Jepang menjadi contoh salah satu negara kepulauan yang pandai memanfaatkan dan mengekspos kekayaan alam lautnya untuk keperluan pariwisata.

Caranya bukan dengan membangun resort-resort di laut lepas layaknya negara lain di wilayah tropis, namun dengan membangun berbagai pusat hiburan dan edukasi bertema laut seperti akuarium.

Ada banyak akuarium keren yang tersebar di seluruh Jepang. Beberapa dilabeli sebagai yang terbesar, terindah, maupun yang paling sering dikunjungi. Nah, salah satu akuarium yang masuk dalam kategori “salah satu yang paling sering dikunjungi” adalah Hakkeijima Sea Paradise yang terdapat di Yokohama.

Adakah teman-teman yang berencana untuk jalan-jalan ke Yokohama tahun ini? Jika ada, mari kenalan dulu dengan Hakkeijima Sea Paradise, dan apa yang membuat tempat ini begitu istimewa.

Tentang Hakkeijima Sea Paradise

Yokohama Hakkeijima Sea Paradise via Sidecoast/wikimedia
Yokohama Hakkeijima Sea Paradise via Sidecoast/wikimedia

Dari sekian banyak kota yang mudah dijangkau dari Ibu Kota Jepang yaitu Tokyo, Yokohama menjadi salah satu kota yang paling populer dijadikan kota tujuan side-trip dari Tokyo [baca disini:  Yokohama memang hanya berjarak kira-kira 30 menit saja dari Tokyo (via kereta), membuat kota ini ideal dikunjungi pulang-pergi oleh mereka yang menjadikan Tokyo sebagai destinasi wisatanya.

Adapun Hakkeijima Sea Paradise sendiri termasuk salah satu obyek wisata mayor di Yokohama. Tempat ini merupakan taman hiburan yang terletak di sebuah pulau buatan di Tokyo Bay, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari akuarium, taman bermain, hingga berbagai toko dan restoran. Luas totalnya kira-kira 24ha, yang berarti 18 kali lebih luas dari lapangan di Tokyo Dome.

Fasilitas di Hakkeijima Sea Paradise

Ada 2 fasilitas hiburan utama di Hakkeijima Sea Paradise yang akan dibagi lagi dalam beberapa sub-fasilitas, yaitu Aqua Resort dan Pleasure Land.

1. Aqua Resort

Merupakan pusat hiburan bertema laut yang jadi salah satu daya tarik utama dari Hakkeijima Sea Paradise. Di Aqua Resort ini terdapat 4 fasilitas besar:Aqua Museum, Dolphin Fantasy, Fureai Lagoon, dan Umi Farm.

  • Aqua Museum.

Aqua Museum, via razienjapon
Aqua Museum, via razienjapon

Area ini merupakan area akuarium konvensional di zona Aqua Resort. Bangunannya mudah dikenali karena memiliki bentuk seperti piramida, terdiri dari 5 lantai, dan di klaim sebagai salah satu akuarium terbesar di Jepang.

Aqua Museum ini memiliki koleksi lebih dari 100 ribu hewan laut yang terdiri dari 500 spesies mulai dari penyu raksasa, lumba-lumba, singa laut, anjing laut, pinguin, berbagai tanaman laut hingga beruang kutub yang ditempatkan dalam berbagai tangki. Salah satu daya tarik utama dari Aqua Museum adalah akuarium setinggi 3 lantai dengan jendela kaca berukuran super besar.

Akuarium setinggi 3 lantai, via retrip
Akuarium setinggi 3 lantai, via retrip

Selain memiliki tangki konvensional berukuran besar, Aqua Museum ini juga dilengkapi dengan Aqua Tube; sebuah lorong kaca yang berada di tengah akuarium. Wisatawan dapat menyusuri lorong tersebut sambil melihat-lihat aneka ikan dan hewan laut yang berenang bebas di sekitarnya.

Terdengar biasa? Tentu saja nggak, karena pengunjung nggak sekedar berjalan kaki menyusuri Aqua Tube melainkan naik eskalator; sehingga kalian akan merasakan sensasi layaknya berada di kedalaman air laut yang sebenarnya. Ngomong-ngomong, Aqua Tube ini menjadi bagian dari tangki sedalam 3 lantai, sehingga kalian bisa membayangkan sendiri kira-kira seberapa tinggi eskalator ini.

Aqua Tube, via /\ltus/flickr
Aqua Tube, via /\ltus/flickr

Daya tarik lain dari Aqua Museum ini terletak pada atraksi aneka hewan lautnya. Atraksi ini digelar di Aqua Stadium yang terdapat di lantai 4, dan bisa diakses hanya dari Aqua Museum. Pertunjukannya sendiri biasa digelar beberapa kali dalam sehari dan menampilkan berbagai hewan seperti lumba-lumba, singa laut, dan lain-lain.

Hanya saja, jadwal pertunjukan dapat berubah sewaktu-waktu dan mungkin saja dibatalkan jika kondisi cuaca tidak memungkinkan. Jika kebetulan kalian datang pada saat pertunjukan sedang tidak dilangsungkan, jangan dulu kecewa. Dengan sedikit biaya tambahan, kalian bisa mengalihkan agenda wisata dengan menikmati berbagai video dan film bertema kehidupan laut yang diadakan di Aqua Theater (ada di lantai 5).

Aqua Stadium, via study-aroad-blog-tokyo-sjs.ciee
Aqua Stadium, via study-aroad-blog-tokyo-sjs.ciee
  • Dolphin Fantasy.

Bangunan Aqua Museum dan Dolphin Fantasy (warna biru), via photography-on-the
Bangunan Aqua Museum dan Dolphin Fantasy (warna biru), via photography-on-the

Terletak sedikit di luar bangunan Aqua Museum, terdapat sebuah bangunan lain bernama Dolphin Fantasy. Fasilitas tersebut sejatinya merupakan sebuah akuarium juga, namun punya perbedaan konsep dengan Aqua Museum.

Jika Aqua Museum merupakan akuarium konvensional dengan banyak tangki berisi ikan dan juga memiliki sebuah stadium untuk pertunjukan hewan laut, maka Dolphin Fantasy ini merupakan sebuah tangki berukuran besar dengan terowongan kaca di bagian bawahnya.

Wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri terowongan tersebut sambil melihat-lihat lumba-lumba hidung botol yang berenang di dalam tangki yang akan membuat mereka seolah tengah berenang di udara. Di ujung terowongan terdapat sebuah kolam berbentuk silinder yang tinggi, dan kalian dapat melihat aneka ikan berenang di kolam tersebut.

Terowongan di Dolphin Fantasy, via hotel-story
Terowongan di Dolphin Fantasy, via hotel-story
  • Fureai Lagoon.

Fureai Lagoon, via tsutomowonderland
Fureai Lagoon, via tsutomowonderland

Bosan dengan kolam yang begitu-begitu saja? Bergeserlah ke Fureai Lagoon, sebuah kompleks akuarium yang memiliki konsep berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan hewan laut. Saat tiba di area Fureai Lagoon, pengunjung akan mendapatkan semacam tutorial bagaimana caranya memaksimalkan waktu di zona ini.

Di Fureai Lagoon ini pengunjung diajak untuk berinteraksi langsung dengan aneka hewan yang terdapat di berbagai kolam seperti paus Beluga dan lumba-lumba, masuk ke kolam berisi ikan, dan tentu saja di zona ini pun ada terowongan dengan dinding kaca melewati tangki berisi ikan.

  • Umi Farm

Area Umi Farm, via tabiulala
Area Umi Farm, via tabiulala

Dalam bahasa Jepang, “umi” berarti “laut”. Dengan kata lain, “umi farm” ini dapat diterjemahkan secara bebas sebagai “pertanian laut”. Tapi, zona ini bukannya zona bercocok tanam aneka tanaman laut ya. Umi Farm ini merupakan fasilitas di Hakkeijima yang sengaja dibuat terapung di laut.

Bentuknya memang menyerupai petak-petak layaknya di ladang. Petak-petak di laut tersebut dibagi dalam beberapa fungsi dan zona. Ada zona pengenalan aneka makanan yang berasal dari laut, zona penelitian laut, zona observasi aneka habitat laut, zona laboratorium laut, hingga zona memancing dan berburu ikan dengan tangan kosong. Dengan sedikit tambahan biaya, kalian bisa memasak ikan yang telah ditangkap untuk di olah menjadi ikan goreng maupun burger ikan dan langsung dimakan di tempat. Menarik ya!

Kemeriahan di Umi Farm, via blog.livedoor
Kemeriahan di Umi Farm, via blog.livedoor

2. Pleasure Land

Merupakan zona hiburan non-laut yang ada di Hakkeijima Sea Paradise. Di zona ini terdapat bermacam wahana permainan yang cocok untuk beragam range usia. Ada permainan soft/gentle ride seperti Merry-go-round, hingga wahana thrill ride seperti Roller Coaster.

Untuk dapat masuk ke Pleasure Land ini, kalian dapat membeli tiket terusan untuk naik seluruh wahana secara unlimited (lihat di bagian tiket). Namun jika nggak yakin akan menggila di area ini, kalian bisa membeli tiket secara satuan, tergantung wahana yang akan dinaiki.

