fbpx
Home Guides Faq Tentang Jepang (1): Hal-Hal Dasar

Faq Tentang Jepang (1): Hal-Hal Dasar

Selamat Tahun Baru 2015 untuk Travelers yang kebetulan maupun sengaja mampir ke lounge sederhana ini. Semoga tahun 2015 ini menjadi tahun yang baik bagi kita semua, dan semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi di tahun ini, baik dalam hal pribadi, pekerjaan, dan sebagainya. Aamiin!

Ngomong-ngomong, baru-baru ini saja saya menyadari sesuatu. Setelah sekian puluh (atau malah ratus) blog post tentang Jepang, ternyata masih ada beberapa hal mendasar yang belum saya bagikan tentang negeri sakura tersebut.

Misalnya saja, tentang bermacam Frequently Asked Question (FAQ) tentang Jepang, yang biasa ditanyakan oleh orang-orang. Jadi, untuk mengawali tahun ini, saya ingin berbagi beberapa FAQ yang berkaitan dengan Jepang. Tentunya, akan saya pilih beberapa pertanyaan yang paling berkaitan dengan traveling ke Jepang, maupun tentang beberapa budaya lokal maupun bahasa yang masih berhubungan dengan traveling. Semoga bisa menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang Jepang, dan menginspirasi untuk merencanakan wisata ke Jepang.

Keterangan notasi:

T = Tanya

J = Jawab

Hal yang paling dasar

T: Kenapa saya harus pergi ke Jepang?

J: Semua negara layak disebut unik, karena masing-masing negara memiliki ciri khas yang membedakannya dengan negara lain. Begitu juga dengan Jepang. Beberapa ciri khas di negara ini bahkan takkan bisa kalian temukan di negara lain, seperti bahasa (dimana hanya Jepang yang menggunakan bahasa Jepang), kuliner khas Jepang, budaya lokalnya yang kaya, dan banyak lagi.

Jepang juga memiliki banyak kota yang menarik, mulai dari yang bernuansa modern metropolitan seperti Tokyo, kota tua seperti Kyoto, kota pelabuhan seperti Yokohama dan Nagasaki, dan banyak lagi. Dan, jangan lupa juga jika Jepang merupakan tanah kelahiran berbagai budaya pop-nya yang telah mendunia, seperti animemanga, hingga musik Jepang. Intinya, Jepang itu unik dan kalian takkan menyesal pergi kesana.

Jepang, negara yang memiliki 1001 keunikan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Foto: via bp.blogspot.com
Jepang, negara yang memiliki 1001 keunikan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Foto: via bp.blogspot.com

___________________________________________________________________

T: Cuaca di Jepang itu seperti apa?

J: Untuk menjelaskan tentang cuaca, kenali dulu iklim di Jepang. Negara tersebut merupakan negara 4 musim, dimana musim semi (Maret-Mei) dan musim gugur (pertengahan September-November) rata-rata temperaturnya hangat dan menyenangkan. Musim panas (Juni-pertengahan September) merupakan musim terpanas dan di beberapa tempat suhunya bisa sangat panas, walau untuk daerah pegunungan masih tetap relatif lebih dingin.

Untuk musim dingin (Desember-Februari), hanya daerah yang terletak di wilayah ke arah utara (seperti Hokkaido) yang akan mengalami tumpukan hujan salju. Tambahan lainnya, kira-kira di akhir bulan Juni hingga awal Juli dikenal sebagai musim hujan karena hujan akan sering turun pada waktu-waktu tersebut.

___________________________________________________________________

T: Katanya Jepang itu mahal? Apa itu betul?

J: Jawabannya bisa ya dan tidak. Secara statistik, sebuah survey pernah membandingkan Tokyo dengan beberapa kota besar lainnya di dunia. Tokyo memang 1.06 kali lebih mahal dibanding London, 1.13 kali lebih mahal dibanding Paris, dan juga jika dibandingkan dengan harga rata-rata di kota lainnya. Namun bukan berarti di Jepang tidak ada opsi untuk budget traveler. Teman-teman bisa membaca contoh tulisan saya tentang yang hemat-hemat di Jepang dalam tulisan ini: .

Makan Hemat Di Jepang? Ini Tips-Nya. 

Siapa Bilang Akomodasi Di Jepang Mahal?

Mencari Obyek Wisata Murah Di Jepang? Ini Tips Dan Triknya.

Tips Menghemat Biaya Transportasi Wisata Di Jepang

___________________________________________________________________

T: Apa bahasa Inggris mudah diterima di Jepang?

J: Sayangnya, walau Jepang merupakan sebuah negara yang sangat maju, bahasa Inggris tidak familiar digunakan disini. Di beberapa kota besar mungkin saja ada beberapa yang bisa berbahasa Inggris (seperti di pusat informasi), namun secara keseluruhan, cukup sulit menemukan yang dapat berbahasa Inggris di jalanan di Jepang. Sisi positifnya, kalian bisa menjadikan ini sebagai sebuah tantangan untuk ditaklukkan.

___________________________________________________________________

T: Jepang sulit dijelajahi oleh orang asing nggak?

J: Walau orang Jepang tak banyak yang menguasai bahasa Inggris, wisatawan tak perlu khawatir. Di berbagai kota besar, mayoritas informasi sudah disertai dengan bahasa Inggris. Begitu juga dengan informasi di berbagai moda transportasi. Didukung dengan jaringan transportasi umum di Jepang yang sangat baik, bersih, dan efisien, plus orang Jepang memiliki sifat yang relatif ramah dan suka membantu siapa saja, tak sulit untuk menjelajah negara ini.

Contoh informasi yang telah dilengkapi bahasa Inggris (ala Jepang), Foto: via thetraveltart.com
Contoh informasi yang telah dilengkapi bahasa Inggris (ala Jepang), Foto: via thetraveltart.com

___________________________________________________________________

T: Gosipnya, sekarang Jepang sudah bisa dikunjungi tanpa visa. Apa itu benar?

J: Per-1 Desember 2014, negara Jepang menerapkan bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia. Namun, itu hanya berlaku untuk pemegang E-Paspor yang sudah melakukan registrasi untuk bebas visa dengan melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan.

___________________________________________________________________

T: Kapan saja peak travel season di Jepang?

J: Di Jepang, ada 3 periode liburan utama: (1) Periode liburan akhir tahun dan Tahun Baru, biasanya jatuh antara tanggal 27 Desember hingga 4 Januari. (2) Saat “Golden Weekâ€, yaitu saat beberapa hari libur jatuh terjadi berturut-turut pada tanggal 29 April hingga 5 Mei. (3) Obon, jatuh pada pertengahan bulan Agustus. Detailnya bisa dibaca disini:

Obon Festival Dan Secuil Kisah Tentang Tradisi Mudik Di Jepang

___________________________________________________________________

T: Jadi, apa saja yang perlu disiapkan jika ingin pergi ke Jepang?

J: Tak jauh beda dengan wisata ke negara lain, kalian perlu mempersiapkan aneka dokumen yang diperlukan (passpor, visa, dan sebagainya), ditambah dengan outfit yang sesuai dengan musim dan perlengkapan standar yang dibutuhkan. Namun, sebagai sebuah negara yang unik, Jepang juga memiliki beberapa aturan tentang “do & don’t” di negara tersebut. Kalian bisa membaca sebagian diantaranya dalam tulisan ini:

Travelers, Jangan Lakukan Ini Di Jepang Ya!

***

Faq Tentang Jepang (2): Uang Dan Transportasi

Faq Tentang Jepang (3): Obyek Wisata

Faq Tentang Jepang (4): Akomodasi Dan Lain-Lain

***

Comments

comments