Saya akan melanjutkan sedikit lagi tentang 20 kota wisata terpopuler di seluruh Jepang. 14 kota wisata terpopuler di Jepang, mulai dari Tokyo hingga Fukuoka, sudah saya ulas dalam 20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (1) dan 20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (2). Jadi dalam tulisan ini saya akan fokus membahas sisa 6 kota lainnya, yang kali ini akan saya mulai dari salah satu tempat yang populer sebagai side-trip dari Tokyo, yaitu Fuji Five Lakes.

15. Fuji Five Lakes

Fuji Five Lakes alias Fujigoko merupakan sebuah wilayah yang terletak di kaki Gunung Fuji. Fujigoko ini menjadi tuan rumah untuk salah satu taman bermain dengan roller coaster yang memiliki rekor kelas dunia, Fuji Q Highland. Namun tentu saja Fuji Five Lakes ini tak hanya berisi Fuji Q Highland saja.

Di area ini, sesuai dengan namanya (Fuji Five Lakes yang berarti 5 Danau Fuji), terdapat 5 danau yang populer dikunjungi oleh mereka yang tertarik melakukan berbagai aktifitas bernuansa alam seperti hiking dan camping. Dan karena Fujigoko ini lokasinya berada di kaki Gunung Fuji, yang notabene adalah gunung terpopuler di Jepang, area ini juga menarik untuk dijadikan sebagai basecamp bagi mereka yang tertarik untuk menaklukkan gunung tertinggi di Jepang ini.

Gunung Fuji dilihat dari Danau Kawaguchiko di wilayah Fuji Five Lakes [foto: Midori/wikimedia]
Gunung Fuji dilihat dari Danau Kawaguchiko di wilayah Fuji Five Lakes [foto: Midori/wikimedia]

16. Sapporo

Sapporo merupakan ibukota prefektur Hokkaido, prefektur yang berada di sisi utara Jepang, sekaligus menjadi kota terbesar kelima di negara Matahari Terbit itu (yang berarti termasuk dalam jajaran kota terbesar di wilayah Hokkaido).

Sapporo menjadi tuan rumah untuk beberapa festival keren, misalnya saja Sapporo Snow Festival yang populer hingga ke mancanegara. Jika Hokkaido merupakan destinasi wisata kalian selama berada di Jepang, maka Sapporo jelas wajib masuk dalam daftar wisata kalian.

Odori Park di Sapporo [foto: Nkns/wikimedia]
Odori Park di Sapporo [foto: Nkns/wikimedia]

17. Narita

Saat mendengar nama Narita, akui saja jika yang pertama terbayang adalah Narita International Airport alias Bandara Internasional Narita. Yaps, Narita memang nama sebuah bandara; namun itu juga merupakan nama sebuah kota yang terletak di Prefektur Chiba. Saya pernah mengulas kota ini dalam tulisan Side Trip from Tokyo (5): Narita.

Sebagai kota yang memiliki salah satu bandara tersibuk di Jepang, Narita ini punya banyak daya tarik wisata yang populer dikunjungi khususnya oleh wisatawan yang memiliki waktu transit yang cukup luang.

Narita International Airport terminal 1 [foto: Nanashinodensyaku/wikimedia]
Narita International Airport terminal 1 [foto: Nanashinodensyaku/wikimedia]

18. Nagasaki

Kota Nagasaki merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di Jepang dan menjadi kota pertama yang melakukan kontak dengan pihak asing saat Jepang berada dalam periode Edo yang mengisolasi diri dari dunia luar. Namun nama Nagasaki mungkin baru benar-benar mencuri perhatian saat kota ini menjadi salah satu kota yang dijatuhi bom atom pada Perang Dunia II yang menghancurkan sebagian wilayah kota ini, dan menjadi kota pertama (mudah-mudahan yang terakhir) yang terkena bom atom tipe plutonium.

Sama seperti Hiroshima, Nagasaki juga memiliki beberapa obyek wisata yang mengangkat tema bom atom untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom atom di kota tersebut dan membuat kota ini menjadi salah satu kota terpopuler di Jepang. Hanya saja jika Hiroshima menempatkan seluruh “wisata napak tilas” yang berkaitan dengan bom dalam satu tempat, yaitu Hiroshima Peace Memorial Park, maka Nagasaki membagi area “wisata bom atom”nya dalam 3 zona berbeda, yaitu zone of hopeszone of prayers, dan zone of study.

Kota Nagasaki dilihat dari Hamahira [foto: 663highland/wikimedia]
Kota Nagasaki dilihat dari Hamahira [foto: 663highland/wikimedia]

19. Okinawa

Sebetulnya kalau bicara tentang Okinawa, ada 2 pengertian: apakah bicara tentang Prefektur Okinawa, atau tentang pulau Okinawa. Namun dalam hal ini, yang termasuk kota wisata terpopuler di Jepang adalah Pulau Okinawa yang berada di Prefektur Okinawa.

Pulau Okinawa ini merupakan pulau terbesar dan terpadat di Prefektur Okinawa, dengan ibu kotanya adalah Naha yang terdapat di Okinawa Honto; dimana di Okinawa Honto ini terdapat pangkalan militer Amerika Serikat.

Okinawa Honto ini juga memiliki banyak daya tarik wisata, mulai dari Churaumi Aquarium yang konon merupakan salah satu akuarium terbaik di Jepang, berbagai kuil, reruntuhan kastil, taman, spot wisata alam, dan banyak lagi. Namun tentu saja daya tarik utamanya terletak pada iklimnya yang lebih tropis, berbeda dengan iklim di wilayah Jepang lainnya.

Pantai Namionue di Naha [foto: 663highland/wikimedia]
Pantai Namionue di Naha [foto: 663highland/wikimedia]

20. Kanazawa

Nama Kanazawa mungkin kurang populer di telinga wisatawan Indonesia jika dibandingkan dengan kota-kota lain yang telah saya sebut sebelumnya, seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan mungkin Narita. Namun kota ini cukup menarik lho. Pada periode Edo, kota ini menjadi pusat kekuasaan klan Maeda, klan terkuat setelah klan Tokugawa.

Kota Kanazawa ini juga termasuk salah satu kota yang selamat dari serangan udara saat Perang Dunia II. Jadi jangan heran jika kota ini memiliki nuansa kota tua yang mirip-mirip dengan Kyoto, dan juga memiliki daya tarik wisata keren lainnya seperti kasti, kuil, dan distrik geisha. Ngomong-ngomong, dari Kanazawa ini kalian bisa melakukan side-trip menuju Shirakawa-go dan Gokayama lho (baca disini: Jalan-jalan ke Shirakawa-go dan Gokayama).

Salah satu kawasan di Kanazawa [foto: 金沢市/wikimedia]
Salah satu kawasan di Kanazawa [foto: 金沢市/wikimedia]
Nah, dari 20 kota yang sudah disebutkan dalam 3 bagian tulisan, kota mana yang teman-teman incar untuk dikunjungi saat berwisata ke Jepang? Saya sih tertarik untuk melakukan wisata hatrick ke Kyoto-Osaka-Nara. Mudah-mudahan next time saya bisa buat contoh itinerary untuk mengunjungi ketiga kota tersebut.

Semoga informasinya bermanfaat!

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username wikimedia.

***

Baca juga:

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 1)

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 2)

Comments

comments