Harga tiketnya bervariasi antara 300 yen* hingga 1000 yen* per-wahana. Kurang lebih terdapat 15 wahana di zona Pleasure Land, namun inilah beberapa wahana yang menjadi highlight dari zona ini:

  • Blue Fall: Wahana free fall yang akan menjatuhkan kalian dari ketinggian 107 meter. Wahana ini jelas hanya untuk mereka yang mengaku sebagaiadrenalin junkie. Harga tiket satuannya adalah 1000 yen*.
Blue Fall, via ja.japantravel
Blue Fall, via ja.japantravel
  • Surf Coaster Leviathan: Wahana roller coaster dengan jalur track-nya berada di atas permukaan laut. Di malam hari, roller coaster ini akan diiluminasikan sehingga menciptakan suasana yang lebih keren. Harga tiket satuannya 1000 yen*.
Surf Coaster, via panoramio
Surf Coaster, via panoramio
  • Aqua Ride II: Wahana rapid ride bertema bajak laut. Jalurnya penuh kejutan, dan yang pasti, bersiaplah untuk basah terkena percikan air saat naik wahana ini. Harga tiket satuannya 800 yen*.
Aqua Ride II, via shige-wallpaper-images
Aqua Ride II, via shige-wallpaper-images

Dan masih ada beberapa wahana keren lainnya yang layak dijajal di area Pleasure Land ini seperti Sea Paradise TowerSea Train (berkeliling area taman dengan kereta), Island Tour Bus (bus wisata di Hakkeijima), maupun Paradise Cruise (naik kapal menjelajah laut di sekitar Hakkeijima).

 

Hal lain yang bisa dilakukan di Hakkeijima Sea Paradise.

Selesai main ke Aqua Resort maupun memacu adrenalin di Pleasure Land, jangan dulu buru-buru pulang. Masih ada beberapa aktifitas lain di Hakkeijima Sea Paradise yang menarik untuk dilakukan, seperti belanja souvenir maupun makan.

Hakkeijima Sea Paradise ini memang dilengkapi dengan beberapa tempat belanja, terutama belanja souvenir, dan beberapa restoran bertema Jepang, Western, maupun fast food.

Bahkan jika kalian nggak berminat untuk melihat-lihat akuarium, main di Pleasure Land, maupun sekedar makan dan berburu souvenir, Hakkeijima Sea Paradise ini tetap menarik untuk dikunjungi bagi kalian yang ingin menikmati suasana, terutama karena untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis (lihat bagian tiket).

 

Harga tiket masuk ke Hakkeijima Sea Paradise.

Hakkeijima Sea Paradise ini memiliki konsep pay-as-you-go. Wisatawan tidak dipungut biaya jika sekedar ingin masuk dan berjalan-jalan di pulau ini. Tiket baru diperlukan untuk masuk ke Aqua Resort maupun Pleasure Land, dengan detail harga sebagai berikut:

Aqua Resort Pass (untuk masuk ke Aqua Resort saja):

< Dewasa: 3000 yen* > < Pelajar SD/SMP: 1750 yen* > < Anak-anak (usia 4 tahun ke atas): 850 yen* > < Senior (usia 65 tahun ke atas): 2450 yen* >

Aqua Resort Pass + Aqua Theater:

< Dewasa: 3200 yen* > < Pelajar SD/SMP: 1950 yen* > < Anak-anak (usia 4 tahun ke atas): 1050 yen* > < Senior (usia 65 tahun ke atas): 2650 yen* >

Pleasure Land Pass (tiket terusan untuk naik seluruh wahana di Pleasure Land):

< Dewasa: 3000 yen] < Pelajar SD/SMP: 2650 yen* > < Anak-anak (usia 4 tahun ke atas): 1550 yen* > < Senior (usia 65 tahun ke atas): 3000 yen* >

One Day Pass (Aqua Resort Pass + Pleasure Land Pass):

< Dewasa: 4550 yen* > < Pelajar SD/SMP: 3300 yen* > < Anak-anak (usia 4 tahun ke atas): 1850 yen* > < Senior (usia 65 tahun ke atas): 3300 yen* >

 

Akses via kereta api:

Jika berangkat dari Tokyo, paling mudah naik dari Stasiun Shinagawa, Shinjuku, maupun Tokyo dan naik kereta ke Stasiun Yokohama. Waktu tempuhnya antara 20-30 menit (untuk detail akses menuju Yokohama bisa dibaca disini.

Dari Stasiun Yokohama, cara paling mudah adalah dengan naik JR Negishi Line dan turun di Stasiun Shin-sugita (20 menit), dilanjutkan dengan naik Seaside Line ke Stasiun Hakkeijima (18 menit). Dari Stasiun Hakkeijima, jalan kaki ke Hakkeijima Sea Paradise.

Detail akses ke Hakkeijima, via seaparadise
Detail akses ke Hakkeijima, via seaparadise

Keterangan lainnya:

Alamat: Hakkeijima, Kanazawa-ku, Yokohama City 236-0006
Telp: 045-788-8888
Jam operasional: buka setiap hari, rata-rata 08.30-21.30, namun jadwal buka/tutup dapat berubah pada periode tertentu.

Google Maps: < klik >
Website resmi: < klik >

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu. 

 

baca juga :

Jalan-Jalan Ke Yokohama: Shin-Yokohama Ramen Museum

Jalan-Jalan Ke Jepang: Berburu Ninja

Comments

comments