan berikutnya, dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan sekalipun kita merasa telah melangkah jauh dari kelas pemula dalam traveling.

Ilustrasi kesalahan dalam traveling. Foto: expatfinder.com
Ilustrasi kesalahan dalam traveling. Foto: expatfinder.com

Kesimpulannya, penting bagi traveller untuk mengetahui kesalahan dasar apa yang paling sering dilakukan oleh first time traveller. Tujuannya tentu saja sebagai pengingat agar sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan ini. Saya telah mengumpulkan beberapa poin, dan inilah aneka kesalahan dasar yang kerap dilakukan oleh first time traveller (dalam urutan acak):

1. Masalah passport

Saat bepergian ke luar negeri, passport jelas merupakan sesuatu yang sangat penting. Sayangnya, justru banyak first time traveller yang melakukan kesalahan yang berkaitan dengan passport. Kesalahan pertama dan yang paling sering dilakukan, adalah meninggalkan passport di rumah (sehingga harus kembali lagi padahal sudah ada di bandara), meninggalkan passport di hotel, lupa membuat copy passport, dan kehilangan passport.

Passport itu penting dan fatal. Foto: 2.bp.blogspot.com
Passport itu penting dan fatal. Foto: 2.bp.blogspot.com

2. Merencanakan itinerary terlalu banyak

Kadang, first time traveller memiliki kesamaan dengan orang yang tak makan seharian. Saat tiba waktunya makan, rasanya semua makanan ingin dimasukkan dalam mulut. Begitu juga dengan para rookie dalam travelling. Berbekal jurus aji mumpung, semua destinasi wisata dimasukkan dalam itinerary tanpa mengukur faktor X lainnya, seperti daya tahan tubuh dan waktu. Ujung-ujungnya, itinerary terpaksa harus dibuang karena tak berguna.

Itinerary foto : MyLifeStory/flickr
Itinerary foto : MyLifeStory/flickr

3. Packing seperti akan pindah rumah

Jangankan first time traveller, kadang mereka yang sering bepergian pun kerap melakukan kesalahan ini: terlalu banyak membawa barang sehingga nyaris seperti akan pindah rumah. Kerap melakukan kesalahan ini?

Penyakit klasik traveller: packing terlalu banyak. Foto: 4.bp.blogspot.com
Penyakit klasik traveller: packing terlalu banyak. Foto: 4.bp.blogspot.com

4. Meremehkan jetlag

Kadang, first time traveller meremehkan masalah jetlag. Ujung-ujungnya, kondisi badan nge-drop dan bisa jatuh sakit, dan akhirnya malah nggak bisa menikmati kegiatan wisata. Kesimpulan: jangan remehkan jetlag karena itu berpengaruh pada jam biologis tubuh kita.

Jetlag foto : ChurchHatesTucker/flickr
Jetlag foto : ChurchHatesTucker/flickr

5. Tidak membawa uang tunai, khususnya uang receh

Kesalahan standar lainnya dari traveller pemula, adalah menganggap jika ATM tersedia di semua tempat, dan semua kota besar di dunia menerima kartu kredit. Akibatnya mereka tidak cukup menyiapkan uang tunai, dan kebingungan saat harus membayar berbagai hal yang hanya bisa dilakukan dengan uang receh, seperti saat naik moda transportasi umum (terutama di negara yang masih pro-tunai), memberi tip, dan sebagainya.

Ilustrasi uang [foto: epSos.de/wikimedia]
Ilustrasi uang [foto: epSos.de/wikimedia]

6. Menyimpan semua barang dalam bagasi

Tentunya ini tak masalah jika bagasi selamat sampai di tujuan. Namun, kalian pasti pernah mendengar cerita tentang bagasi yang mampir dulu ke beberapa tempat sebelum akhirnya tak jelas ada dimana. Kalau isinya hanya pakaian sih mungkin masih mending karena bisa dicari gantinya, walau rasa sebal itu pasti ada. Nah, kalau yang ada di bagasi itu dokumen-dokumen berharga maupun perlengkapan penting lainnya, gimana tuh?

Ilustrasi kehilangan bagasi pesawat. Foto: air.news.gr
Ilustrasi kehilangan bagasi pesawat. Foto: air.news.gr

7. Salah melakukan reservasi hotel maupun tiket pesawat

Kesalahan pemula banget nih: salah memasukkan tanggal reservasi hotel maupun tiket pesawat. Sekilas ini kelihatannya sepele, namun akibatnya bisa fatal. Seorang teman pernah melakukan ini. Sialnya, dia memesankan tiket untuk boss-nya, dan akhirnya membuat si boss harus bersusah payah mencari tiket baru via negara lain, yang diikuti dengan serentetan kesulitan lainnya seperti harus membuat visa baru. Jadi, jangan lupa untuk selalu cek dan ricek setiap kali akan melakukan reservasi.

reservation foto :travelvisabookings.com
reservation foto :travelvisabookings.com

8. Berasumsi jika Bahasa Inggris betul-betul bahasa internasional, dan semua orang mengerti bahasa Inggris

Ini pernah saya jelaskan lebih detail dalam tulisan Wah, Ternyata Negara-Negara Tujuan Wisata Populer Ini Tidak Familiar Dengan Bahasa Inggris!

Let's spik Inglish. Foto: s3.amazonaws.com
Let’s spik Inglish. Foto: s3.amazonaws.com

9. Tidak mempelajari budaya lokal

Ingatlah selalu dengan peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Penting mengetahui adat istiadat dan tradisi yang berlaku di suatu tempat sebelum kita menjejakkan kaki disana, sehingga kita takkan terheran-heran dan mengalami culture shock, dan juga untuk menghindari hal-hal yang membuat kita di cap sebagai wisatawan menyebalkan.

Culture Shock foto : David Amsler/flickr
Culture Shock foto : David Amsler/flickr

10. Salah memahami rute transportasi lokal

Nggak mau tersesat di daerah yang baru dikenal, apalagi jika daerah tersebut punya bahasa dan tradisi yang jauh berbeda dengan Indonesia, dan lebih yahud lagi jika negara tersebut tidak familiar dengan bahasa Inggris? Maka perhatikan dengan baik rute transportasi lokal yang ada di daerah tersebut.

Seorang teman yang berwisata ke sebuah kota kecil di Jepang (dan dia tidak bisa bahasa Jepang), pernah salah mencatat rute kereta yang harus diambil. Alhasil dia harus menunggu cukup lama hingga datangnya kereta yang akan membawanya kembali ke jalur yang benar.

Haitian transportation foto : luvjnx/flickr
Haitian transportation foto : luvjnx/flickr

11. Pergi dengan partner yang salah

Sudah jadi rahasia umum jika beberapa traveler senang bepergian dengan orang baru dan tak keberatan memiliki teman seperjalanan yang betul-betul belum dikenal. Masalahnya, tak semua traveler itu menyenangkan. Ada beberapa  malah dapat membuat liburan kalian jadi mimpi buruk. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih partner untuk bepergian (terlebih jika dia orang yang belum dikenal) ya!

Salah memilih partner traveling bisa membuat acara wisata berantakan. Foto: stuff.co.nz
Salah memilih partner traveling bisa membuat acara wisata berantakan. Foto: stuff.co.nz

12. Terlalu mengejar harga murah

Kadang, first time traveler beranggapan tak masalah turun di bandara yang letaknya ada di antah berantah dan jaraknya terlalu jauh dari kota tujuan wisata utama. Habis, tiket pesawat kesana murah sih! (saya pernah nyaris mengalami ini, haha).

Padahal setelah dihitung-hitung dengan biaya transportasi, makan, dan lain-lain, ternyata biayanya setara dengan harga tiket normal menuju bandara yang lebih dekat. Harga murah memang terkadang membuat kalap sih!

low price foto : Tom Woodward/flickr
low price foto : Tom Woodward/flickr

13. Melupakan beberapa benda sepele, namun penting

Apa saja beberapa benda yang kelihatannya sepele namun penting dan sering dilupakan oleh traveler? Silahkan baca disini.

Gadgets foto : Christian Van Der Henst S./flickr
Gadgets foto : Christian Van Der Henst S./flickr

14. Lupa mengurus masalah kartu kredit maupun kartu telepon pasca bayar saat akan pergi ke negara lain

.. dan akhirnya mereka tak bisa digunakan di tempat wisata. The end.

Ilustrasi kartu kredit dan passport. Foto: pfj.ru
Ilustrasi kartu kredit dan passport. Foto: pfj.ru

 

Dari sekian banyak kesalahan traveling yang biasa dilakukan oleh pemula, mana yang pernah kalian lakukan? Kalau saya, nomor 3 dan 12! Hehe..

 

baca juga :

Beberapa Pengalaman “unik” Saat Travelling Bersama Orang Yang Baru Dikenal

Hal-Hal Berikut Ini Kerap Menggagalkan Rencana Traveling Kita

Siapa Bilang Paris Mahal? Intip Ragam Tips Untuk Budget Traveller Berikut Ini!

Comments

comments