Phuket, heaven on earth!

Mayoritas wisatawan yang pernah mengunjungi Thailand akan setuju dengan ungkapan tersebut. Bahkan jika kata “Thailand” dihubungkan dengan “pasir”, “laut”, dan “matahari”, nggak jarang nama Phuket langsung menduduki peringkat teratas yang bisa dibayangkan oleh wisatawan. Kombinasikan dengan kengan kehidupan lokalnya yang khas (plus aneka hiburan malam yang ‘unik’ dengan para ladyboy-nya yang seksi gemulai), maka Phuket akan semakin dekat dengan kata “unik”.

Dan, Phuket akan semakin membuat kalian jatuh cinta karena ternyata surga dunia tersebut cukup bersahabat dengan kantong. Bahkan, beberapa hal bisa kalian lakukan dan dapatkan secara gratis disana. Yuk, kencangkan sabuk pengaman kalian karena lewat tulisan ini, kami akan mengajak kalian ‘jalan-jalan’ ke Phuket untuk mencari hal-hal gratis di surga dunia tersebut.

Phuket, via delicious2013.wordpress
Phuket, via delicious2013.wordpress

1. Phuket terkenal akan kemolekan pantainya. Berita baiknya, pantai di Phuket bisa kalian nikmati sepuas mungkin tanpa harus merogoh kocek, alias gratis.

Yang terbaik di Thailand hadir di Phuket lewat aneka pantainya yang super indah. Pantai di Phuket memang terkenal sebagai salah satu yang terbaik di Thailand, dan juga yang terindah.

Jadi, menghabiskan waktu di pantai, entah untuk menikmati kelembutan pasirnya, mengagumi keelokan langit biru yang bertemu pandang dengan lautan nan jernih di garis horizon, maupun sekedar santai sambil mensyukuri limpahan cahaya mentari yang dianugerahkan oleh Tuhan, adalah salah satu hal terbaik yang bisa kalian lakukan di Phuket. Dan, semua itu bisa kalian nikmati secara gratis!

Ada banyak pilihan pantai untuk dikunjungi di Phuket, mulai dari pantai populer dan banyak dikunjungi wisatawan, hingga pantai nan sunyi dimana kalian bisa berenang secara bebas tanpa harus takut mengganggu orang lain. Dari 23 pantai molek (atau lebih) di Phuket, berikut ini 5 diantaranya yang paling banyak direkomendasikan untuk dikunjungi.

  • Pantai Patong, primadona yang selalu dicari oleh wisatawan

Pantai Patong, via jbremer57/wikimedia commons
Pantai Patong, via jbremer57/wikimedia commons

Dari seluruh pantai yang ada di Phuket, Patong merupakan pantai yang paling seksi di mata wisatawan. Pantai ini ideal dikunjungi oleh mereka yang suka bermain di tengah cahaya mentari namun juga eksis bermandi cahaya lampu di bar dan diskotik. Tentu saja jika kalian ingin berpesta, jelas itu nggak bisa dimasukkan dalam kategori gratis.

  • Pantai Surin, pantai populer yang masih menyisakan sedikit ketenangan.

Pantai surin, via awakeningolivianorth
Pantai surin, via awakeningolivianorth

Dibanding pantai Patong, pantai Surin punya suasana yang jauh lebih tenang. Padahal pantai yang dikenal dengan julukan ‘Milionaire’s Row’ ini punya keindahan yang memikat wisatawan untuk bersantai di pasir putih sembari menikmati laut berwarna toska. Dan, jika setelah menikmati keindahan alam kalian merindukan suasana artifisial yang berkelas, di sekitar pantai terdapat beberapa hotel dan restoran high-end.

  • Pantai Banana, permata tersembunyi (yang bukan rahasia lagi) di Phuket.

Pantai Banana, via theholidayplanningguide
Pantai Banana, via theholidayplanningguide

Salah satu pantai yang cukup terpencil di Phuket, sekaligus menjadi surga tersembunyi yang layak untuk dijajal bagi pecinta keindahan alam sejati. Pantai sepanjang 180 meter ini memiliki air yang jernih layaknya kristal. Jika kalian tertarik berenang di pantai ini, berkunjunglah antara bulan November hingga Mei yang merupakan saat terbaik untuk menjajal kejernihan air di Pantai Banana.

