Hokkaido. Pulau terbesar kedua di negara Jepang sekaligus prefektur terbesar di Jepang ini pernah sedikit saya ulik sewaktu mencari bahan untuk menulis review sebuah manga bertema pertanian yang mengambil setting lokasi di Hokkaido beberapa waktu silam.

Berdasarkan hasil riset dan ulik mengulik tersebut, bisa disimpulkan jika Hokkaido mungkin masih kalah populer sebagai destinasi wisata jika dibandingkan dengan berbagai kota besar yang ada di pulau utama Jepang, yaitu pulau Honshu, seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Namun Hokkaido yang kerap dijuluki yukiguni alias negara salju ini punya segudang daya tarik, baik dari segi keindahan alam, kuliner, hingga pilihan obyek wisatanya . Dan, karena suasana di Hokkaido ini begitu berbeda dengan kota-kota besar di Jepang, tak sedikit yang berminat menjadikan Hokkaido sebagai destinasi wisata utama saat berkunjung ke Jepang (baca disini: Hokkaido untuk Pemula).

Bagi yang tertarik untuk pergi berwisata ke Hokkaido, berikut ini 20 tempat yang wajib dikunjungi saat berada di pulau yang berada di ujung utara Jepang ini. 20 tempat ini saya susun dari berbagai sumber, dan tidak diurutkan berdasarkan peringkat tertentu. Dan inilah 20 tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Hokkaido:

1. Sapporo

Sapporo jelas menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi selama berada di Hokkaido. Ibu kota prefektur Hokkaido dan kota terbesar di Hokkaido ini sekaligus termasuk dalam salah satu kota terbesar di Jepang. Sapporo punya banyak tempat wisata yang menarik, seperti Moerenuma Park, sebuah taman kota yang dirancang oleh Isamu Noguchi; museum terbuka, resort ski, museum bir, aneka pusat perbelanjaan, pasar, taman botani, dan banyak lagi.

Namun salah satu yang menarik untuk dikunjungi mungkin adalah Odori Park. Taman ini membelah pusat kota Sapporo menjadi sisi selatan dan utara, dan di ujung sebelah timur Odori Park terdapat Sapporo TV Tower yang memiliki observation deck di ketinggian 90 meter, cukup untuk melihat-lihat suasana kota Sapporo dari ketinggian. Dan tentu saja Sapporo ini menarik dikunjungi khususnya saat pelaksanaan Sapporo Snow Festival yang biasa digelar pada awal Februari.

Sapporo TV Tower di Odori Park [foto: Daigaku2051/wikimedia]
Sapporo TV Tower di Odori Park [foto: Daigaku2051/wikimedia]

2. Shiretoko National Park

Hokkaido memiliki banyak taman nasional, namun baru Shiretoko yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO; membuat tempat ini menjadi salah satu kebanggaan Jepang. Shiretoko National Park ini terletak di sisi timur Hokkaido, tepatnya di Shiretoko Peninsula. Terdapat bermacam variasi kehidupan liar disini, mulai dari vegetasi hingga hewan liar seperti beruang coklat, rusa, dan rubah. Beberapa daya tarik dari Shiretoko ini antara lain aneka macam danaunya, air terjunnya, hingga atraksi ryuhyo (drift ice).

Menjelajah salah satu danau di Shiretoko [foto: 663highland/wikimedia]
Menjelajah salah satu danau di Shiretoko [foto: 663highland/wikimedia]

3. Daisetsuzan National Park

Jika Shiretoko memegang rekor tersendiri karena menjadi satu-satunya taman nasional di Hokkaido yang masuk dalam daftar situs warisan dunia, maka Daisetsuzan ini memegang rekor sebagai taman nasional terbesar di Hokkaido. Saking besarnya, taman ini lebih luas dari beberapa prefektur kecil yang ada di Jepang.

Daisetsuzan ini menjadi surga bagi para pecinta aktifitas outdoor seperti mereka yang suka melakukan hiking maupun camping karena memiliki area pegunungan yang masih sangat terjaga kealamiannya. Namun Daisetsuzan juga menarik karena memiliki beberapa resor onsen yang ada di dekat Daisetsuzan, sehingga wisatawan bisa merasakan berendam di air panas sambil menikmati suasana alam yang indah.

Salah satu jembatan yang melintasi danau di Daisetsuzan [foto: Soica2001/wikimedia]
Salah satu jembatan yang melintasi danau di Daisetsuzan [foto: Soica2001/wikimedia]

4. Furano

Kota yang satu ini populer karena memiliki ladang bunga lavender yang super luas, yang akhirnya menjadi daya tarik utama wisata di kota tersebut. Namun, jika musim mekarnya bunga Lavender (yaitu di musim panas) telah berlalu, Furano tetap menarik untuk dikunjungi karena di kota ini terdapat aneka ladang bunga dari jenis lainnya yang mekar di musim semi maupun musim gugur.

Adapun atraksi yang disarankan untuk dicoba di tempat ini adalah menaiki Lavender Bus yang akan membawa wisatawan menjelajah ladang Lavender, maupun menaiki kereta Furano-Biei Norokko Train yang akan melewati berbagai ladang bunga dengan pemandangan yang indah.

Ladang Lavender di Furano [foto: titanium22/wikimedia]
Ladang Lavender di Furano [foto: titanium22/wikimedia]

5. Otaru

Kota pelabuhan kecil namun memiliki pelabuhan terbesar di Hokkaido. Otaru populer karena memiliki kanal dan terdapat bangunan-bangunan bekas gudang yang kini diubah menjadi restoran, museum, dan toko-toko.

Salah satu aktifitas yang direkomendasikan saat berada di Otaru adalah berjalan-jalan menyusuri tepi kanal sambil menikmati suasana; atau menyusuri Sakaimachi Street, sebuah kawasan preservasi yang memiliki banyak bangunan dengan gaya arsitektur Barat. Otaru ini juga menjadi tuan rumah untuk Otaru Snow Light Path Festival, sebuah festival musim dingin yang biasa digelar pada awal Februari.

Kanal di Otaru [foto: Komatta/wikimedia]
Kanal di Otaru [foto: Komatta/wikimedia]

6. Akan National Park

Taman nasional yang berada di sisi timur Hokkaido ini populer karena memiliki 3 danau yang memiliki keindahan luar biasa, yaitu Danau Akan, Danau Mashu, dan Danau Kussharo. Danau Akan merupakan sebuah danau yang menjadi rumah bagi marimo, jenis alga langka berbentuk bola-bola hijau.

Danau Masshu disebut-sebut sebagai danau terindah di Jepang karena memiliki air yang super jernih sehingga bisa memantulkan awan dan gunung disekitarnya dengan begitu jelas. Sedangkan Danau Kussharo merupakan danau terbesar di taman nasional ini yang meiliki beberapa outdoor onsen (rotenburo) di sekitar danau yang beberapa diantaranya bisa digunakan secara gratis.

Danau Masshu [foto: Newton4ever/wikimedia]
Danau Masshu [foto: Newton4ever/wikimedia]

7. Noboribetsu

Dari sekian banyak resor onsen yang terdapat di Hokkaido, Noboribetsu ini disebut-sebut sebagai resort onsen yang paling populer. Di tempat ini terdapat 11 jenis air panas alami yang beberapa diantaranya memiliki kualitas air terbaik di Jepang, serta memiliki banyak hotel dan ryokan.

Di Noboribetsu ini juga terdapat Jigokudani atau lembah neraka, sebuah lembah yang menjadi sumber air panas bagi resor onsen. Ngomong-ngomong, area Jigokudani ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan populer sebagai salah satu destinasi hiking di Hokkaido.

Jigokudani di Noboribetsu Onsen [foto: 663highland/wikimedia]
Jigokudani di Noboribetsu Onsen [foto: 663highland/wikimedia]

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username wikimedia.

20 Destinasi Wisata Favorit Di Hokkaido (Part 2 END)

Comments

comments