fbpx
Home Guides Ragam Pekerjaan Yang Memungkinkan Kalian Untuk Kerja Sambil Wisata (Atau Sebaliknya)

Ragam Pekerjaan Yang Memungkinkan Kalian Untuk Kerja Sambil Wisata (Atau Sebaliknya)

Kadang, ada pekerjaan yang mengharuskan kita duduk manis di belakang meja, dengan jam kerja yang ketat sehingga membuat kita seolah terikat dengan meja kerja. Namun ada juga pekerjaan yang memungkinkan kita untuk bepergian secara gratis, minimal murah.

Bagi teman-teman yang mengaku sebagai travel addict dan tengah bingung memilih pekerjaan yang akan ditekuni sambil menyalurkan hobi traveling, coba deh intip beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi traveller sejati berikut ini.

 

Mari mulai dari jenis pekerjaan mainstream terlebih dulu.

1. Pilot/pramugari

Sepertinya, ini jenis pekerjaan yang paling identik dengan “jalan-jalan gratis, malah dibayar”. Bahkan anak-anak pun mengerti jika menjadi pilot maupun kru pesawat merupakan salah satu cara yang paling oke untuk bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain, dan tentu saja sambil berwisata di sela-sela waktu istirahat.

Ilustrasi pramugari. Foto: smart-lab.ru
Ilustrasi pramugari. Foto: smart-lab.ru

2. Travel consultant

Jika kalian merasa memiliki kemampuan dalam menjual paket tour dan dapat mengorganisir maupun merencanakan tur rombongan, coba deh melirik jenis pekerjaan ini. Travel consultant ini biasanya bekerja untuk sebuah travel agent, kecuali jika kalian sudah punya nama, maka kalian bisa mencoba membuka usaha travel consultan sendiri. Selain kalian dapat menyalurkan pengetahuan tentang sebuah tempat tujuan wisata, kalian juga dapat ikut jalan-jalan bersama anggota rombongan, dan tentu saja kalian dibayar untuk itu!

Ilustrasi travel consultant. Foto: resources.workable.com
Ilustrasi travel consultant. Foto: resources.workable.com

3. Travel agent

Seperti yang sudah disinggung di atas, travel consultant bekerja untuk travel agent. Dengan kata lain, travel agent merupakan biro yang mempekerjakan orang lain. Jika kalian punya modal, nggak ada salahnya mulai merintis usaha travel agent bersama teman-teman.

Sebuah tips untuk kalian, agar membedakan dari travel agent lain yang sudah punya nama, coba deh melirik segmen yang khusus. Misalnya saja, travel agent khusus untuk honeymoon, atau outbound, atau trekking, dan sejenisnya.

Kantor sebuah travel agent. Foto: s-media-cache-ak0.pinimg.com
Kantor sebuah travel agent. Foto: s-media-cache-ak0.pinimg.com

 

4. Tour guide

Dengan menjadi pemandu wisata, sudah pasti kalian akan jalan-jalan gratis. Malah dibayar! Jenis pemandu wisata pun cukup beragam. Ada yang bekerja untuk sebuah travel agent, ada juga yang bekerja secara mandiri, terutama jika rumah kalian berlokasi tak jauh dari obyek wisata yang menarik.

Tour guide di Sydney. Foto: freetourssydney.com.au
Tour guide di Sydney. Foto: freetourssydney.com.au

5. Kru kapal pesiar

Sama seperti pilot/kru pesawat, menjadi kru kapal pesiar pun memungkinkan kalian untuk berwisata gratis ke berbagai tempat yang disinggahi oleh kapal tersebut. Memang sih, resikonya kalian akan jarang pulang ke rumah karena terkadang kru kapal pesiar harus berbulan-bulan lamanya berada di lautan. Namun jika kalian memang suka jalan-jalan dan bertualang (dan tentu saja sambil mencari uang), profesi ini jelas merupakan sebuah profesi yang menantang.

Kapal pesiar. Foto: 1001tur.ru
Kapal pesiar. Foto: 1001tur.ru

 

Dan ini jenis pekerjaan yang kurang mainstream.

1. Auditor

Percaya atau tidak, menjadi seorang auditor juga bisa membuka kesempatan untuk jalan-jalan ke berbagai tempat lho, karena kalian bisa saja dipanggil untuk mengaudit perusahaan di berbagai kota, bahkan negara! Memang sih kalian akan jarang bisa memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang eksotis (karena padatnya pekerjaan sebagai auditor).

Namun karena seorang auditor dapat menghabiskan waktu selama berminggu-minggu di sebuah daerah, bukan tak mungkin kalian akan menemukan kesempatan untuk traveling di sela waktu kerja, bukan?

Foto: girlsfriendclub.com
Foto: girlsfriendclub.com

2. Guru Bahasa Inggris

Seperti yang sudah saya tulis dalam thread  , walau disebut sebagai bahasa internasional, pada kenyataannya tak banyak negara yang familiar dengan bahasa Inggris. Namun itu justru membuka kesempatan kerja sekaligus traveling bagi kalian yang menguasai bahasa Inggris.

Kalian bisa bekerja menjadi guru bahasa Inggris di lembaga internasional, dan mungkin saja kalian bisa pindah mengajar di cabang yang ada di negara lain. Teman saya ada yang melakukan hal ini, dan aneka foto travelingnya ke berbagai negara sungguh bikin mupeng!

Foto: bridgetefl.com
Foto: bridgetefl.com

3. Sukarelawan

Menjadi sukarelawan memang tidak menghasilkan uang. Dalam beberapa kasus, seperti menjadi sukarelawan di Maldives (baca disini:  ) kalian harus membayar sejumlah biaya untuk bisa jadi sukarelawan.

Namun, jika dihitung-hitung, biaya untuk jadi sukarelawan tersebut relatif murah karena biasanya kalian sekaligus mendapat fasilitas menginap dan makan, dan tentu saja bisa berwisata saat waktu senggang. Bonus lainnya, kalian bisa mendapat kesempatan untuk beramal dan berkenalan dengan penduduk lokal.

Alternatifnya, coba deh lirik program-program seperti WWOOFHelpx, dan Workaway.

Foto: pvtistes.net
Foto: pvtistes.net

4. Fotografer dan makeup artis

Menjadi fotografer jelas merupakan sebuah pekerjaan yang memungkinkan kalian untuk berwisata. Dan jika kalian sudah punya nama, kalian bisa bepergian ke berbagai tempat dengan gratis, karena klien yang akan membiayai kalian. Atau, kalian bisa juga pergi dengan uang sendiri dan menjual hasil jepretan kalian pada berbagai media, maupun dijual sebagai karya seni yang bernilai mahal.

Foto: zap.aeiou.pt
Foto: zap.aeiou.pt

Lantas kenapa saya memasukkan fotografer dan makeup artis dalam satu kesempatan? Saya terinspirasi dari cerita seorang teman yang merupakan makeup artis (tepatnya wedding makeup). Dia dan teman fotografernya beberapa kali diundang oleh klien dari luar daerah yang ngebet menggunakan jasa mereka untuk foto pre-wedding dan foto wedding, dan tentu saja mereka dibayar untuk itu (dan bisa sambil jalan-jalan di sela waktu pemotretan).

Ilustrasi make up artis. Foto: cloudfront.net
Ilustrasi make up artis. Foto: cloudfront.net

5. Arkeolog

Seorang arkeolog mungkin saja identik dengan situs bangunan kuno maupun peninggalan bersejarah yang lokasinya jauh dari keramaian. Namun jika kalian termasuk traveler yang juga suka bertualang, kalian pasti bisa menemukan sisi seru dari profesi ini karena sambil bekerja, kalian pun mungkin saja bisa bepergian ke berbagai tempat yang eksotis, tergantung dari lokasi penggalian dan penelitian.

foto : seputarkuliah.com
foto : seputarkuliah.com

6. Konsultan

Jika kalian memiliki keahlian di bidang tertentu, coba deh pertimbangkan untuk membuka jasa konsultan. Semakin spesifik jasa konsultan yang kalian tawarkan, apalagi jika pesaing dalam bidang tersebut masih sangat jarang, maka kemungkinan jasa kalian akan dicari oleh orang dari berbagai negara semakin besar (dan tentu saja itu berarti jalan-jalan gratis!).

foto : bravuraservices.com
foto : bravuraservices.com

7. Penyelam

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan lautan yang indah. Jika kalian memiliki sertifikat sebagai instruktur menyelam, kalian bisa mencoba melamar ke berbagai tempat wisata populer yang menawarkan jasa instruktur diving bagi wisatawan. Atau, kalian bisa juga mengiklankan diri sebagai instruktur diving yang membuka kursus maupun mendampingi wisatawan yang ingin menyelam.

foto : utiladivecenter.com
foto : utiladivecenter.com

8. Pemburu acara kontes

Cara ini mungkin sedikit nggak lazim dan agak untung-untungan. Kalian bisa mencari-cari informasi lomba yang menawarkan hadiah jalan-jalan gratis ke tempat tertentu. Biasanya sih lomba menulis maupun lomba foto traveling kerap menghadiahkan jalan-jalan gratis sebagai hadiah utamanya.

foto : yo6.me
foto : yo6.me

9. Ikutan MLM

Pasti banyak yang langsung sinis saat mendengar kata “MLM”, tapi tenang, disini saya nggak akan jualan MLM kok (dan saya memang nggak ikutan MLM apapun). Namun kalian pasti sudah sering mendengar kalimat promosi “jika ikutan MLM A, bisa jalan-jalan gratis ke negara ini dan itu”. Walau terdengar muluk, namun memang ada kok yang berhasil sampai ke tahap jalan-jalan gratis ke berbagai kota maupun ke luar negeri. Tentu saja ada “syarat dan ketentuan berlaku” bagi yang ingin jalan-jalan gratis via MLM, dan itulah yang harus dijadikan bahan pertimbangan kalian dalam menentukan MLM yang ingin dimasuki.

10. Jadi kru artis populer

Dulu saya memiliki seorang teman yang super supel dan punya banyak kenalan artis. Ujung-ujungnya, dia kerap dimintai tolong untuk menjadi road manager setiap kali seorang artis (biasanya band) manggung ke berbagai daerah. Memang sih kalau jadwal tur-nya padat, dia nggak bisa betul-betul berwisata saat singgah di suatu daerah. Namun biasanya sih minimal untuk wisata kuliner lokal masih bisa lah. Atau mungkin kalian lebih tertarik untuk menjadi sang artis? Bisaaa..

 

Dari berbagai profesi di atas, mana yang paling menarik menurut teman-teman?

 

baca juga :

Percaya atau Nggak, 18 Mitos Traveling Ini Sering Banget Menyesatkan (Calon) Wisatawan Lho! Gimana dengan Kamu?

Alternatif Lain Bagi Yang Ingin Makan Dan Nginap Gratis Di Jepang (+ Negara Lainnya)

Comments

comments