  • Pantai Bangtao, pantai dengan suasana kontras yang unik

Gajah di pantai Bangtao, via thebeachfrontclub
Gajah di pantai Bangtao, via thebeachfrontclub

Pantai Bangtao atau Bang Tao, termasuk salah satu pantai unik yang dimiliki oleh Phuket. Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 6 kilometer ini dipenuhi dengan resort mewah di sepanjang sisinya. Namun tak jauh dari sana, ada banyak penduduk desa yang hidup secara tradisional dan berprofesi sebagai nelayan maupun bercocok tanam. Dan, salah satu momen gratis terbaik yang bisa kalian nikmati di pantai ini, adalah saat melihat pemandangan orang-orang yang membawa kudanya maupun menaiki gajah tunggang berjalan santai di atas pasir pantai.

  • Pantai Ao Sane, permata tersembunyi Phuket.

Pantai Ao Sane, via phuket
Pantai Ao Sane, via phuket

Nggak ada yang menyangkal jika Phuket punya banyak pantai yang dipadati oleh wisatawan. Tapi jika berada di tengah kerumunan orang bukan pilihan kalian, mampirlah ke Pantai Ao Sane. Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Jungle ini termasuk salah satu harta tersembunyi di Phuket.

Walau kalian nggak akan menjadi satu-satunya wisatawan di tempat ini (karena seiring dengan kemajuan teknologi pantai ini semakin sering diberitakan dimana-mana dan akhirnya mengundang banyak wisatawan), selalu ada tempat untuk semua orang di pantai berbatu ini.

 

2. Untuk mendapat pengalaman yang otentik tapi gratis, jelajahilah kota tua Phuket.

Sai Romanee di kota tua Phuket, via tuklaserangmatipid
Sai Romanee di kota tua Phuket, via tuklaserangmatipid

Pantai di Phuket memang seksi; menggoda wisatawan untuk berbondong-bondong datang kesana sekalipun beberapa pantai membutuhkan perjuangan ekstra sebelum bisa kalian jamahi. Tapi, pantai hanya salah satu dari sekian banyak pesona yang bisa kalian temukan di Phuket.

Untuk pengalaman yang lebih otentik namun ramah terhadap kantong, pergilah ke daerah kota tua di sekitar Thalang Road, Rasada, Dibuk, dan Krabi. Disana banyak terdapat bangunan bergaya Sino-Portugis yang usianya sudah ratusan tahun namun masih apik berdiri; membuat wisatawan untuk sejenak terlempar ke masa ratusan tahun silam.

Tips tambahan jika ingin menyusuri area kota tua:

Jangan bawa banyak barang, jangan lupa pakai topi, dan wajib bawa kamera karena di area tersebut banyak spot yang akan terlihat keren di instagram kalian.

 

3. Apalah arti wisata ke Phuket kalau nggak main ke Bangla Road. Untuk pengalaman terbaik, datanglah saat matahari telah masuk peraduan.

Bangla Road, via travelask
Bangla Road, via travelask

Di sebuah wilayah, selalu ada daerah yang lebih ‘gila’ dibanding daerah lainnya. Untuk Phuket, ‘kegilaan’ dan ‘keliaran’ tersebut bisa kalian temukan di Bangla Road.

Bangla Road hanya sepanjang 400 meter-an. Di siang hari, jalan yang nggak jauh dari pantai Patong tersebut tampak seperti jalan biasa. Namun begitu mentari bertukar giliran jaga dengan rembulan, kemeriahan di Bangla Road pun dimulai seiring dengan dinyalakannya lampu neon yang menerangi jalan.

Segala kegilaan yang bisa kalian bayangkan, mulai dari tampilnya berbagai street performer, drag queen, hingga penampilan hewan-hewan yang belum tentu bisa kalian lihat selain di TV, turut eksis di Bangla Road. Tak ketinggalan aneka jajanan kaki lima yang lezat menggoda tanpa membuat kantong cekak pun hadir disini. Bar, pub, restoran, hingga diskotik pun akan beramai-ramai mencoba menggaet pelanggan dan menambah meriah suasana malam di Bangla Road.

Tips bagi pecinta keliaran malam hari:

Semakin malam kalian datang ke jalan ini, semakin banyak pengalaman menakjubkan yang dapat kalian temukan dan alami sendiri.

 

4. Dan, setelah puas menikmati suasana duniawi di Bangla Road, tenangkan hati kalian dengan mengunjungi kuil-kuil populer di Phuket.

Sudah puas melebur dalam hingar bingar Bangla Road di malam hari? Maka sekaranglah saatnya untuk mengenal lebih dalam tentang sisi religius Phuket, yaitu dengan mengunjungi aneka kuilnya.

Phuket memiliki beberapa kuil terkenal, baik kuil Buddha maupun kuil Cina, dan seluruhnya bebas tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan diharapkan mematuhi aturan mengunjungi kuil (seperti mengenakan pakaian yang sopan) dan memberikan donasi untuk kuil.

Ada beberapa kuil populer di Phuket, berikut ini sebagian yang perlu ditulis di daftar paling atas untuk dikunjungi.

  • Wat Chalong, kuil terbesar, terindah, dan terpopuler di Phuket.

Wat Chalong, via panoramio
Wat Chalong, via panoramio

Wat Chalong (note: ‘wat’ = kuil) merupakan kuil terpopuler di Phuket. Kuil yang berjarak 8 kilometer dari Phuket ini menyimpan tulang Buddha, sehingga kuil ini sangat penting bagi penduduk setempat. Namun tak masalah jika kalian hanya ingin sekedar berkunjung tanpa terlibat dalam hal-hal ritual, karena di area kuil ini kalian dapat menikmati udara yang sejuk segar sambil mengagumi berbagai lukisan dan patung di kuil tersebut.

  • Wat Khao Rang, kuil dengan patung Buddha duduk raksasa pertama di Phuket.

Wat Khao Rang, via fiuzu
Wat Khao Rang, via fiuzu

Di Thailand banyak sekali patung Buddha yang dibuat dengan ukuran ekstra besar. Khusus untuk Phuket, patung Buddha berukuran besar (tepatnya yang dibuat dalam posisi duduk) pertama kali ada di Wat Khao Rang.

Kuil yang juga kerap disebut Sumnak Song Khao Rang maupun Wat Lung Su Pa ini terletak di bukit Khao Rang yang merupakan salah satu tempat populer untuk menikmati Phuket dari ketinggian, sehingga kuil ini kerap dikunjungi oleh mereka yang berkunjung ke Khao Rang.

  • Jui Tui Shrine, kuil Cina yang jadi tuan rumah Phuket Vegetarian Festival.

Jui Tui Shrine, via panoramio
Jui Tui Shrine, via panoramio

Salah satu festival yang paling ekstrim di Phuket adalah Phuket Vegetarian Festival, yang kerap menampilkan aneka pertunjukan yang akan membuat sebagian orang merinding maupun mual, seperti berjalan di atas bara api hingga menusukkan benda tajam ke pipi dan mulut.

Tuan rumah festival tersebut adalah Jui Tui Shrine, kuil Cina yang berlokasi di kota tua Phuket. Diluar pelaksanaan festival, kuil ini tetap keren untuk dikunjungi karena arsitekturnya yang atraktif.

 

5. Ketenangan hati juga bisa kalian dapat dengan mengunjungi Big Buddha di Nakkerd Hills, patung Buddha terbesar di Thailand.

Big Buddha Phuket, via phuket
Big Buddha Phuket, via phuket

Patung Buddha berukuran besar selalu menjadi daya tarik yang khas dari pariwisata Thailand, dan Phuket punya beberapa patung Buddha berukuran besar yang bisa kalian kagumi. Yang paling populer adalah patung Big Buddha yang terletak di Nakerd Hills, tepatnya di antara Chalong dan Kata.

Patung ini merupakan patung terbesar di Phuket, dengan tinggi mencapai 45 meter! Patung Big Buddha ini pun terbuat dari marmer putih yang akan terlihat berkilauan di siang hari, sehingga patung ini sekaligus menyimbolkan sebuah harapan. Nggak heran jika patung Big Buddha ini jadi salah satu destinasi yang wajib kalian sambangi saat berada di Phuket, dan berita baiknya, kalian bisa mengunjunginya kapan saja tanpa perlu membeli tiket alias gratis.

Ada beberapa catatan yang wajib kalian ketahui jika ingin mengagumi patung Big Buddha ini dari dekat. Hindari menggunakan pakaian yang terbuka, maupun mengenakan pakaian dengan kata-kata atau gambar yang tidak menyenangkan. Jika kalian terlanjur datang dengan kondisi salah kostum, nggak masalah.

Kalian bisa meminjam sarung untuk menutupi tubuh secara gratis. Info lainnya, perawatan dan pemeliharaan patung ini sepenuhnya mengandalkan donasi. Memberikan sedikit sumbangan sukarela mungkin akan mengurangi nuansa gratis di obyek wisata ini, namun layak dilakukan jika kalian ingin melihat patung Big Buddha ini terus eksis dalam jangka waktu yang lama.

 

6. Phuket nggak hanya indah jika dilihat dari dekat. Dari ketinggian pun Phuket terlihat mempesona. 

Indahnya pantai di Phuket mungkin sukses membuat kalian jatuh cinta. Meriahnya kehidupan lokal pun akan memberikan kalian pengalaman tak terlupakan. Namun, keindahan Phuket yang seutuhnya bisa kalian tangkap dengan melihatnya dari ketinggian.

Melihat sesuatu dari sudut pandang baru memang memberikan sensasi yang berbeda, begitu juga saat melihat Phuket dari ketinggian. Bayangkan, menikmati lautan yang biru dan pepohonan yang melambai dari atas, sambil merasakan belaian angin yang menyapa?

Terdengar menyenangkan! Dan, yang lebih menyenangkan lagi, di Phuket ada banyak viewpoint populer dimana kalian bisa menikmati Phuket dari ketinggian dan semuanya bisa kalian daki dengan cuma-cuma. 2 diantaranya telah disebutkan sebelumnya, yaitu Nakerd Hill, tempat dimana patung Big Buddha berada; serta Khao Rang, dimana ada kuil Wat Khao Rang. Berikut ini beberapa viewpoint populer lain di Phuket:

  • Phromthep Cape, viewpoint dengan mercusuar bersejarah.

Promthep Cape, via phuket
Promthep Cape, via phuket

Ada banyak tempat indah di Phuket, tapi jika ditanya tempat mana yang paling sering diabadikan oleh kamera, Promthep Cape-lah jawabannya. Tempat ini populer dikunjungi oleh wisatawan, pecinta fotografi, hingga pasangan yang tengah mencari romantisme ala Phuket; sambil menikmati momen dimana mentari sore seolah tenggelam dibalik cakrawala.

Dan, jika kalian telah puas menikmati suasana maupun ingin kabur sejenak dari teriknya matahari di Phuket, main saja ke mercusuar yang juga berfungsi sebagai museum (dan gratis biaya masuk). Bagian dalam mercusuar telah dilengkapi dengan pendingin ruangan, dan yang paling keren, kalian bisa menikmati pemandangan ke arah Phi Phi Island dan sekitarnya dari atas mercusuar.

  • Windmill Viewpoint, bagi kalian yang ingin lebih khidmat menikmati Phuket dari atas.

Pemandangan dari Windmill Viewpoint, via amazingphuketisland
Pemandangan dari Windmill Viewpoint, via amazingphuketisland

Nggak jauh dari Promthep Cape, tepatnya di antara pantai Ya Nui dan Nai Harn, ada sebuah viewpoint lainnya yang juga cukup populer, yaitu Windmill Viewpoint. Dari tempat ini, kalian bisa menikmati pemandangan sekeren pemandangan dari Promthep Cape, namun dengan suasana yang lebih tenang.

Itu karena Windmill Viewpoint ini nggak seramai Prompthep Cape yang memang populer untuk menikmati sunset, sehingga kalian bisa lebih santai menikmati pemandangan ke arah lautan lepas, sambil sesekali mengamati para pecinta pesawat radio kontrol yang menerbangkan pesawatnya di tempat ini.

  • Radar Hill, viewpoint tertinggi di Phuket.

Radar Hill viewpoint, via phuket
Radar Hill viewpoint, via phuket

Radar Hill ini merupakan viewpoint tertinggi di Phuket. Hanya saja, jalan untuk mencapai ke tempat ini agak curam, berangin, dan melewati stasiun cuaca yang dimiliki oleh militer. Ingat, jangan tergoda untuk memotret area militer ya!

  • Karon Viewpoint dan kerennya pemandangan ke arah 3 pantai sekaligus!

Karon viewpoint, via phuket.as
Karon viewpoint, via phuket.as

Mayoritas viewpoint di Phuket menawarkan pemandangan ke arah laut lepas maupun ke satu pantai atau satu teluk. Tapi dari Karon viewpoint, yang dulunya bernama Kata viewpoint, kalian bisa menikmati pemandangan ke arah 3 pantai sekaligus, yaitu pantai Kata Noi, pantai Kata, dan pantai Karon. Selain Promthep Cape, viewpoint ini termasuk salah satu yang laris manis dikunjungi wisatawan sepanjang tahun.

 

7. Untuk hiburan gratis yang anti mainstream, kalian bisa mencari acara pemutaran film gratis untuk warga.

Pertunjukan film gratis, via phuket101
Pertunjukan film gratis, via phuket101

Oke, ini mungkin terdengar lucu. Tapi ada lho beberapa kuil –biasanya kuil lokal- yang mengadakan pertunjukan hiburan gratis untuk warga berupa pemutaran film di sebuah layar lebar. Oya, karena pertunjukan ini gratis, jangan mengharap kualitas gambar sekelas bioskop XXI ya. Datanglah menonton dengan semangat untuk berbaur bareng warga lokal, yang biasanya selalu antusias menyambut acara pemutaran film.

 

8. Atau, kalian bisa merasakan serunya sensasi ‘dikeroyok’ ratusan monyet di Toe Sae Hill.

Toe Sae Hill, via thephuketnews
Toe Sae Hill, via thephuketnews

Toe Sae Hill, atau kerap juga disebut sebagai Monkey Hill, merupakan sebuah tempat dimana ratusan monyet berkeliaran dengan bebas. Monyet-monyet tersebut cukup jinak karena sudah terbiasa dengan penduduk setempat yang kerap datang memberi makan.

Jika kalian suka monyet, mungkin kalian bisa mencoba memberi makan para monyet, yang selalu antusias mengerubungi siapa saja yang membawa makanan; mirip seperti penggemar yang menyerbu artis pujaannya. Namun jika kalian terlalu takut untuk berhadapan dengan para monyet, mengamati mereka yang tengah meminta makanan dari orang lain pun sudah cukup mengasyikkan.

 

9. Wisata ke Phuket bisa menyehatkan lho, karena kalian bisa mengikuti beberapa aktifitas olah raga gratis disini.

Alat fitness di Suan Luang Park, via dawninphuket.blogspot
Alat fitness di Suan Luang Park, via dawninphuket.blogspot

Walau sedang jalan-jalan, masalah kebugaran tetap nggak boleh dilupakan. Untungnya, di Phuket ada banyak kegiatan olah raga yang bisa kalian ikuti secara gratis. Misalnya saja, kalian bisa mengikuti kelas aerobik gratis yang kerap diadakan di tempat-tempat tertentu (seperti di depan The Bangkok Phuket Hospital setiap jam 6 sore), maupun sekedar menjajal peralatan fitness yang terdapat di Suan Luang Park.

 

10. Untuk menutup petualanganmu di Phuket, bersantai sambil menikmati air mancur menari di Jungceylon Shopping Mall menjadi pilihan yang cantik.

Jungceylon shopping mall, via the beachfrontclub
Jungceylon shopping mall, via the beachfrontclub

Setelah lelah menjelajah Phuket, kunjungilah Jungceylon Shopping Mall. Bukan untuk belanja maupun melihat-lihat aneka outlet di bagian dalam (yang akhirnya malah bikin mupeng untuk mengorek dompet sedalam mungkin), melainkan untuk menikmati pertunjukan air terjun menari yang biasa diadakan antara jam 7 malam hingga jam 9 malam.

 

baca juga :

Mengenal Khao San Road, Surganya Backpackers di Bangkok

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Comments

comments