fbpx
Home Guides Panduan Wisata Lembang Untuk Pemula: Mengenal Primadona Wisata Bandung Raya

Panduan Wisata Lembang Untuk Pemula: Mengenal Primadona Wisata Bandung Raya

Bicara tentang pariwisata Bandung, pasti nggak akan bisa lepas dari membicarakan tentang Lembang. Alasannya beragam, namun salah satunya adalah karena di Lembang kerap bermunculan obyek wisata baru yang akhirnya menjadi tren pariwisata Bandung. Jadi, nggak heran kalau Lembang disebut-sebut sebagai primadona wisata di kota berjuluk Paris van Java tersebut.

Jika kalian berencana untuk mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, yuk mari kenalan dulu dengan kawasan Lembang. Apa saja sih daya tarik dari Lembang? Dan, akses mana yang paling mudah untuk mencapai kawasan tersebut jika datang dari luar kota? Simak detailnya dibawah ini.

*             *             *             *             *

Informasi Dasar

Lembang adalah nama sebuah kecamatan di Bandung. Secara administratif, Lembang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bandung Barat. Namun Lembang juga dimasukkan dalam sebuah wilayah bernama Kawasan Bandung Utara, bersama beberapa kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Cimahi. Berikut ini gambaran posisi Kecamatan Lembang dalam peta Kabupaten Bandung Barat.

Posisi Lembang pada peta Kabupaten Bandung Barat, via slideplayer
Posisi Lembang pada peta Kabupaten Bandung Barat, via slideplayer

Lembang sendiri terdiri dari 16 desa, dengan luas wilayah yang bervariasi antara 1,8 km² hingga 9,74 km². Suhu udaranya cukup sejuk, rata-rata berkisar antara 17-24° C. Maklum, Lembang ini memang terletak di dataran tinggi karena posisinya sendiri ada di ketinggian 1312-2084 meter dari permukaan laut, dengan titik tertingginya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Adapun pembagian desa di Lembang kira-kira seperti ini:

16 desa di Lembang, via kotakita
16 desa di Lembang, via kotakita

*             *             *             *             *

Daya Tarik Lembang

Kalau ditanya “apa sih yang membuat Lembang populer”, jawaban utamanya mungkin karena faktor kesejukan udaranya. Jika dibandingkan dengan wilayah lain di Kota Bandung, Lembang memang relatif lebih sejuk. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang suka berkunjung ke Lembang, untuk main ke aneka obyek wisatanya maupun sekedar kongkow biasa saja.

Selain itu, Lembang juga memiliki view yang indah. Terletak di area pegunungan membuat view dari kawasan ini sangatlah menarik, baik view ke arah Kota Bandung maupun view ke arah pegunungan.

Kawasan Lembang juga menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak sekali opsi obyek wisata. Bahkan, rasanya di kawasan ini (dan kawasan sekitarnya) rutin bermunculan obyek wisata baru nan hits. Dan, daya tarik lainnya terletak pada keragaman wisata kuliner yang bisa dilakukan di Lembang dan sekitarnya.

*             *             *             *             *

Obyek Wisata Menarik di Lembang dan Sekitarnya

Sudah jadi rahasia umum jika Lembang memiliki banyak obyek wisata menarik. Masalahnya, kadang wisatawan kurang paham kalau TIDAK SEMUA obyek wisata populer tersebut tepat berada di Lembang. Sebagian diantaranya berlokasi di daerah sekitar Lembang, seperti Cimahi, Subang, dan di kecamatan lain di Kabupaten Bandung Barat.

Berikut ini beberapa obyek wisata yang bisa ditemukan di Lembang dan daerah sekitarnya yang cukup dekat di akses dari Lembang. Untuk detail lokasi, silahkan klik nama obyek wisata yang ada di masing-masing topik.

+             +             +

Lembang

1. De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang, via deranchlembang
De’Ranch Lembang, via deranchlembang

Dari seluruh obyek wisata yang ada dalam daftar ini, De’Ranch Lembang termasuk salah satu yang lokasinya berada tepat di pusat Lembang. Obyek wisata ini menawarkan pengalaman liburan ala cowboy yang akan digemari oleh anak-anak maupun dewasa. Ingin merasakan serunya menunggang kuda? Memberi makan kuda? Atau jalan-jalan di hutan pinus? Semua bisa dilakukan disini.

2. Floating Market

Floating Market, via sheratonbandung
Floating Market, via sheratonbandung

Salah satu obyek wisata unik di Lembang karena menawarkan suasana ala pasar terapung seperti di Thailand dan Kalimantan. Ada banyak aktifitas lain yang bisa dilakukan disini, seperti naik perahu, wisata kuliner, dan lain-lain.

3. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya, via filosotrip
The Lodge Maribaya, via filosotrip

The Lodge Earthbound Adventure Park & Resort, atau biasa disebut The Lodge Maribaya, merupakan sebuah obyek wisata yang menawarkan berbagai aktifitas bertema alam.

Asyiknya, lingkungan di sekitar The Lodge ini terdiri dari hutan pinus, sehingga pemandangannya pun cukup indah. The Lodge ini lokasinya cukup dekat dengan Air Tejun Maribaya, salah satu destinasi wisata favorit lain di area Lembang. Di The Lodge ini kalian pun bisa melakukan camping, lho.

4. Farm House

Salah satu bangunan di Farm House, via mixedupalready
Salah satu bangunan di Farm House, via mixedupalready

Farm House ini termasuk salah satu obyek wisata baru karena baru beroperasi pada bulan Desember 2015. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah, taman yang cantik, dan aneka rumah hobbit yang sangat Instagramable. Cocok sekali dikunjungi bersama keluarga.

5. Grafika Cikole

Grafika Cikole, via icla.bosmobil
Grafika Cikole, via icla.bosmobil

Satu lagi tempat wisata di Lembang yang menawarkan one stop adventure. Grafika Cikole ini menawarkan banyak fasilitas wisata bagi para wisatawan, mulai dari fasilitas outbound (flying fox, turun tebing, dan lain-lain), kebun strawberi, wisata naik kuda, dan lain-lain. Di sini pun terdapat hotel dan aneka restoran. Namun salah satu highlight fasilitas di Grafika Cikole adalah fasilitas pondok wisata alamnya dan area camping.

6. Kebun Begonia

Kebun Begonia, via kebunbegonialembang.blogspot
Kebun Begonia, via kebunbegonialembang.blogspot

Ingin mengunjungi obyek wisata yang sedikit berbeda dengan obyek wisata lain di Lembang? Cobalah main ke Kebun Begonia yang ada di Jalan Maribaya. Tempat ini merupakan sebuah kebun yang dirancang dengan konsep wisata edukasi konservasi bunga Balinea (dan beberapa jenis bunga lainnya). Tentu saja disini pun terdapat kafe dan restoran, sehingga pengunjung nggak melulu hanya akan menikmati pemandangan bunga saja.

7. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha, via bentaran
Observatorium Bosscha, via bentaran

Sesuai dengan namanya, Observatorium Bosscha memang merupakan sebuah tempat peneropongan bintang. Bahkan tempat ini merupakan salah satu peneropongan bintang tertua di Indonesia lho.

Jika ingin berkunjung bersama keluarga maupun perorangan, kalian bisa datang pada hari Sabtu (pukul 09.00-13.00) untuk melihat cara kerja teleskop Zeiss (hanya demonstrasi/penjelasan saja). Namun terkadang dibuka juga kesempatan untuk bisa ikut meneropong di malam hari.

8. Taman Hutan Jaya Giri Lembang

Pepohonan di Taman Hutan Jaya Giri, via davidmualim.blogspot
Pepohonan di Taman Hutan Jaya Giri, via davidmualim.blogspot

Tempat ini merupakan sebuah taman penghubung sekaligus hutan yang ada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Jika kalian suka dengan wisata bertema alam, Taman Hutan Jaya Giri ini bisa jadi pilihan asyik, karena disini kalian dapat melakukan berbagai aktifitas outdoor seperti hiking dan camping.

9. Lainnya

Imah Seniman, via booking
Imah Seniman, via booking

Masih banyak tempat wisata lain di wilayah Lembang yang belum disebutkan dalam daftar di atas, seperti Air Terjun Maribaya, Taman Hutan Junghuhn, Rumah Sosis, Imah Seniman, dan lain-lain.

+             +             +

Di Sekitar Lembang

1. Kampung Gajah Wonderland

Salah satu atraksi di Kampung Gajah, via news.lewatmana
Salah satu atraksi di Kampung Gajah, via news.lewatmana

Namanya boleh saja Kampung Gajah, tapi bukan berarti tempat ini adalah nama sebuah kebun binatang. Kampung Gajah Wonderland merupakan sebuah obyek wisata yang populer akan waterpark-nya. Tak hanya memiliki waterpark berukuran luas, di Kampung Gajah ini juga terdapat puluhan wahana permainan dan restoran.

2. Dusun Bambu

Salah satu spot di Dusun Bambu, via dusunbambu
Salah satu spot di Dusun Bambu, via dusunbambu

Salah satu obyek wisata favorit di sekitar Kolonel Masturi, Parongpong. Dusun Bambu menawarkan beragam pilihan aktifitas wisata untuk beragam usia, sehingga tempat ini cocok sekali disambangi oleh keluarga. Selain itu, di Dusun Bambu ini juga terdapat beberapa restoran hingga penginapan.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, via bisniswisata
Gunung Tangkuban Perahu, via bisniswisata

Gunung Tangkuban Perahu selalu sanggup memukau wisatawan untuk datang dan berkunjung ke sana. Gunung yang lekat dengan legenda Sangkuriang tersebut memiliki beberapa kawah vulkanik yang selalu terlihat fotogenik saat diabadikan oleh lensa kamera.

4. Pemandian Air Panas Ciater

Ciater, via indonesiadestinations
Ciater, via indonesiadestinations

Ciater bisa jadi merupakan salah satu pemandian air panas paling terkenal di Bandung, sekalipun secara administratif pemandian ini terletak di Kabupaten Subang. Ciater ini nggak begitu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, sehingga nggak sedikit wisatawan yang mengunjungi Ciater dan Tangkuban Perahu dalam satu kesempatan.

5. Jendela Alam

Jendela Alam, via tempatwisataku-indonesia.blogspot
Jendela Alam, via tempatwisataku-indonesia.blogspot

Jika mencari tempat wisata edukasi bagi anak-anak, cobalah untuk mempertimbangkan Jendela Alam. Di tempat ini anak-anak dapat belajar segala hal bertema alam, mulai dari menanam di kebun, panen, memelihara ternak, dan lain-lain.

6. Situ Lembang

Situ Lembang, via tandapagar
Situ Lembang, via tandapagar

Situ Lembang mungkin bukan obyek wisata populer bagi wisatawan yang sering pergi ke Lembang sekalipun. Maklum, lokasi Situ ini memang agak nyempil. Selain itu, Situ Lembang ini sebetulnya tertutup untuk wisatawan karena tempat ini kerap dijadikan lokasi latihan Kopassus.

Untuk dapat masuk kesini, kalian harus mengajukan ijin lebih dulu. Tapi percayalah, pemandangan di Situ Lembang ini memang sangatlah indah dan eksotis, sehingga layak untuk diperjuangkan.

*             *             *             *             *

Yang Wajib Dilakukan di Lembang

1. Mengunjungi Berbagai Obyek Wisata-nya

Curug Omas di Maribaya, via maribayabandung
Curug Omas di Maribaya, via maribayabandung

Sudah tahu kan kalau Lembang dan sekitarnya memiliki banyak obyek wisata menarik? Jelas sekali kalian wajib mengunjungi aneka obyek wisata tersebut saat berada di Lembang.

+             +             +

2. Wisata Kuliner

Mau tahu apa saja kuliner khas yang wajib dicoba selama berada di Lembang? Berikut ini sebagian diantaranya.

  • Susu Murni
Salah satu tempat populer untuk mencari susu murni Lembang, cia semestatrans.blogspot
Salah satu tempat populer untuk mencari susu murni Lembang, cia semestatrans.blogspot

Lembang memang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil susu di Bandung. Jadi, mencicipi susu murni jelas menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba selama berada di Lembang.

Salah satu tempat paling populer untuk mencicipi susu murni adalah Sumur Lembang yang berada di Jalan Raya Lembang no 303. Namun jika ingin membeli susu murni literan, kalian bisa melipir ke KPSBU Lembang yang terletak di Jalan Seskoau Lembang.

  • Yoghurt Lembang
Salah satu tempat penjualan yoghurt Lembang, via urbandung
Salah satu tempat penjualan yoghurt Lembang, via urbandung

Selain dikenal sebagai salah satu daerah penghasil susu, Lembang juga populer akan yoghurt-nya lho. Sama seperti susu murni, kalian juga dapat membeli yoghurt literan di KPSBU Lembang. Jika sekedar ingin icip-icip, yoghurt Lembang ini cukup mudah ditemukan di berbagai restoran di Lembang.

  • Ketan Bakar
Ketan bakar, via sebandung
Ketan bakar, via sebandung

Ketan Bakar termasuk salah satu kuliner yang mudah sekali ditemukan di sekitar Lembang. Paling enak menikmati cemilan ini sambil dicocol ke sambal saus kacang atau sambal oncom, sambil duduk-duduk menikmati suasana.

  • Tahu Susu
Tahu susu Lembang, via travel.kompas
Tahu susu Lembang, via travel.kompas

Tahu Susu merupakan salah satu kuliner khas dari Lembang yang wajib dicoba oleh wisatawan. Bentuk tahu ini sebetulnya tak berbeda dengan tahu biasa.

Hanya saja, tahu ini diolah dengan mencampur kedelai dengan susu murni, sehingga rasanya jadi lebih gurih, lebih padat, sekaligus lebih lembut dari tahu biasa. Tak sulit untuk mencari kuliner ini, karena Tahu Susu terletak di jalur wisata utama di Lembang.

  • Sate Kelinci
Sate kelinci, via ezatuleliza.blogspot
Sate kelinci, via ezatuleliza.blogspot

Saat mendengar nama “sate kelinci”, mungkin tak sedikit yang langsung menolak untuk memakan kuliner ini. Habis, kelinci kan lucu. Memangnya tega makan daging kelinci?

Walau kelinci lucu, tapi daging kelinci memang terkenal enak. Dan sate kelinci termasuk salah satu kuliner khas yang bisa ditemukan di Lembang. Pedagang sate kelinci mudah ditemukan di sepanjang jalur jalan menuju Lembang (dari Bandung), dan mudah dikenali karena (biasanya) memiliki kandang kelinci di depan kiosnya.

+             +             +

  • Nongkrong di Kafe atau Resto Keren
Nongkrong di salah satu warung gaul Cikole, via lembangwisata.blogspot
Nongkrong di salah satu warung gaul Cikole, via lembangwisata.blogspot

Lazimnya sebuah tempat yang memiliki suhu udara relatif sejuk dan pemandangan alam yang cukup indah, tak sulit untuk menemukan aneka kafe dan resto keren di sekitaran Lembang. Mulai dari tempat makan pinggir jalan, hingga restoran yang menawarkan fine dining, semua bisa ditemukan di Lembang (dan daerah sekitarnya).

Kampung Daun, salah satu restoran di Jalan Sersan Bajuri, via gotravelly
Kampung Daun, salah satu restoran di Jalan Sersan Bajuri, via gotravelly

Jika kalian memiliki budget terbatas namun ingin nongkrong santai sambil menikmati suasana, kalian dapat melipir ke daerah Cikole. Di sekitar daerah tersebut banyak terdapat warung-warung gaul yang cukup populer di kalangan anak muda.

Namun jika ingin merasakan suasana bersantap yang lebih wah maupun romantis, kalian dapat melirik berbagai kafe dan restoran yang ada di sekitar Jalan Sersan Bajuri dan Jalan Kolonel Masturi (masuk dalam wilayah Kecamatan Parongpong).

+             +             +

  • Melakukan Berbagai Aktifitas Outdoor583ae2d8751b3_29camping-jpg-521b3bc86fd03e587536aebf1bc45209

Ingin melakukan hiking? Atau mungkin sesekali ingin camping dan menikmati rasanya tidur di tengah alam bebas? Kalian bisa melakukan semua itu di Lembang. Untuk referensi tempat mana saja yang cocok sebagai tempat hiking maupun camping, silahkan lihat lagi daftar aneka obyek wisata di Lembang dan sekitarnya.

+             +             +

  • Duduk Manis Menikmati Suasana

Kadang, terlalu banyak pilihan malah bikin jadi bingung. Begitu juga dengan obyek wisata di Lembang. Saking banyaknya pilihan untuk disambangi, bisa-bisa malah membuat kita jadi bingung menentukan obyek mana yang harus dikunjungi lebih dulu.

Kalau misalnya masih bingung menentukan pilihan, atau mungkin bingung karena memiliki budget wisata yang terbatas, tenang saja. Lembang cukup asyik untuk dinikmati sambil duduk manis kok. Pergi saja ke daerah yang tinggi seperti Cikole, atau ke arah gunung, atau mungkin ke arah perkebunan teh, dan kalian bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana alam. Wisata asyik nggak melulu harus melibatkan budget fantastis, bukan?

*             *             *             *             *

Akses Menuju Lembang

Ada 3 cara paling populer untuk mencapai Lembang: via Bandung, via Cimahi, atau via Subang. Untuk gambaran mengenai rute-nya, silahkan klik hyperlink yang ada di setiap rute.

Melalui Bandung

  • Rute 1 [via Pasteur-Setiabudhi-Lembang]– Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa keluar lewat pintu tol Pasteur, dan ambil jalan menuju Setiabudhi. Terus ikuti jalan utama menuju utara hingga tiba di Lembang. Untuk variasi lainnya, kalian bisa melewati Jalan Sarijadi (melewati mall Paris Van Java), lanjut terus ke utara hingga mencapai Lembang. Silahkan klik link ini untuk rute jelasnya. Ngomong-ngomong, rute ini merupakan rute favorit untuk mencapai Lembang. Ada banyak obyek wisata keren maupun tempat makan di sepanjang jalur ini. Konsekuensinya, rute ini lumayan ramai (baca: macet) khususnya di akhir pekan.
  • Rute 2 [via Dago-Pagermaneuh-Lembang]– Alternatif lainnya, kalian bisa pergi dari Jalan Ir.H.Djuanda (Dago) untuk mencapai Lembang (klik hyperlink untuk rute detailnya). Hanya saja jalan ini memang lebih kecil, agak memutar, namun relatif lebih sepi dan cukup jarang terkena macet. Sebagai catatan, kondisi jalur ini mayoritas berupa tanjakan dan berkelok-kelok. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memutuskan lewat jalur ini.
  • Rute 3 [via Punclut]– Sama seperti Rute 2, jalur ini pun cukup berkelok dan melewati serangkaian tanjakan. Beberapa tanjakan cukup curam, jadi siapkan kendaraan kalian sebelum melewati jalur Punclut.
  • Rute 4 [via Dago Giri]– Rute ini merupakan salah satu rute alternatif untuk mencapai Lembang. Sama seperti Rute 2 dan Rute 3, rute ini pun melewati jalur yang tidak terlalu lebar, berkelok-kelok, dan menanjak – namun relatif lancar jika dibandingkan dengan Rute 1.
  • Rute 5 [via kendaraan umum]– Jika ingin naik kendaraan umum, kalian bisa naik angkot jurusan apa saja yang melewati atau berhenti di Terminal Ledeng. Selanjutnya, jika tujuannya langsung ke Lembang, kalian bisa naik angkot jurusan St.Hall – Lembang. Namun jika ingin main ke daerah Parongpong (untuk mengakses Dusun Bambu, Kampung Gajah, dan lain-lain), dari Terminal Ledeng naiklah angkot ke Parongpong.

Melalui Cimahi/Cisarua

  • Rute 1 [via Kolonel Masturi]– Jika berangkat dari Cimahi, kalian bisa mengakses Lembang melalui Jalan Kolonel Masturi. Jalan ini memang melingkar dan berkelok-kelok, namun di sepanjang jalan ini terdapat banyak sekali obyek wisata menarik.
  • Rute 2 [via Cihanjuang]– Jalur ini pun melewati rute yang berkelok-kelok, dan akhirnya menyambung di Jalan Kolonel Masturi. Untuk variasi lain, kalian bisa memutar rute ini untuk melewati Jalan Sersan Bajuri (untuk mengakses Kampung Gajah) sebelum mencapai Lembang (klik link berikut ini).

Melalui Subang

  • Rute 1 [via tol Sadang]– Rute cukup sering dipilih oleh wisatawan yang berangkat dari Jakarta, khususnya sebelum Tol Subang beroperasi. Rute ini melalui Pemandian Air Panas Ciater, Gunung Tangkuban Perahu, Cikole, dan beberapa obyek wisata lainnya sebelum mencapai Lembang.
  • Rute 2 [via tol Subang]– Setelah Tol Cikopo – Palimanan resmi beroperasi, wisatawan dari Jakarta bisa menggunakan pintu tol Subang untuk mencapai Lembang.

*             *             *             *             *

Note:
Foto diambil dari berbagai sumber tanpa ada editan tambahan lain selain proses resizing.

 

baca juga :

Hal-hal Senilai 20 Ribu-an (Bahkan Kurang) yang Bisa Kalian Dapatkan di Bandung

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

6 Coffee Shop di Bandung yang Bakalan Bikin Feed Instagrammu Cetar Membahana

Comments

comments