Bagi kebanyakan orang, musim hujan mungkin bukan musim favorit. Apalagi jika kalian traveler yang sudah terlanjur merencanakan perjalanan wisata di musim hujan. Wah, bisa-bisa rencana traveling gagal karena hujan turun seharian penuh, karena siapa sih yang suka jalan-jalan di tengah guyuran hujan?

Selain ada resiko basah oleh air hujan, traveler juga harus menghadapi udara yang dingin, jalanan yang becek, dan kerepotan saat memegang payung demi menjaga tubuh agar nggak terguyur oleh hujan. Belum lagi ditambah dengan kemungkinan terkena macet dan banjir. Uh, membayangkannya saja sudah bikin males!

Tapi sebetulnya, musim hujan nggak seharusnya membuat kalian terkurung di rumah dan nggak bisa kemana-mana. Ada beberapa ide wisata yang bisa kalian lakukan di musim hujan, terutama jika kalian terlanjur merencanakan sebuah perjalanan wisata.

Semuanya berawal dari persiapan pra-traveling

 

1. Jika Memungkinkan, Hindari Merencanakan Wisata di Musim Hujan

Merencanakan acara wisata, via findingherplace
Merencanakan acara wisata, via findingherplace

Jika kalian baru sebatas merencanakan perjalanan wisata dan masih sangat mungkin untuk merubah itinerary, sebaiknya pikirkan ulang jika kalian ingin berwisata saat musim hujan. Apalagi jika kalian lebih menyukai untuk wisata outdoor seperti hiking, surfing, maupun menjajal theme park outdoor.

Saat musim hujan tiba, sudah sangat lazim jika berbagai tempat wisata outdoor tersebut akan sepi pengunjung. Untuk area permainan maupun olahraga outdoor pun tak sedikit yang ditutup saat hari hujan. Jika memungkinkan, geser agenda wisata ke musim panas, atau setidaknya ke periode saat curah hujan sudah tidak terlalu tinggi.

 

2. Pilih Destinasi Wisata di Tempat yang Memiliki Cuaca Cerah

Cuaca cerah, via natureschool
Cuaca cerah, via natureschool

Jika kalian hanya memiliki waktu berlibur saat musim hujan dan tak mungkin menggeser jadwal, tak perlu kecewa maupun bermuram durja. Setidaknya, kalian bisa mempertimbangkan untuk pergi ke daerah yang memiliki cuaca relatif cerah. Minimal, pergilah ke tempat wisata di kota yang curah hujannya nggak terlalu banyak dan juga jarang mengalami masalah saat musim hujan seperti banjir dan longsor.

 

3. Persiapkan Kondisi Tubuh Sebelum Menantang Musim Hujan

Makanan sehat, via drjohnsondds
Makanan sehat, via drjohnsondds

Musim hujan selalu memberikan tantangan lebih. Selain menantang kalian untuk cermat dalam memilih destinasi wisata, juga menantang kondisi tubuh kita. Ya, sudah jadi pengetahuan umum jika musim hujan memang merupakan musim yang paling memberikan tantangan lebih bagi tubuh.

Kondisi badan lebih cepat menurun saat musim hujan tiba, apa lagi jika kita sempat terguyur oleh air hujan. Musim hujan juga identik dengan berbagai penyakit, mulai dari flu hingga desentri.

Jika tetap ingin berwisata saat musim hujan, setidaknya persiapkan kondisi tubuh sebaik mungkin. Supply tubuh dengan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh. Istirahat yang cukup sebelum waktu wisata tiba. Makan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Dan jangan lupa berbekal obat-obatan yang sekiranya diperlukan di tempat wisata nanti.

 

4. Selalu Cek Prakiraan Cuaca di Kota Tujuan Wisata

Prakiraan cuaca, via telegraph
Prakiraan cuaca, via telegraph

Nggak bisa menghindari untuk wisata saat musim hujan tiba? Nggak masalah. Setelah mempersiapkan kondisi tubuh dan juga membawa obat-obatan, yang harus kalian lakukan adalah memantau kondisi cuaca di kota tujuan wisata.

Coba deh rajin-rajin mengintip berbagai situs prakiraan cuaca supaya kalian mendapat gambaran mengenai kondisi cuaca di tempat tujuan. Kalian juga bisa mendapat gambaran apakah hujan di kota tersebut kerap terjadi di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun sepanjang hari; sehingga kalian dapat memperkirakan itinerary wisata yang harus disusun.

 

5. Bekali Diri dengan Berbagai Perlengkapan Tempur yang Memadai

Berwisata di musim hujan nggak cukup jika kalian hanya mempersiapkan kondisi tubuh saja. Kalian pun harus mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca buruk dengan berbekal berbagai perlengkapan yang memadai. Berikut ini beberapa kelengkapan yang wajib kalian pertimbangkan untuk dibawa saat berwisata di musim hujan.

  • Payung
    Payung, via drobs
    Payung, via drobs

Kata pepatah, “Sedia payung sebelum hujan”. Pepatah tersebut nggak hanya bisa diartikan secara kiasan, namun juga diartikan secara harfiah. Pergi wisata di musim hujan memang identik dengan basah-basahan, dan jika nggak ingin basah oleh air hujan, salah satu yang harus kalian persiapkan adalah payung.

Tenang, nggak perlu repot-repot untuk membawa payung dari rumah. Dewasa ini payung cukup mudah ditemukan dimana saja, termasuk di mini market sekalipun. Sebaiknya pilih payung lipat yang dapat masuk ke dalam kantong, sehingga tak menyulitkan saat akan dibawa-bawa.

  • Jas Hujan
Contoh jas hujan dengan model yang keren, via yastdress
Contoh jas hujan dengan model yang keren, via yastdressMalas bawa payung? Sedia jas hujan saja. Lebih mantap lagi jika kalian membawa jas hujan untuk melengkapi payung. Untuk memudahkan mobilitas saat berwisata, pilih jas hujan yang ringan dan mudah dilipat untuk diselipkan dalam kantong. Atau pilihlah jaket maupun mantel hujan dengan model keren, yang bisa kalian kenakan saat hari cerah sekalipun.
  • Sepatu Bot
Sepatu boot dengan model yang cantik, via canadiangiftguide
Sepatu boot dengan model yang cantik, via canadiangiftguide

Sepatu sneakers maupun sepatu gunung mungkin keren saat dikenakan dalam perjalanan wisata. Namun saat hari hujan, sepatu-sepatu tersebut terancam basah dan perlu waktu lama hingga benar-benar kering dan siap untuk dikenakan.

Solusinya, bawalah sepatu bot. Saat ini sudah banyak lho sepatu bot hujan dengan model yang cantik dan keren, jadi kalian nggak perlu takut mati gaya. Alternatifnya, kenakan alas kaki berbahan plastik yang mudah dikeringkan dengan cara di lap saja.

  • Sandal Jepit
Sandal jepit bertabur kristal Swarovski, via alluniquethings
Sandal jepit bertabur kristal Swarovski, via alluniquethings

Nah, ini mungkin salah satu perlengkapan yang paling mudah dibawa saat acara wisata: sandal jepit. Nggak mau sepatu basah karena kehujanan? Malas pakai sepatu bot hujan? Pakai sandal jepit saja! Tentunya pilih sandal jepit yang berbahan non-kain, tahan terhadap air, anti licin, dan sebagai bonus untuk penampilan, pilih yang modelnya keren untuk dilihat.

Jika nggak bisa menghindar untuk berwisata saat musim hujan maupun jika sudah terlanjur mengadakan perjalanan wisata di musim hujan, berikut ini beberapa ide wisata yang bisa dicontek agar nggak mati gaya di kota wisata tujuan.

A. Menambah Pengetahuan Nggak Hanya Dilakukan di Sekolah. Kalian Bisa Mengunjungi Museum untuk Belajar Sambil Melihat Berbagai Display disana.

The Field Museum di Chicago, via appiantours
The Field Museum di Chicago, via appiantours

Wisata outdoor memang menyenangkan. Naik gunung, main ke pantai, berjalan-jalan menikmati suasana, selalu menjadi pilihan wisata favorit bagi kebanyakan orang. Namun saat musim penghujan tiba, aktifitas outdoor mungkin akan sedikit terhambat oleh faktor cuaca.

Solusinya, kenapa nggak mencoba untuk main-main ke obyek wisata indoor seperti museum? Tak hanya bisa kabur dari cuaca buruk, kalian juga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan dengan mengunjungi berbagai museum yang ada di kota tujuan wisata kalian. Keren kan jika saat pulang berwisata wawasan kalian pun ikut bertambah?

B. Kadang, Perpustakaan Bisa Jadi Tempat Keren Untuk Nongkrong Sambil Menunggu Hujan Reda.

Perpustakaan, via pdgm
Perpustakaan, via pdgm

Selain museum, perpustakaan bisa jadi tempat lain untuk kabur sejenak dari cuaca buruk. Jika kota tujuan wisata kalian memiliki sebuah perpustakaan, coba deh alihkan sejenak keinginan untuk menjelajah alam dengan berpetualang mencari harta karun yang tersimpan dalam berbagai buku di perpustakaan.

Namun jika daerah wisata kalian nggak memiliki perpustakaan yang oke, kalian bisa kok mencari kafe maupun coffee shop yang menyediakan perpustakaan mini bagi pengunjungnya. Menghabiskan secangkir kopi ditemani dengan buku yang menarik sambil menikmati hari hujan? Tampaknya cukup menyenangkan.

C. Gunung Tak Hanya Asyik Untuk di Daki. Mengamati Hujan Turun di Pegunungan Bisa Menjadi Sebuah Anugrah Tersendiri.

Hotel Viceroy di Bali, via splendia
Hotel Viceroy di Bali, via splendia

Harus berwisata saat musim hujan? Cobalah untuk memilih hotel yang terletak di area pegunungan. Lebih mantap lagi jika hotel pilihan kalian tersebut memiliki view yang indah ke arah lembah maupun gunung. Saat hujan turun, pemandangan air hujan yang jatuh menimpa pepohonan dapat menciptakan suasana yang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata.

Apalagi saat kabut mulai turun dan bermain-main di sela pepohonan. Akan sangat menyenangkan jika kalian dapat menikmati pemandangan tersebut dari jendela seandainya kalian terkurung di hotel dan nggak bisa kemana-mana karena hari hujan. Bonusnya, memilih hotel yang ada di area pegunungan maupun dataran tinggi akan membuat kalian sehat karena limpahan udara segar yang bisa kalian nikmati secara gratis.

D. Hangatkan Tubuh dengan Berendam di Air Panas Alami. Selain Bisa Menangkal Dingin, Kalian pun Bisa Lebih Sehat karena Manfaat Belerang.

Onsen di Jepang, via losari
Onsen di Jepang, via losari

Berendam di sumber air panas alami dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan juga kecantikan. Untungnya, di Indonesia ini cukup banyak ditemukan pemandian air panas alami, dan sebagian diantaranya sudah sangat populer sebagai sebuah destinasi wisata.

Dan, pemandian air panas alami juga asyik dikunjungi saat hari hujan. Berendam di kolam air panas sementara bagian kepala tertimpa rintik air hujan akan membuat kalian merasakan sensasi panas dan dingin dalam waktu yang bersamaan. Berminat mencoba?

E. Wisata Kuliner Bisa Dilakukan Kapanpun, Khususnya Saat Hari Hujan.

Wisata kuliner selalu menarik dilakukan kapanpun, termasuk saat hari hujan. Apalagi ada beberapa menu khas Indonesia yang memang lebih yummy disantap saat udara dingin menusuk kulit. Ada banyak kuliner khas Indonesia yang enak disantap saat hari hujan, namun beberapa nama dibawah ini termasuk mudah ditemukan di kota manapun di Indonesia.

  • Bajigur
Bajigur, via pleisbilongtumi.wordpress
Bajigur, via pleisbilongtumi.wordpress

Siapa yang belum pernah mencicipi minuman yang satu ini? Bajigur cukup mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat dan Jakarta. Biasanya, pedagang akan menjajakan bajigur dengan menggunakan gerobak dorong sambil membawa serta “teman-temannya”, seperti ubi rebus, kue nagasari, ulam, dan sebagainya.

  • Bandrek
Bandrek, via resepkuekering
Bandrek, via resepkuekering

Bandrek juga cukup mudah ditemukan dimana-mana. Di daerah Jawa Barat pun tak sedikit yang menjajakan bajigur dan bandrek dalam satu gerobak. Minuman yang terbuat dari jahe, daun pandan, kayu manis, dan gula merah ini memang mantap diminum saat musim hujan untuk menghangatkan badan. Untuk daerah Makassar, ada juga minuman yang mirip-mirip dengan bandrek yaitu Sarabba.

  • Sekoteng
Pedagang sekoteng, via the samperuru/flickr
Pedagang sekoteng, via the samperuru/flickr

Masih tentang minuman hangat, kali ini adalah giliran sekoteng yang menjadi juara untuk mengusir hawa dingin dari tubuh. Minuman berbahan utama jahe ini biasanya disajikan dengan isian yang meriah, seperti kacang hijau, kacang tanah, potongan roti, pacar Cina (atau mutiara Cina), dan terkadang dicampur juga dengan kolang kaling. Agak mirip dengan minuman sekoteng adalah wedang ronde yang populer di Jawa. Bedanya, wedang ronde dilengkapi dengan ronde yang berbentuk bulat dan kenyal saat digigit.

  • Mie dan Bakso
Mie bakso, via pixgood
Mie bakso, via pixgood

Mie dan bakso termasuk salah satu hidangan yang disukai siapa saja dan enak disantap kapanpun juga. Namun saat musim hujan, kelezatan kuliner ini menjadi berlipat ganda. Menyantap bakso yang kenyal dan gurih, apalagi ditambah dengan mie kuning maupun bihun dan sambal, dijamin bisa membuat udara yang dingin karena hujan terasa lebih menyenangkan, dan lezat.

6. Bete Karena Wisata Terganggu Saat Hari Hujan? Kabur Sejenak ke Bioskop Bisa Mengusir Rasa Bete Kalian.

Nonton di bioskop, via onedia
Nonton di bioskop, via onedia

Kalian mungkin sudah merencanakan untuk mengunjungi berbagai obyek wisata outdoor di kota tujuan. Namun karena hujan mendadak menyapa, acara wisata outdoor pun batal. Daripada bete, kenapa nggak mencari bioskop di kota tempat wisata kalian dan nonton film yang kalian suka. Setelah nonton, lanjutkan dengan acara ngemil di area bioskop pun oke juga.

 

7. Gagal Outbond Gara-gara Hujan? Main Saja di Berbagai Wahana Permainan/Olahraga Indoor yang Ada di Kota Wisata Kalian.

Wahana indoor yang keren, via bestholidaydestinations
Wahana indoor yang keren, via bestholidaydestinations

Main outbond bareng keluarga, hmm pasti seru. Tapi saat hujan turun, bisa-bisa rencana outbond terpaksa harus ditunda. Sebagai pengganti kegalauan kalian, main saja ke berbagai wahana permainan indoor yang nggak jauh dari hotel tempat kalian menginap.

Ada banyak lho wahana permainan maupun olahraga indoor yang bisa kalian jelajahi untuk mengusir rasa bete. Misalnya saja kolam renang indoor maupun lapangan futsal indoor. Sekedar jalan-jalan ke game center pun oke juga!

 

8. Menikmati Langit Berbintang di Gunung Maupun Pantai Memang Asyik. Saat Hujan Turun, Kalian Tetap Bisa Melihat Langit Penuh Bintang di Planetarium.

Planetarium, via lwl
Planetarium, via lwl

Diluar acara wisata sekolah, mungkin nggak banyak yang berpikir untuk mengunjungi planetarium. Padahal, banyak yang bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi planetarium. Kalian nggak hanya bisa menikmati pemandangan langit berbintang yang nggak akan bisa kalian nikmati saat hari hujan. Tapi kalian juga bisa belajar banyak tentang benda-benda langit lainnya.

 

9. Aquarium Selalu Jadi Obyek Wisata Favorit, Termasuk Saat Cuaca Buruk Sekalipun.

Seaworld, via sayidaty
Seaworld, via sayidaty

Ini dia salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi kapan saja karena tempatnya yang berada di dalam ruangan, yaitu main ke akuarium. Jika kalian berada di Jakarta dan mencari tempat wisata untuk dikunjungi saat cuaca buruk, Seaworld lah tempatnya.

Di Seaworld ini kalian dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna laut, melihat atraksi memberi makan hiu, belajar menyelam; dan semuanya bisa kalian lakukan tanpa harus berbasah ria di tengah derasnya guyuran air hujan.

 

10. Santai di Hotel pun Nggak Dosa, Apalagi Jika Kalian Melakukan Hal-Hal Berikut Ini.

Bagaimana jika cuaca terlalu buruk dan kalian nggak bisa kemana-mana alias terjebak di hotel? Tenang, jangan dulu kecewa dan merasa dunia akan kiamat. Banyak lho aktifitas yang bisa kalian lakukan selama berada di hotel, berikut beberapa diantaranya:

  • Memanjakan Diri di Spa
Spa, via newphysiccenter
Spa, via newphysiccenter

Jika hotel kalian memiliki fasilitas spa, coba deh manfaatkan layanan yang satu itu. Tak hanya bisa mengusir bete karena terkurung di hotel, kalian akan merasa lebih relaks paska dipijat dan mencium aromaterapi selama proses memanjakan diri di spa.

  • Memanfaatkan Fasilitas Fitness
Ruang fitness di Hotel Secret de Paris, via atmospheriste
Ruang fitness di Hotel Secret de Paris, via atmospheriste

Daripada bengong karena cuaca buruk dan bete seharian, nggak ada salahnya kalian menggerakkan badan dan melatih otot di fasilitas fitness yang ada di hotel. Tentunya jika hotel kalian memiliki fasilitas tersebut.

  • Menikmati WiFi Hotel
Menikmati WiFi di hotel, via hotelmanagementtutorial
Menikmati WiFi di hotel, via hotelmanagementtutorial

Salah satu obat manjur untuk mengusir bete karena terkurung di hotel adalah dengan menjelajah dunia maya. Mengingat saat ini sebagian besar hotel telah dilengkapi dengan WiFi, minimal untuk area publiknya, kalian bisa menjelajah dunia maya tanpa harus menghabiskan kuota internet, yaitu dengan memanfaatkan WiFi hotel.

  • Bersantai di Kamar Sambil Menikmati Room Service
Room service, via huffingtonpost
Room service, via huffingtonpost

Room service alias layanan kamar pun bisa kalian manfaatkan untuk mengusir kebosanan saat berada di hotel, lho. Coba deh lihat aneka menu yang ada di restoran hotel. Kalian bisa memesan menu yang kalian sukai, dan minta room service untuk membawakan menu pesanan kalian ke kamar.

  • Berenang di Kolam Renang Hotel, Jika Ada Kolam Renang Indoor
Kolam renang Hotel Four Season Pudong Shanghai, via calcalist
Kolam renang Hotel Four Season Pudong Shanghai, via calcalist

Jika hotel tempat kalian menginap memiliki kolam renang indoor dan kalian membawa baju renang, manfaatkan saja fasilitas tersebut untuk mengusir kejenuhan selama di hotel!

  • Santai, dan Merencanakan Trip Selanjutnya
Merencanakan traveling, via itkam
Merencanakan traveling, via itkam

Bagaimana jika budget terbatas untuk menikmati berbagai fasilitas berbayar di hotel? Kalian masih tetap bisa melakukan aktifitas lain untuk mengusir kejenuhan kok. Misalnya saja, bersantai di kamar sambil menyusun trip selanjutnya. Cukup menarik kan?

Comments

comments