Lanjutan dari tulisan ini tentang T-money. Untuk mengenal apa itu T-money dan keuntungan menggunakan T-money, bisa baca tulisan bagian pertama.

Dimana bisa membeli dan mengisi ulang T-money?

T-money bisa dibeli di tempat-tempat berikut ini:

  • T-money Card Vending Machine
  • Kios koran, convenience store, dan tempat-tempat yang memiliki logo T-money (biasanya di sekitar stasiun dan halte bus).
  • Di berbagai stasiun subway
  • Di berbagai pusat informasi wisata. Untuk info alamat aneka pusat informasi wisata, bisa lihat disini.

Untuk isi ulang, bisa dilakukan di stasiun, bank, convenience store, dan banyak lagi. Namun sebetulnya cara paling praktis adalah dengan me-recharge sendiri melalui mesin. Anda cukup mencari mesin Ticket Vending and Card Reload di berbagai stasiun subway, dan mengikuti langkah mudah berikut ini:

1. Untuk tahap awal, pilih menu “English” di bagian bawah layar. Selanjutnya akan ada panduan suara otomatis.

2. Pilih gambar kartu yang ada logo T-money Card. Posisinya di bagian kanan layar.

3. Tempatkan kartu T-money Anda di electronic card reader. Nggak sulit menemukannya karena ditandai oleh logo T-money.

4. Pilih nominal saldo yang diinginkan, mulai dari KRW1000 hingga KRW90000.

5. Bayar sesuai dengan jumlah saldo yang dibeli. Rata-rata mesin menerima uang kertas pecahan KRW1000/5000/10000 maupun koin KRW50/100/500.

6. Tunggu sampai saldo selesai ditambahkan pada kartu Anda.

7. Setelah proses selesai, kartu T-money siap untuk digunakan lagi. 

card reloader [foto: DaisyCT/flickr]
card reloader [foto: DaisyCT/flickr]
card reloader [foto: John Aslund/flickr]
card reloader [foto: John Aslund/flickr]
card reloader [foto: Hirotomo/flickr]
card reloader [foto: Hirotomo/flickr]

Prosedur penggunaan T-money

Berikut beberapa prosedur penggunaan T-money di berbagai moda transportasi:

Bus

  • Saat baru naik, scan T-money pada card reader yang ada di bus. T-money tetap bisa terdeteksi sekalipun berada di balik dompet maupun di saku tas (selama berada di sisi terluar), jadi nggak perlu repot-repot mengeluar-masukkan kartu saat naik transportasi umum. Jika bepergian bersama 2 orang atau lebih, jangan lupa menginformasikan jumlah anggota rombongan pada supir bus.
  • Saat turun, jangan lupa men-scan kartu sekali lagi atau Anda akan dikenakan tarif double saat naik kendaraan umum berikutnya. Pada saat itu, akan ditampilkan berapa jumlah biaya yang harus dibayar.

Subway

Prosedur penggunaan T-money saat naik subway tak jauh beda dengan Suica dan Passmo. Sebelum melewati gerbang masuk ke subway, scan kartu di card reader di pintu masuk (biasanya di sisi atas). Sensor akan menampilkan berapa jumlah yang harus dibayar dan berapa sisa saldonya. Tunggu sampai pintu terbuka, baru Anda bisa bebas melenggang ke dalam subway. Saat keluar, jangan lupa men-scan lagi kartu Anda.

Tipikal gerbang masuk di stasiun/subway [foto: Piotrus/wikimedia]
Tipikal gerbang masuk di stasiun/subway [foto: Piotrus/wikimedia]
Cara men-scan T-money [foto: John Aslund/flickr]
Cara men-scan T-money [foto: John Aslund/flickr]

Taksi

Tidak semua taksi menerima pembayaran menggunakan T-money. Trus bagaimana cara membedakan taksi yang menerima T-money dan yang tidak? Caranya dengan mencari logo T-money pada badan taksi. Biasanya, logo tersebut ditempel di kaca maupun di atas mobil (di dekat lampu taksi).

