fbpx
Home Guides Aneka Transportasi Unik Di Hakone (Part 2 END)

Aneka Transportasi Unik Di Hakone (Part 2 END)

Lanjut lagi tentang aneka transportasi unik yang ada di Hakone. Pada tulisan bagian pertama yang bisa dibaca disini: Aneka Moda Transportasi Unik di Hakone (1) saya sudah memperkenalkan tentang Odakyu Romancecar, Odakyu Hakone Highway Bus, dan juga tentang Hakone Tozan Train yang melewati rute-rute eksotis. Jadi untuk tulisan ini saya akan lanjut menulis tentang moda transportasi lainnya yang akan saya mulai dari Hakone Tozan Bus. Eh iya, supaya lebih nyambung, jangan lupa baca juga seri tulisan tentang Hakone lainnya yaitu Another Trip from Tokyo (1): Hakone dan Mengenal Aneka Jenis Onsen di Hakone, Mulai dari Onsen Kecantikan hingga Diet.

Hakone Tozan Bus

Bus ini merupakan bus yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu titik ke titik lain di Hakone dan populer untuk mengakses berbagai tempat wisata di Hakone. Dengan kata lain, inilah bus wisata umum di Hakone. Untuk naik ini secara prinsip tak berbeda dengan naik bus pada umumnya di Jepang, yaitu naik dari pintu depan, lalu mengambil tiket dari mesin khusus (atau tunjukkan kartu frepass seperti Hakone Freepass, jika ada), dan selanjutnya tinggal duduk manis.

Saat akan turun, pencet tombol untuk berhenti (jadi jangan teriak-teriak ya!) dan bayar sesuai jarak tempuh. Biasanya tarif akan ditampilkan di bagian depan bus (bagian atas). Penampakan Hakone Tozan Bus seperti berikut ini:

Salah satu bus Hakone Tozan bus [foto: Lover of Romance/wikimedia]
Salah satu bus Hakone Tozan bus [foto: Lover of Romance/wikimedia]
Tempat mengambil tiket dalam bus [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
Tempat mengambil tiket dalam bus [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
 

Perlu diketahui, bus ini bergerak dalam rute masing-masing. Rute bus ditunjukkan dengan huruf yang ada di bagian depan bus (T, H, G, Z, J, U) yang masing-masing mewakili jalur yang berbeda. Jadi sebelum naik bus di Hakone, sangat penting untuk kenali dulu nama tempat tujuan yang ingin dicapai, rute yang harus diambil, dan juga nama halte tempat keberangkatan.

Tujuannya untuk memudahkan saat akan mencari tahu berapa besaran tarif yang harus dibayar. Dan jangan lupa juga memperhatikan nama tempat tujuan yang akan dituju oleh bus tersebut agar tidak tersesat ke tempat lain. Contoh penampilan halte bus di Hakone sebagai berikut:

Salah satu halte bus di Hakone [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
Salah satu halte bus di Hakone [foto: Cassiopeia_sweet/wikimedia]
Lalu berapa harga tiketnya? Harganya sangat bervariasi karena tergantung jarak tempuhnya. Range harganya mulai dari 370 yen hingga 1230 yen untuk dewasa, sementara untuk anak-anak diskonnya hampir 50% dari harga orang dewasa (usia 6-11 tahun).

 

Hakone Tozan Cable Car

Sekilas bentuk moda transportasi ini tak berbeda dengan kereta. Perbedaannya dengan kereta biasa, adalah karena Hakone Tozan Cable Car ini menghubungkan antara Stasiun Sounzan dan Stasiun Gora yang memiliki perbedaan ketinggian hingga 211 meter. Dengan kata lain, Hakone Tozan Cable Car ini merupakan sejenis funicular railway yang berfungsi menghubungkan 2 tempat dengan perbedaan ketinggian yang cukup besar. Penampakan Hakone Tozan Cable Car kira-kira sebagai berikut:

Hakone Tozan Cable Car [foto: Nagara373/wikimedia]
Hakone Tozan Cable Car [foto: Nagara373/wikimedia]

Adapun detil rute yang ditempuh oleh Hakone Tozan Cable Car ini adalah sebagai berikut:

Stasiun Sounzan – Stasiun Kami-Gora (2 menit) – Stasiun Naka-Gora (2 menit) – Stasiun Koen-kami (2 menit) – Stasiun Koen-shimo (1 menit) – Stasiun Gora (2 menit).

Jika dilihat dari rute tersebut, waktu tempuh untuk mencapai stasiun terujung ke stasiun ujung lainnya hanya kira-kira 10 menit saja. Itu karena jarak tempuh antar kedua stasiun terjauh sebetulnya memang hanya 1,2 kilometer saja.

Walau cukup singkat, naik cable car ini menarik lho, khususnya jika teman-teman duduk di bagian belakang (saat akan menanjak) atau di bagian depan (saat jalur turun) karena teman-teman dapat melihat curamnya jalur yang akan dilalui.

Untuk metode pembelian tiket, bisa dilakukan dengan membeli melalui vending machine yang ada di stasiun. Namun perlu diingat, tidak semua stasiun di jalur cable car ini memiliki staff dan juga vending machine. Jika teman-teman naik atau turun di stasiun yang tidak ada staff maupun vending machine, langkah pertama yang harus dilakukan saat akan naik adalah mengambil boarding ticket dari mesin tiket yang ada di pintu masuk.

Selanjutnya adalah membeli tiket dari kondektur yang ada di kereta pertama sebelum turun di tempat tujuan. Sedangkan jika menggunakan tiket terusan seperti Hakone Freepass, jangan lupa untuk menunjukkan tiket terusan tersebut di pintu stasiun.

Hakone Tozan Cable Car di Stasiun Kouensimo, salah satu stasiun yang tidak memiliki staff [foto: Los688/wikimedia]
Hakone Tozan Cable Car di Stasiun Kouensimo, salah satu stasiun yang tidak memiliki staff [foto: Los688/wikimedia]

Hakone Ropeway

Nah, ini dia salah satu cara oke jika ingin menikmati Hakone dari ketinggian. Hakone ropeway, alias kereta gantung, mengajak wisatawan untuk melihat-lihat Hakone dari ketinggian menggunakan gondola yang dijalankan oleh kabel. Berbagai obyek wisata populer, termasuk Gunung Fuji, dapat dilihat dari kereta gantung ini. Penampakan Hakone Ropeway adalah sebagai berikut:

Hakone Ropeway [foto: ã£/wikimedia]
Hakone Ropeway [foto: ã£/wikimedia]
Tampak lebih dekat Hakone Ropeway [foto: David Monniaux/wikimedia]
Tampak lebih dekat Hakone Ropeway [foto: David Monniaux/wikimedia]
 

Hakone Ropeway ini menghubungkan Stasiun Togendai, Stasiun Ubako, Stasiun Owakudani, dan Stasiun Sounzan. Masing-masing stasiun ditempuh dengan jarak kurang lebih 8 menit, sehinga totalnya untuk mencapai stasiun Togendai ke Stasiun Sounzan kira-kira dibutuhkan waktu 24 menit.

Masing-masing gondola akan dijalankan setelah penumpang mencapai jumlah tertentu, sehingga tak perlu khawatir gondola akan terlalu penuh maupun khawatir tak akan dapat tempat duduk.

Rute Hakone Ropeway [foto: Σ64/wikimedia]
Rute Hakone Ropeway [foto: Σ64/wikimedia]
Berapa harga tiket untuk naik Hakone Ropeway ini? Tiketnya bervariasi mulai dari 730 yen hingga 1370 yen, tergantung stasiun mana yang menjadi tujuan. Itu harga tiket untuk dewasa yah. Untuk tiket anak-anak (usia 6-11 tahun) harganya di diskon hingga 50%. Tiketnya bisa dibeli di vending machine, atau tunjukkan Hakone Freepass saat akan masuk ke dalam stasiun.

 

Hakone Sightseeing Cruise

Inilah moda transportasi unik terakhir di Hakone. Sightseeing Cruise ini bergerak menghubungkan Moto-Hakone Port, Hakone-machi Port, dan Togendai Port. Jarak tempuhnya kira-kira 30 menit (antara Togendai Port ke Moto-Hakone Port dan sebaliknya, serta Togendai Port ke Hakone-machi Port dan sebaliknya) dan 10 menit (antara Moto-Hakone Port ke Hakone-machi Port dan sebaliknya). Penampakan kapalnya kira-kira seperti ini:

Hakone Sightseeing Cruise [foto: via wikimedia]
Hakone Sightseeing Cruise [foto: via wikimedia]

Kapal dalam cruise ini rata-rata memiliki desain unik menyerupai kapal bajak laut. Bagian dalamnya lumayan nyaman dan terdiri dari 2 kelas: kelas satu dan kelas dua. Pengguna Hakone Freepass akan naik di kelas 2 namun bisa pindah ke kelas 1 dengan tambahan biaya tertentu. Adapun fasilitas lain di dalam kapal antara lain toko, kamar kecil, dan elevator.

Harga tiketnya kira-kira 1000 yen (dewasa) dan 500 yen (anak-anak), itu untuk pergi dari Togendai Port ke Hakone-machi Port dan Togendai Port ke Moto-Hakone Port, sementara jika ingin naik dari Hakone-machi Port ke Moto Hakone Port biayanya hanya 360 yen (dewasa) dan 180 yen (anak-anak) saja.

***

Kira-kira demikian aneka transportasi unik di Hakone. Saya akan berbagi info seputar aneka freepass penting di Hakone pada tulisan selanjutnya, jadi mohon ditunggu saja yah.

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments