fbpx
Home Guides Jalan-Jalan Ke Jepang: Seputar Toko 100 Yen

Jalan-Jalan Ke Jepang: Seputar Toko 100 Yen

Punya rencana untuk wisata ke Jepang? Punya selusin saudara, teman dan kerabat yang menunggu untuk diberi oleh-oleh dari Jepang? Jangan dulu buru-buru pusing 7 keliling ya. Saatnya berkenalan dengan toko 100 yen!

Toko 100 yen, sahabat bagi semua orang (terutama budget traveller)

Toko 100 yen, via timingholiday
Toko 100 yen, via timingholiday

Mereka yang pernah bepergian ke Jepang pasti pernah mendengar tentang toko 100 yen, alias hyakku-en shoppu. Yang belum pernah ke Jepang pun mungkin sudah mengetahui keberadaan toko 100 yen. Namun bagi yang belum pernah mendengar tentang toko tersebut, toko 100 yen ini merupakan sejenis toko diskon di Jepang yang menjual barang-barang dengan harga 100 yen (jika dirupiahkan, kira-kira 11000 rupiah untuk kurs 1 yen = 110 rupiah).

Toko 100 yen, via syahaduong.blogspot
Toko 100 yen, via syahaduong.blogspot

Walau begitu, pada kenyataannya barang-barang yang dijual di toko tersebut harganya nggak 100 yen, melainkan 108 yen* (100 yen + pajak 8%) atau kira-kira 11880 rupiah (kurs 1 yen = 110 rupiah). Pada tahun 2017, harga barang-barang di toko 100 yen akan naik lagi menjadi 110 yen mengikuti kenaikan pajak di Jepang (100 yen + pajak 10%), namun tetap bersahabat dengan kantong budget traveller, khususnya yang mencari barang-barang (baca: oleh-oleh) murah meriah dengan kualitas yang lumayan.

Toko 100 yen di Indonesia

Daiso di Mall Paris van Java Bandung, via yuanitahandoko.blogspot
Daiso di Mall Paris van Java Bandung, via yuanitahandoko.blogspot

Sebetulnya, toko 100 yen bukan hal baru bagi kita yang ada di Indonesia, khususnya yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Sejak beberapa tahun silam, salah satu jaringan toko 100 yen besar di Jepang, yaitu Daiso, telah membuka beberapa cabangnya di Indonesia.

Hanya saja, di Indonesia harga barang-barangnya menjadi 25000 rupiah*/item, atau kira-kira 227 yen*/item untuk kurs 1 yen = 110 rupiah sehingga tetap saja lebih murah jika membeli langsung di Jepang. Dan barang-barang di toko 100 yen ini juga tetap layak dijadikan oleh-oleh, asalkan kalian jeli memilih barang yang tepat.

 

Apa saja yang bisa ditemukan di toko 100 yen, dan produk apa yang direkomendasikan sebagai oleh-oleh?

Suasana di salah satu toko 100 yen, via maximage.wordpress
Suasana di salah satu toko 100 yen, via maximage.wordpress

Ada banyak toko 100 yen di seluruh Jepang dan toko-toko tersebut menjual produk yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, kalian dapat menemukan bermacam jenis barang mulai dari makanan ringan hingga peralatan dapur.

Bahkan terkadang ada juga toko 100 yen yang menjual pernak-pernik perlengkapan rumah seperti korden. Ada juga toko 100 yen yang menjual produk-produk unik seperti alat pengukur kematangan telur rebus maupun alat penjemur bantal! Jika kalian mencari oleh-oleh, berikut beberapa item yang direkomendasikan untuk dicari di toko 100 yen.

  • Perlengkapan makan
Perlengkapan makan di toko 100 yen, via littleokinawablog
Perlengkapan makan di toko 100 yen, via littleokinawablog

Perlengkapan makan ala Jepang selalu menarik untuk dijadikan oleh-oleh sekalipun mereka mungkin saja bisa ditemukan di jaringan toko 100 yen yang telah masuk ke Indonesia. Ada sumpit, mangkok nasi, gelas, maupun piring garpu.

Untuk oleh-oleh perlengkapan makan yang sedikit unik, kalian dapat memilih mangkuk sup miso, botol sake, maupun cangkir untuk minum teh. Aneka kotak bento juga bisa kalian dapatkan di toko 100 yen lho!