Prosedurnya, saat baru naik, jelaskan jika Anda akan membayar ongkos menggunakan T-money. Scan kartu saat baru naik (card readernya biasanya di antara kursi supir dan kursi penumpang). Namun jika ternyata jumlah saldo tidak mencukupi, solusinya Anda harus membayar kekurangannya menggunakan uang cash.

Contoh taksi yang menerima T-money (lihat tanda kuning di sebelah lampu taksi, di bagian atas mobil) [foto: MasDom/flickr]
Contoh taksi yang menerima T-money (lihat tanda kuning di sebelah lampu taksi, di bagian atas mobil) [foto: MasDom/flickr]
Alat scan kartu pada taksi [foto: Nickgraywfu/flickr]
Alat scan kartu pada taksi [foto: Nickgraywfu/flickr] 
Ngomong-ngomong aneka moda transportasi di Seoul ini menarik juga untuk dibahas. Terlebih tentang busnya yang terdiri dari beberapa jenis. Kapan-kapan akan saya tulis terpisah ya.

Prosedur refund

Nggak perlu merasa sayang untuk membeli T-money karena belum tentu akan wisata lagi ke Seoul. Nggak perlu juga sengaja menghamburkan sisa saldo yang ada daripada mubazir jika tidak digunakan. Anda tinggal melakukan refund saja, dan saldo akan dikembalikan pada Anda setelah dipotong biaya service sebesar KRW500. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

Jika saldo kurang dari KRW20000

Refund bisa dilakukan di berbagai partner yang menjual T-money card, seperti convenience store. Hanya saja memang tidak semua partner penjualan menerima refund, jadi harus dipastikan dulu ya.

Jika saldo lebih dari KRW20000

Proses refund bisa dilakukan di Korea T-money Card Headquarter, yang beralamat di lantai 1, T-money Town, Seoul City Tower Building, Namdaemun-ro 5Ga, Jung-gu, Seoul, Telp: 02-1644-0088/080-389-0088. Lokasinya persis di depan Exit 8 di Stasiun Seoul yang bisa diakses melalui Seoul Subway Line 1 dan 4. Tidak ada biaya yang dikenakan, alias cuma-cuma.

Tapi jika merasa ribet untuk melakukan refund, sebetulnya nggak apa-apa jika sisa saldo dibiarkan saja. T-money tidak memiliki masa kadaluarsa. Jadi seandainya pun Anda baru bisa kembali ke Seoul beberapa tahun kemudian, selama kartu tidak rusak, kartu masih bisa digunakan lagi (beserta saldo yang tersisa).

Informasi tambahan

Sebetulnya, masih ada jenis kartu T-money lain yang sengaja nggak saya tulis, yaitu T-money khusus untuk usia remaja (13-18 tahun) dan anak-anak (7-12 tahun). Ada beberapa perbedaan antara kartu untuk anak dan remaja dengan kartu T-money biasa. Untuk membeli T-money anak dan remaja, dibutuhkan kartu identitas khusus.

Keuntungannya adalah nominal diskonnya yang lebih besar dibanding kartu biasa. Misalnya saja saat naik subway. Jika membayar dengan uang tunai, harga tiketnya kira-kira KRW1150. Jika menggunakan T-money biasa, cukup membayar KRW1050 saja (diskon KRW100).

Sedangkan jika remaja dan anak-anak menggunakan T-money khusus sesuai kelompok usia mereka, harga tiket yang dibayarkan hanya sebesar KRW720 dan KRW450. Murah kan? Namun ingat, penumpang dewasa jangan tergoda untuk menggunakan T-money khusus untuk remaja, apalagi anak-anak. Jika ketahuan, Anda akan dikenakan denga 30x dari harga tarif yang seharusnya. Seram kan?

Semoga informasinya bermanfaat.

***

Kenalan Dengan T-Money, Kartu Transit Multifungsi Di Seoul [Part 1]

T-Money M-Pass Vs T-Money, Mana Yang Lebih Oke?

Never Lost In Seoul: Subway Guide

Never Lost In Seoul: Bus Guide

***

* Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments