Mayoritas traveler yang berminat untuk menjejakkan kaki ke ibukota negara Jepang, yaitu Tokyo, pasti sudah maklum jika moda transportasi utama di Tokyo adalah kereta dan subway , serta bus. Mungkin traveler juga sudah tahu jika di Tokyo ada beberapa bus wisata yang memang bertujuan untuk mengajak wisatawan menikmati keunikan Tokyo dari jalan raya . Namun, tahukah kalian jika di Tokyo terdapat sebuah moda transportasi lain, yaitu water bus?

Water Bus “Himiko” di Sungai Sumida foto : Yoshikazu TAKADA via flickr
Water Bus “Himiko” di Sungai Sumida foto : Yoshikazu TAKADA via flickr

Water bus, alias Suijo Bus, merupakan sebuah moda transportasi air yang melintasi sungai-sungai di Tokyo. Sebagai kota yang terletak di tepi laut, Tokyo memang dilalui oleh banyak sungai -mayoritas berukuran besar- dan pastinya sungai-sungai tersebut sangatlah bersih, sehingga nyaman untuk ditelusuri.

Namun khusus untuk tulisan ini saya ingin fokus membahas KENAPA wisatawan harus mempertimbangkan untuk naik Tokyo Water Bus saat berwisata ke Tokyo. APA sih yang membuat Tokyo Water Bus ini begitu menarik; begitu seksi untuk dilirik oleh para wisatawan? Mari lihat alasan-alasannya berikut ini:

1. Tokyo Water Bus bukan moda transportasi umum, melainkan moda transportasi khusus untuk wisatawan

Interior water bus tipe Himiko. Foto: muza-chan via flickr
Interior water bus tipe Himiko. Foto: muza-chan via flickr

Berbeda dengan kereta, subway, dan juga bus, Tokyo Water Bus ini lebih mengarah pada kendaraan untuk berwisata; bukan untuk berpindah tempat dari satu titik ke titik lain. Memang sih kalian bisa mencapai berbagai spot wisata populer (lihat no 2), namun dengan harga tiket yang relatif lebih mahal dibanding moda transportasi umum di Tokyo, rasanya sulit membayangkan ada penduduk setempat yang sengaja naik Tokyo Water Bus untuk pergi ke sekolah, kampus, maupun tempat kerja, dan sebaliknya.

Keuntungan utama dari naik moda transportasi khusus wisata, selain rutenya yang sengaja dirancang untuk melewati tempat-tempat menarik, juga karena wisatawan hanya akan menemukan orang-orang yang sama-sama hanya berniat untuk berwisata dan menikmati suasana (walau sebetulnya kalian akan jarang sekali menemukan penumpang moda transportasi publik yang nyentrik dan nyeleneh di Tokyo). Beberapa kapal pun memiliki interior yang keren, yang pastinya sulit kalian temukan dari moda transportasi umum biasa.

 

2. Rute Tokyo Water Bus Cukup Banyak, dan Mengakses Berbagai Tempat Wisata Populer

Jika kalian membaca tulisan tentang Tokyo Water Bus pada link di atas, maka kalian dapat melihat jika rute Tokyo Water Bus ini cukup banyak, dan mayoritas memang menghubungkan beberapa spot dengan obyek wisata menarik.

Contohnya saja, Asakusa, Odaiba, Ryogoku, dan banyak lagi. Jadi, sambil berwisata dan menikmati suasana, kalian juga dapat sambil berpindah ke obyek wisata populer berikutnya.

 

3. Menikmati Tokyo Waterfront Itu Paling Keren dari Water Bus

Sumida River Park, taman di tepi sungai Sumida. Foto: Jonellepatrick via flickr
Sumida River Park, taman di tepi sungai Sumida. Foto: Jonellepatrick via flickr

Jika biasanya daerah pinggiran air sungai identik dengan kekumuhan, jangan harap kalian akan menemukan hal tersebut di Tokyo. Justru, daerah pinggiran sungai di Tokyo rata-rata dirancang dengan baik, menarik, dan sebagian diantaranya dimanfaatkan untuk ruang publik. Contohnya saja pinggiran sungai Sumida, yang diolah menjadi sebuah taman.

Tak hanya dapat menikmati daerah pinggiran sungai yang tertata dengan baik, kalian juga dapat menikmati skyline kota Tokyo dari arah sungai. Paling mantap dilakukan saat malam hari, yaitu ketika lampu-lampu mulai menyala dan mewarnai langit malam kota Tokyo. Atau, kalian bisa sekedar bersantai sambil menikmati area tepi sungai di Tokyo yang suasananya selalu berubah di keempat musim.

 

4. Ada Banyak Tipe Kapal yang bisa dicoba, mulai dari tipe klasik, modern, hingga mewah

Water bus tipe Himiko. Foto: Dominique Bonnet/Google+
Water bus tipe Himiko. Foto: Dominique Bonnet/Google+
Karena water bus ini memang dirancang untuk berwisata, jadi nggak heran jika desainnya pun sangat beragam. Ada yang bertipe biasa, dilengkapi dengan open deck, bergaya modern seperti pesawat luar angkasa, hingga bergaya klasik.
Jenis layanannya pun beragam, mulai dari yang hanya menawarkan tempat duduk saja hingga dilengkapi dengan paket makan malam. Jadi, naik Tokyo Water Bus ini sendiri bisa disebut sebagai salah satu aktifitas wisata, dan jelas berbeda dari moda transportasi biasa.

5. Sungai-sungai di Tokyo dilintasi oleh berbagai jembatan dengan desain yang beragam

Kachidoki Bridge, salah satu jembatan ikonik yang dilalui oleh Tokyo Water Bus. Foto: lovelyworld via flickr
Kachidoki Bridge, salah satu jembatan ikonik yang dilalui oleh Tokyo Water Bus. Foto: lovelyworld via flickr

Water Bus melaju di sungai, dan sungai pastinya akan dilintasi oleh beberapa jembatan. Menariknya, jembatan-jembatan di Tokyo tak sedikit yang dirancang dengan bentuk yang unik dan akhirnya menjadi landmark tersendiri. Misalnya saja Rainbow Bridge dan Kachidoki Bridge. Hanya dengan naik Tokyo Water Bus-lah kalian dapat menikmati keindahan dan keunikan jembatan-jembatan tersebut dalam satu kesempatan.

 

6. Naik Tokyo Water Bus itu memberikan pengalaman wisata yang unik, jika dibandingkan dengan sekedar naik kereta, subway, maupun bus biasa

Naik water bus memberikan pengalaman wisata yang unik. Foto: meetup via flickr
Naik water bus memberikan pengalaman wisata yang unik. Foto: meetup via flickr

Dengan mempertimbangkan point 1-5, sudah bisa dibayangkan bukan jika naik Tokyo Water Bus pastinya akan memberikan kalian pengalaman wisata yang unik jika dibandingkan sekedar pergi dari titik A ke B; plus kalian tetap bisa mengakses berbagai spot wisata populer menggunakan bus air ini.

Dan sebetulnya, harga tiketnya pun nggak menguras kantong kok, karena tersedia dari kira-kira 200 yen* hingga 1500 yen* (tergantung rutenya); walau harga tersebut bisa naik berkali-kali lipat jika kalian memesan paket makan yang durasi perjalanannya pun bisa beberapa kali lipat dibanding perjalanan biasa (bisa mencapai 1,5-2 jam).

Jadi, untuk sebuah pengalaman wisata yang lengkap saat berwisata di Tokyo, nggak ada ruginya kok mencoba Tokyo Water Bus ini!

 

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

 

baca juga :

[Sample Itinerary Tokyo] Wisata Hemat

Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik

Takao-San, Gunung Paling Populer Di Tokyo

Comments

comments