Bagi teman-teman yang kerap berfantasi seperti apa suasana Jepang saat ratusan tahun silam, theme park Edo Wonderland a.k.a Nikko Edomura ini menjadi salah satu solusi praktis untuk bisa merasakan kehidupan pada masa Periode Edo tanpa harus menunggu Doraemon dan mesin waktunya diciptakan.

Tulisan bagian pertama, yang bisa dilihat disini: Edo Wonderland, Theme Park Bernuansa Edo nan Unik di Kinugawa Onsen (Part 1) sudah menyinggung sedikit tentang taman bermain itu dan sebagian fasilitas yang ada didalamnya. Berhubung tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan bagian pertama, tanpa banyak iklan, inilah aneka fasilitas lain yang ada di Edo Wonderland.

Yang sudah mampir di tulisan bagian pertama mungkin sudah tahu jika kalian dapat menyewa berbagai kostum ala penduduk di Periode Edo yang bisa dikenakan sambil mengelilingi “kota” seluas 500000 meter persegi ini. Mumpung jiwa kalian tengah menjadi satu dengan Edo, sekalian deh coba mengikuti berbagai atraksi dan permainan yang ditawarkan di zona Amusements and Experiences.

Kalian dapat mencoba melakukan olah raga panahan khas Jepang, kyudo, di Yaba Archery Range, yang mana kyudo sampai saat ini menjadi salah satu olah raga tradisional populer di Jepang. Permainan yang terpengaruh dari Barat pun ada, contohnya permainan melempar darts yang bisa dilakukan di Kazaguruma Darts.

Untuk permainan yang lebih bernuansa Jepang, seperti melempar bintang ninja, juga bisa dilakukan disini, tepatnya di Ninja Star Knives. Namun, jika teman-teman hanya ingin relaks tanpa perlu melakukan aktifitas berlebih sambil tetap menjunjung semangat Edo dalam diri kalian, naik Yakatabune Boat Cruise menarik juga untuk dilakukan. Kalian dapat merasakan serunya naik perahu tradisional sambil melihat-lihat pemandangan ala kota jaman Edo dari sungai.

Biaya sewa kostum dalam bahasa Jepang [foto: scion_cho/flickr]
Biaya sewa kostum dalam bahasa Jepang [foto: scion_cho/flickr]

Tak hanya memiliki aneka theater maupun menawarkan pengalaman untuk menjadi bagian dari kota di periode Edo, Edo Wonderland juga memiliki banyak bangunan menarik untuk dikunjungi. Ya, bangunan-bangunan disini memang bukan seperti set film, dimana bagian depannya keren tapi bagian belakangnya kosong melompong. Saya kurang tahu apakan semua bangunan disini betul-betul dirancang hingga ke bagian interior, namun sepanjang yang saya tahu, memang rata-rata seperti itu. Keren kan?

Salah satu bangunan yang menjadi penanda kota (landmark) adalah Menara Pengawas Kebakaran. Jadi, dulu di Periode Edo, kebakaran seringkali terjadi dan akhirnya meluluhlantakkan kota. Karena itulah dibangun menara pengawas dan senkumi machibikeshi (pemadam kebakaran jaman Edo) berdiri disini setiap harinya untuk mengawasi keadaan.

Bangunan ini menjadi bangunan tertinggi di Edo Wonderland, dan termasuk salah satu tempat yang wajib diabadikan oleh kamera saat berkunjung kesini. Sebagai pelengkap,coba deh sekaligus berkunjung ke Edo Town Fire Brigade Museum, museum yang didedikasikan untuk mengenang sejarah pemadam kebakaran pada Periode Edo; maupun melihat-lihat Tobigashira Fire-Chief’s House, “rumah” kepala pemadam kebakaran pada Periode Edo yang menyimpan banyak dokumen dan eksibisi berkaitan dengan pemadam kebakaran pada Periode Edo.

Menara Pengawas Kebakaran [foto: scion_cho/flickr]
Menara Pengawas Kebakaran [foto: scion_cho/flickr]

Atau, jika kalian lebih tertarik untuk mengenal lebih lanjut tentang ninja, pembunuh gelap yang mengabdi untuk shogun, berkunjunglah ke Ninja Karasu Yashiki House. Kalian dapat melihat-lihat berbagai senjata dan perlengkapan ninja disini. Kunjungi juga Ninja Kai Kai Tei House of Illusion, rumah latihan ninja yang akan membuat pengunjung bingung dan hilang orientasi saat berada didalamnya.

Ninja Kai Kai Tei House of Illusion [foto: motoyen/flickr]
Ninja Kai Kai Tei House of Illusion [foto: motoyen/flickr]

Edo Wonderland ini memiliki beberapa museum menarik. Salah satu yang cukup seru untuk dikunjungi adalah aneka museum lilinnya, seperti Kodenma-cho Jail House. Tempat ini memamerkan aneka patung yang menggambarkan suasana penjara pada periode Edo, termasuk saat pemberian berbagai hukuman.

Museum lilin lainnya, Kira-kozuke-no-suke Residence, mungkin cukup familiar bagi teman-teman yang akrab dengan kisah 47 Ronin karena museum ini menampilkan mansion penjahat paling populer dalam kisah tersebut, yaitu Kira Kozuke-no-suke, lengkap dengan berbagai diorama yang menampilkan adegan kisah balas dendam paling berdarah di Jepang tersebut.

Salah satu diorama di Kodenma-cho Jail House [foto: motoyen/flickr]
Salah satu diorama di Kodenma-cho Jail House [foto: motoyen/flickr]

Masih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Edo Wonderland ini. Misalnya saja, replika Nihonbashi, jembatan yang menghubungkan Edo (Tokyo) dengan kota lainnya. Lalu ada Blacksmith Museum yang mengajak pengunjung untuk melihat-lihat proses pembuatan pedang Jepang.

Bahkan kalian juga dapat melihat seniman penata rambut yang tengah memproduksi aneka wig. Dan jika kalian lelah mengelilingi taman bermain ini, kalian dapat mampir ke berbagai restoran yang ada di area Edo Wonderland. Semua restoran dirancang dengan nuansa Edo yang sangat kental dan hidangan khas Jepang, yang akan semakin menyempurnakan Edo-day-off kalian.

Suasana di salah satu restoran [foto: motoyen/flickr]
Suasana di salah satu restoran [foto: motoyen/flickr]

Detail teknis

Tertarik berkunjung ke Edo Wonderland? Berikut ini detail teknis dari theme park tersebut:

Nama: Edo Wonderland / Nikko Edomura
Alamat: 470-2 Karakura, Nikko, Tochigi, 321-2524
Jam operasional: 09.00-17.00 (20 Maret-30 November), 09.30-16.00 (1 Desember-19 Maret), tutup setiap hari Rabu kecuali bertepatan dengan libur nasional.
Harga tiket: [Day Pass] 4500 yen* (13 tahun ke atas), 2300 yen* (7-12 tahun); [Half-Day Pass] 3900 yen* (13 tahun ke atas), 2000 yen* (7-12 tahun). Half-day pass berlaku mulai dari pukul 14.00 (musim panas) dan 13.00 (musim dingin).

Akses termudah: dari Stasiun Kinugawa Onsen, naik Tobu bus (20 menit, 410 yen*). Untuk akses menuju Stasiun Kinugawa Onsen dari Tokyo dan Nikko. Untuk mengenal freepass yang berkaitan dengan Edo Wonderland.

Informasi tambahan: di seberang Edo Wondeland ini ada sebuah atraksi populer, yaitu Grand Maze Palladium. Tempat ini merupakan labirin besar sehingga membutuhkan waktu rata-rata 40 menit untuk menyelesaikan permainan ini. Harga tiketnya 800 yen* dan bisa dikunjungi setiap hari.

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments