fbpx
Home Guides Wisata Musim Dingin Ke Jepang, Lihat Salju Dimana?

Wisata Musim Dingin Ke Jepang, Lihat Salju Dimana?

Akhir-akhir ini saya sedang mudah sekali teralihkan oleh sesuatu. Contohnya seperti saat akan menulis tulisan ini. Niat awalnya saya ingin berbagi informasi seputar biaya hidup yang diperlukan jika tinggal di Jepang, untuk melengkapi tulisan tentang rangkaian seputar informasi kerja ke Jepang. Tapi obrolan semalam bersama hubby membuat saya tergelitik untuk menulis tentang hal lain.

Salju. Itulah tema obrolan yang berhasil mengalihkan saya dari hitung-hitungan soal biaya hidup di Jepang. Semuanya berawal saat sedang membicarakan tentang adik yang bulan Januari lalu pergi dinas ke Tokyo. Adik sempat mengirimkan beberapa foto saat sedang berkunjung ke Shibuya.

Pikiran pertama saya adalah “lho, kok nggak ada salju ya?”, padahal Januari adalah puncaknya musim dingin di Jepang. Hubby, yang memang sudah beberapa kali pergi ke Jepang, menjelaskan jika memang Tokyo termasuk jarang ada salju saat musim dingin. Bukannya sama sekali nggak ada, tapi bisa dibilang jarang. Kalaupun ada, intensitasnya relatif sedikit.

Kenapa obrolan tersebut bisa membuat saya tergoda dan berpaling ke tema lain? Well, sebagai orang yang seumur hidup tinggal di negara tropis, saya selalu menganggap musim dingin di negara 4 musim identik dengan turunnya salju.

Melihat rumah-rumah yang tertimbun salju serta membuat manusia salju termasuk dalam daftar cita-cita utama yang akan saya lakukan jika bisa mengunjungi negara 4 musim di musim dingin, disusul dengan berguling-guling di salju dan mencoba memegang papan ski (megang doang, nggak main ski).

Tapi obrolan tadi membuka mata saya, bahwa di negara 4 musim seperti Jepang pun tak seluruh kotanya bergelimang salju saat musim dingin. Lalu, jika betul-betul ingin menikmati salju di Jepang, harus pergi kemana dong?

Saya pun berusaha mencari informasi dimana sih lokasi terbaik untuk menikmati salju di Jepang. Yang pertama dilakukan adalah dengan mengamati peta Jepang. Negara Jepang, yang terdiri dari beberapa pulau, berbentuk memanjang dari selatan ke utara.

Jika secara kasar Jepang dibagi menjadi 2 bagian (selatan dan utara), maka sisi selatan mengarah ke garis khatulistiwa, dan sisi utara tentu saja mengarah ke kutub utara. Nah, kota-kota yang berada di sisi selatan inilah yang relatif jarang mendapat salju saat musim dingin.

Bahkan ada beberapa kota yang hampir tak pernah mendapat salju. Tokyo, Kyoto, dan Osaka termasuk kota-kota yang berada di bagian selatan Jepang, jadi jangan berharap bisa melihat gunungan salju jika berwisata musim dingin ke kota-kota tersebut.

Sebaliknya, kota-kota di sisi utara merupakan tempat terbaik untuk melihat salju di Jepang. Hokkaido merupakan daerah terbaik untuk menikmati salju karena pulau ini berada di ujung utara Jepang.

Kota-kota di Hokaido pun menjadi kota tujuan favorit untuk menikmati salju saat musim dingin di Jepang. Selain karena faktor dari salju itu sendiri, juga karena adanya berbagai festival musim dingin.

Misalnya saja Sapporo dan Asahikawa yang memiliki festival tahunan bertema musim dingin, yaitu Sapporo Snow Festival dan Asahikawa Winter Festival. Kota Otaru juga memiliki festival bertema salju, yaitu Otaru Snow Light Path Festival. Lain lagi dengan kota Furano dan Biei terkenal akan ski resort dan pemandangan musim dinginnya yang indah.

Sedangkan kota lainnya, seperti Abashiri, memiliki atraksi musim dingin yang tak kalah menarik, yaitu ryuhyo (secara literal diterjemahkan sebagai drifting sea ice/berperahu menyusuri lautan es). Sehingga intinya, jika tujuan utama wisata musim dingin ke Jepang adalah untuk mencari salju, pergilah ke Hokaido dan jelajahi kota-kota yang ada disana.

