fbpx
Home Guides 20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler Di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 2)

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler Di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 2)

Tak dapat dipungkiri jika Tokyo memang merupakan kota wisata terpopuler di Jepang. Namun karena Jepang tak hanya terdiri dari Tokyo saja, maka menarik juga untuk melihat kota mana saja yang menjadi tujuan wisata terpopuler di negara Jepang. Untuk 7 kota terpopuler bagian pertama, kalian bisa melihatnya dalam tulisan 20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (1).

8. Kobe

Sudah sejak lama Kobe menjadi kota pelabuhan penting bagi Jepang. Kota yang termasuk salah satu dari 10 kota terbesar di Jepang ini juga dikenal sebagai salah satu kota yang paling atraktif. Di kota ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktifitas di sekitar waterfront, mengunjungi obyek wisata populer seperti Chinatown, maupun naik kereta gantung dan melihat-lihat keindahan kota dari ketingian.

Kobe dilihat dari Gunung Shisho-zan [foto: Pinqui/wikimedia]
Kobe dilihat dari Gunung Shisho-zan [foto: Pinqui/wikimedia]

9. Nagoya

Penggemar group idol SKE48 mungkin sudah mengenal kota Nagoya karena memang di kota inilah markasnya sister group dari AKB48 itu (SKE sendiri merupakan singkatan dari Sakae, sebuah distrik di Nagoya. Tak hanya menjadi tuan rumah dari group idol tersebut, kota terbesar keempat di Jepang ini menjadi tuan rumah untuk Toyota (merk mobil ternama dari Jepang).

Terdapat beberapa tour dan museum yang berkaitan dengan Toyota, yang menariknya, sebagian bisa di akses secara cuma-cuma. Nagoya juga memiliki beberapa obyek wisata populer seperti Nagoya Castle, aneka kuil, dan juga area pelabuhan yang dibangun menjadi sebuah kompleks terpadu lengkap dengan kawasan hiburan, akuarium, dan museum.

Nagoya Castle [foto: Base64/wikimedia]
Nagoya Castle [foto: Base64/wikimedia]

10. Hakone

Kota di prefektur Kanto ini populer sebagai salah satu side-trip dari Tokyo karena bisa ditempuh pulang pergi dari Tokyo. Saya pernah mengupas tentang kota Hakone dalam tulisan Another Trip from Tokyo (1): Hakone, termasuk membahas daya tarik utama dari kota tersebut yaitu aneka moda transportasinya yang beragam (baca disini: Aneka Transportasi Unik di Hakone (1) dan Aneka Transportasi Unik di Hakone (2-end)). Hakone juga populer sebagai salah satu kota dengan onsen terbaik dan punya manfaat beragam (baca disini: Mengenal Aneka Jenis Onsen di Hakone, Mulai Onsen Kecantikan Hingga Diet) dan juga populer sebagai kota dengan pemandangan terbaik ke arah Gunung Fuji karena memang posisinya cukup berdekatan dengan gunung tersebut.

Hakone [foto: Batholith/wikimedia]
Hakone [foto: Batholith/wikimedia]

11. Nikko

Nikko (baca: Another Trip from Tokyo (2): Nikko) termasuk salah satu kota di Jepang yang terkenal akan keindahan alamnya, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan “Never say kekko until you’seen Nikko” (jangan pernah merasa puas sebelum melihat Nikko). Kota ini menjadi tuan rumah untuk beberapa situs warisan dunia versi UNESCO.

Nikko juga punya area pegunungan yang sangat eksotis, Okunikko, yang menjadi salah satu tempat terbaik di Jepang untuk menikmati suasana di musim gugur . Resor onsen populer yaitu Kinugawa Onsen pun terdapat di Nikko, dan karena kota ini hanya berjarak 1,5 jam-an dari Tokyo, cocok juga dikunjungi sebagai side-trip dari Tokyo. Hanya saja, karena memang kota ini sangatlah menarik, disarankan untuk menginap 1-2 hari di Nikko agar bisa lebih menikmati keindahan Nikko secara maksimal.

Shinkyo Bridge di Nikko [foto: DXR/wikimedia]
Shinkyo Bridge di Nikko [foto: DXR/wikimedia]

12. Miyajima

Miyajima sejatinya merupakan nama sebuah pulau yang populer dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Hiroshima, karena jarak tempuhnya memang kira-kira kurang dari satu jam saja dari kota tersebut. Miyajima khususnya dikenal sebagai the Shrine Island (baca disini: Visit Miyajima, the Shrine Island) karena disini terdapat kuil yang dikenal sebagai salah satu kuil paling suci di Jepang, yaitu Itsukushima Shrine.

The floating torii di Itsukushima Shrine [foto: Jordy Meow/wikimedia]
The floating torii di Itsukushima Shrine [foto: Jordy Meow/wikimedia]

13. Himeji

Kota ini khususnya populer karena memiliki Himeji Castle yang dikenal sebagai salah satu kuil paling asli di seluruh Jepang. Himeji Castle ini tak hanya populer karena keotentikannya saja, namun karena kastil ini juga dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati mekarnya bunga Sakura di musim semi. Asyiknya lagi sih karena kota ini bisa dicapai dengan perjalanan kurang dari 1 jam dari Osaka maupun Kyoto.

Himeji Castle [foto: Alisdair/wikimedia]
Himeji Castle [foto: Alisdair/wikimedia]

14. Fukuoka

Kota terbesar di pulau Kyushu yang sekaligus termasuk dalam salah satu dari 10 kota terbesar di Jepang ini sudah lama dikenal sebagai salah satu kota dengan pelabuhan terpenting. Jadi jangan heran jika area waterfront di kota ini sangatlah berkembang dan akhirnya menjadi salah satu daya tarik wisata utamanya.

Salah satu yang cukup terkenal di kota ini adalah Momochi Seaside Park dan Canal City, sebuah kompleks pusat perbelanjaan dan hiburan yang berada di tepi kanal di Fukuoka. Ngomong-ngomong, kota ini juga menjadi basecamp dari salah satu sister group dari AKB48 lho, yaitu HKT48 (alias Hakata48) yang teaternya berada di HKT48 Theater di Hawks Town, Hakata, kota Fukuoka. Jadi bagi yang ngefans dengan 48 Family, bisa sekalian berkunjung ke kotanya HKT48 ini.

Ternyata menulis tentang 20 kota terpopuler di Jepang lebih panjang dari yang saya rencanakan (karena saya ingin lebih dari sekedar menuliskan judul-judul saja tanpa informasi apapun). Saya akan lanjutkan sedikit lagi di tulisan selanjutnya yah.

Canal City, Hakata, Fukuoka [foto: Pontafon/wikimedia]
Canal City, Hakata, Fukuoka [foto: Pontafon/wikimedia]

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

***

Baca juga:

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 1)

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 3 END)

Comments

comments