  • Stationery
Stiker lucu di toko 100 yen, via maharinastyle.blogspot
Stiker lucu di toko 100 yen, via maharinastyle.blogspot

Terkadang kalian dapat menemukan stationery yang lucu dan unik di toko 100 yen, seperti notes lucu, pena/kuas kaligrafi, stiker dinding, kertas surat, hingga pin kertas yang imut-imut. Pilih yang desainnya unik sehingga menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

  • Peralatan dapur
Alat untuk membuat bento, via makiko itoh/flickr
Alat untuk membuat bento, via makiko itoh/flickr

Ada banyak peralatan dapur yang bisa kalian temukan di toko 100 yen. Beberapa benda tajam seperti pisau pun bisa kalian temukan disini. Namun untuk oleh-oleh, coba deh pilih peralatan dapur yang unik dari segi fungsi maupun desain. Sebagai contoh, alat untuk mencetak nasi sushi, alat untuk mencuci beras, maupun alat untuk memeras jeruk untuk diambil sarinya bisa dijadikan oleh-oleh yang unik.

  • Perlengkapan kecantikan dan toiletries
Bulu mata palsu, via laweekly
Bulu mata palsu, via laweekly

Beberapa toko 100 yen menjual perlengkapan kecantikan dan toiletries seperti eyeshadow aneka warna, handuk, dan lain-lain. Bulu mata palsu berbentuk unik juga bisa jadi oleh-oleh keren dari toko 100 yen lho!

  • Benda-benda tradisional Jepang
Botol sake, via explorejapan
Botol sake, via explorejapan

Kipas khas Jepang, payung kertas, kantung serut ala Jepang, hiasan dinding bertema Jepang, gantungan kunci, gantungan HP berbentuk sushi, noren (korden khas Jepang), pajangan; ada banyak pernak-pernik bernuansa khas Jepang yang bisa kalian temukan di toko 100 yen. Dan barang-barang itu tentu saja layak untuk dijadikan oleh-oleh lho.

  • Lainnya
Pernak-pernik lain di toko 100 yen, via withalohafromjapan.blogspot
Pernak-pernik lain di toko 100 yen, via withalohafromjapan.blogspot

Masih banyak hal lain yang bisa kalian temukan di toko 100 yen. Ada perlengkapan berkebun, pernak-pernik digital, pakaian, tas, peralatan interior, payung, jas hujan, aksesoris rambut, dan banyak lagi.

 

Dan inilah beberapa barang yang tidak direkomendasikan dibeli di toko 100 yen untuk dijadikan oleh-oleh:

  • Snack, makanan, dan minuman
Snack di toko 100 yen, via Andrea Schaffer/wikimedia commons
Snack di toko 100 yen, via Andrea Schaffer/wikimedia commons

Tidak semua snack layak kalian beli di toko 100 yen. Terkadang kalian bisa menemukan snack yang sama dengan harga yang lebih terjangkau di supermarket biasa.

  • Baterai

Beberapa review menyatakan jika baterai di toko 100 yen usianya nggak lama. Sebetulnya itu wajar saja, karena ada harga ada kualitas, bukan?

 

Fakta lain seputar toko 100 yen

Beberapa produk lucu dari toko 100 yen, via japanlover
Beberapa produk lucu dari toko 100 yen, via japanlover

Toko 100 yen juga nggak melulu menjual barang-barang dengan harga 100 yen plus pajak. Terkadang, ada juga toko 100 yen yang juga menjual barang-barang yang harganya lebih mahal, seperti 200 yen, 300 yen, bahkan ribuan yen. Jadi tetaplah selektif saat membeli barang-barang di toko 100 yen ya.

Barang-barang di toko 100 yen nggak 100% buatan Jepang. Banyak juga yang diimport dari negara lain seperti Cina dan India. Jadi, jangan dulu kecewa jika barang-barang yang kalian beli ternyata made in negara lain. Yang penting, telitilah kualitas barang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu di toko 100 yen.

 

Dimana rekomendasi toko 100 yen yang bisa dicoba?

Daiso Harajuku, via whysojapan
Daiso Harajuku, via whysojapan

Ada banyak sekali toko 100 yen yang tersebar di seluruh Jepang. Beberapa toko merupakan bagian dari jaringan toko 100 yen yang telah memiliki nama besar, seperti Daiso, Can Do, dan Tokutoya. Silahkan kalian lihat langsung situs web resmi dari toko-toko tersebut, siapa tahu ada yang lokasinya dekat dengan tempat wisata kalian di Jepang.

Daisowebsite bahasa Inggris >< website bahasa Jepang >
Can Dowebsite bahasa Inggris >< website bahasa Jepang >
Tokutoyawebsite bahasa Inggris >< website bahasa Jepang >
Seriawebsite >
Wattswebsite >

 

baca juga :

Jalan-Jalan Ke Jepang: Oleh-Oleh Khas Jepang

Apa Sih Oleh-Oleh Khas Tokyo?

Jalan-Jalan Ke Jepang: Tips Bahasa Jepang Untuk Turis

Comments

comments