Sapporo Snow Festival [foto: David McKelvey/flickr]
Sapporo Snow Festival [foto: David McKelvey/flickr]
Asahikawa Winter Festival [foto: Ray.K/flickr]
Asahikawa Winter Festival [foto: Ray.K/flickr]
Otaru Snow Light Path Festival [foto: David McKelvey/flickr]
Otaru Snow Light Path Festival [foto: David McKelvey/flickr]
Drifting Sea Ice di Abashiri [foto: David McKelvey/flickr]
Drifting Sea Ice di Abashiri [foto: David McKelvey/flickr]

Hokaido terlalu jauh dari Tokyo? Tak perlu khawatir, ada beberapa kota yang tak begitu jauh dari Tokyo namun bisa dikunjungi untuk melihat salju saat musim dingin. Salah satunya adalah kota Nikko. Kota yang populer sebagai destinasi wisata tambahan saat berada di Tokyo ini memiliki daerah bernama Okunikko, sebuah area pegunungan dengan suasana yang indah, lengkap dengan air terjun, danau, dan pemandian air panas. Saat musim dingin, daerah ini menawarkan pemandangan musim dingin yang luar biasa, dan tentunya bersalju.

Nikko di musim salju [foto: Bertconcepts/flickr]
Nikko di musim salju [foto: Bertconcepts/flickr]
Nikko di musim salju [foto: Randomidea/flickr]
Nikko di musim salju [foto: Randomidea/flickr]
Nikko di musim salju [foto: Randomidea/flickr]
Nikko di musim salju [foto: Randomidea/flickr]
Nikko di musim salju [foto: W00kie/flickr]
Nikko di musim salju [foto: W00kie/flickr]

Daerah lain yang tak begitu jauh dari Tokyo dan menawarkan kesempatan untuk main salju adalah Kusatsu Onsen yang berlokasi di Prefektur Gunma. Oke, tempat ini memang bukan sebuah kota, melainkan sebuah hot spring resort.

Dengan kata lain, tempat ini merupakan tempatnya untuk berendam air panas alami. Tapi Kusatsu Onsen ini (memiliki banyak sekali pilihan onsen) berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, dan menjadi salah satu tempat yang bermandikan salju di musim dingin.

Jadi disini wisatawan bisa berendam di air panas sambil menikmati pemandangan bersalju di sekitarnya. Selain Kusatsu Onsen, Okukinu Onsen di Prefektur Tochigi juga populer sebagai tempat onsen musim dingin. Jaraknya pun hanya sekitar 130 kilometer dari Tokyo (dan 30 menit dari Nikko) sehingga cukup mudah dicapai dari Tokyo. Berita menariknya, masih banyak onsen bersalju lainnya yang terdapat di berbagai kota di Jepang.

Osawa Onsen [foto: Ghost of Kuji/flickr]
Osawa Onsen [foto: Ghost of Kuji/flickr]
Tsurunoyu Onsen [foto: Fumiaki Yoshimatsu/wikimedia]
Tsurunoyu Onsen [foto: Fumiaki Yoshimatsu/wikimedia]
Jigokudani [foto: Alcuin Lai/flickr]
Jigokudani [foto: Alcuin Lai/flickr]
Onsen bersama monyet [foto: SpDuchamp/flickr]
Onsen bersama monyet [foto: SpDuchamp/flickr]

Kira-kira itulah sebagian spot populer untuk menikmati pemandangan bersalju saat berada di Jepang. Sebetulnya masih banyak tempat populer lainnya untuk menikmati salju (seperti Shirakawago dan Karuizawa), mengingat kota di sisi utara Jepang jumlahnya sangat banyak.

Berbagai festival bertema salju pun banyak terdapat di kota-kota sebelah utara. Jepang pun memiliki lebih dari 500 ski resort yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Jadi jika memang niat utama berwisata ke Jepang saat musim dingin adalah untuk main salju, kota-kota populer seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka sebaiknya tidak menjadi kota tujuan utama.

Lalu bagaimana jika berwisata di musim semi? Masih bisa lihat salju nggak?

Umumnya, menjelang musim semi, salju akan mulai mencair. Tentunya kecuali untuk daerah utara yang periode musim seminya relatif lebih lambat dari daerah di sisi selatan. Dan saat musim semi tiba, salju akan benar-benar hilang.

Tapi jangan khawatir. Ada lho beberapa tempat wisata di Jepang yang menawarkan kesempatan untuk melihat salju bahkan saat musim semi sekalipun. Bagi yang penasaran, tunggu tulisan selanjutnya ya.

***

* Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments