fbpx
Home Guides Alternatif Lain Bagi Yang Ingin Makan Dan Nginap Gratis Di Jepang (+...

Alternatif Lain Bagi Yang Ingin Makan Dan Nginap Gratis Di Jepang (+ Negara Lainnya)

via aysofwanderers.com
via aysofwanderers.com

Pada tulisan saya yang berjudul Siapa Bilang Akomodasi di Jepang itu Mahal, saya menulis tentang program WWOOF Japan sebagai salah satu solusi bagi yang ingin menginap dan makan gratis di Jepang. Detail tentang program tersebut telah saya ulas lebih detail pada artikel ini. Jadi bagi yang ingin mengenal program WWOOF Japan, bisa baca dulu tulisan saya melalui link di atas.

Tertarik untuk mengikuti program WWOOF Japan? Tunggu, jangan buru-buru dulu. Kali ini saya ingin mengulas program sejenis lainnya yang mirip-mirip dengan WWOOF Japan. Siapa tahu bisa membantu menambah informasi bagi Jalan2ers yang memang tertarik untuk makan dan nginap gratis di Jepang.

Sebetulnya sih nggak betul-betul gratis, karena seperti WWOOF Japan, wisatawan harus bekerja sejumlah waktu tertentu sebagai pengganti akomodasi dan makanan yang disediakan oleh host. Namun ada beberapa perbedaan dengan WWOOF Japan yang membuat program-program tersebut menarik untuk dipertimbangkan.

Adalah HelpX (Help Exchange) dan Workaway, 2 program yang saya maksud. Sebetulnya, ada banyak program sejenis WWOOF Japan yang menawarkan kesempatan untuk makan dan menginap gratis di Jepang selama wisatawan (dalam WWOOF Japan wisatawan akan disebut sebagai WWOOFers) bersedia bekerja selama kurun waktu tertentu pada host (sebutan bagi tuan rumah yang menyediakan pekerjaan temporer bagi wisatawan). Namun khusus untuk tulisan ini saya ingin berbagi informasi tentang program HelpX dan Workaway.

Sama seperti WWOOF Japan, HelpX dan Workaway merupakan 2 program yang menjembatani wisatawan yang tertarik untuk bekerja selama beberapa jam pada host untuk ditukar dengan makan dan akomodasi gratis. Pada HelpX, wisatawan akan disebut sebagai helper atau HelpXers; sementara pada Workaway disebut sebagai workawayers.

Jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh para host di kedua program tersebut tak jauh berbeda dengan WWOOF Japan. Ada yang menawarkan pekerjaan di pertanian, peternakan, penginapan, restoran, hingga menjadi tutor bahasa Inggris. Anda bisa memilih sendiri host yang menawarkan jenis pekerjaan yang paling sesuai, atau menunggu dihubungi oleh host yang tertarik dengan profil Anda.

Bagaimana dengan jumlah jam kerjanya?

Jumlah jam kerjanya sendiri bervariasi tergantung pada host masing-masing, biasanya mulai dari 2-6 jam per-hari selama 5-6 hari dalam seminggu. Namun ada juga host yang meminta parahelpXers maupun workawayers untuk bekerja selama 8 jam sehari agar bisa libur penuh di akhir pekan.

Ada juga yang hanya membutuhkan pekerja untuk 2 jam per-hari untuk ditukar dengan akomodasi gratis (tanpa makan), jadi helpXers/workawayers harus mencari makan sendiri. Waktu tinggal bersama host pun bervariasi, tidak harus melulu hingga berbulan-bulan. Jadi sekali lagi semuanya tergantung kesepakatan dengan host.

Kalau begitu, nggak jauh beda dengan WWOOF Japan dong? Lalu ada perbedaan nggak antara HelpX dan Workaway dengan WWOOF Japan?

Program HelpX dan Workaway memang sekilas tak berbeda jauh dengan WWOOF Japan, namun tetap saja ada beberapa perbedaan diantara program-program tersebut. Masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. HelpX dan Workaway menyediakan informasi host dari berbagai negara di dunia.

Jadi Jepang hanya menjadi salah satu jaringan yang terdapat di kedua program tersebut. Keunggulannya, helpXers dan workawayers bisa langsung melakukan browsing untuk mencari host di berbagai negara pada satu website saja dan cukup dengan 1 keanggotaan saja. Kelemahannya, sejauh ini daftar host untuk wilayah Jepang yang tercantum di kedua website tersebut jumlahnya masih sangat terbatas.

Sementara WWOOF Japan khusus menyediakan aneka informasi bagi WWOOFers yang ingin wisata sambil bekerja pada host di Jepang saja. Keunggulannya, aneka informasi dan alternatif host untuk WWOOF Japan pun lebih banyak dibanding ke dua program lainnya. Host-nya pun tersebar di berbagai penjuru Jepang, dengan jumlah pilihan pekerjaan yang bervariasi.

Namun jika ingin mencari host di luar Jepang, WWOOFers harus masuk ke website WWOOF internasional karena WWOOF Japan hanya salah satu jaringan dalam WWOOF internasional. WWOOFers juga tidak bisa menggunakan keanggotaan di WWOOF Japan untuk mengakses host di negara lain.

Untuk prosedur umum, antara HelpX, Workaway, dan WWOOF Japan pun hampir mirip. Pada Workaway dan WWOOF Japan, wisatawan harus melakukan login dan mendaftar biaya keanggotaan sebelum dapat mengakses beragam informasi tentang host dan membuat kontak dengan host yang diinginkan.

HelpX menerapkan aturan yang sedikit berbeda. Wisatawan bisa melakukan registrasi gratis dan membuat profil yang memuat self-description (dan dapat dihubungi oleh host yang berminat dengan profil Anda), dan baru membayar jika tertarik untuk mencari maupun melakukan kontak dengan host.

Perbedaan lainnya terletak pada biaya keanggotaan di masing-masing program. Biaya keanggotaan di WWOOF Japan adalah ¥5500 untuk setahun pertama (setara Rp.660000 untuk kurs ¥1 = Rp.120) dan biayanya akan menjadi ¥5000 untuk tahun kedua, ¥3000 untuk keanggotaan tahun ketiga dan keempat (setara dengan Rp.360000 untuk ¥1 = Rp.120), serta ¥1500 untuk tahun kelima dan seterusnya.

HelpX dan Workaway menetapkan biaya keanggotaan yang lebih bersahabat. Untuk HelpX, biayanya adalah EUR 20 untuk 2 tahun (setara dengan Rp.280000 untuk EUR 1 = Rp.14000). Untuk Workaway biayanya EUR 22 untuk 2 tahun, atau EUR 29 untuk keanggotaan 2 orang (pasangan maupun teman) selama 2 tahun.

Lumayan bersahabat, bukan? Masalah biaya keanggotaan ini termasuk salah satu point yang membuat HelpX dan Workaway layak dipertimbangkan oleh Jalan2ers yang ingin mencari alternatif selain WWOOF Japan.

Oya, prosedur pembayaran untuk HelpX dan Workaway bisa melalui PayPal, kartu kredit, maupun setor langsung via bank; dan diharapkan hanya yang berusia 17-18 tahun ke atas yang mendaftar sebagai member (karena agak sulit mencari pekerjaan bagi yang berusia dibawah 17 tahun).

Sudah tahu bedanya antara HelpX, Workaway, dan WWOOF Japan? Tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan oleh HelpX maupun Workaway? Untuk informasi yang lebih lengkap, bisa langsung mampir ke website resmi HelpX dan Workaway (klik link).

Untuk melihat daftar host di Jepang, tinggal memilih negara Jepang di kedua website tersebut atau bisa juga melihat-lihat informasi host yang ada di berbagai negara. Semoga infonya bermanfaat..

 

baca juga :

Mau Makan Dan Tidur ‘gratis’ Di Maldives? Baca Infonya Disini.

Homestay Di Korea Selatan? Ikutan Koreastay Saja!

Comments

comments