Beberapa hari lalu, datang inbox FB dari seorang teman, sebut saja namanya Mbak D. Maaf agak disensor yaa, untuk melindungi privasi. Untuk isi percakapan lengkapnya, bisa langsung klikprintscreen dibawah ini (untuk percakapan yang nggak berhubungan dengan topik, terpaksa di sensor juga):

Printscreen inbox FB
Printscreen inbox FB
Printscreen inbox FB
Printscreen inbox FB

Singkatnya, Mbak D berencana untuk melakukan perjalanan ke Jepang pada tanggal 10-19 April, dengan kota tujuan Kagoshima, Hiroshima, Osaka dan sekitarnya, serta Tokyo. Beliau menanyakan, kira-kira dimana bisa melihat bunga Sakura pada periode tersebut.

Mendapat request ultra special tersebut (soalnya langka banget ada yang langsung request ke inbox), saya pun langsung tancap gas melakukan serangkaian cek ricek dan bakar menyan untuk mbah Google (=ngemil sambil browsing).

Hasilnya, saya merekomendasikan beberapa kota yang kemungkinan bunga Sakura akan mekar penuh pada periode wisata yang diinginkan (lihat foto 01b). Namun ternyata rencana perjalanan berubah menjadi bulan Mei.

Dari sana ada beberapa pertanyaan yang tiba-tiba saja terlintas dalam benak saya: kapan sih sebetulnya bunga Sakura itu mekar, dan dimana tempat terbaik untuk menikmati bunga Sakura yang sedang berbunga? Untuk pertanyaan tambahan, kalau bulan Mei ingin lihat Sakura (yang berarti masih masuk periode musim semi), kira-kira dimana ya?

Sampai disini ada yang heran nggak, kok bingung dimana nyari bunga Sakura saat wisata musim semi di Jepang? Bukannya bunga Sakura memang mekar di musim semi? Harusnya Sakura di musim semi sama seperti tukang bakso keliling dong: nggak dicari pun selalu ada, alias pabalatak (=berserakan) dimana-mana.

Ya, pada umumnya bunga memang mekar di sepanjang musim semi. Namun ada beberapa fakta tentang Sakura yang belum tentu semua orang tahu, yang membuat bunga ini berbeda dari bunga lainnnya. Mumpung saat ini di Jepang sedang musim semi (dan kalau nggak salah ada beberapa Jalan2ers juga yang akan wisata musim semi ke Jepang), yuk mari mengenal lebih lanjut aneka fakta tentang bunga Sakura.

Waktu mekarnya bunga Sakura

Ada yang penasaran nggak, kenapa bunga Sakura sangat dicari di musim semi? Kenapa sampai muncul tradisi hanami (piknik sambil menikmati keindahan bunga Sakura) saat musim semi tiba? Itu karena bunga Sakura memiliki masa mekar penuh yang sangat singkat, kira-kira 1 minggu saja. Wow, ekspress ya!

Setelah lewat dari satu minggu, bunga Sakura akan berguguran. Itu jika cuaca normal-normal saja. Jika sedang waktunya turun hujan maupun angin kencang, waktu mekarnya Sakura bisa lebih singkat lagi. Nggak heran jika setiap kali Sakura diperkirakan telah mekar, banyak yang berbondong-bondong mencari tempat terbaik untuk menikmati keindahan Sakura.

Bunga Sakura [foto: Harald Hoyer/wikimedia
Bunga Sakura [foto: Harald Hoyer/wikimedia
ChrisEngelsma/wikimedia
ChrisEngelsma/wikimedia
Ludovic Bertron/wikimedia
Ludovic Bertron/wikimedia
Benson Kua/wikimedia]
Benson Kua/wikimedia]

Kapan periode mekarnya bunga Sakura?

Biasanya, banyak yang beranggapan bahwa waktu mekarnya Sakura kira-kira pada akhir Maret maupun awal April. Faktanya, waktu mekar bagi bunga Sakura sangat berbeda di setiap daerah; tergantung dari lokasi geografis daerah tersebut. Pada prinsipnya sih, daerah yang lebih cepat mendapat kehangatan musim semi, maka disanalah bunga Sakura akan mekar lebih cepat.

Disini saya sudah menyinggung sekilas bahwa daerah Selatan Jepang (seperti Okinawa) jauh lebih hangat dibanding daerah yang ada di sisi utara (seperti pulau Hokaido). Otomatis bunga Sakura di Okinawa akan lebih cepat mekar jika dibanding dengan Hokaido.

Dengan kata lain, jika ingin melihat Sakura di bulan Mei, pergilah ke daerah Hokaido. Tanggal mekar bunga Sakura pun bisa berbeda setiap tahunnya, tergantung dari cuaca di tahun tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut perkiraan mekarnya Sakura di tahun 2014 untuk beberapa kota besar di Jepang berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Japan Weather Association:

Naha/Okinawa: 15 Januari 2014
Kagoshima & Nagasaki: 20 Maret 2014
Nagoya & Shizuoka: 24 Maret 2014
Hiroshima & Tokyo: 25 Maret 2014
Osaka & Kyoto: 27 Maret 2014
Sendai: 10 April 2014
Aomori: 24 April 2014
Sapporo/Hokkaido: 3 Mei 2014

Itu baru perkiraan waktu awal mekar bunga Sakura saja. Untuk estimasi waktu terbaik melihat Sakura (waktu Sakura sudah mekar penuh), kurang lebih dimulai 1 minggu setelahnya. Satu minggu kemudian, barulah bunga Sakura akan mulai berguguran. Total-totalnya sih bunga Sakura bisa dinikmati kurang lebih 2-3 mingguan saja di sepanjang musim semi. Oya, itu baru sebatas tanggal asumsi saja.

Tidak semua Sakura di kota tersebut akan mekar serentak di tanggal tersebut, karena lagi-lagi segalanya tergantung pada cuaca setempat dan lokasi masing-masing pohon Sakura. Juga tergantung pada jenis pohon Sakura yang variannya sangatlah banyak.

Kawazuzakura [foto: Arashiyama/wikimedia]
Kawazuzakura [foto: Arashiyama/wikimedia]
Kanzan [foto: Arashiyama/wikimedia]
Kanzan [foto: Arashiyama/wikimedia]
Hikanzakura [foto: Sakurai Midori/wikimedia]
Hikanzakura [foto: Sakurai Midori/wikimedia]
Ukon [foto: Arashiyama/wikimedia]
Ukon [foto: Arashiyama/wikimedia]

Yang harus dilakukan untuk menikmati Sakura

Tentu saja hanami! Kalau sempat berkunjung di malam hari, melakukan yozakura (hanami di malam hari) bisa jadi opsi menarik. Tentang hanami dan yozakura, bisa dibaca disini dan disini. Di link tersebut juga ada ulasan singkat 10 tempat terbaik untuk melakukan hanami di Tokyo. Jadi bagi yang memang ada rencana wisata ke Tokyo dalam waktu dekat ini, silahkan mampir ke link di atas untuk melihat-lihat daftar tempat terbaik hanami di Tokyo.

Selain Tokyo, dimana tempat terbaik untuk melakukan hanami?

Banyak, bahkan sangat banyak. Setiap kota memiliki tempat terbaiknya untuk melakukan hanami. Namun jika bicara tentang tempat terbaik untuk menikmati Sakura di level nasional, yang berarti terbaik di seluruh Jepang, lakukan di tempat-tempat berikut ini: Hirosaki Castle, prefektur Aomori; Philosopher’s Path, prefektur Kyoto; Kema Sakuranomiya Park, Osaka;Yoshinoyama, prefektur Nara; Hanamiyama Park, Fukushima; Himeji Castle, Himeji; dan masih banyak tempat lainnya.

Berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang tempat-tempat tersebut dan perkiraan waktu terbaik untuk melakukan hanami? Sabar, tunggu saja kelanjutannya.

 

* Foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments