fbpx
Home Guides Aneka Transportasi Unik Di Hakone (Part 1)

Aneka Transportasi Unik Di Hakone (Part 1)

2 tulisan saya sebelumnya tentang Hakone, yaitu Another Trip from Tokyo (1): Hakone dan Mengenal Aneka Jenis Onsen di Hakone, Mulai Onsen Kecantikan hingga Diet, sudah membahas beberapa poin penting tentang Hakone. Sekarang saya ingin berbagi informasi seputar transportasi di Hakone.

Lha, kok transportasi? Kenapa nggak membahas tentang aneka tempat wisata menarik di Hakone saja? Nah, untuk informasi awal, aneka moda transportasi di Hakone ini variasinya cukup banyak, nggak hanya sebatas “kereta” dan “bus” saja. Ada jenis transportasi unik lainnya seperti cable car hingga kereta gantung.

Bahkan untuk mencapai Hakone (dari Tokyo) pilihan transportasinya cukup beragam, mulai dari naik bus highway, naik kereta biasa, atau naik Romancecar. Bingung kan? Daripada bingung, mending langsung kenalan saja yuk dengan aneka moda transportasi menuju Hakone dan juga transportasi di kota Hakone. Saya akan mulai dulu dari moda transportasi yang bisa digunakan untuk mengakses Hakone.

Transportasi menuju Hakone

Odakyu Romancecar

Dalam tulisan Another Trip from Tokyo (1): Hakone, saya sudah menyinggung sekilas tentang aneka moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Hakone, salah satunya adalah menggunakan Odakyu Railway. Sebetulnya jalur Odakyu Railway tersebut lebih populer dengan nama Romancecar yang termasuk jenis limited express. Untuk naik kereta ini, wisatawan harus melakukan reservasi lebih dulu karena semua jenis kursinya merupakan reserved seat.

Apa bedanya Romancecar ini dengan kereta biasa? Romancecar ini menghubungkan Shinjuku dengan beberapa tempat tujuan wisata populer antara lain Kamakura, Enoshima, dan Hakone. Jalurnya melewati tempat-tempat dengan pemandangan yang indah mulai dari pedesaan, pegunungan, lautan, dan jika beruntung bisa juga sambil melihat Gunung Fuji.

Sisi menariknya, kereta ini memiliki observation deck di bagian depan maupun belakang kereta (khusus untuk tipe 50000 dan 7000) sehingga wisatawan bisa lebih puas menikmati suasana. Sama seperti bangku lainnya, bangku observation deck ini juga harus dipesan terlebih dulu.

Inilah penampakan dari Romancecar Odakyu Railway:

Romancecar tipe 50000 [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Romancecar tipe 50000 [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Observation seat di Romancecar tipe 50000 [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Observation seat di Romancecar tipe 50000 [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Tangga untuk naik ke ruang masinis yang ada di lantai atas [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Tangga untuk naik ke ruang masinis yang ada di lantai atas [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Dan ini romancecar tipe 7000:

Romancecar tipe 7000 [foto: Sui-setz/wikimedia]
Romancecar tipe 7000 [foto: Sui-setz/wikimedia]
Observation seat di Tipe 7000
Observation seat di Tipe 7000

Sebetulnya tipe romancecar tidak hanya 2 itu saja. Namun yang memiliki observation deck hanya tipe 50000 dan 7000 saja. Berikut salah satu contoh penampakan romancecar lainnya:

Romancecar seri 6000 [foto: Toshinori Baba/wikimedia]
Romancecar seri 6000 [foto: Toshinori Baba/wikimedia]
Untuk prosedur pembelian tiket, reservasi bisa dilakukan mulai dari jam 10.00 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan yang diinginkan hingga 45 menit sebelum waktu berangkat.

Pembelian dan pembayaran tiket bisa dilakukan di vending machine yang ada di stasiun sebelum waktu keberangkatan yang diinginkan, atau membeli melalui online. Namun ingat, pembayaran jangan melebihi waktu keberangkatan. Lewat dari itu, kursi otomatis dibatalkan tanpa ada refund. Berikut penampakan vending machine Romancecar:

Vending machine romancecar [foto: Lover of Romance/wikimedia]
Vending machine romancecar [foto: Lover of Romance/wikimedia]
Masih banyak detail lain dari Odakyu Romancecar ini, hanya saja nanti topik pembahasannya bisa melenceng jauh dari topik tentang Hakone. Jadi untuk Odakyu Romancecar ini akan saya tunda dan saya bahas secara lebih detail lengkap dengan rute-rutenya dalam tulisan terpisah ya.

Highway Bus (Odakyu Hakone Highway Bus)

Highway bus alias bus jalan tol yang menuju Hakone ini juga dikelola oleh Odakyu. Sama seperti Romancecar, untuk naik Odakyu Hakone Highway Bus ini harus melakukan reservasi terlebih dulu yang bisa dilakukan mulai dari 2 bulan sebelum hari keberangkatan yang diinginkan hingga sampai hari H. Pembayarannya pun bisa dilakukan mulai dari sebulan sebelum keberangkatan hingga saat waktunya berangkat. Penampakan Odakyu Hakone Highway Bus seperti berikut ini:

Odakyu Hakone Highway Bus [foto: 103momo/wikimedia]
Odakyu Hakone Highway Bus [foto: 103momo/wikimedia]
Jika ingin naik bus ini, tiketnya bisa di beli di kantor Odakyu Highway Bus yang berada di depan halte bus Shinjuku, tak jauh dari West Exit di Stasiun Shinjuku. Tata cara naik bus ini antara lain naik dari pintu depan, namun jangan lupa perhatkan tujuan yang tertera di bagian depan bus agar tidak kesasar ke tujuan lainnya.

Jika menggunakan Hakone Freepass, tunjukkan kartu tersebut sebelum naik dan sebelum turun. Namun perhatikan, Hakone Freepass ini hanya berlaku untuk area tertentu saja (detail menyusul).

Transportasi di Hakone

Sebetulnya masih ada satu moda transportasi lagi untuk menuju ke Hakone, yaitu menggunakan kereta JR. Namun berhubung detail tentang naik kereta JR sama saja dengan naik kereta lainnya, jadi saya skip saja dan langsung membahas tentang transportasi di Hakone.

Ada beberapa jenis moda transportasi di Hakone. Ada yang memang efektif untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, ada juga yang lebih sebagai transportasi wisata untuk melihat-lihat berbagai spot wisata di Hakone. Secara garis besar, inilah aneka moda transportasi di Hakone:

  • Hakone Tozan Train,
  • Hakone Tozan Bus,
  • Hakone Tozan Cable Car,
  • Hakone Ropeway, dan
  • Hakone Sightseeing Cruise

Banyak kan? Mari kita “kenalan” satu persatu, dimulai dari Hakone Tozan Train lebih dulu.

Hakone Tozan Train/Hakone Tozan Railway

Kereta ini bukan sekedar kereta biasa untuk bepergian dari satu titik ke titik lain. Jalur Hakone Tozan Train ini melewati jalur kereta tua di pegunungan yang melewati banyak pemandangan indah. Model keretanya tidak terlalu besar, dengan rata-rata desainnya bergaya antik sehingga disukai oleh penggemar kereta.

Hakone Tozan train melintasi jalur-jalur yang eksotis sehingga disukai oleh wisatawan [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Hakone Tozan train melintasi jalur-jalur yang eksotis sehingga disukai oleh wisatawan [foto: Cassiopeia Sweet/wikimedia]
Hakone Tozan Train ini bergerak di jalur Hakone Tozan Line, dan jalurnya terbagi 2: bagian bawah (bergerak dari Odawara ke Stasiun Hakone-Yumoto) dan bagian atas (dari Stasiun Hakone-Yumoto ke Stasiun Gora). Detail rute dan waktu tempuh yang diperlukan untuk menyelesaikan satu putaran ini adalah sebagai berikut:

Stasiun Gora – Stasiun Shokoku-no-mori (2 menit) – Stasiun Kowakidani (3 menit) – Stasiun Miyanoshita (7 menit) – Stasiun Ohiradai (10 menit) – Stasiun Tonosawa (14 menit) – Stasiun Hakone-Yumoto (3 menit).

Penampakan Hakone Tozan Train ini sebagai berikut:

Hakone Tozan Train [foto: Toshinori Baba/wikimedia]
Hakone Tozan Train [foto: Toshinori Baba/wikimedia]
Jika tertarik untuk naik kereta ini, paling indah jika naik di bulan Juni dan Juli karena jalurnya akan melewati ribuan bunga ajisai (kembang bokor) yang bermekaran di sepanjang jalur dan akan diberi iluminasi khusus saat malam hari.

Kereta dan bunga Ajisai [foto: PD-self/wikimedia]
Kereta dan bunga Ajisai [foto: PD-self/wikimedia]
Kereta ini cukup menarik bukan? Untuk naik dari Odawara hingga Gora, harga tiketnya 670 yen (untuk dewasa) dan setengah harga untuk anak usia 6-11 tahun. Namun jika ingin turun di berbagai stasiun lainnya, harga tiketnya bisa lebih murah, antara 270 yen hingga 400 yen. Cukup terjangkau bukan?

Interior Hakone Tozan Train [foto: PekePON/wikimedia]
Interior Hakone Tozan Train [foto: PekePON/wikimedia]
Oya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum naik kereta ini. Pembelian tiket bisa dibeli di berbagai vending machine yang ada di setiap stasiun. Namun ada beberapa stasiun tertentu yang tidak memiliki vending machine. Jika kebetulan naik dari stasiun seperti itu, teman-teman bisa membeli tiket langsung dari konduktor dengan menyebutkan nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

***

Untuk jenis transportasi lainnya, menyusul yah. Saya juga rencananya akan mengulas Hakone Freepass yang pastinya bermanfaat untuk wisatawan.

***

Aneka Transportasi Unik Di Hakone (Part 2 END)

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments