fbpx
Home Guides Highway Bus, Alternatif Moda Transportasi Antar-Kota Nan Hemat Di Jepang

Highway Bus, Alternatif Moda Transportasi Antar-Kota Nan Hemat Di Jepang

Wisatawan yang akan bepergian ke Jepang sudah sangat mengenal kereta dan subway sebagai moda transportasi paling efektif dan efisien di Jepang, walau sebetulnya masih ada moda transportasi lainnya yang cukup efektif dan murah seperti bus (sudah pernah dibahas dalam tulisan Naik Bus Di Jepang, Begini Caranya). Sedangkan untuk berpindah dari satu kota ke kota lain, shinkansen alias kereta peluru menjadi favorit wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Namun sebetulnya, selain shinkansen masih ada lho alternatif moda transportasi lainnya untuk pergi ke berbagai kota di Jepang. Bagi wisatawan khususnya budget traveler, yuk kenalan dengan highway bus di Jepang.

Highway bus, Apa Itu?

Highway Bus, via highway-buses.jp
Highway Bus, via highway-buses.jp

Highway bus, alias kosoku bus, merupakan sebutan untuk bus yang bergerak di jalan tol dan menghubungkan berbagai kota di Jepang. Kalau istilah di Indonesia, mungkin mirip dengan bus antar kota. Highway bus kerap dibedakan dalam kategori daytime bus atau bus yang hanya beroperasi di siang hari, overnight bus atau bus malam, maupun bus dengan kombinasi layanan siang hingga malam hari.

Oya, sebagai informasi tambahan, highway bus ini nggak selalu menghubungkan antar kota di Jepang. Terkadang ada juga highway bus yang menghubungkan kota dengan destinasi wisata tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Highway bus

JR Bus Tohoku, via hirose.sendai-nct.jp
JR Bus Tohoku, via hirose.sendai-nct.jp

Seperti telah disinggung sebelumnya, shinkansen merupakan moda transportasi favorit untuk bepergian dari satu kota ke kota lain di Jepang. Alasan utamanya adalah karena shinkansen sangatlah cepat dan waktu tempuhnya jauh lebih singkat dibanding menggunakan moda transportasi lainnya (kecuali pesawat terbang ya).

Namun, nggak bisa dipungkiri juga jika tiket shinkansen tergolong mahal dan nggak bersahabat dengan kantong wisatawan dhuafa. Sebagai contoh, harga tiket shinkansen dari Tokyo ke Kyoto saja bisa mencapai lebih dari 13,000 yen* untuk sekali jalan (untuk kelas biasa), dan mencapai hampir 19,000 yen* untuk green car.

Tiket terusan yang dapat digunakan untuk naik shinkansen, yaitu JR Pass, harganya pun tergolong lumayan, mulai dari 29,110 yen* untuk kelas biasa dan 38,880 yen* untuk green car (masa berlaku 7 hari).

Highway bus menawarkan alternatif yang lebih terjangkau dibanding shinkansen. Perjalanan dari Tokyo ke Kyoto, misalnya, harga tiketnya bervariasi antara 4,000-6,000 yen*. Tokyo ke Hiroshima hanya membutuhkan biaya antara 6,500-12,000 yen*, sementara menggunakan shinkansen harganya mulai dari 18,880 yen*. Selisihnya lumayan bukan? Belum lagi jika wisatawan menggunakan tiket terusan Japan Bus Pass seperti yang dapat menekan biaya transportasi lebih ketat lagi.

Kelemahan utama dari highway bus salah satunya terletak pada waktu tempuh. Dibanding menggunakan shinkansen, naik highway bus jauh lebih memakan waktu. Dengan menggunakanshinkansen, Tokyo ke Kyoto hanya memerlukan waktu kira-kira 2 jam 30 menit saja; sementara naik highway bus membutuhkan waktu hingga 7 jam. Tokyo ke Hiroshima, yang bisa ditempuh dalam waktu 4-5 jam menggunakan shinkansen; dengan highway bus kalian akan memerlukan waktu kira-kira 11,5 jam!

