fbpx
Home Guides Panduan Memilih Koper Yang Akan Digunakan Untuk Berwisata

Panduan Memilih Koper Yang Akan Digunakan Untuk Berwisata

Suka atau tidak, dan disadari atau tidak, koper memang merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah aktifitas traveling. Koper yang baik tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menampung berbagai barang yang kita bawa selama berwisata, namun juga dapat berfungsi sebagai pelindung barang-barang tersebut; dan bagi sebagian lainnya, juga berfungsi sebagai identitas diri dan prestise.

Memilih koper yang tepat untuk dibawa bepergian itu gampang-gampang susah. Gampang, karena saat ini telah banyak pilihan model koper traveling yang bisa dipilih; dan susahnya karena semakin banyak pilihan, maka kita akan semakin bingung untuk memilih! Dan, percaya atau tidak, memilih koper traveling itu perlu sedikit kejelian, dan juga pengetahuan, untuk dapat memilih koper terbaik sesuai kebutuhan dan juga sesuai budget.

foto : niveasorensen.com
foto : niveasorensen.com

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli koper untuk traveling? Berikut ini beberapa kriteria dan pertimbangan yang bisa digunakan sebagai panduan untuk menyeleksi koper yang akan dibeli. Namun tetap saja, pilihan akhir ada di tangan masing-masing.

PS: thread ini khusus membahas tips memilih koper. Untuk jenis lainnya akan saya ulas terpisah.

 

Ukuran

Berapa ukuran koper yang harus dibeli? Apa harus membeli koper ukuran besar supaya bisa muat banyak barang, atau harus membeli koper ukuran sedang, atau malah koper ukuran kabin saja?

Biasanya, itu pertanyaan paling mendasar yang biasa ditanyakan sewaktu akan mulai membeli koper. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari flashback sedikit pada tips packing yang dibagikan oleh Rick Steves dalam thread  : “kalian tak dapat bepergian dengan berat, bahagia, dan murah. Pilih 2 diantaranya.”

Jika kalian memilih pergi dengan berat dan bahagia, pilih koper ukuran besar yang dapat memuat pakaian maupun barang-barang apapun yang ingin kalian bawa. Tapi resiko lainnya, jika koper terlalu besar, bisa jadi akan menyulitkan pergerakan kalian dan bisa menjadi sebuah mimpi buruk.

Sedangkan jika kalian lebih memilih pergi dengan bahagia dan murah, koper ukuran kabin itu sudah cukup. Namun jika memilih pegi dengan cara berat dan murah, koper ukuran menengah bisa dipilih. Jadi semuanya tergantung pada kebutuhan masing-masing. Sebagai tambahan, pertimbangkan juga regulasi yang berlaku di maskapai yang akan kalian naiki. Jangan sampai setelah kalian repot-repot membeli tas ukuran tertentu, ternyata tidak boleh masuk ke kabin dan overweight saat dimasukkan dalam bagasi.

foto : cloudfront.net
foto : cloudfront.net

Fitur

  • Warna dan motif

Dengan begitu banyaknya pilihan warna dan motif koper, ada baiknya pilih warna dan motif yang nggak pasaran. Tujuannya agar koper mudah dikenali dan memperkecil kemungkinan koper akan tertukar dengan milik orang lain.

Namun kalau nggak ketemu warna dan motif yang unik, kalian tetap bisa membuat koper kalian terlihat istimewa dengan menambahkan ciri tertentu, seperti stiker. Tambahan lainnya, sebaiknya hindari memilih warna putih maupun cream karena jika koper kotor, kotorannya akan mudah terlihat.

foto : taobaocdn.com
foto : taobaocdn.com
  • Roda

Untuk memudahkan pergerakan saat membawa koper, pilihlah koper yang memiliki roda yang dapat berputar dengan fleksibel. Koper yang memiliki 2 roda dapat bermanuver dengan mudah, cocok bagi kalian yang serba terburu-buru. Namun jika barang bawaan cukup berat, koper beroda empat lebih dapat menopang beban koper dengan lebih baik. Tambahan lainnya, cari roda koper dengan bahan campuran dari karet agar lebih awet.

foto : c.tw.rakuten-static.com
foto : c.tw.rakuten-static.com

Pegangan

Sudah jadi rahasia umum jika bagian pegangan koper merupakan salah satu bagian yang paling cepat rusak. Jadi, pastikan koper yang akan dibeli memiliki pegangan yang kokoh sebelum memutuskan untuk membelinya. Koper dengan pegangan ganda biasanya lebih awet dibanding koper dengan pegangan tunggal.

 

Contoh koper dengan pegangan tunggal. Foto: g02.a.alicdn.com
Contoh koper dengan pegangan tunggal. Foto: g02.a.alicdn.com
  • Kompartemen

Koper yang terdiri dari 2 kompartemen, maupun memiliki kantung-kantung ekstra, akan lebih menyenangkan untuk digunakan karena kalian bisa dengan mudah mengorganisir banyak barang.

  • Expendability

Ini agak sulit diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Intinya sih, apakah koper tersebut memiliki kantong rahasia untuk menambah ukuran koper atau tidak. Berhubung terkadang kita kerap membeli oleh-oleh ekstra setelah pulang wisata, ada baiknya membeli koper yang ukurannya bisa sedikit ditambah.

 

Bahan

  • Softcase vs hardcase

Dewasa ini, koper untuk traveling dibuat dengan bahan yang sangat beragam. Ada bahan softcase dan hardcase. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Koper dengan bahan softcase lebih mudah diletakkan di kabin, lebih ringan, dan lebih fleksibel untuk dibawa, namun kurang tahan terhadap tekanan.

Sedangkan koper berbahan keras mampu melindungi barang-barang didalamnya dengan lebih baik, namun jika rusak/pecah, sulit untuk diperbaiki. Idealnya sih memilih bahan yang terbuat dari polycarbonate (plastik keras yang biasa digunakan untuk kaca anti peluru) yang cukup kuat namun ringan; atau memilih koper dengan sebagian cangkang terbuat dari hardcase dan sisanya softcase (agar lebih ringan).

Apapun pilihan kalian, pilih yang materialnya bagus karena koper yang berkualitas merupakan sebuah investasi jangka panjang. Dan sebaiknya pilih juga yang bahannya waterproof agar lebih mudah dibersihkan.

  • Resleting

Resleting kerap kali menjadi bagian yang paling mudah rusak. Jadi jika koper pilihan kalian memiliki resleting, pastikan resletingnya cukup kuat dan terbuat dari bahan yang tahan lama dan waterproof.

  • Lainnya

Pilih koper yang memiliki mekanisme keamanan yang baik. Misalnya, dilengkapi dengan tempat untuk mengunci resleting. Walau sekarang tidak ada langkah pasti untuk mencegah koper dibongkar oleh orang-orang tak bertanggung jawab, namun koper dengan sistem mekanisme keamanan yang baik diharapkan dapat sedikit menyulitkan orang-orang tersebut.

Sebaiknya pilih koper dengan sistem pengamanan TSA (Transportation Security Administration). Koper dengan pengamanan TSA akan mudah dibuka oleh petugas bea cukai menggunakan kunci universal, sehingga jika kalian dianggap membawa barang-barang mencurigakan, mereka bisa langsung memeriksa tanpa harus merusak kuncinya.

 

Semoga bermanfaat!

 

baca juga :

Panduan Memilih Travel Backpack Untuk Pemula

Bangkok Untuk Pemula, dan Bermacam Alasan Kenapa Harus Pergi Kesana

Nggak Punya Teman Untuk Liburan Tahun Baru? Solo Traveling Aja, Bro And Sis!

Comments

comments