Seoul Downtown via flickr
Seoul Downtown via flickr

Tadinya, selepas beres menulis tentang aneka kartu pass dan T-money di Seoul, saya berencana untuk membahas tentang Seoul City Tour Bus. Tapi setelah dilihat-lihat, ternyata bahasannya agak panjang dan nggak akan selesai dalam 1-2 tulisan saja jika dibahas dengan detail.

Jadi untuk sementara Seoul City Tour Bus-nya antri dulu dalam list bersama dengan Seorak Waterpia, Nami Island, dan Jeju Island yang sudah pernah saya janjikan di tulisan-tulisan sebelumnya (wah, lama-lama hutang tulisan saya numpuk juga ya, haha).

Supaya nggak jenuh dengan topik yang itu-itu saja, kali ini saya ingin membahas topik kesukaan emak-emak seperti saya, yaitu hemat. Yes, saya ingin berbagi aneka tips untuk wisata hemat ke Korea Selatan beserta perkiraan biayanya. Untuk perkiraan harga, saya hanya menulis perkiraan kasarnya saja dan dapat berubah sewaktu-waktu. Berikut beberapa tips yang bisa saya bagikan:

Tiket pesawat

Kayaknya tips ini sudah jadi tips umum untuk melakukan wisata hemat ke negara mana pun: berburulah tiket promo jika ingin dapat harga yang jauh lebih murah. Begitu juga dengan wisata ke Korea Selatan.

Mengingat tiket pesawat termasuk salah satu komponen wisata yang paling menguras budget, salah satu tips terbaik untuk menekan pengeluaran di tiket adalah dengan berburu tiket murah. Lebih mantap lagi jika ada promo tiket murah dari budget airlines, seperti Air Asia.

Kira-kira berapa perkiraan biaya yang harus disiapkan? Tergantung promonya. Salah seorang teman pernah bercerita, pada awal tahun 2013 dia hanya perlu merogoh kocek sebesar 7 jutaan untuk tiket pulang-pergi ke negeri Ginseng tersebut, yang berarti kira-kira 3,5 jutaan untuk sekali jalan.

Itu relatif murah, mengingat harga tiket non-promo bisa mencapai 7 jutaan untuk sekali jalan dan bisa 8-10 jutaan untuk Garuda Indonesia. 7 juta pp masih terlalu mahal? Yang namanya promo kan bervariasi. Pernah juga kok ada promo tiket 3-5 jutaan sudah bisa pulang-pergi ke Korea Selatan. Intinya, pandai-pandailah mencari promo jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan yang diinginkan.

Akomodasi

  • Jangan terpaku dengan hotel jika termasuk budget traveller. Banyak kok variasi akomodasi murah di berbagai kota di Korea Selatan, termasuk Seoul. Beberapa tipe akomodasi ekonomis dan perkiraan harganya akan saya tulis terpisah ya (nambah lagi hutang tulisannya deh, hehe). Jadi harap sabar bagi yang penasaran dengan harga akomodasi ya.

UPDATE: tentang akomodasi hemat di Korea Selatan, cek disini.

  • Tips lainnya, idealnya sih memang mencari penginapan yang lebih dekat dengan subway untuk memudahkan mobilitas. Tapi jika ingin mencari penginapan dengan harga yang lebih murah, sebaiknya survey penginapan yang jaraknya 5-10 menit jalan kaki dari stasiun subway, karena selisih harganya bisa lumayan miring lho.
  • Biasanya, hotel-hotel yang ada di pusat bisnis punya penawaran khusus saat weekend. Tujuannya agar hotel tetap ramai sekalipun bukan pada hari kerja. Jadi rajin-rajinlah men-survey rate berbagai hotel, khususnya pada akhir pekan.
  • Alternatif lainnya, bisa juga mencari penginapan yang letaknya sedikit jauh dari pusat kota. Harganya bisa jauh lebih murah dibanding penginapan di pusat kota. Selama lokasinya nggak begitu jauh dari stasiun subway, nggak perlu khawatir dengan akan sulit untuk pergi kemana-mana.

Makan dan minum

  • Harga makanan di Korea Selatan, dalam hal ini saya fokus pada Seoul, nggak bisa dibilang murah namun nggak bisa dibilang mahal juga. Semua kembali pada pintar-pintarnya kita memilih tempat makan yang tepat sesuai dengan anggaran. Untuk menu makan yang paling hemat, harga mie instan di convenience store bisa berkisar KRW2000* (1 won kira-kira 11 rupiah) dan menu paket makanan di convenience store bisa mulai dari KRW5000*.
  • Untuk sekedar pengganjal perut, jajanan pinggir jalan di Korea Selatan menarik juga untuk dipertimbangkan lho. Harganya rata-rata mulai dari KRW500*-1500*, yang berarti kurang lebih mulai dari Rp.5500-16500,-.
  • Budget traveller yang biasa nongkrong di coffee shop seperti Starbucks sebaiknya pikir-pikir ulang untuk nongkrong disana karena harga kopinya relatif mahal. Anggaran untuk sarapan dan ngopi di area Seoul bisa mencapai KRW9500* (untuk 2 orang) lho. Solusi lainnya, pertimbangkan untuk membeli kopi di restoran fastfood seperti McDonald yang harganya jauh lebih murah (ada harga ada kualitas ya). Resto fastfood sejenis McDonald juga bisa jadi alternatif tempat makan yang murah meriah dibanding pergi ke restoran.

Transportasi

  • Jangan terburu-buru untuk membeli kartu terusan seperti M-Pass, Seoul CityPass, maupun Korean Railpass karena belum tentu Anda membutuhkan kartu-kartu itu.
  • Jika hanya akan wisata di satu kota saja, misalnya Seoul, salah satu cara untuk menghemat biaya transport adalah dengan cermat menyusun itinerary wisata agar bisa mengunjungi beberapa obyek wisata sekaligus dengan berjalan kaki.
  • Jangan alergi menggunakan taksi. Jika taksi di Tokyo harganya terkenal selangit, maka taksi di kota besar seperti Seoul, Incheon, dan Busan relatif terjangkau lho. Tarif standarnya adalah KRW2400* (kira-kira Rp.26400) untuk 2 kilometer pertama, dan KRW100* untuk penambahan per-144 meter. Bandingkan dengan taksi di Tokyo yang tarif buka pintunya saja JPY700*, atau setara Rp.84000 (1 yen=Rp.120). Namun tetap saja lebih murah menggunakan subway maupun bus, apalagi jalan kaki. Jadi jangan malas menyusun itinerary ya.

Wisata

  • Jika berencana wisata ke berbagai tempat populer, pertimbangkan untuk membeli kartu seperti Seoul CityPass maupun Seoul CityPass Plus. Kedua jenis kartu tersebut menawarkan diskon masuk ke berbagai tempat wisata populer di Seoul.
  • Alternatif lainnya, pergilah ke tempat-tempat wisata yang bebas tiket masuk (alias gratisan). Minimal carilah tempat wisata yang tiket masuknya super murah. Nanti deh kapan-kapan saya bantu susun tempat-tempat wisata gratisan atau yang tiketnya super murah (eaaa, nambah hutang tulisan lagi.. haha..).

Ngomong-ngomong, saya pernah nulis inspirasi wisata hemat di Tokyo, bisa dicek disini. Siapa tahu aktifitasnya ada yang bisa diterapkan juga di Korea Selatan.

***

Sementara itu dulu beberapa tips yang bisa saya bagikan. Monggo kalau ada yang mau menambahkan. Tips-nya memang masih global banget, tapi mudah-mudahan sudah ada bayangan tentang harga-harga disana. Untuk gambaran tentang akomodasi, menyusul ya.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Comments

comments