Kelemahan lainnya, akses informasi menggunakan highway bus cukup terbatas bagi wisatawan asing. Hanya beberapa operator saja yang menyediakan informasi dalam bahasa Inggris melalui website-nya, dan juga nggak banyak yang menerima reservasi dalam bahasa Inggris. Kalian bisa melihat referensi website operator yang cukup ramah bagi wisatawan asing di bagian bawah.

Seputar Rute dan Harga Tiket

Highway bus, via wikimedia.org
Highway bus, via wikimedia.org

Saat ini, berbagai prefektur dan kota di Jepang telah dihubungkan oleh highway bus. Di satu kota besar minimal ada satu perusahaan bus yang mengoperasikan rute tertentu di Jepang. Sebagai konsekuensi dengan semakin baiknya rute highway bus di seluruh Jepang, dewasa ini banyak perusahaan yang saling berkompetisi untuk menjaring pelanggan. Yang diuntungkan dari kompetisi ini tentu saja adalah wisatawan, karena promosi tiket murah pun semakin gencar dilakukan.

Untuk memberikan gambaran tentang durasi perjalanan menggunakan highway bus beserta harga tiketnya, berikut ini beberapa contoh rute populer dan keterangannya.

Rute / durasi / perkiraan harga tiket

  • Tokyo ke Fujigoko (Fuji Five Lakes) / 2 jam / 2,000 yen*
  • Tokyo ke Nagoya / 7 jam / 3,000-5,000 yen*
  • Tokyo ke Kyoto / 7 jam / 4,000-6,000 yen*
  • Tokyo ke Osaka / 8 jam / 4,000-6,000 yen*
  • Tokyo ke Hiroshima / 11,5 jam / 6,500-12,000 yen*

Tiketnya sendiri biasanya terdiri dari 3 jenis: one way, round trip, dan booklet/discount. One way ticket merupakan tiket untuk mengakses dari A ke B, alias tiket sekali jalan. Round trip ticket merupakan tiket pulang pergi (A ke B ke A).

Biasanya harga round trip ticket lebih murah dibanding membeli 2 one way ticket. Sedangkan booklet/discount merupakan kumpulan beberapa lembar tiket yang dijual sekaligus dan biasanya lebih murah dibanding tiket satuan (namun dengan masa berlaku tertentu).

Cara Naik Highway bus

Shinjuku highway bus terminal, via wikimedia.org
Shinjuku highway bus terminal, via wikimedia.org

Mengingat highway bus dioperasikan oleh banyak operator, masing-masing operator memiliki aturan yang berbeda. Berikut ini tipikal cara untuk naik highway bus:

  1. Sebelum dapat naik highway bus, wisatawan harus membeli tiket terlebih dulu. Tiket dapat dipesan sebelumnya melalui website dari operator bus, via telepon, melalui mesin khusus di convenience store (biasanya dalam bahasa Jepang), travel agent, dan untuk beberapa kasus, maupun datang langsung ke terminal bus besar.
  2. Saat memesan tiket, selain melakukan reservasi tanggal, biasanya wisatawan juga harus sekaligus melakukan reservasi tempat duduk.
  3. Pada hari keberangkatan, pastikan kalian naik dari terminal yang tepat. Proses boarding umumnya dilakukan 10 menit sebelum jam keberangkatan, sehingga wisatawan disarankan telah tiba di terminal setidaknya 30 menit sebelum berangkat.

Jadi, Apakah Highway bus Layak Dicoba oleh Wisatawan Asing?

Contoh tempat duduk di salah satu highway bus, via prw.kyodonews.jp
Contoh tempat duduk di salah satu highway bus, via prw.kyodonews.jp

Sangat layak. Walau proses pembelian tiket dan reservasi mungkin sedikit merepotkan wisatawan (karena jumlah operator yang menyediakan layanan dalam bahasa Inggris sangat terbatas), highway bus ini relatif ekonomis dan bersahabat dengan budget. Dan, jika kalian naik bus malam, kalian bisa menghemat biaya akomodasi karena bisa tidur selama di perjalanan. Apalagi rata-rata bus malam dirancang sangat nyaman untuk perjalanan jauh.

Sebagai bonus, ini beberapa website operator highway bus di Jepang maupun website terkait lainnya.

Semoga bermanfaat!

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Comments

comments